Sebagai bagian dari organ tubuh manusia, rambut memang akan tumbuh panjang dengan sendirinya. Namun, ada kalanya kamu mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat. Misalnya kamu kecewa dengan potongan rambut sekarang dan berharap rambutmu setidaknya bisa kembali seperti sedia kala. 

Tenang, tak perlu hair extension yang berpotensi merusak rambut. Rambut normalnya tumbuh sepanjang 3 cm tiap bulannya. Namun, kamu yang tak sabar ingin segera menumbuhkan rambut bisa mencoba mengaplikasikan sepuluh cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami satu minggu di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Model Mullet Hair Pria Ala Idol K-Pop, Boleh Ditiru

1. Bersihkan dan pijat kulit kepala

Element5 Digital via Unsplash

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus bisa dimulai dengan merawat kulit kepala dengan baik. Bersihkan secara rutin dan menyeluruh dengan sampo berbahan lembut agar tak terjadi inflamasi.

-->

Jangan terburu-buru pula saat membersihkannya, lakukan pijatan-pijatan ringan untuk membantumu rileks. Beberapa penata rambut percaya pijatan pada kulit kepala bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Silakan coba minyak esensial untuk dipijatkan pada kulit kepala. Beberapa yang disarankan ahli antara lain pumpkin seed, rosemary peppermint, dan jojoba. Semuanya sudah terbukti mampu mengembalikan kemampuan rambut untuk tumbuh dengan waktu yang normal bahkan lebih cepat.

2. Ganti gaya rambut 

Paul Siewert via Unsplash

Kerusakan fisik rambut bisa terjadi karena beberapa hal. Paling umum adalah ikat rambut yang terlalu kencang atau bahkan seremeh belahan yang tak pernah berubah. Lakukan pencegahan dengan mengganti posisi belahan rambut serta tidak mengikatnya terlalu lama. Beri waktu bagi rambut untuk tergerai bebas.

Hati-hati juga saat menyisir rambut, jangan terlalu kasar yang akhirnya memicu kerontokan. Hindari pula menyisir rambut dalam keadaan basah setelah keramas, sebab di masa itu rambut sangat rentan rontok. Rawat rambut dengan sabar jika ingin ia indah dan cepat panjang alami.

3. Memelihara kelembapan bisa jadi cara memanjangkan rambut secara alami

Adam Winger via Unsplash

Cara cepat memanjangkan rambut menurut dokter adalah menjaga kelembapannya. Rambut adalah bagian terkering dari organ manusia yang perlu diberi tambahan pelembap. Jika tidak, risiko rontok dan patah akan menghantui.

Kamu bisa menggunakan hair conditioner untuk membantu menjaga kelembapan rambut. Hair conditioner berfungsi mempertahankan kadar air pada kutikel rambut. Kamu juga bisa mencoba produk masker rambut hingga minyak rambut. Namun, tetap lakukan eksperimen awal sebab tiap orang punya reaksi berbeda pada produk tertentu.

4. Konsumsi suplemen penumbuh rambut 

Kayla Maurais via Unsplash

Kamu bisa memanjangkan rambut secara alami dan cepat menggunakan suplemen khusus untuk pertumbuhan rambut. Biasanya suplemen tersebut memiliki kandungan kolagen dan biotin. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami penipisan rambut biasanya mengidap defisiensi biotin dan disarankan untuk menambahkan kadarnya lewat suplemen tambahan. Biotin sendiri merupakan vitamin B kompleks yang cukup penting bagi tubuh. Orang-orang yang kekurangan biotin tak hanya mengalami penipisan rambut, tetapi juga kerusakan pada kuku, dan keluhan kulit kering lainnya.

5. Tambah asupan antioksidan, vitamin A, E, zat besi dan protein dalam menu makananmu

Zoe Schaeffer via Unsplash

Jika kurang suka mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mengandung antioksidan, vitamin A, E, zat besi, dan protein. Maksimalkan asupan nutrisi dengan mengatur menu makanan harianmu. Beberapa di antaranya yang punya efek langsung pada pertumbuhan rambut antara lain buah beri-berian, bayam, ikan, udang, ubi, alpukat, kacang-kacangan, kedelai, rumput laut, dan biji-bijian. Semuanya terbukti mendukung pertumbuhan rambut agar cepat panjang alami.

