jeans lokal terbaik

Jeans merupakan salah satu fashion item yang banyak digemari. Celana berbahan denim ini terutama dipilih untuk menciptakan penampilan kasual atau santai. Menilik sejarahnya, jeans semula identik dengan pakaian koboi dan pekerja kasar di negara-negara Barat. Namun belakangan jeans digunakan oleh berbagai kalangan dari berbagai usia di hampir seluruh dunia. Hal itu pun disambut baik dengan kemunculan merek jeans. Tak terkecuali merek jeans lokal terbaik.

Ya, masih banyak yang tidak mengetahui bahwa saat ini ada banyak merek jeans lokal terbaik yang menawarkan pakaian berkualitas internasional. Ingin tahu apa saja merek jeans lokal terbaik di Indonesia? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Brand Sepatu Lokal Terbaik dan Berkualitas

10 Merk Jeans Lokal Terbaik

Selama ini jeans alias celana berbahan denim kerap diidentikkan dengan gaya pakaian khas Barat. Kebanyakan orang pun lebih mengenal merek jeans asal luar negeri lantaran banyak dijual di mall dan telah terbukti kualitasnya.

Kendati begitu, ternyata tidak sedikit merek jeans lokal yang punya kualitas terbaik, tak kalah dengan merek luar negeri. Bahkan merek-merek jeans lokal ini juga telah masuk ke pasar global dan menjual produknya di sejumlah negara.

Penasaran apa saja 10 merek jeans lokal terbaik asal Indonesia? Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

1. NBDN Denim Supply

jeans lokal terbaik
Neighbourlist

Rekomendasi merek jeans lokal terbaik yang pertama adalah NBDN Denim Supply. Merek asal Bandung, Jawa Barat ini sudah berdiri sejak 2011 dan memiliki ciri khas berupa tema heritage dengan sentuhan Jepang.

Mengutip dari laman resminya, NBDN memiliki kepanjangan nobrandedon yang terdiri atas dua istilah, yaitu “no branded” dan “branded on.” Kedua istilah tersebut mengandung makna “from not worth to be very valuable” yang bisa diterjemahkan sebagai sesuai yang tidak memiliki nilai menjadi sesuatu yang sangat berharga.

NBDN sendiri hadir dengan menawarkan produk celana berbahan raw selvedge denim. Merek satu ini memiliki keunikan, salah satunya adalah menggunakan sashiko patch pada bagian belakang celana di mana pada umumnya merek lain menggunakan leather patch.

Sedulur yang tertarik untuk melihat koleksi jeans dari NBDN bisa langsung mengunjungi laman resminya di nbdndenim.com.

2. Oldblue Co.

Oldbueco.net

Oldblue Co. adalah salah satu merek jeans lokal paling terkenal saat ini. Merek yang mengusung tema vintage American workwear ini didirikan oleh Ahmad Hadiwijaya pada 2010 silam saat masih menyandang status sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia. Ia kemudian mengembangkan usahanya tersebut selepas lulus dari bangku kuliah hingga berkembang dan merambah pasar mancanegara, seperti Amerika Serikat, China, Thailand, dan sejumlah negara di Eropa.

Sesuai dengan tema yang diusung, produk-produk dari Oldblue Co. terinspirasi oleh gaya pakaian denim pada era 1890-1960an. Diketahui, pada era tersebut jeans lebih umum dikenakan oleh pekerja kasar seperti penambang dan pekerja pabrik. Selain itu, mereka juga menggunakan bahan raw denim yang langsung dijahit tanpa melalui proses lebih lanjut. Hal ini juga sekaligus menjadi ciri khas dari produk-produk Oldblue Co.

Sedulur yang tertarik dengan jeans dari Oldblue Co. dapat langsung mengunjungi laman resminya di alamat oldblueco.net. 

3. Mischief Denim

Mischief Denim

Rekomendasi merek jeans lokal terbaik selanjutnya adalah Mischief Denim. Merek yang sudah berdiri sejak 2006 ini terutama banyak digemari oleh penggemar jeans berbahan dry denim atau raw denim. Sekadar diketahui, dry denim atau raw denim adalah jenis bahan yang tidak dicuci selama proses pembuatannya sehingga memiliki karakter lebih tebal dan kaku.

