lantai carport

Memilih material untuk lantai carport tidak boleh sembarangan. Sedulur wajib mencari tahu beberapa bahan yang tersedia, lalu sesuaikan bahan dengan beberapa kondisi. Pertama kondisi keuangan, kedua kondisi kendaraan dan lingkungan sekitar rumah Sedulur.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, Sedulur tidak akan salah pilih bahan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa jenis lantai carport yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Industrial, Agar Hunian Anda Semakin Keren

1. Carport semen cetak

Dekoruma

Rekomendasi pertama yang bisa Sedulur gunakan yaitu semen cetak. Semen cetak terdiri dari beberapa bahan, pertama campuran pasir, semen dan batu koral kecil. Umumnya lantai carport dari semen cetak memiliki ketebalan 3-5 sentimeter dan memiliki celah antar bagian cetakan semen.

Selain itu, bahan semen cetak juga merupakan bahan paling sederhana dan mudah untuk digunakan. Selayaknya menggunakan bahan untuk membuat dinding atau pondasi rumah pada umumnya.

2. Carport batu andesit

lantai carport
Dekoruma

Bahan untuk lantai garasi juga bisa dengan menggunakan batu andesit. Pemasangan batu andesit untuk garasi dapat membuat rumah Sedulur lebih indah dan nyaman. Perihal ketahanan juga, batu andesit juga sangat terpercaya.

Lantai carport dari material batu alam ini cenderung lebih awet karena batu alam termasuk kuat untuk menahan beban kendaran. Namun, tentunya kamu juga perlu melakukan perawatan berkala supaya batu andesit tidak rentan jamuran.

3. Carpot homogeneous tile

Dekoruma

Rekomendasi lantai carport selanjutnya yaitu dengan menggunakan bahan homogeneous tile. Homogeneous tile merupakan salah satu jenis keramik. Banyak yang tidak menggunakan keramik sebagai lantai untuk carport. Karena menggunakan keramik untuk lantai akan licin.

Namun ada jenis keramik yang tidak licin, yaitu jenis homogeneous tile. Jenis keramik ini memiliki karakter dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis keramik lainnya. Daya tahan homogeneous tile bahkan bisa menahan tekanan sampai 450 kilogram per sentimeter kuadrat.

Cocok untuk digunakan sebagai carport untuk jenis kendaraan apapun. Maka dari itu, Sedulur tidak perlu khawatir lagi.

4. Carport semen plester

lantai carport
Home Improvement

Jenis lantai carport selanjutnya yaitu dengan menggunakan semen plester. Bagi Sedulur yang menginginkan lantai garasi yang estetik dengan harga murah, Sedulur bisa menggunakan semen plester. Semen plester ini juga menjadi pilihan banyak rumah.

Cara membuat lantai carport dari semen plesteran pun sangat mudah. Lantai semen yang menjadi permukaan lantai tinggal diplester dan diberi aksen garis menggunakan alat khusus. Biasanya, carport dengan lantai semen plesteran kerap dikombinasikan dengan parit kecil atau rumput.

5. Carport batu koral

Pinterest

Rekomendasi lantai carport selanjutnya yaitu menggunakan batu koral. Batu koral banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat taman atau halaman. Karena dengan batu koral, setiap lantai akan terlihat estetik dengan menggunakan batu koral. Termasuk lantai untuk garasi atau carport.

Biasanya, pemasangan batu koral untuk bagian carport selalu diberi finishing berupa penyikatan sehingga bahan dasar yang satu ini sering disebut sebagai koral sikat. Penyikatan batu koral bertujuan agar tekstur batu alam ini lebih muncul dan terlihat cantik.

 Biasanya, pemasangan batu koral sebagai lantai carport juga dikombinasikan dengan semen cetak. Carport pun akan terlihat cantik dan nyaman digunakan.

6. Carport paving atau grass block

lantai carport
Dekoruma

Paving block atau grass block adalah material sejenis yang berasal dari beton cetak. Namanya saja beton, sudah pasti kekuatannya sangat baik untuk dijadikan material dasar menahan kendaraan. Menjadikan paving block ataupun grass block sebagai lantai carport pun akan membuat tampilan hunianmu terlihat asri dan menawan. Dijamin membuat hunian Sedulur lebih nyaman

7. Carport dengan lantai kayu

Lantai Kayu

Rekomendasi lantai carport selanjutnya yaitu dengan menggunakan kayu. Lantai kayu outdoor ini sangat bisa diandalkan, karena memiliki kualitas yang sangat tinggi karena terbuat dari kayu solid yang umumnya cukup kuat dan tahan lama.

Selain kualitasnya yang tinggi, decking parket solid juga memiliki tampilan yang khas karena tampilan tersebut berasal dari kayu yang digunakan.

Umumnya tampilan kayu mampu menciptakan suasana yang alami dan asri begitu juga hal nya dengan decking kayu minimalis.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha 2022

8. Carport batu alam

lantai carport
Mega Kapuas

Terakhir Sedulur bisa menggunakan batu alam sebagai lantai carport. Bukan hanya cocok digunakan sebagai eksterior rumah, batu alam juga cocok untuk lantai. Contohnya adalah batu andesit yang telah dibahas sebelumnya.

Selain batu andesit, terdapat juga batu kali lempeng. Warnanya yang cenderung gelap berfungsi untuk menyamarkan noda dan terkesan alami.

Lantai carport dengan batu alam memiliki daya tarik tersendiri karena dapat dibentuk dengan motif yang unik dan beragam sesuai selera. Untuk membuat lantai carport menggunakan batu alam dengan motif yang unik dibutuhkan keahlian khusus, yang bisa diciptakan oleh tukang taman.

Agar batu alam tak mudah terserang jamur dan lumut, jangan lupa untuk rutin melapisi permukaan dengan cairan coating.

Nah itulah rekomendasi beberapa material yang bisa Sedulur gunakan sebagai bahan untuk lantai carport. Semoga dari daftar bahan di atas, terdapat beberapa bahan yang cocok dengan Sedulur, baik secara budget dan juga jenisnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.