6. Kurangi penggunaan panas untuk menata rambut

Tamara Bellis via Unsplash

Kamu juga dianjurkan untuk mengurangi alat-alat styling yang menggunakan energi panas. Panas bisa merusak ikatan hidrogen di rambut. Hal ini yang membuat rambut berubah bentuk dari keriting ke lurus atau sebaliknya.

Melakukannya terlalu sering ternyata bisa merusak rambut karena mengurangi kadar air dan membuat rambut rawan patah dan rontok. Untuk memanjangkan rambut secara alami ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan ini.

7. Pangkas rambut secara berkala

Delfina Pan via Unsplash

Sudah banyak yang membuktikan kalau memangkas rambut secara berkala bisa jadi cara memanjangkan arambut dengan cepat dan alami. Kebiasaan ini juga bisa mencegah timbulnya masalah pada rambut seperti rambut bercabang dan rontok. Cukup pangkas sepanjang 1 cm tiap sebulan sekali dan silakan buktikan dampaknya.

8. Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan kopi

Mike Kenneally via Unsplash

Apakah kopi bisa memanjangkan rambut? Jawabannya, iya. Tak disangka kandungan kafein pada kopi ternyata mampu memberikan khasiat baik untuk rambut. Ikuti langkah berikut untuk mempercepat pertumbuhan rambut secara alami dengan kopi.

  • Larutkan kopi dalam air panas selama beberapa menit.
  • Tunggu sampai dingin kemudian, masukkan dalam botol spray.
  • Semprotkan larutan kopi yang sudah dingin ke kulit kepala sambil memijatnya lembut.
  • Jangan lupa untuk mendiamkannya selama beberapa saat dengan shower cap sebelum dibilas.

Kamu juga tak perlu khawatir, kopi tak akan mengoyak kandungan minyak alami pada kulit kepala. Jadi, sangat aman dari efek samping dan tentunya aromanya tak bikin pusing.

9. Daun jambu untuk memanjangkan rambut dengan cepat

Syed Ahmad via Unsplash

Daun jambu ternyata banyak dipercaya sebagai penumbuh rambut alami, terutama di negara-negara Asia. Cara memanjangkan rambut dengan daun jambu bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut.

  • Ambil beberapa daun jambu dan bersihkan dari kotoran.
  • Rebus dalam air sekitar 20 menit dan biarkan sampai dingin.
  • Siapkan rambutmu, pastikan kamu tidak menggunakan produk kimia apapun sebelum mengaplikasikan rebusan daun jambu.
  • Rebusan daun jambu bisa kamu semprot atau oleskan perlahan ke kulit kepala secara merata.
  • Pijat beberapa menit dan biarkan selama beberapa saat dalam keadaan tertutup handuk sebelum dibilas.

Lakukan secara rutin selama beberapa kali dalam seminggu dan kamu mungkin akan melihat hasilnya.

10. Shampo dengan kandungan keratin

Mathilde Langevin via Unsplash

Kamu juga bisa memilih shampo yang cepat memanjangkan rambut, yaitu shampo dengan kandungan keratin. Keratin merupakan salah satu protein untuk kesehatan rambut. Efeknya beragam mulai dari melembutkan, memperkuat akar, sampai mendukung pertumbuhan rambut. Shampo keratin adalah alternatif terbaik dibanding melakukan perawatan keratin khusus di salon. Selain tarifnya yang mahal, perawatan keratin di salon juga menggunakan formaldehyde yang dipercaya bersifat karsinogenik jika terlalu sering dilakukan.

Rambut memang bagian penting dari seseorang. Tak hanya urusan penampilan dan kepercayaan diri, rambut juga berfungsi sebagai tameng atau pelindung handal saat kamu harus beraktivitas di luar rumah.

Saat mengalami isu penipisan rambut, cara-cara alami bisa kamu ikuti dengan aman. Dijamin tanpa efek samping. Meskipun durasinya bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi masing-masing individu. Pertumbuhan rambut dipengaruhi beberapa hal seperti berikut.

  • Faktor genetik
  • Perubahan hormon
  • Obat-obatan yang dikonsumsi
  • Kekurangan nutrisi
  • Stres
  • Folikel yang rusak karena benturan atau trauma
  • Penyakit dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Kamu bisa mencoba mencari bahan-bahan penumbuh rambut di atas lewat Aplikasi Super, ya Sedulur! Namun, jika cara-cara alami tadi belum berhasil menunjukan efeknya pada Sedulur, silakan konsultasi pada ahli atau dokter terkait.