Di samping itu, Mischief Denim juga menawarkan beragam jenis cutting pada jeans yang diproduksi. Mulai dari skinny fit hingga slim straight fit yang cocok untuk menyempurnakan berbagai gaya outfit Sedulur.

Produk-produk dari Mischief Denim bisa Sedulur peroleh dengan harga mulai dari Rp500 ribu. Adapun katalog lengkap beserta informasi harga bisa dilihat pada laman resmi Mischief Denim di mischiefdenim.com.

4. Pot Meets Pop

jeans lokal terbaik
Hypebeast

Berikutnya ada Pot Meets Pop atau biasa disingkat sebagai PMP. Merek asal Bandung ini masuk dalam jajaran jeans lokal terbaik yang telah lama dikenal dengan kualitasnya. Diketahui, merek yang terinspirasi dari pot culture ini telah berdiri sejak 2009 silam.

PMP memiliki ciri khas berupa produk yang dibuat dengan classic cutting dan timeless design yang sekaligus menjadi daya tarik dari brand tersebut. Sedulur yang tertarik dengan merek jeans satu ini bisa mengunjungi laman resminya di alamat  potmeetspopdenim.com.

5. Sage Sees More

jeans lokal terbaik
Klasiloka Kompas

Sage Sees More atau lebih akrab disebut Sage saja merupakan merek jeans lokal yang berdiri pada 2012. Merek satu ini terutama dikenal dengan produk pakaian yang menunjang untuk aktivitas outdoor dan petualangan. Hal ini sesuai dengan makna nama “Sage” itu sendiri, yaitu manusia bijaksana, yang mana kebijaksanaan tersebut diperoleh dari berbagai petualangan yang dialami.

Produk-produk Sage juga memiliki ciri khas berupa elemen sketsa jahitan yang melambangkan petualangan, seperti gunung dan hutan. Adanya elemen tersebut membuat Sage tidak sekadar hadir sebagai merek yang menawarkan produk fashion, namun juga memiliki cerita dan nilai bagi orang yang mengenakannya.

Sedulur yang tertarik dengan merek jeans satu ini bisa langsung mengunjungi laman resminya di alamat www.sagedenim.co.

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

6. Warpweft Company

Klasiloka Kompas

Selanjutnya ada Warpweft Company, merek jeans lokal yang didirikan oleh Herman Hadi pada 2012. Warpweft Company memiliki ciri khas sesuai dengan namanya, yaitu “warp” dan “weft” yang merujuk pada proses menenun dan mengubah benang hingga menjadi sebuah bahan garmen yang sempurna.

Warpweft Company terutama dikenal dengan karakter bahan slubby pada produknya yang tidak mudah ditemukan di pasaran. Diketahui, merek satu ini menggunakan bahan denim dari Negeri Sakura Jepang demi menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Tertarik dengan produk jeans dari Warpweft Company? Sedulur bisa cek katalognya di warpweftco.net.

7. Wingman Denim

Neighbourlist

Wingman Denim adalah merek jeans lokal terbaik yang berdiri pada 2014 lalu. Merek fashion satu ini sukses menarik perhatian pasar terutama penggemar jeans di Indonesia karena menawarkan produk selvedge denim dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp500 ribuan.

Produk Wingman Denim diproduksi di Bandung, Jawa Barat dengan menggunakan bahan baku pilihan yang diimpor dari sejumlah negara. Termasuk dari Jepang, Amerika Serikat, Thailand, China, dan Indonesia. Pemilihan bahan tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan produk jeans dengan kualitas standar industri.

Sedulur yang penasaran dengan produk-produk dari Wingman Denim bisa langsung mengunjungi laman resminya di wingmandenim.com.

