cara meluruskan rambut

Penasaran dengan cara meluruskan rambut secara alami dan permanen tanpa rebonding? Berikut tips & trik yang bisa ditirukan.

Bangga dengan rambut alami adalah hal yang wajar dewasa ini. Mengingat dulu ada standar tertentu yang seakan mewajibkan orang untuk punya rambut panjang lurus agar tampak cantik atau percaya diri. Namun, ada kalanya kamu bosan dengan gaya rambut alami tersebut dan ingin coba gaya rambut lain. 

Selama ini, cara paling instan adalah pergi ke salon untuk dapat treatment khusus atau menggunakan alat catok rambut yang menggunakan energi panas. Hasilnya memang jelas terlihat. Apalagi kalau rambut asli Sedulur masuk kategori keriting, bukan berombak. Energi panas dan bahan kimia memang manjur untuk meluruskan rambut.

Tetapi jangan abaikan efek sampingnya. Bila terlalu sering, rambut bisa rusak dari waktu ke waktu. Mulai dari rambut kering, bercabang, dan mudah patah. Cukup menyebalkan deh kalau itu terjadi. Untuk itu, Sedulur bisa coba beberapa cara meluruskan rambut secara alami berikut ini.

Hasil akhirnya memang tidak akan semaksimal perawatan salon, tetapi bisa membantu rambutmu terlihat lebih lurus dan rapi. Penasaran? Langsung simak kelima belas tips di bawah, ya. 

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Aman

1. Gunakan krim hair smoothing

cara meluruskan rambut secara alami
instagram.com/bedheadbytigi

Hair smoothing cream bekerja seperti lotion pelembap untuk rambut. Dengan memolesnya pada permukaan rambut, kamu bisa merapikan rambut liar, mengubah teksturnya jadi lebih lembut, berkilau dan rapi seperti habis melalui perawatan khusus di salon.

Biasanya, produk ini diaplikasikan pada rambut yang masih basah. Krim ini bisa berfungsi pula melindungi rambutmu dari angin panas hair dryer. Untuk memilih krim hair smoothing terbaik, perhatikan komposisinya. Gunakan yang mengandung bahan pelembap alami seperti coconut oil.

2. Hindari produk shampoo dan conditioner yang mengandung sulfate 

cara meluruskan rambut pria
instagram.com/theearthlingco

Sulfate adalah salah satu jenis deterjen yang umum ditemukan pada produk perawatan rambut. Fungsinya memunculkan busa yang bikin momen keramas jadi lebih nyaman. Namun, di balik itu deterjen memiliki sifat mengikis kelembaban alami pada rambut. Jika sudah terkikis, rambut liar alias frizz akan muncul dan membuat rambutmu mengembang berlebihan serta tampak tak rapi.

Tentu untuk dapat kesan rambut tampak lebih lurus, frizz harus diperangi. Teliti komposisi shampoo sebelum membelinya. Sudah banyak yang menyediakan produk bebas sulfate di pasaran. Harganya pasti sedikit lebih mahal. Tetapi demi rambut indah dan lebih sehat Sedulur boleh menggelontorkan dana lebih besar. 

3. Jepit saat rambut basah dan biarkan semalaman dalam keadaan tertutup 

meluruskan rambut
instagram.com/madre_perla

Cara meluruskan rambut secara alami dan permanen tanpa rebonding bisa dilakukan dengan memanfaatkan bobby pins alias jepit rambut tanpa hiasan. Lakukan cara ini saat rambutmu masih basah, sisir lurus, dan jepit pada bagian-bagian tertentu. Biarkan rambut dalam keadaan terjepit sampai ia kering alami.

Proses ini bisa dicoba ketika kamu punya banyak waktu, seperti akhir pekan misalnya. Ada pula yang melakukannya sebelum tidur. Tetapi setelah dijepit rambut harus dibungkus dengan turban atau handuk. 

4. Kurangi penggunaan energi panas pada hair dryer 

tips meluruskan rambut yang mengembang
instagram.com/numehair

Kita sering tergoda untuk mengeringkan rambut secepat mungkin dan hair dryer jadi salah satu cara terpraktis dan tercepat yang bisa dilakukan. Namun ingat, panas dari hair dryer berpotensi merusak rambut. Kamu bisa memakai mode cool air atau healthy mode jika hair dryer milikmu memilikinya. Sebelum mengeringkannya dengan mode itu, kamu bisa menambahkan leave-in-conditioner atau krim smoothing.  

