cara membuat telur ayam setengah matang

Telur setengah matang menjadi hidangan yang cukup disukai banyak orang. Tekstur yang creamy dan lembut, jadi salah satu faktornya. Namun, siapa sangka cara membuat telur ayam setengah matang cukup mudah dan bisa dilakukan dengan teknik sederhana.

Jika Sedulur pernah mencoba membuat telur ayam setengah matang, tapi selalu gagal. Maka wajib banget untuk menyimak ulasan tips memasak kali ini ya. Kamu dijamin bakal bisa membuat telur ayam setengah matang yang sempurna. Berikut ini caranya!

BACA JUGA: 6 Resep dan Cara Membuat Kulit Dimsum Lentur dan Anti Sobek

Cara Bikin Telur Setengah Matang Mudah

cara membuat telur ayam setengah matang
The Kitchen Magpie

Untuk bisa mendapatkan hasil telur setengah matang yang sempurna, Sedulur bisa melakukannya dengan 4 langkah sederhana. Cara membuat telur ayam setengah matang ini juga efektif dan mudah dilakukan dimana saja. Jadi silahkan ikuti langkah berikut ini ya!

-->

1. Siapkan telur

Sedulur perlu menyiapkan telur berkualitas agar bisa mendapatkan hidangan yang sempurna dan tentunya menyehatkan. Untuk itu, pilih telur yang masih segar melalui beberapa pengamatan.

Misalnya melihat kondisi cangkang telur dan pilih telur dengan warna cangkang putih kecoklatan tanpa adanya noda. Selain itu, cangkang telur yang bagus seharusnya tidak terdapat retakan sedikitpun.

2. Didihkan air

Setelah memilih telur yang bagus. Sedulur bisa langsung menyiapkan peralatan masak seperti panci atau wok. Sesuaikan peralatan masak dengan jumlah telur yang akan direbus karena perebusan perlu dilakukan dengan menenggelamkan telur hingga terendam sepenuhnya.

Setelah panci siap, masukkan air ke dalamnya dan rebus sampai mendidih sebelum digunakan untuk memasak telur.

Ingat, jangan memasukkan telur sebelum airnya mendidih karena bisa mempengaruhi hasil dan kualitasnya. Telur yang sudah dimasukkan sebelum airnya mendidih biasanya akan sulit untuk dikupas bagian kuli menempel lebih kuat pada membrannya. Untuk itu, sebaiknya tunggu dulu hingga airnya panas baru masukkan telurnya. 

3. Rebus telur sesuai kematangan

Dalam cara membuat telur ayam setengah matang, ada beberapa metode perebusan yang perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan langsung dengan waktu lama telur direbus karena setiap menit perebusan bisa memberikan hasil yang berbeda-beda.

Berikut ini beberapa metode lama perebusan yang cukup umum dan aman untuk memasak telur.

  • Rebus 7 menit menghasilkan telur setengah matang dimana kuning telurnya masih terlihat encer dan lembut teksturnya.
  • Rebus 8 menit memperoleh telur setengah matang dimana kuningnya sudah padat namun teksturnya masih terasa lembut.
  • Rebus 10 menit menghasilkan kuning telur yang keras meskipun masih sedikit lunak di bagian tengahnya.
  • Rebus 12-15 menit telur matang sempurna dimana semua bagiannya sudah keras.

Sedulur bisa memilih metode di atas sesuai dengan selera dan kebutuhan. Misal ingin mendapatkan telur yang lembut dengan kuning telur yang masih cair, maka bisa mencoba lama waktu 7 menit. Tapi jika ingin matang sempurna, maka bisa merebus sekitar 12 menit.

4. Dinginkan dengan air es

Setelah telur direbus sesuai dengan kebutuhan, bukan berarti Sedulur bisa langsung mengangkat dan menyantapnya. Ada satu cara membuat telur setengah matang yang tidak boleh dilewatkan yaitu mendinginkannya dengan air es.

