cara membuat tulisan unik di wa

Whatsapp atau yang cukup sering disingkat dengan WA adalah aplikasi pesan singkat terpopuler di dunia, termasuk Indonesia, nih. Meski sudah punya banyak pesaing seperti LINE, WeChat, Telegram, dan iMessage, ternyata WA masih jadi yang paling disuka. Salah satunya adalah dengan adanya tulisan aesthetic. Hal ini membuat banyak user-nya tertarik untuk mencoba cara membuat tulisan unik di WA.

Ada beberapa faktor yang membuat Whatsapp disukai. Kecepatan pengiriman pesan, kompatibilitas dengan segala sistem operasi, hingga jumlah pengguna yang menjamur misalnya. Dengan popularitasnya yang naik, WA kini memungkinkanmu membuat pesan makin hidup dan interaktif.

Selain dengan fitur insert stiker yang cocok buat berbagi meme kocak, Sedulur pun bisa menikmati fitur modifikasi font. Ini sepuluh cara membuat tulisan unik di WA yang bisa kamu coba sekarang juga. Pakai dengan bijak, ya.  

BACA JUGA: Ini 8 Cara Mematikan Laptop Error yang Benar & Aman, Simpel!

-->

1. Membuat tulisan tebal 

cara membuat tulisan unik di wa tanpa aplikasi
Pexels

Cara membuat tulisan unik di keyboard tanpa aplikasi di Whatsapp sangat mudah, kok. Kamu bisa memulainya dengan membuat tulisan bold atau tebal. Ini bisa dipakai bila kamu ingin menekankan satu isu atau topik dalam percakapanmu dengan lawan bicara.

Caranya tinggal kelilingi tulisan yang ingin kamu buat tebal dengan simbol bintang (*) tanpa spasi. Begini contohnya, “peserta harus *membawa bekal sendiri*, panitia tidak menyediakan konsumsi”. Maka, tulisan yang dikepung simbol tersebut akan tebal otomatis. 

2. Tulisan miring 

cara membuat tulisan unik di status wa
Pexels

Cara membuat tulisan miring di WA juga gampang. Sedulur tinggal mengepung kalimat atau kata yang disasar dengan karakter underscore (_). Misalnya, “Perhatian untuk penulisan kata berbahasa asing tolong pakai efek _italic_. Terimakasih”. Maka, kata “italic” akan otomatis terpampang dengan efek miring. 

3. Mencoret tulisan 

tulisan aesthetic
Pexels

Sedulur juga bisa mencoret tulisan dengan efek strikethrough. Mudah banget, lho. Tinggal kepung kata atau kalimat yang dimau dengan simbol tilde (~) di awal dan akhir kata atau kalimat. Ini bisa dipakai untuk membuat tekanan pada sebuah argumen atau guyonan sarkas yang sedang seru. 

4. Menggunakan formatting options

tulisan keren
Pexels

Mager menggunakan simbol-simbol tadi? Silakan pakai cara yang lebih mudah, yaitu ketuk dan tahan. Caranya tulis dulu pesan yang akan dikirim, kemudian ketuk pada bagian kalimat atau kata yang hendak kamu modifikasi dengan efek tebal, miring, atau garis coret. Tahan sampai keluar pilihan menu salin, tempel, dan pilih titik tiga di bagian paling kanan. Lalu, tinggal pilih deh efek yang diinginkan. Semudah itu. 

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

5. Menggabungkan dua efek sekaligus 

cara variasi tulisan di whatsapp
Pexels

Dengan formatting options tersebut, Sedulur bisa menggabungkan dua bahkan tiga efek sekaligus pada kata atau kalimat yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa menulis pesan dengan kata yang tercetak miring, tebal, dan dicoret sekaligus bila memang diperlukan. Pesanmu pun makin hidup dengan fitur tersebut. 

Namun, Sedulur bisa pula menggunakan shortcut simbol tadi. Contohnya sebagai berikut, “Teman-teman, saya akan cuti mulai *_21-25 Januari 2022_*, mohon kerjasa manya.” Maka, tanggal yang tertera akan langsung miring dan tebal secara otomatis. Menarik, bukan?

6. Mengubah ukuran font 

cara membuat tulisan latin di wa
Pexels

Mungkinkah mengubah ukuran font di WA? Jawabannya, mungkin. Sedulur tinggal membuka lamat Chat dan ketuk tiga titik di pojok kiri atas. Kemudian, pilih Settings < Chats < Font size. Lakukan pengaturan di menu tersebut. Ada tiga pilihan ukuran untukmu, yaitu small, medium, dan large. Dengan fitur ini, Sedulur pun sudah tahu cara membuat tulisan unik di WA tanpa aplikasi.

