cara memasak pare agar tidak pahit

Pare merupakan salah satu sayuran yang populer di Indonesia. Pare identik dengan rasa pahit serta tekstur renyah saat diolah menjadi masakan. Meski begitu, sebenarnya ada cara memasak pare agar tidak pahit sehingga terasa nikmat saat disantap.

Tentunya Sedulur yang suka dengan pare, tapi tidak menyukai rasa pahitnya wajib mengetahui trik pengolahannya. Ingin tahu bagaimana cara memasak pare yang tepat agar tidak pahit? Yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 7 Trik Merebus Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Health Food Tribe

Sebelum mencari tahu cara memasak pare agar tidak pahit, tak ada salahnya Sedulur mengenal sayuran satu ini. Pare atau bernama latin Momordica charantia L. adalah tanaman merambat yang banyak tumbuh di Indonesia.

Pare memiliki ciri khas kulit permukaan luar berkerut serta rasa pahit yang khas. Meski begitu, tidak sedikit orang yang menyukai sayuran pare hingga mengolahnya menjadi berbagai masakan.

Sementara dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, ternyata mengkonsumsi pare dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, C, B1, B2, hingga B12, serta mineral termasuk zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan fosfor.

Selain itu, pare juga mengandung karbohidrat, serat, dan antioksidan. Berbagai kandungan nutrisi tersebut membuat pare memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, di antaranya sebagai berikut.

  • Membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Mengatasi gangguan pencernaan.
  • Meningkatkan imunitas tubuh.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan kaya serat.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Membantu menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Telur Puyuh Sesuai Tingkat Kematangan

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Pare memang identik dengan rasa pahit alami yang sering kali masih menempel meski sudah dimasak dengan berbagai bumbu. Meski demikian, sebenarnya Sedulur bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi rasa pahit dari pare sehingga rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Berikut sudah dirangkum beberapa cara memasak pare agar tidak pahit yang bisa Sedulur coba.

1. Pilih pare yang tepat

Yummy Addiction

Tips yang pertama adalah memilih pare yang tepat. Meski semua pare memiliki rasa pahit, Sedulur bisa memilih jenis pare tertentu yang rasa pahitnya cenderung tidak terlalu kuat. Biasanya hal ini bisa ditandai dengan beberapa kondisi, sebagai berikut.

  • Pertama, pare yang sudah matang atau tua disebut memiliki rasa pahit yang kuat di samping teksturnya juga keras. Untuk itu, sebaiknya pilih pare yang masih muda.
  • Kedua, pilih pare yang warnanya lebih gelap atau hijau tua. Dikatakan bahwa warna pare cenderung akan semakin pudar saat matang.
  • Ketiga, pilih pare berukuran kecil atau sedang. Sementara pare berukuran besar biasanya memiliki rasa yang lebih pahit.

2. Bersihkan pare dengan cara yang benar

Cara berikutnya adalah membersihkan pare secara tepat. Salah satu penyebab masakan berbahan pare memiliki rasa pahit adalah pare tidak dibersihkan dengan baik. Lantas bagaimana cara membersihkan pare yang benar?

Dihimpun dari berbagai sumber, membersihkan pare ternyata tidak cukup hanya mencucinya dengan air mengalir. Melainkan juga perlu dibersihkan bagian permukaannya dengan cara dikikis. Sedulur bisa menggunakan peeler atau pisau untuk membersihkan permukaan luar pare hingga menjadi halus.

Setelah membersihkan bagian luar pare, Sedulur dapat membelahnya menjadi dua bagian. Kemudian, buang semua biji pare serta bagian yang berwarna putih.

3. Potong pare menjadi kecil-kecil

Cara memasak pare agar tidak pahit yang selanjutnya adalah memotong pare menjadi berukuran kecil serta tipis-tipis. Cara ini terbukti efektif membuat masakan menjadi tidak terlalu pahit saat disantap. Hal ini dikarenakan bumbu lebih mudah meresap ke dalam daging pare sehingga rasa pahit di dalamnya juga dapat tertutup oleh bumbu.

4. Lumuri dengan garam

Selain memotong pare menjadi berukuran kecil, Sedulur juga bisa melumuri pare yang sudah dipotong tadi dengan garam dapur. Caranya cukup mudah, yakni pindahkan pare yang sudah dipotong-potong ke wadah besar. Kemudian, taburi dengan garam dapur, lalu remas hingga keluar airnya.

Garam dapat membantu mengeluarkan sari di dalam pare yang memiliki rasa pahit. Selanjutnya, diamkan selama 20 sampai 30 menit, lalu buang air dan bilas pare sebelum dimasak.

