cara menangkap kucing

Bagaimana panduan dan cara menangkap kucing luar yang aman dan tanpa membuat kucing tersebut kesakitan? Berikut ini terdapat beberapa tips dan penjelasan untuk menangkap kucing liar. Bagi Sedulur yang menyayangi dan ingin menyelamatkan kucing liar, tentu wajib mengetahuinya.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak tips dan cara menangkap kucing yang bisa dilakukan dengan aman dan tanpa menyakiti di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing Dijamin Ampuh

Hal yang perlu disiapkan

cara menangkap kucing
Klik Dokter

Sebelum langsung ke pembahasa terkait panduan menangkap kucing, Sedulur juga penting untuk mengetahui apa saja hal yang perlu disiapkan.. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur siapkan, yaitu:

-->
  • Sarung tangan dan pelindung. Gunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan tebal dan tidak mudah robek agar tidak kena cakar kucing. Adapun untuk pelindung, kenakan pakaian dan celana panjang yang melindungi kulit dari goresan. Jika perlu, Sedulur bisa memakai masker juga
  • Perangkap hidup. Salah satunya dari merek Havahart, yang berbentuk persegi panjang sesuai ukuran tubuh kucing. Kalau ada, gunakan yang memiliki pintu otomatis tertutup saat kucing berhasil masuk jebakan. Sedulur juga bisa menggunakan pet carrier sebagai alternatif. Menyediakan jebakan yang layak membantu mengurangi reaksi defensif dari kucing liar
  • Handuk atau kain besar. Akan lebih baik jika berwarna gelap. Kain ini akan digunakan untuk menutup kandang guna mengurangi kepanikan kucing
  • Sediakan makanan yang beraroma tajam, seperti makanan basah, untuk menarik kucing liar keluar dari persembunyiannya. Makanan ini juga membantumu mendekati kucing
  • Alat penyorot yang mengeluarkan cahaya ini dapat menarik perhatian kucing liar. Nantinya, Sedulur bisa menggunakan laser untuk mengarahkan kucing mendekati makanan atau perangkap yang sudah terpasang
  • Ruangan perawatan. Sedulur perlu menyiapkan ruangan untuk meletakkan kucing sebelum dibawa ke dokter maupun setelah prosedur sterilisasi.

Tahapan menangkap kucing liar

Kompas

Selah Sedulur mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan di atas, tujuannya yaitu semata untuk memudahkan proses penangkapan kucing liar sebagai perliharaan. Pasalnya, cara menangkap kucing liar kemudian dijadikan peliharaan tidak semudah yang Sedulur kira.

Pasalnya, kucing liar tidak seperti kucing peliharaan. Kucing liar tidak terbiasa berinteraksi dengan manusia, karakteristik yang liar membuat proses menangkap menjadi lebih sulit. Tahapan-tahapan di bawah ini bisa dilakukan sebagai proses dalam cara menangkap kucing.

Seperti apa saja tahapannya? Yuk, mari langsung kita simak dalam penjelasan di bawah ini!

1. Memberi makan secara perlahan

cara menangkap kucing
Kompas

Langkah pertama sebagai tahapan dan cara menangkap kucing liar yaitu denga memberi makan kucing liar secara perlahan. Hal ini tujuannya untuk memberikan kesadaran pada kucing bahwa keberadaan Sedulur itu ada. Sedulur bisa memberikan makan pada kucing di tempat yang sama.

Baiknya waktu yang diberikan yaitu setiap pagi dan malam, lakukan terus hingga kucing terbiasa dengan pola dan waktu makan yang Sedulur berikan. Sedulur bisa meletakkan makanan di tempat yang sering kucing lewati,

2. Menggunakan perangkap

Suara Merdeka

Tindakan yang paling efektif untuk menangkap kucing liar, Sedulur bisa menggunakan perangkap khusus yang tidak menyakitkan. Ini merupakan tahapan dan langkah dalam cara menangkap kucing yang kedua, setelah Sedulur terbiasa memberikan kucing makan.

