cara memperbaiki ac konslet

Pernahkah Sedulur mengalami listrik turun saat menyalakan AC? Jika pernah, bisa jadi tidak lama kemudian listrik Sedulur akan mati. Hal tersebut bisa jadi menyebabkan AC konslet dan rusak. Agar masalah tersebut bisa diselesaikan sendiri, Sedulur bisa mencoba cara memperbaiki AC konslet dengan mudah di rumah.

Masalah konslet AC sendiri bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari arus listrik yang tidak stabil sampai komponen dalam mesin yang rusak dan harus segera diperbaiki.  Lantas seperti apa cara memperbaiki AC konslet dan apa saja penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya agar bisa dinyalakan kembali? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Jangan Salah, Ini Cara Mengetahui PK AC dengan Mudah!

Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Konslet

rekomendasi ac setengah pk
Hitachi

Terdapat beberapa penyebab AC konslet, tentu setiap penyebab tersebut bisa mempengaruhi bagaimana cara memperbaiki AC konslet. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas apa saja penyebab AC konslet dan bagaimana cara memperbaikinya

1. Ampere mesin kompresor melebihi batas maksimal

Tentunya Sedulur sudah tidak asing lagi dengan istilah kompresor ampere tinggi. Dalam kata lain ampere juga bisa disebut kekuatan, jadi jika ampere tingga bisa diartikan kekuatan mesin kompresor tersebut telah melebihi batas maksimal.

Misalnya AC di tempat Sedulur 3⁄4 PK dan disitu tertera ampere kompresor 2,5 A. Sedangkan ampere pada panel MCB listrik 6 A, maka jika kompresor tersebut mengalami ampere tinggi nilai ampere nya bisa lebih dari 2,5 A dan juga bisa melebihi ampere pada MCB listrik itu tadi. Tentunya hal MCB listrik tersebut tidak kuat dan akhirnya turun alias jepret.

Solusi:

Jika sebuah mesin kompresor mengalami ampere tinggi tidak ada cara lain selain ganti kompresor. Walaupun sebenarnya bisa saja diperbaiki dengan digulung ulang, namun biasanya hal tersebut tidak akan kuat bertahan lama.

Kita bisa menggantinya dengan kompresor baru atau hanya outdoor unit nya saja yang second. Dan jika tidak mau repot bisa langsung ganti AC baru. Apabila Sedulur minat outdoor unit second atau AC baru juga bisa langsung hubungi kontak kami untuk keperluan order.

2. Kapasitor lemah berdampak pada konsleting listrik

Apabila kapasitor lemah juga bisa mengakibatkan terjadinya konsleting. Misalnya saja kapasitor tersebut sampai terdapat benjolan atau terbakar. Kegunaan kapasitor itu sendiri untuk menyimpan arus listrik sementara yang tujuannya untuk membantu menggerakan mesin kompresor saat pertama kali AC dinyalakan.

Ini artinya hal ini juga menjadi faktor yang mengakibatkan listrik turun saat AC dinyalakan bukan.

Solusi:

Nah, untuk mengatasi kapasitor yang rusak kita harus ganti dengan yang baru. Untuk harganya pun juga tidak begitu mahal, biasanya tergantung ukuran uF ( mikro ) dari kapasitor tersebut. Disarankan untuk menggantinya dengan ukuran yang sama dengan kapasitor bawaan AC itu sendiri.

3. Terdapat kabel yang terkelupas

Penyebab listrik turun saat AC dinyalakan selanjutnya adalah adanya kabel yang terkelupas pada instalasi kelistrikan AC. Hal tersebut bisa saja terjadi entah karena kabelnya yang kurang bagus atau ulah tikus-tikus jahat yang berada di dalam plafon rumah Sedulur.

Kemudian apa hubungannya dengan listrik yang turun saat kita menyalakan AC? Hubungannya tentu saja hal tersebut juga bisa berakibat terjadinya konsleting bukan jika kabel tersebut ada arus listriknya. Biasanya hal ini terjadi pada instalasi lama atau pada sambungan kabel yang kurang bagus.

Solusi:

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini kita harus memeriksanya secara langsung kabel instalasi tersebut. Silahkan dicek dengan teliti, dan jika memang ternyata kabel tersebut sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti.

Dan jika terdapat sambungan yang kurang baik, sebaiknya diperbaiki dengan di sambung ulang supaya lebih kuat.