Di sisi lain, Sedulur juga bisa meluburi pare dengan garam, lalu remas hingga lalu dan peras sampai keluar airnya. Kemudian, siram potongan pare tadi dengan air mendidih dan bilas hingga bersih. Sedulur bisa mengulangi langkah-langkah tersebut sebanyak dua sampai tiga kali agar rasa pahit dari pare menghilang.

5. Rendam dengan air garam

Selain melumuri pare dengan garam, kemudian meremas-remas dan membilasnya, Sedulur juga bisa merendam pare dengan air garam. Caranya adalah potong pare menjadi berukuran kecil, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan taburan garam dan air sampai seluruh potongan pare terendam.

Diamkan selama 30 menit sambil diremas-remas sesekali. Setelah itu, buang air rendaman dan bilas pare sampai bersih. Cara satu ini juga bisa membantu pare menjadi tetap segar saat diolah nanti, lo.

6. Rendam dengan yoghurt

cara memasak pare agar tidak pahit
Mashed

Cara lain yang juga bisa Sedulur coba untuk menghilangkan rasa pahit dari pare adalah merendamnya dengan yoghurt. Produk fermentasi yang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan khususnya pencernaan ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari pare. Bagaimana caranya?

Sedulur bisa melumuri potongan pare dengan yoghurt dan mendiamkannya selama beberapa saat. Adapun manfaat yoghurt untuk menghilangkan rasa pahit ini disebut berkaitan dengan kandungan asam laktat dan asam orotik di dalamnya.

7. Rendam dengan air asam jawa

Bahan dengan rasa ayam lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa pahit dari pare adalah asam jawa. Selama ini, asam jawa merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur khas Indonesia yang banyak dicampurkan dalam berbagai masakan. Rasa asam yang dikeluarkan membuat masakan menjadi kaya rasa saat disantap.

Adapun asam jawa ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari pare. Caranya yaitu dengan mencampurkan asam jawa dengan air, dan kemudian menggunakan air asam jawa tersebut untuk merendam buah pare yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi kecil-kecil. Sedulur dapat merendamnya selama 30 menit, sebelum kemudian membuat air rendaman dan membilasnya menggunakan air mengalir hingga bersih.

8. Rebus pare sebelum dimasak

Selain merendam pare, Sedulur juga bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum memasak pare agar rasanya tidak pahit. Pertama-tama, Sedulur perlu merebus air sampai mendidih. Kemudian, masukkan pare yang sudah dicuci bersih dan dipotong menjadi kecil. Tidak perlu lama, Sedulur cukup merebusnya selama 2-3 menit saja. 

Setelah pare direbus, tiriskan dan bilas menggunakan air bersih. Selanjutnya Sedulur bisa mengolah pare menjadi berbagai masakan yang diinginkan.

9. Rebus bersama daun jambu biji

Selain merebus dengan air biasa, Sedulur juga bisa menambahkan daun jambu biji ke dalam rebusan pare. Pasalnya, daun jambu biji disebut efektif untuk membantu menghilangkan rasa pahit dari pare.

Adapun caranya cukup sederhana, Sedulur dapat menambahkan daun jambu biji ke dalam air rebusan. Kemudian masukkan pare dan rebus selama beberapa menit saja. Selanjutnya, tiriskan pare dan olah menjadi masakan sesuai selera.

10. Rebus bersama gula, garam, dan cuka

Bahan lain yang juga bisa dicampurkan ke dalam air rebusan pare adalah gula, garam, dan cuka. Campuran bahan yang umum ditambahkan dalam pembuatan acar ini disebut ampuh menetralisir rasa pahit dari pare. Bagaimana caranya?

Pertama, campurkan secangkir kecil air cuka dengan dua sendok makan gula dan dua sendok makan garam. Kemudian masukkan pare dan rebus semua bahan tersebut sampai mendidih. Selanjutnya, tiriskan dan bilas dengan air bersih.

11. Olah dengan bumbu yang kuat

cara memasak pare agar tidak pahit
ByFood

Cara terakhir yang bisa Sedulur coba untuk menghilangkan rasa pahit dari pare adalah memasak dengan bumbu yang kuat. Misalnya, Sedulur mengolah pare menjadi oseng dengan bumbu manis, pedas, dan gurih. Semakin kuat bumbu yang dicampurkan, rasa pahit dari pare juga akan tersamarkan sehingga tidak terasa ketika disantap.

Demikian beberapa cara memasak pare agar tidak pahit yang bisa Sedulur coba di rumah. Selamat mencoba!