food preparation kulkas

Sebagai salah satu bagian penting kulkas, freezer perlu dibersihkan secara berkala agar tetap higienis. Namun, Sedulur tidak bisa sembarangan karena cara membersihkan freezer harus dilakukan secara hati-hati. Alih-alih bersih, jika salah membersihkan, freezer bisa jadi rusak dan membuat makanan berbau ketika disimpan.

Nah, bagi Sedulur yang ingin membersihkan kulkas khususnya pada bagian freezer. Artikel kali ini sepertinya harus diperhatikan baik-baik karena akan ada ulasan lengkap terkait langkah dan cara membersihkan freezer dengan benar. Penasaran? Langsung simak berikut ini!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Kulkas Mini dengan Freezer Bagus, Dingin Terus!

Apa itu Freezer Kulkas?

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Pexels/Kevin Malik

Freezer adalah bagian dari kulkas yang digunakan sebagai alat pendingin dengan pengaturan suhu berada di bawah 0℃. Dengan suhu tersebut, freezer memiliki kemampuan untuk membekukan makanan, minuman, atau bahan apapun yang diletakkan di dalamnya.

-->

Freezer pada umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan, makanan, dan minuman yang membutuhkan suhu tinggi agar bertahan lama dan terjaga kualitasnya. Kondisi ini dikarenakan suhu rendah pada freezer akan membuat bakteri pada hal-hal tersebut berhenti berkembang dan mencegah terjadinya kebusukan.

Selain itu, beberapa makanan dan minuman seperti daging, es krim, dan lain sebagainya akan tetap beku dan memiliki kualitas yang sama saat akan dimakan atau dimasak.

BACA JUGA: Tips Food Preparation Kulkas, Bikin Makanan Awet dan Praktis

Fungsi Utama Freezer

Freepik/Febrikasimf

Kemampuan freezer untuk membekukan benda di dalamnya hanyalah satu dari berbagai fungsi lainnya. Bahkan melalui proses pembekuan tersebut, ada banyak keuntungan yang diberikan. Adapun fungsi dari freezer yang penting untuk Sedulur ketahui adalah sebagai berikut.

1. Mengawetkan bahan makanan

Beberapa bahan makanan mentah seperti bakso, sosis, daging sapi, frozen food dan lain sebagainya harus diletakkan pada freezer. Bukan tanpa alasan, pembekuan tersebut akan membantu bahan makanan tetap awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Jika tidak, beberapa bahan makanan di atas hanya mampu bertahan dalam waktu yang singkat.

2. Membekukan buah

Ketika berencana membuka usaha milkshake atau smoothies, Sedulur tidak dapat mengolah buah begitu saja. Diperlukan proses pembekuan buat agar menciptakan rasa buah pada milkshake atau smoothies yang enak dan memberikan hasil olahan yang berkualitas.

Umumnya, mengolah buah tanpa dibekukan memiliki peluang kecil untuk berhasil sebab pada dasarnya kedua produk olahan tersebut memberikan cita rasa segar.

3. Menjaga kaldu

Membutuhkan kaldu sebagai bahan masakan keluarga atau MPASI anak? Pastikan Sedulur melakukan penyimpanan kaldu yang tepat. Agar dapat digunakan dalam waktu lama, kaldu harus disimpan pada freezer yang memiliki suhu di bawah 18℃.

BACA JUGA: Bukan Cuma Harga, Ini 12 Pertimbangan Beli Kulkas yang Baik!

Cara Membersihkan Freezer

food preparation kulkas
Pexels/Kevin Malik

Agar kinerja kulkas dan freezer bisa bertahan lama. Maka perlu dilakukan perawatan rutin dan menjaga kebersihannya dengan baik. Umumnya, dalam membersihkan mesin pendingin sebaiknya dilakukan minimal 2 kali dalam satu tahun.

Namun, intensitas pembersihan ini bisa berubah tergantung jenis barang dan jumlah barang yang disimpan di dalam freezer. Agar semakin jelas bagaimana cara membersihkan freezer, simak langkahnya berikut.

1. Kosongkan bagian dalam freezer

Langkah pertama yang wajib Sedulur lakukan bila ingin membersihkan freezer box adalah mengosongkan isinya terlebih dahulu. Keluarkan seluruh isi freezer box hingga tidak ada yang tersisa. Keberadaan makanan, es batu, obat-obatan, atau barang lainnya dapat mengganggu proses pembersihan freezer box sehingga hasilnya tidak maksimal.

2. Matikan kulkas

Jika freezer box sudah kosong, Sedulur bisa segera mematikan aliran listrik pada perangkat elektronik tersebut. Cabutlah steker freezer box secara perlahan-lahan dari stopkontak. Letakkan steker pada posisi tinggi supaya tidak terkena air ketika nanti Sedulur mulai membersihkan freezer box.

3. Bersihkan bunga es yang menumpuk

Proses selanjutnya yang paling penting dalam rangkaian cara membersihkan freezer box adalah menghilangkan bunga es. Meskipun Sedulur sudah mengaktifkan fitur defrost untuk mencairkan bunga es (jika ada), tetapi Sedulur tetap harus menunggu beberapa jam hingga bunga es benar-benar cair.

Semakin tebal bunga es yang terdapat pada freezer box, maka semakin lama pula jeda waktu yang harus disiapkan untuk membersihkannya.

4. Buang air dan kotoran setelah pembersihan

Semua jenis freezer box pasti dilengkapi lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian dasar. Letakkan wadah pada bagian bawah freezer box sebelum Sedulur membuka lubang tersebut untuk membuang air dan kotoran.

Proses ini sangat penting karena membuat freezer box benar-benar bersih dari sisa-sisa bunga es yang mencair. Sambil menunggu proses pembuangan air dari lubang, Sedulur juga bisa mengangkat sisa-sisa bunga es dan kotoran berukuran besar secara manual.

5. Agar bau freezer menjadi netral pakai baking soda

Biasanya bau tak sedap tetap menempel pada freezer box meskipun sudah dibersihkan. Keberadaan bau tersebut tak boleh dibiarkan karena berisiko merusak aroma barang-barang yang akan disimpan di dalamnya, terutama makanan siap santap.

Kalau freezer box Sedulur masih bau usai dibersihkan, basuhlah seluruh bagian dalamnya dengan campuran air dan sedikit baking soda. Lakukan proses ini secara perlahan-lahan hingga bau pada freezer berangsur-angsur hilang.

6. Bilas dan keringkan freezer

Bila bagian dalam dan luar freezer box sudah bersih, maka Sedulur tinggal mengeringkannya sampai tuntas. Gunakan kain lap microfiber yang bersih dan sudah dibasahi sedikit air untuk mengelap bagian dalam dan luar freezer box.

Jangan sampai ada air atau sisa kotoran yang tertinggal di dalam freezer box karena hal tersebut memicu bau tak sedap. Setelah kering, Sedulur bisa menata kembali bahan makanan dengan baik.

Demikian informasi lengkap tentang cara membersihkan freezer yang benar. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur untuk tidak salah langkah ketika membersihkan freezer sehingga kulkas menjadi lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba ya!