cara membersihkan rumah

Kebersihan rumah penting untuk dijaga, karena dengan rumah yang bersih kesehatan tubuh penghuni rumah bisa terjaga. Jika rumah jorok dan kotor, banyak kuman dan bakteri di dalamnya dan bisa menularkan penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Sedulur mengetahui cara membersihkan rumah.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tips dan cara membersihkan rumah agar kebersihan rumah bisa tetap terjaga sehingga kesehatan setiap penghuni rumah bisa terjamin. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak tips dan caranya di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Cara Ampuh Membersihkan Setrika Lengket dan Kotor

1. Rapikan tempat tidur

cara membersihkan rumah
iStock

Tips dan cara membersihkan rumah harus dimulai dari awal bangun tidur, maka cara pertama yang harus Sedulur lakukan adalah dengan langsung merapikan tempat tidur. Dengan kondisi kamar dan tempat tidur yang rapi, dapat membuat mood Sedulur lebih baik untuk memulai aktivitas.

-->

Jangan lupa juga untuk membersihkan kasur dengan menganti sprei kasur, bantal dan guling secara teratur. Bersihkan juga debu-debu yang ada di dalam kamar agar semakin nyaman. Sehingga Sedulur akan semakin nyaman untuk membersihkan area rumah lainnya.

2. Sapu dan pel rumah

iStock

Tips dan cara membersihkan rumah selanjutnya yaitu dengan menyapu dan mengepel rumah. Kegiatan ini selalu diabaikan karena menganggap lantai rumah bersih. Padahal lantai rumah merupakan bagian rumah yang mudah kotor karena debu, maka wajib untuk disapu dan dipel secara rutin.

Agar sirkulasi di rumah juga terjaga dengan baik, Sedulur bisa membuka bagian jendela dan intu agar rumah terasa segar. Karena rumah dengan sirkulasi udara yang lancar serta dengan sinar matahari yang cukup bisa membuar rumah lebih segar dan membuat mood penghuninya lebih baik lagi.

3. Kembalikan barang pada tempatnya

cara membersihkan rumah
iStock

Cara menjaga kebersihan rumah selanjutnya adalah dengan mengembalikan barang pada tempatnya. Contohnya seperti menaruh peralatan makan pada rak setelah selesai makan bersama, mengembalikan buku pada lemari, atau sekedar menempatkan kembali alat tulis atau mainan ke dalam kotak penyimpanan.

Banyak dari kita, mungkin juga termasuk Sedulur salah satunya, yang tidak sadar bahwa hal-hal sederhana seperti ini yang bisa membuat lingkungan rumah terasa lebih rapi dan enak dipandang. Dengan cara tersebutjuga, Sedulurtidak akan mengalami kehilangan barang.

Karena setiap barang yang telah digunakan akan kembali ke tempatnya, maka ketika dibutuhkan barang tersebut tidak sulit untuk dicari dan ditemukan. Tidak ada lagi istilah kehilangan barang dan lain sebagainya.

4. Cuci piring jangan ditunda

iStock

Tips dan cara membersihkan rumah selanjutnya yaitu dengan tidak menunda cuci piring. Mencuci piring adalah salah satu kebiasaan yang sering ditunda. Jika dibiarkan terlalu lama, piring yang menggunung di tempat cucian ini bisa menyebabkan penyakit dan gangguan pada pencernaan.

Gangguan penyakit seperti diare dan sakit perut karena bakteri yang muncul. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin lakukan cuci piring segera setelah Sedulur menyelesaikan kegiatan masak maupun makan bersama keluarga.

Dengan membiasakan mencuci piring juga Sedulur tidak pernah akan menunda-nunda piring kotong hingga menggunung di tempat pencucian piring.

5. Bersihkan dapur secara teratur

cara membersihkan rumah
iStock

Cara membersihkan rumah selanjutnya yaitu membersihkan dapur secara teratur. Dapur merupakan bagian rumah yang dapat menyebarkan bakteri yang berasal dari makanan. Agar kebersihan dapur terjaga, beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan yaitu:

  • Bersihkan segala permukaan yang dapur menggunakan disinfektan.
  • Bersihkan kulkas dengan cara membuang segala sisa makanan agar tidak menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau tak sedap.
  • Bersihkan tempat sampah hingga benar-benar bersih setiap kali Sedulur membuang isinya. Meski Sedulur telah melapisinya dengan kantong plastik, tidak jarang kantong plastik bocor dan meninggalkan sisa kotoran di tempat sampah.
  • Mengganti spons cuci piring dengan yang baru secara rutin. Spons bisa saja berjamur karena terlalu sering terkena air dan sisa makanan saat digunakan.
  • Pisahkan peralatan memasak untuk sayur dan untuk daging, khususnya papan pemotong yang Sedulur gunakan untuk memotong sayur dan daging mentah.