Dengan bantuan air es, telur akan mendapatkan hasil setengah matang yang sempurna. Dimana panas yang tersisa akan langsung hilang dan menghentikan proses memasak di dalam telur. Penggunaan air dingin juga membantu Sedulur untuk bisa menyantap telur sesegera mungkin.

BACA JUGA: 13 Resep Telur Saus Asam Manis, Bikinnya Mudah dan Praktis!

Cara Membuat Telur Setengah Matang dengan Teknik Rebus Cold Start

The Petite Cook

Selain menggunakan cara di atas, ada beberapa teknik lain yang bisa Sedulur coba untuk bisa membuat telur ayam setengah matang. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik cold start. Berikut ini langkahnya:

  • Tusuk pada bagian ujung telur menggunakan pines atau pin supaya mendapatkan lubang kecil pada kulitnya. Tapi ingat jangan terlalu dalam supaya tidak merusak telurnya. Kalau tidak ada pines kamu bisa gunakan ulekan kayu untuk mengetuk kulit telur tapi jangan sampai pecah.
  • Ambil panci dan tuangkan air dingin lalu masukkan telur ke dalamnya hingga seluruh bagiannya terendam. Idealnya tinggi air mencapai 2,5 cm dari telur agar hasilnya bagus.
  • Nyalakan kompor lalu masak telur dengan panci yang terbuka. gunakan api sedang saja untuk merebus telur. Setelah airnya mendidih yang ditandai dengan munculnya gelembung matikan api serta atur penghitung waktu sesuai tingkat kematangan yang diinginkan.
  • Sedulur bisa mencoba beberapa pilihan waktu perebusan, seperti 2 menit kalau ingin telur putih telur yang lembut dan kuningnya masih encer/ mentah. 4 menit untuk mendapatkan telur dengan putih lebih padat dan kuningnya sudah mengental. 6 menit agar memperoleh telur yang putihnya dan kuningnya sudah mulai padat. 8 menit kalau ingin telur yang putih dan kuningnya sudah mengeras tapi teksturnya masih lembut.
  • Setelah menentukan, kamu bisa nyalakan kembali kompor dan rebus telur sesuai waktu yang sudah diatur sebelumnya.
  • Trik yang disarankan oleh ahli yaitu masukkan telur rebus dalam panci yang telah diisi air es selama 30 detik seketika setelah diangkat. Perlakuan ini akan membuat konsistensi telur lebih bagus dan menghentikan proses pemanasan.

Umumnya teknik cold start digunakan untuk membuat telur hard boiled dengan hasil kuning telur yang masih lembut. Proses memasak yang cukup lama, akan membuat putih telur matang sempurna.

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Telur Puyuh Sesuai Tingkat Kematangan

Cara Membuat Telur Setengah Matang dengan Teknik Rebus Hot Start

cara membuat telur ayam setengah matang
FEAST

Jika ada teknik cold start, maka ada juga cara membuat telur ayam setengah matang dengan teknik hot start. Cara ini cukup berlawanan dengan teknik sebelumnya tapi juga bisa Sedulur coba. Berikut ini langkahnya:

  • Isi panci dengan air hingga tingginya sekitar 8 cm lalu panaskan sampai mendidih. Kamu bisa menggunakan api tinggi untuk metode ini.
  • Ambil sendok berlubang taruh telur di atasnya. Secara perlahan masukkan ke dalam panci yang airnya sudah mendidih.
  • Rebus telur sesuai pilihan waktu yang sudah disebutkan sebelumnya untuk memperoleh telur sesuai tingkat kematangan yang Sedulur butuhkan.

Teknik ini cocok dilakukan untuk mendapatkan hasil telur setengah matang yang bagus tanpa membuat resiko overcook. Jadi patut Sedulur coba.

Demikian tadi beberapa cara membuat telur ayam setengah matang. Teknik dan cara di atas bisa Sedulur lakukan dengan mudah dan nggak ribet. Sedulur juga hanya membutuhkan beberapa peralatan yang pasti ada di rumah. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil ya!