Salah satu komponen yang paling penting dari sebuah rumah adalah jenis lantai. Selain untuk kenyamanan mobilitas penghuni rumah, lantai juga dapat berfungsi sebagai penghias. 

Saat ini telah terdapat banyak model lantai dengan berbagai desain dan material utamanya. Secara garis besar, lantai yang lazim digunakan di rumah dapat dibagi menjadi dua, yaitu lantai buatan (keramik, semen plester, vinyl, dll.) serta lantai alami (kayu, jenis lantai batu alam, dll.). 

Dalam beberapa hunian, sang pemilik bahkan rela untuk membedakan lantai ruangan satu dengan ruangan lainnya agar tampak lebih cantik. Dari setiap perbedaan itu, terdapat satu hal yang pasti dalam penggunaan jenis lantai, yaitu harus yang aman, kuat, awet, tahan lembab, serta mudah dibersihkan.

Nah, bagi Sedulur yang kebetulan sedang mencari referensi lantai untuk hunian keluarga, Sedulur bisa mengikuti pembahasan artikel berikut sampai akhir, nih! Dalam ulasan berikut, Sedulur akan diajak untuk mengenal beberapa jenis lantai, bahan utama pembuatannya, serta kelebihan dan kekurangan dari penggunaan lantai tersebut. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kulkas Samsung Terbaik & Terbaru 2022

Berbagai jenis lantai pada rumah

Simak apa saja model lantai yang dapat digunakan di rumah Sedulur berikut ini!

1. Lantai plester

jenis lantai
Pinhome

Jenis-jenis lantai rumah pertama yang akan kita bahas adalah plester. Lantai plester menjadi model lantai yang paling sederhana dan paling murah di rata-rata rumah Indonesia. Lantai plester hanya cukup ditempel dan diaci semen hingga halus. 

2. Lantai keramik

jenis lantai
Bermutu ID

Lantai keramik menjadi salah satu lantai yang paling umum digunakan di rumah-rumah Indonesia. Karena iklim tropis yang terkadang panas, lantai ini sangat cocok untuk membantu mendinginkan ruangan rumah. Motif dan warna keramik sangat beragam. Jenis lantai ini juga dapat digunakan sebagai jenis lantai outdoor.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah dan Tips Memilihnya

3. Lantai tegel atau ubin

jenis lantai
Jasa Poles Lantai Jogja

Lantai tegel atau ubin merupakan salah satu jenis lantai yang masih digunakan hingga sekarang, khususnya pada bangunan yang menggunakan konsep vintage. Salah satu keunikan utama dari lantai tegel atau ubin ini adalah motif-motifnya yang sangat beragam.

4. Lantai kayu

jenis lantai
Courtina

Jenis-jenis lantai kayu memang menjadi favorit sebagian orang, terutama mereka yang memiliki hunian di dataran tinggi. Kayu dapat membuat ruangan menjadi hangat. Kesan menyatu dengan alam juga sangat terpancar dari lantai ini. Terdapat beberapa model lantai kayu, di antaranya adalah jenis lantai kayu parket dan laminating.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas & Termurah

5. Lantai marmer

jenis lantai
Bramble Furniture

Ingin menampilkan sisi mewah dari sebuah hunian? Coba gunakan lantai marmer ini, yuk! Ya, lantai marmer merupakan salah satu lantai yang mahal. Hal tersebut wajar, karena ia terbuat dari batuan di dalam tanah yang terbentuk selama ratusan tahun. Ketersediaan marmer sendiri agak terbatas dan apabila lantai marmer rusak, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Jenis lantai teraso (campuran semen dan marmer) juga kadang dipakai sebagai alternatif dari marmer. 

6. Lantai granit

Ruang Arsitek

Jenis lantai granit juga dapat dipakai di hunian Sedulur. Lantai granit sejatinya hanyalah marmer dengan warna yang gelap. Ketersediaan granit di pasaran lebih sedikit ketimbang marmer. Jadi jangan heran apabila harganya lebih mahal.

BACA JUGA: 14+ Rekomendasi Panci Keramik Terbaik, Aman Bagi Kesehatan

7. Lantai vinyl

Courtina

Mencari referensi lantai unik untuk rumah? Coba gunakan jenis lantai vinyl ini! Lantai vinyl biasanya lebih mudah untuk dipasang dan digunakan ketika Sedulur ingin mengubah tampilan ruangan. 