8. Papperdine

Papperdine

Papperdine merupakan rekomendasi merek jeans lokal selanjutnya yang bisa menjadi pilihan Sedulur. Keunggulan produk-produk dari Papperdine terletak pada penambahan selvedge accent yang membuat jahitan terlihat lebih rapi. Selain itu, merek satu ini juga menawarkan beragam jenis jeans yang dapat mendukung penampilan berbagai kalangan, baik pria maupun wanita.

Sedulur yang tertarik dengan jeans dari Papperdine bisa langsung mengunjungi laman Instagram resminya di Instagram.com/@papperdinejeans.

9. Bobbies Jeans. Co

jeans lokal terbaik
Bobbies Jeans. Co

Bobbies Jeans. Co adalah merek jeans lokal terbaik asal Bandung, Jawa Barat yang bisa menjadi pilihan outfit sehari-hari. Pasalnya brand satu ini menawarkan beragam pilihan produk, mulai dari selvedge hingga non-selvedge yang juga dilengkapi dengan variasi pilihan berat, di antaranya 13 oz, 14 oz, dan 18 oz.

Bobbies Jeans. Co juga memiliki produk selain celana jeans, di antaranya adalah celana kargo dan celana chino yang bisa menambah koleksi Sedulur. Sedulur yang tertarik dengan merek lokal ini bisa langsung mengunjungi laman Instagram resminya di Instagram.com/bobbiesjeans.co.

10. Bespoke Project

Carousell

Rekomendasi yang terakhir adalah Bespoke Project, merek jeans lokal terbaik yang juga berasal dari Bandung, Jawa Barat. Merek satu ini memiliki ciri khas berupa detail patchworks dan warna acid yang menarik. Bespoke Project juga sempat berkolaborasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan merilis produk celana jeans berbahan limbah botol plastik. Selain itu, Bespoke Project juga memiliki koleksi celana bermotif batik yang unik.

BACA JUGA: 12 Ide OOTD Hijab Pakai Celana Jeans Hitam Paling Kekinian!

Tips merawat jeans agar tidak mudah rusak

iStock

Selain melihat referensi jeans dari merek lokal terbaik, Sedulur juga perlu mengetahui cara tepat untuk merawatnya. Sama halnya dengan pakaian dari bahan lain, jeans yang merupakan celana dari bahan denim juga memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Terlebih mengingat bahan denim yang memiliki karakter tebal dan kaku untuk mendukung aktivitas luar ruangan. Berikut ada beberapa tips merawat jeans yang bisa Sedulur ikuti.

  • Jangan terlalu sering mencuci. Umumnya, orang-orang akan mencuci pakaian setiap habis dipakai. Namun hal ini ternyata bisa membawa dampak buruk apabila diterapkan pada jeans karena dapat merusak serat.
  • Hindari mencuci dengan mesin. Meski mesin cuci dibuat dengan maksud untuk memudahkan manusia dalam mencuci baju, alat satu ini ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada celana jeans, seperti warna cepat pudar dan serat melar. Untuk itu sebaiknya cuci jeans menggunakan tangan dengan cara merendamnya selama beberapa menit, bilas, lalu jemur.
  • Hindari menjemur jeans di bawah sinar matahari langsung. Selain cara mencuci, cara menjemur jeans juga perlu diperhatikan. Sedulur dianjurkan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari karena bisa membuat teksturnya menjadi kasar dan warnanya pudar. Sebaiknya jemur jeans di teras atau balkon rumah.

Itu dia 10 rekomendasi merek jeans lokal terbaik yang bisa menjadi pilihan outfit untuk Sedulur. Selain itu juga sudah dipaparkan sedikit tips untuk merawat celana jeans agar tidak mudah rusak.

Nah, agar penampilan Sedulur makin paripurna saat mengenakan jeans, jangan lupa melakukan perawatan kulit wajah dengan rajin menggunakan skin care. Kabar baiknya, kini Sedulur bisa belanja skin care secara mudah di Aplikasi Super.

Tak hanya mudah, belanja di Aplikasi Super juga super menguntungkan. Sebab ada banyak voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir setiap harinya. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja skin care sepuasnya agar penampilanmu makin memukau!