cara mengetahui ac berapa pk

Salah satu hal penting dan informasi yang perlu Sedulur ketahui sebelum membeli AC yaitu mengetahui ukuran PK-nya. Sedulur harus mengetahui berapa ukuran PK yang pas untuk AC. Maka dari itu, Sedulur perlu tahu cara mengetahui AC berapa PK sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengetahui AC berapa PK yang perlu Sedulur ketahui sebelum membeli AC. PK sendiri merupakan singkatan dari Paardekracht, istilah dari bahasa Belana yang berarti tenaga kuda atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan singkatan House Power atau HP.

Jika diurutkan, terdapat pilihan PK pada AC yaitu dari yang terkecil ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1½ PK, 2 PK, 2½ PK, dan 3 PK. Semakin besar ukuran PK, maka semakin besar pula kemampuan AC tersebut mendinginkan suatu ruangan.

BACA JUGA: Bedanya AC Inverter dan Non Inverter? Mana yang Lebih Baik?

Cara Mengetahui AC Berapa PK

HCTV

Besaran PK berhubungan dengan daya yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan. Cara mengetahui AC berapa PK merupakan hal yang sangat penting sebelum memutuhkan untuk membeli AC bagi ruangan Sedulur.

Kalau PK AC kecil padahal ruangannya cukup luas, nantinya udara dingin tidak akan terlalu terasa di dalam ruangan tersebut. Sebaliknya, kalau ukuran ruangan kecil, tapi Sedulur memasang AC dengan PK besar, Sedulur bisa jadi akan kedinginan.

  • 1 PK = 735,5 Watt/jam = 0,986 HP

Maka, pada AC 1 PK, tenaga listrik yang digunakan kompresor AC sekitar 735,5Watt untuk penggunaan selama 1 jam. Ditambah daya kipas indoor dan outdoor, AC 1 PK bisa memakan daya listrik 1 KWh atau lebih. Ada beberapa cara yang dapat Sedulur coba untuk mengetahui PK AC. Berikut penjelasannya lengkapnya:

1. Melalui satuan BTU

BTU adalah singkatan dari British Thermal Unit. BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas atau mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama 1 jam. Berikut acuan untuk mengetahui besaran PK AC:

  • ½ PK = ± 5.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 3 m x 3 m
  • ¾ PK = ± 7.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 3 m x 4 m
  • 1 PK = ± 9.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 4 m x 4 m
  • 1½ PK = ± 12.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 4 m x 6 m
  • 2 PK = ± 18.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 5 m x 8 m
  • 2½ PK = ± 24.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 6 m x 8 m
  • 3 PK = ± 27.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 10 m x 8 m
  • 5 PK = ± 45.000 BTU/h, untuk ruangan berukuran 10 m x 10 m

Nilai BTU dapat diketahui dengan menggunakan rumus berikut:

  • Panjang (P) x Lebar (L) dalam satuan meter x 537 BTU/h

Rumus di atas mengasumsikan tinggi ruangan adalah ukuran standar, yaitu sekitar 2,5–3 meter. Selain itu, rumus ini juga tidak memperhitungkan faktor eksternal seperti berapa jumlah orang di dalam ruangan atau jumlah jendela yang sering dibuka dan ditutup, dan sebagainya.

2. Berdasarkan kode atau model produk

Beberapa produsen merk AC telah memberikan kode angka untuk mengetahui besarnya PK AC. Kode angka tersebut biasanya terdapat pada boks pembungkus unit indoor dan outdoor AC. Berikut kode angka tersebut dan artinya:

  • 5 artinya : 5.000 BTU/h= ½ PK
  • 7 artinya : 7.000 BTU/h= ¾ PK
  • 9 artinya : 9.000 BTU/h= 1 PK
  • 12 artinya : 12.000 BTU/h = 1½ PK
  • 18 artinya : 18.000 BTU/h = 2 PK
  • 24 artinya : 24.000 BTU/h = 2½ PK
  • 27 artinya : 27.000 BTU/h = 3 PK

3. Sesuai ukuran ruangan

Cara mengetahui PK AC yang terakhir adalah berdasarkan ukuran ruangan tempat AC akan dipasang. Sedulur cukup menghitung dengan rumus berikut:

  • PK AC = luas ruangan dalam meter persegi x 500

Contoh: Sedulur ingin mencari AC untuk ruangan dengan ukuran 3 m x 5 m. Berarti perhitungannya seperti berikut:

  • 3 m x 5 m x 500 = 7.500 BTY/h. Jadi, AC yang paling cocok adalah yang berkapasitas ¾ PK atau 1 PK.

BACA JUGA: BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas Mendidih di Indonesia!

Rekomendasi AC dengan PK Terbaik

rekomendasi ac low watt terbaik
This is Money

Setelah mengetahui cara mengetahui AC berapa PK di atas, tentu Sedulur juga harus mengetahui rekomendasi AC dengan PK terbaik. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi AC terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Yuk mari langsung kita simak daftar rekomendasinya:

1. LG H05TN4 AC 1/2 PK NEW HERCULES

Rekomendasi pertama, yaitu LG H05TN4 AC 1/2 PK NEW HERCULES. AC berukuran 0.5 atau  1/2 PK dari merek LG ini dijual seharga Rp2.475.375. Peralatan Elektronik ini merupakan tipe AC tipe Refrigerant R32  yang energinya lebih ramah lingkungan. Salah satu fitur terbaiknya adalah Turbo Cooling yang bisa memberikan kesejukan jauh lebih cepat dan membuat ruangan nggak mudah lembab.