6. Cuci baju secara teratur

iStock

Selain mencuci piring, kebiasaan baik yang perlu dilakukan secara rutin yaitu mencuci baju secara teratur. Kebiasaan ini mungkin cocok bagi Sedulur yang sudah berkeluarga. Tinggal bersama seseorang membuat beberapa beban kegiatan rumah tangga menjadi bertambah, tidak terkecuali mencuci baju.

Maka dari itu, buat dan susun jadwal setiap dua hari sekali untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Sedulur juga bisa memanfaatkan alat elektronik seperti mesin cuci jika ingin menghemat energi. Setelah selesai, jangan lupa segera keringkan baju langsung di bawah sinar matahari untuk menghindari bau apek pada baju.

Pakaian yang bersih juga bisa mempengaruhi mood Sedulur sehari-hari. Semakin baik mood, maka semakin baik pula aktivitas yang akan Sedulur lakukan.

7. Bersihkan kamar mandi secara teratur

cara membersihkan rumah
iStock

Selain dapur, tempat di dalam rumah yang mengandung banyak bakteri dan kuman adalah kamar mandi. Maka dari itu, tips dan cara membersihkan rumah yang efektif adalah membersihkan kamar mandi secara teratur.

Beberapa hal yang bisa Sedulur perhatikan dan lakukan saat membersihkan kamar mandi yaitu sebagai berikut:

  • Gunakan cairan pembersih yang mengandung zat antiseptik untuk membersihkan kamar mandi, bukan sekedar menyikatnya saja.
  • Pastikan membersihkan kloset dan wastafel karena tempat-tempat tersebut merupakan sumber dari kuman dan bakteri.
  • Bersihkan bagian-bagian kamar mandi lainnya, seperti pegangan pintu, keran, dan semua permukaan yang ada di kamar mandi karena bakteri dan kuman bisa saja menempel di sana.
  • Sediakan keset untuk membantu mengeringkan kaki Sedulur yang basah setelah dari kamar mandi.
  • Bukalah pintu dan jendela saat kamar mandi sedang tidak digunakan agar ada pergantian udara di dalam kamar mandi.
  • Jika ada wastafel dan shower di kamar mandi Sedulur, bersihkan secara rutin menggunakan cuka lalu dilap dengan kain bersih agar jamur, bakteri, dan kuman hilang.
  • Rutin mengganti spons mandi serta mencuci handuk, tirai mandi, dan keset setidaknya dua kali seminggu.

8. Olah barang yang tidak digunakan

iStock

Kebanyakan dari Sedulur pasti memiliki banyak perabotan yang sebenarnya sudah tidak digunakan lagi. Namun bukan berarti barang-barang tersebut bisa langsung Sedulur buang begitu saja. Barangkalai perabotan atau barang tersebut masih memiliki nilai atau manfaat lain.

Maka dari itu coba sortir perabot mana yang masih bisa diolah untuk jadi barang bermanfaat lainnya dan mana yang perlu dibuang. Dengan melakukan ini secara berkala, sampah dan peralatan di rumah akan berkurang dan semakin banyak ruang yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

9. Bersihkan debu secara rutin

cara membersihkan rumah
iStock

Membersihkan debu secara rutin merupakan kewajiban yang harus Sedulur lakukan jika rumah ingin tetap bersih dan nyaman dihuni. Walaupun debu tidak terlihat langsung, tapi jika diperhatikan lebih detail, di setiap perabotan rumah pasti terdapat debu-debu halus di atasnya.

Jika dibiarkan terlalu lama, debu halus tersebut akan menumpuk dan bisa memberikan masalah pada pencernaan. Udara di rumah pun tidak terasa segar dan Sedulur akan merasa tidak nyaman. Maka dari itu, usahakan untuk rutin membersihkan debu yang ada di rumah, ya!