4. Ampere MCB listrik terlalu kecil

Jika ampere kompresor bisa menyebabkan masalah, maka sekarang ada juga ampere MCB listrik. Misalnya panel MCB listrik Sedulur menggunakan yang 6 A, tetapi panel tersebut Sedulur gunakan untuk AC dan beberapa item elektronik lainnya. Tentunya dengan Sedulur menggunakan MCB 6 A tidak akan bisa mengcover semuanya.

Aau jika Sedulur menggunakan MCB dengan ampere yang lebih besar, tapi MCB tersebut sudah rusak pastinya juga tidak kuat dan akhirnya jepret atau turun. Terlebih Sedulur menggunakannya secara bersamaan pada waktu yang sama.

Solusi:

Jika memang masalahnya seperti itu, sebaiknya di ganti saja MCB tersebut dengan kapasitas ampere yang lebih besar sehingga dapat mengcover semuanya.

5. Daya listrik yang terlalu rendah

Listrik di tempat Sedulur hanya 900 watt, dan Sedulur sekarang menggunakan AC yang 1 PK tentu saja hal tersebut akan membuat listrik turun. Karena daya yang dibutuhkan untuk AC dengan ukuran 1 PK berkisar 600 sampai 800 watt.

Itu belum termasuk peralatan elektronik Sedulur lainnya seperti TV, kulkas, mesin cuci, dan yang lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang yang ingin menggunakan AC memperhatikan terlebih dulu berapa daya listrik yang digunakan saat ini.

Jangan sampai kita sudah membeli AC ternyata listrik di tempat Sedulur tidak cukup. Oleh karenanya sebelum membeli AC kita juga harus tahu berapa daya yang dibutuhkan AC tersebut.

Solusi:

Tentunya solusi untuk masalah listrik turun saat AC dinyalakan akibat dari kekurangan daya listrik, kita juga harus menambah daya listrik tersebut. Silahkan hubungi PLN terdekat, namun juga harus Sedulur ingat semakin besar daya listrik di tempat Sedulur maka juga bisa semakin besar tagihan bulanannya.

Selain itu, Sedulur juga bisa memilih AC yang hemat listrik ( low watt ) seperti AC yang menggunakan teknologi inverter. Dengan cara seperti itu Sedulur pun juga bisa lebih irit daripada menggunakan AC konvensional.

BACA JUGA: 12 Rekomendari AC 1/2 PK Terbaik yang Harganya Terjangkau

Cara Mengatasi AC Bocor

cara memperbaiki ac konslet
Today Homeowner

Selain AC konslet, seringkali terjadi masalah AC yang bocor. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan jika mengalami masalah AC di rumah yang bocor. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mengganti filter AC

Cara mengatasi freon ac bocor pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti filter AC yang sudah kotor. Filter yang kotor bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran karena membuat udara tidak dapat mengalir dengan lancar. Hal ini akan membuat AC bekerja lebih keras untuk melakukan pendinginan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kebocoran.

2. Membersihkan selang yang tersumbat

Selang AC yang tersumbat juga dapat menyebabkan kebocoran pada AC. Sedulur bisa memeriksa selang yang mungkin mengalami kebocoran. Selang dapat bocor karena kotoran dan lumut yang menumpuk di dalamnya.

Pastikan untuk memeriksa semua selang pada AC dan mengganti selang yang bocor dengan yang baru. Menambal selang yang bocor bukanlah solusi yang disarankan karena hanya bersifat sementara. Jika Sedulur tinggal di daerah yang lembab, disarankan untuk memeriksa AC dalam interval yang lebih singkat.

3. Memperbaiki kompresor AC

Kompresor AC yang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan terjadinya kebocoran. Pastikan bahwa kompresor AC bekerja dengan optimal agar tidak menghasilkan air berlebihan dan menyebabkan kebocoran pada unit AC di rumah.

Jika tidak segera diperbaiki, tentu saja AC yang bocor dapat menyebabkan masalah lainnya. Hal ini tentu saja bisa membuat AC mengalami kerusakan lainnya, bukan hanya kebocoran saja.

Nah itulah beberapa tips dan cara memperbaiki AC konslet yang bisa Sedulur lakukan. Selain gara-gara konslet, AC juga bisa terjadi kebocoran. Dalam penjelasan di atas juga diulas singkat bagaimana tips cara mengatasi AC Sedulur di rumah yang bocor atau bermasalah. Semoga penjelasan di atas membantu, ya!