5. Gunakan roller berukuran besar 

meluruskan rambut tanpa rebonding
instagram.com/frommpro

Roller plastik bisa jadi cara meluruskan rambut keriting secara alami. Sama dengan menjepitnya, dibutuhkan waktu lebih lama untuk akhirnya melihat hasilnya. Pilih roller berukuran besar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Silakan bagi rambutmu jadi beberapa bagian dan gulung dengan roller dalam keadaan basah. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman untuk dapat hasil yang diinginkan keesokan harinya. Cara ini cocok untuk pemilik rambut sedang sampai panjang. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Pepaya Baik untuk Mencegah Risiko Kanker

6. Coba masker rambut 

cara meluruskan rambut secara alami dan permanen tanpa rebonding
instagram.com/unite_hair

Untuk rambut yang lebih pendek, misalnya rambut pria, masker rambut bisa dicoba. Masker rambut dibuat untuk mengembalikan protein dalam rambut dan pada akhirnya mampu membuat rambut keriting tampak lebih lurus. Masker rambut bisa Sedulur buat sendiri dari berbagai bahan. Mulai dari kombinasi putih telur dengan minyak zaitun, susu dengan madu, madu dengan pisang, lidah buaya, hingga alpukat.

Pilih salah satu dari kombinasi bahan alami di atas untuk membuat masker rambut sendiri di rumah. Murah, mudah, dan tentunya bebas efek samping. Selain merapikan rambut dan membuatnya tampak lebih lurus, masker rambut di atas terbukti mengandung nutrisi yang baik untuk rambut Sedulur. Langsung dipraktikan saja. 

7. Pakai minyak esensial 

meluruskan rambut dengan minyak
instagram.com/calxya

Selain masker rambut DIY, minyak esensial juga bisa jadi cara meluruskan rambut pria dan perempuan yang ukurannya tak begitu panjang. Jelas menggunakan roller bukan cara yang bisa dilakukan pria dengan rambut pendek. Jadi, Sedulur bisa menggantinya dengan mengoleskan minyak esensial. Bisa pilih antara minyak kelapa, minyak almond, argan, kasturi, hingga macadamia.

Hangatkan sebentar dan aplikasikan pada rambut. Alami dan aromanya pun tak menyengat atau mengganggu orang lain. Caranya tuangkan dulu sedikit di tangan, ratakan pada telapak tangan, baru aplikasikan sedikit demi sedikit pada rambut. Cukup fokus pada bagian ujungnya saja.

Minyak esensial berbau sedap dan dapat membantu rambutmu terlihat lebih rapi serta lurus. Cara ini berlaku pula untuk pemilik rambut panjang. Namun, dahului dengan salah satu cara yang sudah dijelaskan. Misalnya dengan mengoleskan minyak esensial setelah menggunakan roller semalaman untuk mempertahankan format rambutmu yang sudah lurus tadi. 

8. Keringkan dengan handuk yang bisa menyerap air maksimal 

tips meluruskan rambut
unsplash.com

Cara meluruskan rambut yang mengembang adalah dengan mengurangi gesekan pada rambut saat kamu mengeringkannya dengan handuk. Aktivitas ini yang membuat rambutmu tampak frizzy alias mengembang serta kering. Jika memungkinkan, pakailah handuk yang bisa menyerap air dengan sempurna.

Hindari handuk dengan bulu-bulu yang sudah tipis dan kasar. Ganti dengan handuk lembut yang daya serap airnya masih baik. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu menggosok-gosok rambut ke handuk. Cukup tepuk-tepuk perlahan dan biarkan selama beberapa saat sampai air terserap ke dalam serat-serat handuk tersebut.

9. Meluruskan rambut dengan susu cair

meluruskan rambut dengan susu
unsplash.com

 Cara alami lainnya adalah dengan membuat spray dari susu cair. Kamu bisa menuangkan seperempat gelas susu cair tanpa gula ke dalam botol semprot dan gunakan langsung untuk membasahi rambutmu setelah keramas. Diamkan setidaknya 30 menit, kemudian bilas kembali dengan air bersih. Biarkan rambut kering alami.

Cara ini dianggap ampuh karena kandungan protein pada susu dapat membantu merapikan rambut liar dan membuatnya terlihat lebih lurus serta rapi. Tentunya cara ini jauh lebih praktis ketimbang membuat masker rambut, ya. Pas buat si mager. 

10. Pakai cuka apel 

meluruskan rambut dengan cuka apel
unsplash.com

Untuk menggunakan cara ini, Sedulur perlu menyiapkan cuka apel dan air. Perbandingannya, segelas air dengan 2 sendok makan cuka apel. Sebelum mengaplikasikannya ke rambut, Sedulur disarankan untuk mencuci rambut dengan shampo yang bebas sulfate. Boleh tambah conditioner jika ada.

Setelah itu, bilas sempurna dengan air bersih dan terakhir oleskan larutan cuka apel tadi ke permukaan rambut. Proses selesai, cuka apel tidak perlu dibilas dengan air lagi. Cuka apel memiliki kemampuan membersihkan kutikel rambut dari kotoran sehingga akan membantu merapikan rambut liar. 