Hanya saja, Sedulur wajib memastikan memasang perangkap kucing yang tidak membuat kucing kesakitan. Di tempat penampung hewan liar, biasanya tersedia banyak perangkap khusus yang tidak melukai, khususnya untuk hewan liar.

3. Menarik perhatian dengan umpan

cara menangkap kucing
Liputan6

Selanjutnya dalam tips cara menangkap kucing, yang bisa Sedulur lakukan adala dengan menarik umpan yang diletakkan di dekat perangkap. Proses ini bertujuan agar kucing menghamiri atau mendatangi perangkap aman yang telah disediakan.

Umpan yang digunakan umumnya dengan menggunakan makanan, sebagaiaman yang telah dijelaskan pada tahap pertama. Namun Sedulur bisa menggunakan umpan lain yang menarik hati kucing, seperti contohnya mainan dengan warna menonjol yang menarik perhatian kucing.

4. Menggunakan laser

Kumparan

Jika umpan makanan dan mainan tidak menarik perhatian kucing, maka tips dan cara menangkap kucing selanjutnya yaitu dengan menarik perhatian dengan menggunakan laser. Pastikan Sedulur meletakkan perangkap dalam kondisi yang siap dan pancing kucing dengan laser menuju perangkap.

Beberapa kucing liar biasanya tertarik dengan beberapa hal yang membuat kucing penasaran, sehingga Sedulur bisa menggunakan trik yang satu ini. Apalagi cara laser tidak melukai dan lebih aman bagi kucing.

5. Pindahkan ke tempat aman

Unsplash

Tipa dan tahapan cara menangkap kucing selanjutnya yaitu dengan memindahkan kucing ke tempat yang aman. Jika kucing telah masuk perangkap, penting untuk segera memindahkannya ke tempat yang aman.

Ketika kucing masuk perangkap, kucing akan segera panik dan membuat kondisi tidak kondusif. Untuk menenangkan kucing, Sedulur bisa menutupinya dengan selimut agar kucing bisa tenang.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

6. Konsultasi dengan dokter hewan

cara menangkap kucing
Kompas

Setelah cara menangkap kucing berhasil Sedulur lakukan, tahapan selanjutnya Sedulur bisa membawa kucing ke tempat dokter hewan. Terutama bagi kucing betina, penting untuk melakukan sterilisasi agar dapat mengurangi populasi kucing liar dengan aman tanpa menyakiti.

Sedulur juga perlu mengikuti setiap instruksi dokter terkait perawatan setelah proses sterilisasi. Entah Sedulur kemudian ingin merawatnya atau Sedulur ingin melepaskan kembali ke habitatnya, pastikan instruksi dokter benar-benar dilakukan hingga kucing siap.

Ada beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan agar sukses menangkap kucing, tips-tips tersebut yaitu:

  • Kamuflase jebakan. Kucing cenderung suka bersembunyi, menutupi jebakan dengan kain atau dedaunan membantunya terjebak lebih cepat tanpa paksaan
  • Tutup jebakan dari jauh. Kucing liar mungkin lari keluar begitu mengetahui keberadaanmu di sekitar jebakan. Gunakan tongkat untuk menutup jebakan dari jauh jika jebakanmu tidak menutup secara otomatis
  • Ubah lokasi jebakan. Jika tidak kunjung tertangkap, Sedulur juga bisa mencoba spot lain yang sering dilalui kucing sebagai alternatif
  • Buat jejak makanan. Sebar makanan secara berpola hingga mencapai jebakan. Dengan begitu, kucing bisa mengikuti secara bertahap

Nah itulah beberapa tahapan dalam proses dan cara menangkap kucing yang bisa Sedulur lakukan. Semoga langkah di atas dapat membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang sangat menyukai kucing dan ingin menyelamatkan kucing-kucing liar yang ada di lingkungan sekitar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.