10. Cegah jentik nyamuk di rumah

iStock

Cara membersihkan rumah yang efektif agar terhindar dari penyakit adalah dengan mencegah jentik nyamuk di dalam rumah. Beberapa penyakit ditularkan melalui gigitan nyamuk, contohnya demam berdarah dan malaria. Maka penting untuk mencegah jentik nyamuk di rumah.

Beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan untuk mencegahnya yaitu:

  • Pastikan di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah Sedulur bebas dari genangan air.
  • Menutup tempat penampungan air dan rutin mengurasnya karena jentik nyamuk juga bisa hidup di air yang bersih.
  • Rutin membuang air di wadah penadah dispenser air minum, belakang kulkas, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan ada air yang tergenang.

11. Bersihkan area teras rumah

cara membersihkan rumah
iStock

Setelah membersihkan area di dalam rumah yang telah dibahas di atas, penting juga bagi Sedulur untuk membersihkan area luar. Jika Sedulur yang memiliki teras rumah dan terdapat furnitur, Sedulur bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air panas.

Rapikan setiap barang yang berserakan yang terdapat di teras. Jika ada kursi dan meja, bersihkan debu-debu yang terdapat di area teras. Biasanya area teras digunakan untuk bersantai atau bahan menjadi tempat untuk berbincang bersama tamu.

Akan semakin nyaman jika Sedulur membersihkan area luar atau teras secara teratur dan rutin. Waktu luang bersantai di teras pun akan semakin nyaman dan tamu yang hadir pun akan semakin betah.

12. Bersihkan halaman rumah

iStock

Tips agar rumah Sedulur tetap bersih dan membuat penghuninya sehat yaitu dengan membersihkan halaman rumah. Terutama bagi Sedulur yang di bagian halaman rumah menanam beberapa tanaman, biasanya akan banyak daun-daun gugur.

Jika tidak segera dibersihkan, selain halaman terlihat berantakan, daun-daun gugur yang dibiarkan akan membusuk lalu memancing bakteri atau kuman di dalamnya. Maka dari itu, Sedulur wajib secara rutin untuk membersihkan halaman rumah, sama seperti bagian yang ada di dalam rumah.

BACA JUGA: 12 Cara Membersihkan Kerak Kloset Duduk Sampai Kinclong

Manfaat membersihkan rumah

cara membersihkan rumah
iStock

Manfaat pertama yang akan Sedulur rasakan tentu saja rumah menjadi rapi dan bersih sehingga sangat nyaman untuk ditempati. Namun bukan hanya itu, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sedulur dapatkan yaitu:

  • Tubuh Sedulur akan bergerak dan mengeluarkan banyak keringat, maka dari itu membersihkan rumah merupakan salah satu bentuk olahraga.
  • Dengan rumah yang bersih dan rapi, Sedulur bersama dengan keluarga bisa istirahat dan tidur lebih nyenyak.
  • Dengan kebersihan dan kerapian rumah, keluarga Sedulur di rumah pun akan menjadi lebih sehat lagi.
  • Dengan rumah yang bersih, akan mencegah dan menurunkan alergi atau simptom asma.
  • Rumah yang bersih bisa meningkatkan kebahagiaan setiap anggota keluarga yang ada di dalam rumah.

Nah itulah beberapa tips dan cara membersihkan rumah yang bisa Sedulur terapkan bersama keluarga agar Sedulur bisa mendapatkan manfaat-manfaatnya. Jangan lupa juga siapkan peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan rumah.

Sedulur bisa membeli setiap peralatan dan bahan-bahan untuk membersihkan rumah di Aplikasi Super. Tersedia banyak peralatan dan bahan untuk membersihkan rumah di Aplikasi Super, ditambah lagi Sedulur tidak perlu repot untuk keluar rumah membeli setiap bahan yang dibutuhkan.

Cukup cek di Aplikasi Super, lalu klik setiap barang dan bahan yang dibutuhkan selanjutnya lakukan pembayaran. Tinggal tunggu setiap barang yang Sedulur butuhkan tiba di rumah. Jadi Sedulur bisa fokus untuk membersihkan dan mengurus rumah. Yuk, cek Aplikasi Super sekarang juga!