cara mengatasi anyang anyangan

Sedulur perlu mengetahui cara mengatasi anyang anyangan. Anyang anyangan adalah ganggunan berupa munculnya rasa nyeri atau perih saat buang air kecil atau setelahnya. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan nama disuria.

Keluhan ini biasanya dirasakan pada orang yang memiliki masalah pada saluran kemih. Terdapat beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala berupa anyang-anyangan, antara lain adalah infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, batu ginjal, radang prostat, kram otot kandung kemih, hingga penyakit menular seksual, seperti gonore dan klamidia.

BACA JUGA: 10 Penyebab Badan Terasa Dingin Beserta Cara Mengatasinya  

Penyebab anyang-anyangan

Detik

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Sedulur juga perlu tahu apa saja penyebab terjadinya kondisi ini. Berikut ini bebrapa penyebab sakit anyang-anyangan, yaitu:

-->
  • Penyebab utama anyang-anyangan juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi saluran kemih. Penyebab infeksi ini, yaitu banyaknya bakteri yang menumpuk pada bagian manapun di saluran kencing yang meliputi ginjal, ureter (tabung yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, dan uretra (tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar tubuh).
  • Infeksi menular seksual merupakan salah satu penyebab anyang-anyangan yang umum, misalnya klamidia, kencing nanah, dan herpes yang memengaruhi saluran kemih. Gejala infeksi menular seksual lain yang umum terjadi dapat meliputi gatal, sensasi terbakar, keputihan abnormal, nyeri saat buang air kecil, dan munculnya lepuhan atau luka pada penderita herpes genital.

Namun, untuk lebih memahami seperti apa penyebab kondisi anyang-anyangan yang terjadi, tentu ada baiknya untuk langsung berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat dan akurat.

Lantas seperti apa cara mengatasi anyang anyangan? Untuk meringankan gejala yang dialami, lakukan ini untuk mengatasi anyang-anyangan:

1. Jangan menahan buang air kecil

cara mengatasi anyang anyangan
Honestdocs

Rasa sakit menjadi alasan mengapa pengidap anyang-anyangan lebih memilih menahan buang air kecil, namun sebenarnya cara mengatasi anyang anyangan yang paling ampuh adalah dengan tidak menahan buang air kecil.

Karena jika ditahan, bakteri justru akan lebih mudah berkembang biak dan membuat keluhan anyang-anyangan semakin memburuk. Dengan buang air kecil, bakteri pada saluran kemih akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

2. Kompres hangat

Lemonilo

Kompres dengan air hangat merupakan cara mengatasi anyang anyangan, terutama kompres di area perut bagian bawah dengan handuk yang telah diredam air hangat. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi anyang-anyangan. Sedulur bisa melakukannya selama 15 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Lakukan hingga anyang-anyangan terasa membaik.

3. Banyak minum air putih

cara mengatasi anyang anyangan
Kompas

Sedulur juga perlu memperbanyak jumlah asupan air putih yang diminum. Karena salah satu cara mengatasi anyang anyangan adalah dengan banyak minum air putih itu sendiri. Saran yang dianjurkan yaitu dengan minum sebanyak 8 gelas air putih dalam sehari.

Selain untuk mencegah dehidrasi, banyak minum air putih juga dapat membuat lebih banyak buang air kecil sehingga bakteri dalam saluran kemih akan terbuat lewat urine.

4. Kenakan pakaian longgar

Biggo

Cara mengatasi anyang anyangan selanjutnya yaittu dengan menggunakan pakaian longgar. Bakteri akan dapat tumbuh subur di area yang lembab dan hangat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari menggunakan skinny jeans atau celana ketat, setidaknya hingga anyang-anyangan hilang.

Sebagai gantinya, kenakan rok atau celana yang longgar, dan kenakan pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan begitu, sirkulasi udara di area sensitif akan terjaga, sehingga pertumbuhan bakteri berkurang.

5. Hindari makanan dan minuman tertentu

cara mengatasi anyang anyangan
Traveloka

Untuk menjalankan cara mengatasi anyang anyangan, Sedulur perlu menghindari makanan dan minuman tertentu. Terbadai beberapa makanan dan minuman tertentu yang perlu dihindari, yaitu:

  • Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Makanan dan minuman yang rasanya asam.
  • Makanan pedas yang membuat panas dalam.

6. Konsumsi cranberry

Healthline

Konsumsi cranberry merupakan alternatif cara mengatasi anyang anyangan. Cranberry merupakan obat alami yang dapat mengobati infeksi saluran kemi, termasuk juga anyang-anyangan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam buah cranberry.

Cranberry mengandung proanthocyanidi yang dapat memecahkan bakteri penyebab infeksi yang menempel pada dinding saluran kemih. Cranberry juga dapat dikonsumsi secara langsung, atau Sedulur olah menjadi jus dan bisa dikonsumsi menjadi ekstrak cranberry. Saat ini banyak terjual bebas dan bisa Sedulur dapatkan dengan mudah.

7. Hindari minuman beralkohol dan kafein

cara mengatasi anyang anyangan
Tribunnews

Cara mengatasi anyang anyangan selanjutnya yaitu dengan menghindari minuman beralkohol dan kafein. Karena dua jenis minuman ini dapat memberikan efek diuretik, yaitu efek diuretik yang akan menambah volume urine yang diproduksi oleh ginjal. Sehingga membuat tubuh rentan dehidrasi. Sakit anyang-anyangan akan semakin parah dirasakan.

BACA JUGA: Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

8. Minum obat antibiotik

Detik

Ada beberapa obat antibiotik mampu mengobati anyang-anyangan. Penggunaan obat antibiotik yang salah bisa menyebabkan anyang-anyangan tidak kunjung sembuh. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi antibiotik, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter terkait obat apa yang cocok untuk mengobati anyang-anyangan.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi anyang anyangan yang bisa Sedulur perhatikan agar terhindari dari sakit yang seringkali menganggu aktivitas ini. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk senantiasa menjaga kesehatan ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.