BACA JUGA: 10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat & Alami, Ampuh

11. Meluruskan rambut dengan menyisirnya dalam keadaan basah 

meluruskan rambut saat basah
unsplash.com

Sebenarnya banyak yang menyarankan kita untuk menghindari kebiasaan menyisir rambut saat masih sangat basah. Alasannya tak jauh-jauh dari kondisi rambut yang rentan rontok atau patah saat basah. Namun untuk dapat rambut yang tampak lebih lurus, cara ini ternyata disarankan.

Menyisir rambut saat basah bisa membuat rambut terlihat lebih lurus dan rapi mengikuti arah sisirmu. Untuk menghindari kerontokan, kamu bisa melakukan proses menyisir ini saat rambutmu setengah kering.  

12. Bilas rambut dengan air dingin setelah keramas 

rambut lurus alami
unsplash.com

Sedulur mungkin tergoda membilas rambut dengan air hangat setelah keramas. Memang nyaman, sih. Namun, air yang suhunya tinggi ternyata berpotensi membuat rambutmu tampak kering, bahkan mudah rontok. Air dingin lebih disarankan karena ia lebih mudah menempel pada kutikel dan membuatnya lembab lebih lama. Dengan kelembapan yang pas, rambutmu bakal lebih mudah diatur dan tampak lebih lurus serta lembut. 

13. Kontrol rambut liar dengan yogurt dan madu 

yogurt untuk rambut
instagram.com/yangeyogurt

Salah satu kunci meluruskan rambut yang mengembang adalah mengontrol rambut liar. Kamu bisa mencoba masker rambut berbahan yogurt dan madu. Perbandingannya yogurt dan madunya 3:1. Cukup campur di wadah mangkuk dan aplikasikan pada kulit kepala serta rambut setelah keramas. Kemudian, diamkan setidaknya 30 menit. Baru dibilas bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut. 

14. Aplikasikan vitamin dan suplemen rambut 

vitamin rambut lurus
instagram.com/gummy.hair

Vitamin rambut juga boleh dioleskan pada rambut. Vitamin rambut biasanya mengandung keratin, kolagen, hyaluronic acid, dan biotin yang baik untuk memunculkan kesan rambut sehat, berkilau, lembut, dan tampak lurus. Produk ini juga bisa mendorong pertumbuhan rambut secara alami. Kini tidak sulit menemukannya di toko atau apotek terdekat. Pilih yang terbaik untuk rambutmu. 

15. Bedak bayi 

cara meluruskan rambut dengan bedak bayi
instagram.com/yardleylondonuk

Bedak bayi sebenarnya tidak memiliki efek langsung untuk meluruskan rambut. Namun, ia dipercaya dan dipakai banyak orang untuk mengurangi minyak berlebih dan keringat pada rambut atau kondisi yang sering kita kenal dengan istilah greasy. Ia sering dijadikan alternatif dry shampoo karena fungsi tersebut. Nah, dengan begitu kamu yang sudah menghabiskan banyak waktu meluruskan rambut dan puas dengan hasilnya bisa memakai bedak bayi untuk mengurangi frekuensi keramas. Mengingat terlalu sering keramas akan mengubah format rambutmu dan juga mengikis kelembaban alami rambut. 

Cara meluruskan rambut dengan bedak bayi ini bisa dilakukan dengan menaburkan bedak pada kulit kepala yang terasa berminyak dan tak nyaman. Jangan lupa untuk meratakannya agar tak menggumpal di rambut. Apalagi jika rambut Sedulur berwarna gelap, warna putih bedak bakal terlihat jelas jika tak segera diratakan. Cara ini sudah dipakai banyak penata rambut profesional sekalipun. 

Tips di atas tentu hanya bertahan sementara. Seyogyanya tidak ada cara meluruskan rambut permanen secara alami. Bahkan pada akhirnya prosedur rebonding pun hanya akan bertahan beberapa waktu sebelum akhirnya bentuk rambut yang sebenarnya kembali. Rambut adalah perkara genetik dan biologis. Sangat mustahil memiliki rambut lurus jika orangtua Sedulur membawa genetik rambut keriting atau ikal.

Begitu pula sebaliknya. Rambut juga bisa berubah bentuk seiring bertambahnya usia. Umumnya karena penipisan rambut, rambut keriting bisa tampak lebih lurus atau karena perubahan hormon rambut bisa tampak lebih keriting dari sebelumnya. 

Daripada fokus pada bentuknya, lebih baik Sedulur fokus ke perawatannya saja. Apapun jenis rambutmu saat ini, syukuri dan jaga baik-baik agar tetap indah dan sehat. Jika Sedulur butuh bahan-bahan membuat masker rambut di atas, Aplikasi Super dengan sigap membantumu mendapatkan semua kebutuhan sehari-harimu tanpa harus keluar rumah. Langsung pasang aplikasinya sekarang di ponselmu.