cara memperbanyak sabun cuci piring

Sabun cuci piring di rumah mulai habis, tapi tidak waktu untuk membelinya lagi? Tidak usah khawatir, ada beberapa cara memperbanyak sabun cuci piring yang bisa dicoba.

Sabun cuci piring sendiri, merupakan suatu produk pembersih yang sangat penting. Produk yang satu ini dibutuhkan untuk mencuci berbagai peralatan makan dan dapur, seperti piring, gelas, wajan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, ketika sabun cuci piring ini terlalu sering digunakan, tentu saja hal ini dapat memakan lebih banyak biaya di setiap bulannya. Untung saja, ada beberapa trik atau cara memperbanyak sabun cuci piring yang dapat dilakukan.

Dengan beberapa langkah dalam cara yang ada di bawah ini, maka Sedulur bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli sabun cuci piring!

-->

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Sabun Cuci Piring Terbaik Beserta Harganya

1. Tuang air ke dalam wadah

cara memperbanyak sabun cuci piring
Pexels/Karolina Grabowska

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan, adalah menyiapkan wadah bekas yang ukurannya cukup besar dan juga air kurang lebih 300 ml. Jika bingung harus menggunakan wadah yang seperti apa, Sedulur bisa menyiapkan panci yang agak besar.

Jika sudah disiapkan, selanjutnya tuang 225 ml air ke dalam wadah panci. Oh iya, pastikan air yang digunakan adalah air yang bersih, ya! Jangan gunakan air yang sudah terkontaminasi.

2. Memasukkan garam

Berikutnya, siapkan garam kurang lebih sebanyak 1 sendok makan. Kemudian masukkan garam tersebut ke dalam panci yang berisikan air tadi. Aduk-aduk air garam tersebut sampai garam benar-benar larut. Tidak usah tergesa-gesa, pastikan tidak ada sisa garam yang masih menjadi butiran.

Bagi yang masih bingung, penambahan garam sendiri bertujuan untuk mengentalkan cairan sekaligus menjadi media pembersih ketika mencuci. Selain itu, busa yang dihasilkan juga lebih melimpah.

3. Masukkan lagi air

cara memperbanyak sabun cuci piring
Pexels/RDNE Stock Project

Tahapan yang selanjutnya, yakni memasukkan kembali sisa air yang ada di dalam botol pada wadah panci dimana terdapat air larutan garam di dalamnya. Nah, jadi di langkah pertama, dari 300 ml air yang dimasukkan hanya 225 ml saja.

Sekarang Sedulur bisa memasukkan sisa air yang ada di botol, yakni sekitar 75 ml ke dalam wadah panci yang berisikan air larutan garam tersebut. Jangan lupa, selepas itu aduk sampai rata, ya!

4. Masukkan sabun cuci piring

Jika cairan air garam sudah berhasil dibuat, maka kini saatnya untuk memasukkan sabun cuci piring ke dalam campuran tersebut. Ya, Sedulur bisa memasukkan kurang lebih 105 ml sabun cuci piring ke dalam wadah air berisikan air larutan garam.

Setelah sabun cuci piring dimasukkan ke dalamnya, aduk secara perlahan supaya cairan sabun ini menjadi lebih kental dan juga tidak terlalu berbusa.

5. Tuang cairan sabun ke dalam botol plastik

Jika cairan sabun cuci piring sudah jadi, maka sekarang Sedulur tinggal menuangkan cairan sabun yang sudah dibuat tersebut ke dalam botol minum plastik. Nah, di sini Sedulur bebas mau menggunakan jenis botol apa. Jika bingung, gunakan botol bekas minuman air mineral kemasan.

Botol bekas tersebut nantinya akan digunakan sebagai wadah untuk menyimpannya. Dengan begitu, maka satu botol cairan sabun cuci piring racikan ini dapat bertahan selama tiga hingga empat minggu, lho!

BACA JUGA: Rekomendasi Sabun Colek Terbaik, Bikin Alat Masak Bersih Kinclong!

6. Rendam dengan cairan sabun dan air hangat

cara memperbanyak sabun cuci piring
Pexels/Liliana Drew

Nah, kali kita menuju ke proses pencucian, dimana Sedulur bisa mencampurkan beberapa tetes cairan sabun dengan air hangat yang lebih banyak. Setelah itu, merendam piring yang kotor terlebih dahulu di dalam campuran cairan sabun serta air hangat tersebut.

Diamkan selama beberapa saat kurang lebih 15 menit, agar kotoran yang menempel bisa lebih mudah untuk terlepas sebelum dicuci. Jika dirasa waktu tersebut kurang, Sedulur bisa menunggu lebih lama lagi, hingga 30 menit.

7. Cuci dengan air hangat

Jika piring, gelas, dan peralatan memasak yang lainnya sudah direndam dengan cairan sabun dan air hangat selama beberapa saat, Sedulur bisa langsung mencucinya. Namun untuk hasil yang lebih cepat dan efektif, maka gunakan air hangat ketika mencucinya.

Tidak hanya itu, penggunaan air hangat saat mencuci piring juga akan membuat penggunaan cairan sabun lebih sedikit dan tentu saja lebih hemat.

8. Bilas dengan air secara efisien

cara memperbanyak sabun cuci piring
Pexels/Karolina Grabowska

Tahapan terakhir yang harus dilakukan, yakni membilas air secara efisien. Ya, pastikan Sedulur membilas piring dengan benar setelah selesai mencucinya. Bilas piring atau alat dapur yang dicuci dengan air secara efisien untuk menghilangkan sabun yang tersisa.

Pastikan sisa sabun benar-benar bersih dari piring dan alat dapur yang dicuci. Dengan begitu, maka Sedulur tidak perlu menggunakan lebih banyak sabun lagi ketika mencuci berikutnya.

Nah, itu dia tahapan-tahapan dalam cara memperbanyak sabun cuci piring. Dengan menerapkan beberapa langkah yang ada di atas, Sedulur bisa memperbanyak jumlah sabun cuci piring yang dimiliki, sekaligus menghemat pengeluaran dalam jangka panjang, ya!