cara membuat stiker wa tanpa aplikasi

Salah satu fitur yang disediakan oleh WhatsApp (WA) adalah stiker. Fitur ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan singkat, padat, dan jelas disertai dengan gambaran suasana hati yang sedang terjadi. Tak heran, banyak masyarakat yang mencari cara membuat stiker WA tanpa aplikasi di internet.

Stiker di WA memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada stiker berbentuk tulisan, kartun, hingga gambar wajah manusia. Tidak hanya stiker diam, WA juga menyediakan stiker bergerak yang lucu dan menggemaskan. Stiker-stiker tersebut dapat digunakan untuk menambah kesan asyik dalam bertukar pesan bersama teman dan keluarga. Nah, bagaimana cara membuat stiker WA tanpa aplikasi di HP? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Sedulur coba lakukan.

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

Cara membuat stiker WA tanpa aplikasi

stiker
iStock

Sebelum membuat stiker WA, perlu diketahui bahwa saat ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya sekadar bertukar pesan dalam bentuk teks, WA juga memiliki fitur video call bersama banyak orang, fitur WA Business, dan fitur stiker.

-->

Stiker WA adalah fitur yang disediakan oleh WhatsApp dalam mengirim pesan tanpa teks. Fitur ini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone, baik para pengguna Android maupun iOS. Bagi para pengguna Android, perbarui WhatsApp ke versi 2.18.329 di Google Play, sementara bagi para pengguna iOS, lakukan update ke versi 2.18.100 di App Store. 

Ada banyak sekali stiker-stiker lucu dan menggemaskan yang bisa digunakan secara gratis. Stiker tersebut dapat diunduh dari internet maupun dibuat sendiri oleh pengguna. Cara membuat stiker WA juga terbilang mudah, bisa menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. 

Jika Sedulur ingin menggunakan aplikasi, Sedulur dapat menggunakan aplikasi ‘Personal Stickers for WhatsApp’ dan mempelajari cara membuat stiker WA di Telegram. Namun jika ingin membuat tanpa aplikasi, simak informasi selanjutnya yang akan membahas mengenai cara membuat stiker WA tanpa aplikasi di HP Samsung, cara membuat stiker WA tanpa aplikasi di HP Xiaomi, dan cara membuat stiker WA tanpa aplikasi di Iphone.

BACA JUGA: 8 Cara Cek Nomor Smartfren, Via SMS Hingga Via WhatsApp

Gunakan BOT Sticker WhatsApp online

stiker
wasticker.app

Cara membuat stiker WhatsApp Android dan iOS dengan mudah dapat dilakukan dengan menggunakan BOT Sticker WhatsApp online. Cara ini memanfaatkan BOT untuk membuat stiker tanpa harus menginstall aplikasi apapun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi Bot Stiker Whatsapp Online dengan kunjungi situs https://wasticker.app/id.
  • Di sana, kamu akan menemukan tulisan ‘Masukkan No HP WhatsApp’. Maka, masukkan nomor WA kamu dan buat stiker WA online tanpa aplikasi.
  • Jika sudah, tinggal upload saja foto yang akan dijadikan sebagai stiker dengan klik tombol Pilih Gambar. Untuk formatnya bebas ya. Sedulur dapat memilih gambar biasa atau gambar animasi (GIF).
  • Klik tombol Buat Sticker dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Pilih format JPG, PNG, dan WEBP jika ingin membuat stiker gambar diam atau tidak bergerak.
  • Sementara untuk membuat stiker WA bergerak atau stiker animasi, pilih format GIF. 
  • Stiker yang sudah jadi akan dikirim secara otomatis oleh BOT ke nomor WhatsApp yang sudah Sedulur masukkan pada proses awal.

Perlu diperhatikan bahwa ukuran file gambar maksimal adalah 5MB, oleh karena itu, pilih gambar yang memiliki ukuran file dibawah 5MB agar proses pembuatan stiker berhasil. Semakin kecil ukuran file makan akan semakin cepat proses pembuatan stiker.  

BACA JUGA: Penyebab & 10 Cara Mengatasi Whatsapp Bermasalah, Lengkap

Gunakan kolom chat WhatsApp

stiker
Kompas.com

Cara selanjutnya adalah menggunakan kolom chat WhatsApp secara langsung. Berikut adalah caranya:

  • Pastikan aplikasi WA yang digunakan sudah di update ke versi 2.18.329 untuk Android dan versi 2.18.100 untuk iOS. 
  • Buka aplikasi WA dan pilih ruang obrolan lalu tulis sesuatu di kolom chat.
  • Lihat tanda emoji pada sebelah kiri tulisan “Ketik Pesan” lalu klik.
  • Lihat pada bagian bawah dan Sedulur akan menemukan tiga ikon, yakni emoji, GIF, dan stiker. 
  • Pilih ikon stiker yang berbentuk seperti kertas dengan lipatan kecil di bagian kanan bawah.
  • Perhatikan ikon yang berjajar di bagian atas. Sedulur akan menemukan ikon jam yang berarti stiker paling sering digunakan dan ikon bintang yang berarti stiker tersimpan.
  • Klik tanda + atau tambah di pojok kiri untuk menambahkan stiker baru.
  • Sedulur akan menemukan ribuan stiker lucu dan unik yang bisa didownload secara gratis, seperti Stranger Things, Encanto, Semangat Naija, Temanku Keluargaku, Mama Love, dan masih banyak lainnya. 
  • Pilih stiker yang ingin disimpan dengan mengeklik ikon download pada bagian sebelah kanan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan stiker siap digunakan untuk berkirim pesan. 

Nah, itulah informasi mengenai cara membuat stiker WA dari foto tanpa aplikasi tambahan. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang ingin membuat stiker WA dengan mudah dan cepat meskipun memori telepon sudah hampir habis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.