Tahukah Sedulur bahwa selain digunakan untuk bertukar pesan, aplikasi Whatsapp dapat dipakai juga sebagai alternatif cara mencari HP dengan laptop WA Web? Ya, kehilangan perangkat HP merupakan musibah yang bisa dialami siapa saja. Ada kalanya kita sebagai manusia teledor dan tidak menjaga barang berharga pribadi dengan baik.

Tidak perlu panik dahulu, Sedulur! Banyak solusi untuk mencari HP hilang yang dapat Sedulur coba, salah satunya dengan menggunakan bantuan Whatsapp Web. Temukan langkah-langkah cara mencari HP dengan laptop WA Web pada pembahasan di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Mengutip dari Internet atau Website dengan Benar

Kehilangan HP? Simak cara mencari HP dengan laptop WA Web

cara mencari hp dengan laptop wa web
Cara Tutorial
  1. Buka Whatsapp Web
  • Buka Whatsapp Web dari komputer atau laptop, https://web.whatsapp.com/.
  • Penuhi semua langkah verifikasi yang diminta.
  • Pilih nomor Whatsapp yang tertaut pada HP hilang. Kirim pesan dengan nomor tersebut.
  • Pastikan nomor tersebut dapat membalas pesan Sedulur.
  • Setelah menerima pesan, buka pesan tersebut, lalu tekan Ctrl+Alt+Del untuk mendapatkan IP address pengirim pesan atau target yang ingin dilacak.
  1. Manfaatkan Command Prompt untuk mendapatkan IP address perangkat yang hilang
  • Setelah menekan tombol Ctrl+Alt+Del, aplikasi Task Manager akan otomatis terbuka.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + R atau cari pada menu Windows.
  • Setelah terbuka, ketik cmd, lalu tekan Enter.
  • Apabila tampilan Command Prompt sudah muncul, ketik netstat -a -n -o.
  1. Lacak keberadaan perangkat dengan IP address-nya

Setelah Sedulur memiliki IP address perangkat, buka laman www.ip-address.com/ip-tracer/. Selanjutnya, masukkan IP address tersebut ke kolom pencarian. Tunggu beberapa saat, hasil pelacakan akan muncul pada layar.

BACA JUGA: Cara Mengukur Kaki untuk Ukuran Sepatu Saat Belanja Online

Cara lain melacak HP yang hilang

Terlalu sulit melacak HP yang hilang dengan bantuan Whatsapp Web? Mungkin cara-cara di bawah ini dapat menjadi alternatifnya.

1. Melacak HP dengan Google Find My Device

cara mencari hp dengan laptop wa web
Smartprix

Apabila cara mencari HP dengan laptop WA Web tadi belum berhasil, masih ada solusi lainnya yang dapat Sedulur coba untuk menemukan smartphone kesayangan. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur GPS pada HP. 

GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi satelit global yang dapat menyediakan data terkait lokasi, kecepatan, dan juga waktu tempuh perjalanan pada sebuah smartphone. Di era sekarang ini, hampir semua perangkat sudah memiliki fitur tersebut. GPS sendiri dapat dimanfaatkan untuk melacak HP Sedulur yang hilang, loh!

Jika Sedulur menggunakan HP dengan OS Android, Sedulur hanya perlu menggunakan aplikasi Google Find My Device yang dapat diunduh secara cuma-cuma melalui Google Play Store. Simak langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui cara kerja dari Google Find My Device tersebut, yuk!

  • Buka aplikasi Google Find My Device melalui HP lain yang tersedia atau browser internet di perangkat manapun.
  • Masukkan alamat Gmail yang terhubung dengan HP yang hilang.
  • Apabila berhasil, Google Maps akan secara otomatis menunjukkan lokasi terakhir dari HP tersebut.

Google Find Device tidak hanya dapat menunjukkan lokasi terakhir HP saja, lebih daripada itu ia juga dapat menyalakan dan membunyikan HP dengan fitur “Putar Suara”. Jadi, jika HP tidak sengaja terjatuh ke dalam lokasi gelap atau sempit, Sedulur tetap dapat mendengar suara perangkat dari kejauhan. 

