manfaat daun pepaya

Buah pepaya adalah salah satu tanaman yang diduga berasal dari Meksiko. Pepaya banyak ditemukan di daerah tropis, tak terkecuali Indonesia. Sedulur pasti sudah sangat mengenal buah satu ini. Tak hanya bagian buah dan bunganya yang enak untuk dinikmati, manfaat daun pepaya pun tak kalah banyak.

Harus Sedulur tahu, manfaat daun pepaya untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Tak hanya buahnya yang mengandung vitamin dan mineral, tetapi bagian daunnya juga ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja yang bisa Sedulur dapatkan dengan mengonsumsi daun pepaya?

BACA JUGA: 15 Makanan Khas Maluku yang Populer & Wajib Kamu Coba!

1. Merapatkan daerah kewanitaan

manfaat daun pepaya
Unsplash

Banyak yang bertanya-tanya tentang manfaat daun pepaya untuk miss v. Ternyata daun pepaya bisa berguna untuk merapatkan daerah kewanitaan lho Sedulur. Daun pepaya mengandung zat antioksidan dan antibakteri yang berguna untuk mengencangkan otot-otot vagina.

-->

Cara mengolah daun pepaya pun sangat mudah, yakni Sedulur tinggal memetik pucuk daun pepaya yang masih muda, lalu merebusnya. Rebusan daun pepaya ini Sedulur konsumsi sebagai lalapan dengan berbagai lauk seperti ayam atau ikan goreng.

2. Manfaat daun pepaya untuk pencernaan

manfaat daun pepaya
Pexels

Manfaat daun pepaya yang selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Daun pepaya memiliki sebuah senyawa yang disebut papain. Senyawa inilah yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat. Papain sendiri dapat memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil, sehingga akan mudah untuk dicerna.

Tak hanya untuk pencernaan, ada pula manfaat daun pepaya untuk lambung. Dilansir dari Kompas, pepaya memiliki kadar asam yang rendah. Sehingga saat aman dikonsumsi untuk Sedulur yang memiliki riwayat penyakit asam lambung.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Telang yang Baik Untuk Mengurangi Stress

3. Mengobati demam berdarah

Pexels

Demam berdarah jadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai saat musim penghujan tiba. Hal yang paling berbahaya dari infeksi demam berdarah adalah bisa menurunkan trombosit dalam darah, sehingga jika sudah terlampau parah bisa mengakibatkan pendarahan.

Daun pepaya bisa sangat bermanfaat untuk membantu menaikkan trombosit bagi penderita demam berdarah. Selain itu, pengobatan dengan konsumsi daun pepaya juga relatif aman karena tidak memiliki efek samping.

4. Manfaat daun pepaya untuk Covid-19

Pexels

Di masa pandemi, segala cara pasti dicoba Sedulur untuk menaikkan imun tubuh agar tidak tertular atau terinfeksi virus Covid-19. Apalagi virus ini sudah terbukti tidak bisa dipandang sebelah mata, karena tak sedikit orang yang meninggal setelah terinfeksi virus Covid-19.

Salah satu cara yang bisa Sedulur lakukan untuk meningkatkan imun tubuh adalah mengonsumsi daun dan buah pepaya. Dilansir dari Alodokter, pepaya mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan dengan jumlah yang cukup besar. Sehingga bisa membantu tubuh untuk menghasilkan imun. Jika imun kuat, maka kemungkinan Sedulur tertular virus Covid-19 bisa semakin kecil.

5. Mengatasi kerontokan rambut

manfaat daun pepaya
Pexels

Sedulur memiliki masalah pada kerontokan rambut? Salah satu manfaat daun pepaya ternyata bisa membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Kerontokan rambut biasanya disebabkan karena tingkat stress oksidatif yang tinggi.

Dilansir dari Kompas, buah dan daun pepaya mengandung senyawa dengan sifat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin E. Selain itu ada pula kandungan asam folat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Semuanya dipercaya bisa mengatasi kerontokan dan mampu membantu proses pertumbuhan rambut dengan cepat.

BACA JUGA: 12+ Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

6. Meredakan sakit perut saat menstruasi

Unsplash

Tak hanya daun pepaya yang bisa dikonsumsi sebagai lalapan, manfaat air rebusan daun pepaya juga harus Sedulur ketahui. Air rebusan daun pepaya dipercaya bisa membantuk Sedulur yang mengalami sakit atau kram perut saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena daun pepaya memili kandungan senyawa yang bisa membantu meredakan rasa nyeri saat haid tiba.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah. Sedulur tinggal merebus satu lembar daun pepaya dengan garam dan asam jawa. Setelah mendidih, matikan api, lalu tuangkan dalam gelas. Minum rebusan ini dalam kondisi hangat. Semoga manfaat air daun pepaya ini bisa meredakan nyeri menstruasi yang dirasakan Sedulur ya.

7. Menyamarkan bekas luka

Pexels

Enzim papain dalam buah dan daun pepaya tak hanya berfungsi untuk melancarkan pencernaan saja. Ternyata enzim ini bisa membantu membuat luka di permukaan kulit tersamarkan. Tak hanya itu, daun pepaya juga bisa membantu menyembuhkan luka pada kulit lebih cepat.

Sementara dari sisi kecantikan, buah pepaya bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Papain dalam daun pepaya dapat digunakan sebagai exfoliation. Fungsi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel mati pada wajah sehingga menghindari pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat.

8. Mencegah pertumbuhan sel kanker

manfaat daun pepaya
Unsplash

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kedokteran di Universitas Gadjah Mada, ditemukan fakta baru bahwa esktrak daun pepaya ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Terutama kanker prostat dan payudara. Penelitian ini dilakukan dalam sebuah tabung reaksi. Namun, saat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

9. Manfaat daun pepaya jepang

manfaat daun pepaya
Pexels

Tak hanya jenis pepaya yang selama ini Sedulur kenal, ternyata ada pula varian pepaya Jepang yang tak kalah memiliki banyak manfaat. Meski namanya pepaya jepang, bukan berarti pepaya satu ini berasal dari Jepang. Pepaya varian ini justru berasal dari Amerika Tengah tepatnya negara Meksiko dan Guatemala.

Sama halnya dengan manfaat daun pepaya yang lain, daun pepaya jepang juga bisa meningkatkan imun tubuh. Tanaman ini mengandung 165 miligram vitamin C. Dimana vitamin C sangat ampuh untuk membantu tubuh meningkatkan daya tahan.

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah mampu membantu menjaga kesehatan tulang. Daun pepaya jepang dipercaya memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan sayuran lain. Dilansir dari Hello Sehat, dalam 100 gram daun pepaya jepang, mengandung 199 miligram kalsium dan bisa melengkapi kebutuhan harian.

Tanpa disadari ternyata manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh begitu banyak. Terlebih lagi daun pepaya adalah tanaman yang sangat mudah didapatkan dan harga yang sangat terjangkau. Selain itu varian olahan daun pepaya pun bisa sangat beragam. Mulai dari dibuat tumisan dengan ikan teri atau direbus untuk dijadikan lalapan.

Jika Sedulur berniat memasak daun pepaya di rumah, jangan lupa untuk membeli semua kebutuhannya lewat Aplikasi Super ya. Dijamin mudah dan harganya terjangkau!