7. Cara membuat tulisan berwarna di Whatsapp

cara membuat tulisan unik di keyboard tanpa aplikasi
Pexels

Cara variasi tulisan di Whatsapp berikutnya adalah mengganti warna font Tentunya ini akan membuat pesan Sedulur jadi lebih meriah bila memang diperlukan. Misal ingin menekankan satu hal atau ingin berkirim pesan ulang tahun yang meriah buat kerabat. Whatsapp sendiri tidak memiliki fitur ini di dalam aplikasi, jadi aplikasi pihak ketiga perlu dipasang dulu.

Beberapa yang bisa Sedulur pilih adalah Bluewords, WhatsBlue Text, Whatsapp and Text, Cool Fonts for Whatsapp, dan Color Texting Messenger. Semuanya gratis, tetapi biasanya mengandung iklan pop-up. Tak hanya untuk pesan singkat, aplikasi pihak ketiga bisa dipakai sebagai cara membuat tulisan unik di status WA. 

Bila ragu memasang aplikasi pihak ketiga, Sedulur bisa mengetikkan tulisan berwarna biru dari menu emoji. Di sana, kamu bisa menemukan deretan alfabet yang berwarna biru. Namun, tentu prosesnya lebih lama. 

BACA JUGA: Penyebab & 10 Cara Mengatasi Whatsapp Bermasalah, Lengkap

8. Memasukkan font yang stylish 

font yang stylish
Pexels

Aplikasi di atas juga bisa dipakai untuk membuat tulisan keren, stylish, sampai playful. Setelah terpasang, ia akan langsung tersambung dengan Whatsapp-mu dan fiturnya bisa langsung diutak-atik sesuai selera dan kebutuhan. Mereka bisa jadi cara membuat tulisan latin di WA dengan cepat dan mudah.

Kamu pun tidak perlu terpaku pada font default aplikasi yang mungkin membosankan buat sebagian orang. Namun, aplikasi tulisan keren di WA hanya berlaku untuk ponsel Android saja. iOS tidak menyediakan aplikasi serupa. 

9. Mengganti tipe font jadi Monospace 

cara membuat tulisan berwarna di whatsapp
Pexels

Sebagai gantinya, Sedulur yang menggunakan iOS atau tidak bersedia memasang aplikasi tambahan bisa mencoba tulisan aesthetic dengan fitur bawaan aplikasi. WA ternyata menyediakan satu variasi font lain yaitu Monospace. Font ini bersifat open source text dan bisa diunduh untuk PC secara legal dan gratis lewat Google Font. Monospace didesain menyerupai karakter huruf yang keluar saat kita menggunakan mesin ketik manual. Klasik, tetapi elegan. 

Cara membuat tulisan unik di WA dengan fitur ini cukup dengan mengepung kata atau kalimat yang dikehendaki dengan tanda petik tunggal yang diagonal ke kanan sebanyak tiga kali (‘’’). Misalnya ‘’’apa kabar?’’’, maka tulisan akan langsung tampil dalam font Monospace yang estetik. Untuk mendapatkan tanda petik diagonal tersebut, tekan beberapa saat tanda petik tunggal dan pilih salah satu yang miring ke kanan. 

10. Membuat tulisan dengan emoji 

cara membuat tulisan miring di wa
Pexels

Ternyata Sedulur tidak perlu mengetikkan emoji satu per satu untuk membuat pesan keren di Whatsapp dengan komponen emoji. Tinggal pasang aplikasi tambahan seperti Emoji Letter Maker misalnya. Hemat waktu dan tidak mengurangi kesan kece di pesan yang hendak kamu kirim tersebut. Buat beberapa orang, mungkin itu terkesan seperti sebuah usaha dan niat tulus. Padahal, kamu hanya menggunakan bantuan aplikasi instan untuk mempraktikkan cara membuat tulisan unik di WA ini.

Itu beberapa trik dan cara membuat tulisan unik di WA yang bisa dicoba untuk membuat momen bercakap daringmu menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Tentunya nggak semua orang bisa kamu kirimi pesan yang semarak seperti itu. Ada kalanya Sedulur lebih baik mempertahankan pengaturan standar agar tetap terlihat profesional. Di ranah pekerjaan, modifikasi font jadi miring dan tebal mungkin masih relevan. Selebihnya cukup gunakan untuk pesan-pesan pribadi dengan kerabat dekat saja. 

Berkomunikasi lewat WA memang seru dan kadang bikin lupa waktu kalau topiknya lagi seru. Namun, jangan sampai nih Sedulur lupa belanja kebutuhan sehari-hari. Sekarang semuanya bisa dibeli di Aplikasi Super. Mulai dari sembako, pulsa, sampai pakaian dan skincare bisa kamu temukan dengan harga yang masuk akal. Pasang aplikasinya sekarang untuk buktikan kemudahan belanja dari mana saja tanpa harus panas-panasan ke pasar.