Terdapat beberapa cara mematikan laptop yang benar. Sedulur sama sekali tidak boleh menyepelekan mematikan laptop. Karena jika cara mematikan tidak benar dan aman, hal tersebut bisa membuat laptop rusak. Ditambah, terkadang kita pernah mengalami masa di mana laptop error atau bermasalah, kemudian sulit untuk dimatikan.

Berikut ini adalah daftar cara mematikan laptop yang benar dan aman, terutama bisa Sedulur lakukan ketika mengalami masalah di laptop Sedulur, entah error, lag, atau hang. Seperti apa saja caranya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: Tips dan Cara Membuat Email Baru!

1. Menggunakan Tombol Start

cara mematikan laptop
kolomgadget

Cara mematikan laptop yang pertama adalah dengan menggunakan tombol start yang ada pada laptop Sedulur. Ini merupakan cara yang paling umum untuk mematikan laptop. Sedulur bisa klik tombol start menggunakan mouse, lalu klik pilihan Shut down atau sign out.

-->

Selanjutnya akan muncul beberapa opsi pilihan, seperti Restart, Sleep, Shut Down, Sign Out, Hibernate. Sedulur tinggal pilih saja. Bagi Sedulur yang akan menggunakannya lagi dalam beberapa jam, Sedulur bisa memilih opsi Sleep atau Hibernate. Namun bagi Sedulur yang sudah menggunakannya, Sedulur bisa memilih Shut Down untuk mematikan laptop.

2. Gunakan Tombol ALT+F4

pixilart

Kali ini adalah rekomendasi cara mematikan laptop dengan keyboard. Biasanya cara ini digunakan bagi seseorang yang sudah mahir dan sering menggunakan laptop. Karena mereka mengetahui cara menggunakan laptop sehingga kode-kode keyboard bisa merujuk kepada beberapa cara.

Cara yang bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan cara mematikan keyboard laptop adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol ALT+F4 pada keyboard Sedulur.
  • Kemudian akan muncul pilhan mematikan laptop.
  • Pilih dan klik Shut Down.
  • Tunggu beberapa saat, laptop Sedulur akan mati dengan sendirinya.

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

3. Gunakan Command Prompt

cara mematikan laptop
labana

Baik sebagai cara mematikan laptop Asus atau laptop merk lain, cara ini juga ampuh digunakan untuk mematikan laptop yang bermasalah. Command Prompt atau CMN merupakan aplikasi bawaan yang dapat menerima dan menjalankan perintah, hanya dengan memasukkan kode saja.

Cara mematikan laptop yang hang ini bisa Sedulur lakukan dengan mudah, Sedulur hanya tinggal tekan tombol Windows + R kemudian akan keluar CMD. Berikut ini beberapa kode yang bisa Sedulur masukkan untuk mematikan laptop:

  • shutdown-s: kode untuk mematikan laptop kurang dari satu menit.
  • shutdown-s-t300: kode untuk mematikan laptop dalam waktu 5 menit.
  • shutdown-s-t300”isi-pesan”: kode untuk mematikan laptop dengan memunculkan isi pesan.

4. Membuat shortcut sendiri

tipspintar

Sedulur juga bisa melakukan cara mematikan laptop acer atau merk lainnya dengan membuat shortcut atau jalan pintas sendiri. Sedulur bisa membuat shortcut sendiri dengan klik kanan mouse di layar desktop, atau masuk ke CMD. Lalu masukkan kode ‘shutdown.exe -s -t 00’.

Selanjutnya akan muncul prosedur, dan Sedulur tinggal klik next atau selanjutnya. Sedulur pun akan memiliki cara pintas di laptop Sedulur sendiri. Terutama jalan pintas untuk mematikan laptop.

BACA JUGA: Cara Membuat Google Form di Laptop & HP, Jelas & Mudah

5. Mematikan Laptop Windows 7

palukomputer

Rekomendasi selanjutnya adalah cara mematikan laptop yang tidak bisa di shutdown, terutama bagi Sedulur yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Walaupun sebenarnya sistem operasi ini sudah mulai ditinggalkan, dan Microsoft sendiri sudah mengumumkan secara resmi kapan Windows 7 terakhir dapat digunakan. Cara yang bisa Sedulur lakukan adalah:

  • Klik Start Menu di sudut kiri bawah.
  • Kemudian pilih Shut Down.
  • Tunggu laptop Sedulur mati dengan sempurna.
  • Mematikan laptop pun selesai Sedulur lakukan.

6. Mematikan Laptop Windows 8

pcplus

Sedulur masih bertanya bagaimana cara mematikan laptop? Berikut ini adalah cara yang bisa Sedulur gunakan, terutama bagi Sedulur yang menggunakan sistem operasi Windows 8. Langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk mematikan laptop Windows 8 adalah sebagai berikut:

  • Arahkan cursor mouse ke pojok kiri bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul Charm Bar.
  • Lalu pilih menu settings.
  • Klik menu Power. Akan muncul pilihan Shut Down.
  • Lalu matikan laptop, dan tunggu hingga laptop mati dengan sempurna.

BACA JUGA: 8 Cara Download Aplikasi di Laptop, Aman & Mudah (GRATIS!)

7. Mematikan Laptop Windows 10

cara mematikan laptop
interogator

Berikut ini adalah cara mematikan laptop bagi Sedulur yang menggunakan Windows 10. Sebuah sistem operasi yang paling baru yang diluncurkan Microsoft. Namun, pada dasarnya caranya tidak jauh berbeda dengan dua cara yang sebelumnya dibahas. Berikut ini adalah langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  • Pilih Start Menu.
  • Kemudian pilih menu Power.
  • Lalu pilih menu Shut Down. Sedulur bisa memilih opsi lain sesuai kebutuhan.
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop Sedulur benar-benar mati.

Memang Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru. Namun, belum lama ini Microsoft mengumumkan terdapat bahwa sistem operasi Windows 11 sudah dapat digunakan oleh beberapa laptop yang memenuhi syarat.

8. Menggunkan tombol power

winpoin

Cara ini dapat Sedulur gunakan sebagai pilihan yang sangat urgent. Yaitu sebagai cara mematikan laptop yang tidak bisa dimatikan. Semisal ketika laptop Sedulur hang atau lag. Sedulur bisa menekan tombol power dalam waktu beberapa detik, tahan hingga laptop Sedulur benar-benar mati. Selanjutnya, Sedulur tinggal tunggu laptop mati.

Namun untuk cara ini, disarankan untuk tidak sering menggunakannya. Karena akan memberi dampak buruk dan memberikan kerusakan pada laptop. Imbasnya laptop Sedulur akan rusak dalam waktu yang tidak lama.

Itulah daftar cara mematikan laptop saat sedang error atau cara mematikan yang paling aman dan benar. Semoga cara tersebut dapat membantu Sedulur, dan jangan lupa untuk selalu merawat laptop agar terhindar dari masalah. Terutama bagi Sedulur yang sangat mengandalkan laptop untuk bekerja, kerusakan laptop sangat berarti banyak hal.