Seri AC LG H05tN4 ini juga punya fitur Auto Swing yang berfungsi untuk memastikan kalau kesejukan dari AC tersebut sudah menjangkau ke segala arah sampai sudut ruangan. Beruntungnya lagi, konsumsi daya AC LG ini juga cukup rendah yakni 370 watt saja dengan kapasitas PK sebesar 5.000 Btu/h.

2. Daikin FTC20NV14 AC Split 3/4 PK

Rekomendasi kedua adalah Daikin FTC20NV14 AC Split 3/4 PK. AC Split ukuran 3/4 PK atau 0.75 dari merek Daiki ini dilengkapi filter penyaring debu yang membantu membersihkan ruangan dari kotoran dan bakteri yang menyebabkan udara jadi lembab. Dengan begitu, udara di ruanganmu jauh lebih sejuk dan bersih.

3. Daikin FTC20NV14 AC Split 3/4 PK

Seri AC Inverter Daikin yang satu ini, dibekali dengan kapasitas pendinginan sebesar 7.000 BTU/h dengan daya sebesar 550 Watt. Selain itu, tingkat kebisingannya cukup rendah karena hanya mencapai 38/25 dB(A) untuk ruangan bagian dalam, sedangkan di luar ruangan hanya 50 dB(A) saja. AC ini sangat cocok untuk dimiliki karena lebih ramah lingkungan.

Rekomendasi berikutnya masih dalam merek yang sama, yaitu Daikin FTC25NV14 Standard AC Split [1 PK/ Unit Only]. AC Split ini bisa Sedulur seharga Rp4,3 jutaan yang sudah dilapisi dengan Freon R32 untuk meminimalisir dampak negatif dari globalisasi yang mencemari bumi. Cara kerjanya adalah dengan menghembuskan angin yang lebih ramah lingkungan.

4. Daikin FTC25NV14 Standard AC Split – Putih (1 PK/ Unit Only)

Selain itu, konsumsi dayanya hanya 700 Watt, jadi Sedulur tidak terlalu banyak membayar tagihan listriknya. Kapasitas pendinginannya sebesar 9050 Btu/h, yang lebih cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki luas 18 meter persegi.

BACA JUGA: Cara Buat Nasi Kuning dengan Bumbu Racik, Praktis!

5. Panasonic CS/CU-YN12WKJ AC Split 1.5 PK

rekomendasi ac low watt terbaik
Medium

Di urutan keempat, terdapat rekomendasi dari merek Panasonic dengan seri Panasonic CS/CU-YN12WKJ AC Split 1.5 PK yang produknya akan segera hadir di Blibli. Jadi, untuk harga penjualannya masih belum bisa dipastikan.

Sementara untuk spesifikasinya sendiri, AC Split ini cukup menggiurkan karena sudah menggunakan mode Powerfull yang mampu menyalakan kipas dan kompresor dengan kecepatan sangat tinggi.

Dengan begitu, udara bisa menjangkau ke seluruh bagian sudut ruangan saat pertama kali AC dihidupkan hanya dengan sekali menekan satu tombolnya. Sementara itu, untuk tingkat kebisingan indoor hanya mencapai (H / L / Q-Lo) 40/29.

6. AC Gree 2 PK R32 GWC18MOO5

Rekomendasi lainnya ada AC Gree 2 PK R32 GWC18MOO5 yang memiliki ukuran 2 PK dan ditawarkan seharga Rp6,4 jutaan. AC ini sudah dilengkapi teknologi Inverter G-1Hz untuk menjaga suhu ruangan tetap stabil, baik itu saat cuaca sedang panas atau dingin.

Menariknya lagi, jika semakin lama AC ini digunakan, maka konsumsi daya listriknya semakin hemat. Efisiensi Energi EER pendinginan yang dimiliki AC dari merek Gree ini juga 15.51 BTU/hW dengan daya pakai 690 Watt.

Kelebihan lainnya adalah juga sudah dilengkapi energi fast-cooling dengan kemampuan menghidupkan 1 unit outdoor dengan 2 unit indoor menggunakan 1 remote.

7. Samsung AR05TGHQASINSE

Rekomendasi terakhir yaitu AC dari Samsung. Samsung mempersembahkan solusi terkini dalam bidang pendinginan dengan AC AR05TGHQASINSE, yang tidak hanya menguntungkan penghuni rumah, tetapi juga bumi kita.

Dibekali dengan teknologi canggih, AC ini memastikan kesejukan yang efisien tanpa mengorbankan lingkungan. Keunggulan pertama yang dapat Sedulur nikmati adalah Fast Cool Mode, yang memungkinkan AC ini mendinginkan ruangan dengan cepat dan merata.

Filter HD yang dimiliki AC Samsung ini membawa sensasi kesejukan istimewa, sangat cocok untuk ruangan yang banyak dihuni oleh orang yang aktif di luar ruangan. Tidak hanya itu, Filter HD juga berfungsi sebagai pelindung udara di dalam ruangan, menjaga kebersihan dan kesejukan udara yang Sedulur hirup.

Teknologi Long Last DuraFin+ yang ada pada AC ini memastikan perlindungan optimal terhadap kondensor, menjadikan AC Samsung ini tahan lama dan bebas dari karat.

Nah itulah cara mengetahui AC berapa PK beserta dengan rekomendasi AC dengan PK terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dalam mendapatkan rekomendasi AC sesuai kebutuhan dengan PK yang pas dan dibutuhkan.