cara membersihkan keramik kamar mandi

Sedulur harus tahu seperti apa tips dan cara membersihkan keramik kamar mandi, terutama bagi lantai kamar andi yang kotor dan telah menguning. Selain terlihat jorok juga merupakan pertanda terdapat banyak bakteri di dalamnya.

Bukannya menjadi bersih setelah keluar kamar mandi, tapi Sedulur malah menjadi sakit karena bakteri dan sumber penyakit lain yang ada di kamar mandi. Maka dari itu, melakukan cara membersihkan keramik kamar mandi yang efektif merupakan hal yang harus segera dilakukan.

Lantas, seperti apa cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning? Yuk, kita simak daftar cara dan tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Cara Membersihkan Kerak Kloset Duduk Sampai Kinclong

-->

1. Gunakan kaporit

cara membersihkan keramik kamar mandi
iStock

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang pertama adalah dengan menggunakan kaporit. Kaporit ternyata bukan hanya berguna untuk campuran air di kolam renang, namun juga untuk membersihkan kamar mandi. Kaporit memiliki kekuatan yang dahsyat sehingga bisa melunturkan noda yang membandel. Tips dan cara membersihkannya yaitu:

  • Siram lantai dan dinding keramik dengan air panas.
  • Taburkan bubuk kaporit di bagian keramik yang bernoda.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu gosok sisa kaporit dengan sikat.
  • Bilas hingga bersih.

2. Bersihkan dengan cuka

iStock

Cuka bisa digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi, hal tersebut disebabkan karena cuka dapat mencegah pertumbuhan bakteri, bahkan dapat membunuh bakteri. Langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan yaitu:

  • Siapkan ½ gelas cuka putih dan ½ galon air.
  • Campurkan cuka dan air, aduk hingga merata.
  • Masukkan larutan cuka ke dalam botol-botol kecil terpisah yang dilengkapi dengan semprotan.
  • Larutan cuka siap digunakan untuk membersihkan keramik bernoda.

3. Gunakan soda kue

cara membersihkan keramik kamar mandi
iStock

Selanjutnya dalam cara membersihkan keramik kamar mandi yaitu dengan manfaatkan soda kue. Dalam soda kue terkandung bikarbonat yang bermanfaat sebagai pembersih serbaguna, sehingga efektif untuk memberisihkan noda berkerak, jamur hingga karat.

Bahkan, soda kue juga bermanfaat untuk membasmi bakteri serta kuman karena terdapat sifat antibakteri di dalamnya. Cara yang bisa Sedulur lakukan yaitu:

  • Siapkan baking soda dan spons lembap.
  • Taburkan baking soda di keramik yang berkerak.
  • Gosok area yang berkerak tadi dengan spons lembap.
  • Bilas hingga bersih.

4. Menggunakan asam sitrat

iStock

Sedulur juga bisa menggunakan asam sitrat atau sitrun sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi yang telah kotor. Langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membersihkannya yaitu:

  • Siapkan 1 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis dan 1 liter air.
  • Campurkan keduanya hingga terlarut sempurna.
  • Pindahkan larutan ke botol yang dilengkapi semprotan.
  • Larutan sitrun untuk pembersih keramik siap digunakan.

5. Memanfaatkan pasta gigi

cara membersihkan keramik kamar mandi
iStock

Pasta gigi juga bisa Sedulur manfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kotor. Bahkan cara menggunakannya pun lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya. Sedulur hanya tinggal mengoleskan pasta gigi ke area keramik yang kotor.

Lalu gosok menggunakan sikat hingga benar-benar bersih. Jika masih belum bersih, Sedulur bisa terus menggosok keramik, hingga kotoran benar-benar hilang. Jika kotoran belum terangkat, Sedulur bisa menggunakan ampelas agar kotoran-kotoran lengket yang membandel bisa terangkat.

Setelah kotoran yang menempel pada keramik benar-benar hilang, agar bakteri tidak muncul lagi, Sedulur bisa menyemprotkan disinfektan ke pada keramik kamar mandi dan biarkan beberapa saat. Sehingga kebersihkan kamar mandi dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.

6. Menggunakan perasan lemon

iStock

Bahan alami seperti perasan lemon bisa membantu menghilangkan noda kuning di lantai kamar mandi. Bahkan caranya sangat mudah dan tidak sulit mengaplikasikannya. Menggunakan perasan lemon sebagai pembersih lantai kamar mandi sangat mudah, berikut caranya:

  • Pertama dengan memeras lemon, usahakan gunakan lemon dalam jumlah banyak.
  • Lalu celupkan sikat atau spons khusus untuk membersihkan kamar mandi ke perasan lemon.
  • Gunakan sikat tersebut untuk membersihkan lantai kuning kamar mandi yang terkesan jorok dan lembap.
  • Bilas jika kotoran yang menguning dan berkerak telah hilang.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

7. Pembersih khusus kamar mandi

iStock

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang menguning terakhir yaitu dengan menggunakan pembersih khusus kamar mandi. Jika cara dan tips yang telah dijelaskan di atas tidak berhasil, Sedulur bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk kamar mandi.

Tersedia banyak merk cairan pembersih kamar mandi yang bisa Sedulur gunakan. Setelah memilih merk yang cocok dan sesuai, Sedulur tinggal menuangkan cairan pembersih khusus kamar mandi ke lantai yang kotor dan menguning lalu sikat hingga bersih.

Untuk hasil yang lebih bersih, Sedulur bisa menggunakan peralatan lain yang dapat membantu membersihkannya, seperti ampelas atau kain pen. Pastikan kotoran yang menempel di lantai kamar mandi hilang dan keramik bersih lagi.

Satu hal penting yang perlu Sedulur perhatikan, biasanya cairan pembersih kamar mandi memiliki kandungan yang keras, sehingga dapat berbahaya jika terkena kulit. Entah itu kulit menjadi gatal-gatal atau bahkan bisa menjadi iritasi.

Alangkah lebih baik jika Sedulur juga berhati-hati atau bahkan menggunakan alat pengaman sehingga kulit tubuh Sedulur bisa aman dan terhindar dari bahaya.

Nah itulah beberapa rekomendasi cara membersihkan keramik kamar mandi yang kotor dan menguning. Sedulur bisa mengikuti beberapa tips dan cara di atas atau hanya menggunakan satu cara saja. Hal paling penting dilakukan adalah membersihkan kamar mandi secara rutin.

Serta membeli beberapa kebutuhan untuk membersihkan kamar mandi, seperti salah satunya yaitu dengan menyediakan cairan untuk membersihkan kamar mandi. Sedulur bisa cek merk cairan pembersih kamar mandi yang cocok di Aplikasi Super.

Bukan hanya cairan pembersihkan kamar mandi saja yang tersedia, namun juga peralatan kebutuhan rumah tangga lainnya juga tersedia di Aplikasi Super. Makanya, segera cek Aplikasi Super sekarang juga. Agar setiap kebutuhan rumah Sedulur bisa terpenuhi dengan baik.