Google Find My Device pun bisa menghapus data-data penting yang ada di dalam perangkat secara otomatis. Fitur ini sangat berguna jika HP ternyata dicuri oleh seseorang. Walaupun perangkat hilang, tetapi setidaknya si pencuri tak bisa mengakses data-data konfidensial milik Sedulur.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Lucid Dream

2. Melacak HP dengan Find My iPhone

cara mencari hp dengan laptop wa web
Kompas Tekno

Masih menyambung dari pembahasan di atas, sederet HP besutan Apple juga memanfaatkan fitur GPS untuk melacak lokasi keberadaannya. Nama aplikasi yang dapat Sedulur gunakan untuk mencari iPhone yang hilang adalah Find My iPhone. 

Sekilas, fitur-fitur dari Find My iPhone sangat mirip dengan Google Find My Device. Yuk, langsung simak cara-cara menemukan HP iPhone yang hilang berikut ini!

  • Buka aplikasi Find My iPhone, atau kunjungi melalui browser.
  • Masukkan Apple ID yang tertaut pada HP yang dicari.
  • Pilih “Directions” untuk menunjukkan lokasi HP tersebut.

Jika pada Google Find My Device ada fitur “Putar Suara”, maka Find My iPhone juga memiliki fasilitas serupa yaitu “Play Sound”. Ada juga “Erase This Device” yang mampu menghapus data pemilik iPhone dari kejauhan sebagai bentuk perlindungan data pribadi.

BACA JUGA: 10 Cara Pasang Dasi untuk Anak Sekolah dan Pekerja, Mudah!

3. Melacak HP Xiaomi atau Samsung yang hilang

Teknologi ID

Sedulur menggunakan HP Xiaomi atau Samsung? Jangan bingung dulu! Kedua HP dari pabrikan teknologi raksasa China dan Korea Selatan tersebut juga memiliki aplikasi khusus untuk melacak perangkat yang hilang, kok!

Untuk HP Xiaomi sendiri, Sedulur harus memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Xiaomi Cloud. Sedulur bisa mengakses Xiaomi Cloud pada browser laptop dan masuk ke pengaturan “Find Device” untuk melacaknya.

Sedangkan bagi pengguna HP Samsung, terdapat sebuah aplikasi yang bernama Find My Mobile. Cara penggunaannya sangat mudah dan hampir mirip dengan Xiaomi Cloud yang tadi sudah dijelaskan.

BACA JUGA: Cara Membuat Paragraf di Word Secara Manual dan Otomatis

4. Melacak HP dengan Google Maps

Infobae

Cara terakhir apabila kesemua langkah-langkah di atas gagal adalah dengan menggunakan Google Maps. Google Maps merupakan aplikasi yang menyediakan informasi detail terkait wilayah geografis dan berbagai tempat di penjuru dunia. Sama halnya dengan beberapa aplikasi perantara yang telah diulas, Google Maps juga memanfaatkan fitur GPS pada perangkat.

Dengan begitu, dapat dipahami bahwa Google Maps juga mampu untuk dipakai melacak HP Sedulur yang hilang. Sedulur hanya membutuhkan satu tambahan perangkat (laptop atau HP) untuk menggunakannya. Simak langkah-langkah sederhananya berikut ini, ya!

  •  Buka Google Maps melalui komputer atau smartphone lain yang tersedia.
  • Pilih opsi “Tambah Akun”.
  • Kemudian masukkan alamat email yang tertaut pada smartphone yang hilang tersebut.
  • Masukkan kata sandi dan pilih “Saya Setuju”.
  • Lalu tekan ikon segitiga kecil pada bagian kiri atas halaman Google Maps.
  • Pilih “Linimasa”.
  • Google Maps pun akan memberikan histori informasi lokasi terakhir dimana smartphone yang hilang tersebut berada.

Nah Sedulur, demikian ulasan singkat mengenai cara mencari HP dengan laptop WA Web dan cara alternatif melacak HP yang lainnya. Langkah-langkah di atas sangat berguna bagi Sedulur yang tidak sengaja kehilangan smartphone di suatu tempat. Semoga berhasil, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.