Pada bagian bawah lantai vinyl, terdapat lem yang gampang untuk direkatkan pada lapisan plester atau lantai keramik bawaan rumah. Serupa wallpaper, jika penghuni rumah bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja, mereka dapat dengan mudah melepas dan menggantinya dengan motif lain. 

Pemasangan lantai vinyl sangat praktis sehingga tidak membutuhkan orang banyak untuk memasangnya. Perawatan lantai vinyl pun tergolong gampang karena hampir sama dengan lantai keramik pada umumnya. Material ini digadang-gadang sangat kuat, tahan api, dan tahan air, alhasil banyak digunakan di bangunan-bangunan publik.

8. Lantai karpet

Artikel Rumah 123

Tahukah Sedulur bahwa karpet bisa dipasang secara permanen dan dijadikan lantai? Ya, itulah yang dimaksud dengan lantai karpet. Di Indonesia sendiri tergolong jarang hunian yang menggunakan lantai karpet ini, kecuali hotel-hotel mewah dan tempat-tempat tertentu lainnya.

Perawatannya memang agak sedikit ribet, harus di-vacuum untuk membersihkan kotorannya. Tetapi, hasilnya ketika sudah dipasang lantai karpet akan sangat bagus dan menambah kehangatan di hunian Sedulur.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

Cara merawat lantai yang benar

Setelah membahas berbagai jenis lantai, tidak ada salahnya jika kita lanjutkan ulasan dalam artikel ini ke cara-cara merawat lantai yang benar. 

Layaknya dinding, atap, dan genteng rumah, lantai pun juga lama-kelamaan akan kehilangan kilau dan keindahannya. Terlebih lagi jika Sedulur tidak merawatnya dengan benar atau bahkan sama sekali tidak tahu caranya merawat lantai.

Namun jangan khawatir, terdapat beberapa langkah agar lantai di rumah Sedulur tetap terlihat apik, bersih, dan juga bercahaya. Walaupun terdapat beberapa model lantai, namun lima cara di bawah ini setidaknya bisa dipakai untuk merawat berbagai jenis lantai sesuai dengan material utamanya. Yuk, simak poin-poin cara merawat lantai yang benar berikut ini!

  • Sapu atau vacuum lantai secara rutin – Menyapu atau meng-vacuum lantai secara rutin dapat menjaga kebersihan hunian dan menyingkirkan debu-debu hasil kegiatan di dalam rumah. 
  • Pel lantai menggunakan produk pembersih yang ringan – Beberapa jenis lantai tidak kuat jika terkena cairan produk pembersih yang kuat. Risiko yang akan terjadi adalah lantai menjadi terkikis atau keropos dari waktu ke waktu. Maka dari itu, gunakan cairan produk pembersih yang ringan atau produk pembersih yang didesain khusus untuk lantai.
  • Membersihkan sisa-sisa atau residu cairan pembersih – Sedulur dapat menggunakan cairan sabun pencuci piring sebagai alternatif produk pembersih lantai. Namun, terkadang sabun pencuci piring meninggalkan residu putih tipis di atasnya. Pastikan untuk membersihkan sisa-sisa tersebut agar tidak terhirup dan masuk ke saluran pernapasan.
  • Bersihkan juga garis sela-sela lantai – Pemasangan lantai, terutama yang berbahan dasar keramik, akan menyisakan sedikit celah berbentuk garis. Menyapu atau mengepel debu di permukaan lantai saja tidak cukup. Sedulur perlu menyikat sela-sela lantai tersebut agar benar-benar bersih.
  • Keringkan dengan kain – Setelah dipel, pastikan lantai menjadi kering sempurna. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu khawatir akan ada orang yang terpeleset karena lantai yang belum kering. 

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai jenis lantai yang dapat dijadikan referensi untuk rumah Sedulur. Beberapa lantai yang sudah dijelaskan tadi adalah lantai plester, lantai keramik, lantai ubin, lantai kayu, lantai marmer, lantai granit, lantai vinyl, dan lantai karpet. Terdapat juga pembahasan singkat bagaimana caranya merawat lantai yang benar. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.