cara cepat kaya

Hampir semua orang pasti ingin merasakan kesuksesan dan kekayaan dalam kehidupan ini. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara cepat kaya bagaimana pun itu. Akan tetapi, tidak semuanya meraih kekayaan dan kesuksesan dengan jalan yang benar. Pada akhirnya, mereka justru menanggung akibat dari keburukan yang mereka lakukan untuk mendapatkan semuanya.

Namun tidak perlu khawatir karena cara agar cepat kaya yang akan kita bahas kali ini adalah cara halal dan pastinya efektif. Sudah ada banyak orang yang mengamalkan semua cara-cara tersebut, dan mereka membuktikan jika itu benar-benar berhasil.  Walaupun kekayaan itu bukanlah segalanya, tidak bisa disangkal jika menjadi kaya membuat hidup terasa jauh lebih nyaman dan tentram.

Dalam agama Islam sendiri tidak pernah melarang umatnya untuk menjadi kaya. Akan tetapi, pastinya umat muslim harus mendapatkan kekayaan dengan cara yang baik dan yang pasti halal. Lalu, bagaimana cara menjadi kaya dengan cepat yang halal dan sesuai dengan ajaran dalam agama Islam? Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Untung Besar, Patut Dicoba!

-->

1. Pintar memanfaatkan peluang baru

cara cepat kaya
pexels

Cara cepat menjadi kaya yang pertama adalah dengan memanfaatkan peluang yang ada di dalam hidup. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih seperti saat ini, tentu saja semakin banyak pula peluang-peluang baru yang bermunculan.

Jika Sedulur bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu sumber penambah saldo rekening tabungan. Oleh karena itu, mulai sekarang Sedulur harus pintar-pintar melihat dan memanfaatkan peluang baru.

Misalnya saja seperti membuka sebuah usaha menjadi reseller, menjual barang-barang bekas berkualitas alias thrifting, meng-upload konten video menarik di berbagai platform media sosial, hingga memainkan game yang mampu menghasilkan uang dengan cepat.

2. Mulai berinvestasi saham

cara cepat kaya
pexels

Bisa dibilang jika investasi saham ini mampu memberikan keuntungan besar yang amat menjanjikan. Investasi sendiri adalah kegiatan untuk mengupayakan penanaman modal yang mampu menghasilkan keuntungan berlipat ganda di masa mendatang.

Keuntungan di masa mendatang ini mengacu atau tergantung pada perkembangan kondisi finansial dalam kurun waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Jadi semakin suatu perusahaan terus berkembangnya dari waktu ke waktu, maka umumnya akan diikuti dengan naiknya harga saham dari perusahaan tersebut dan perusahaan lain yang bersangkutan.

Dalam kondisi harga saham naik inilah yang bisa Sedulur manfaatkan untuk menjual saham di harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga pembeliannya dahulu. Namun yang harus kamu tahu, yakni pilihlah platform jual beli saham yang aman dan sudah resmi.

3. Bijak dalam berutang

cara cepat kaya
pexels

Sebenarnya tidak ada salahnya jika Sedulur ingin meminjam dana atau uang. Akan tetapi, yang salah itu adalah berutang tanpa adanya rencana yang benar-benar matang. Selain itu, berutang hanya untuk memenuhi hal yang sebetulnya tidak penting itu juga sangat tidak dianjurkan.

Hal ini hanya akan menambah beban dan masalah finansial Sedulur. Terkadang godaan untuk berhutang itu datang, padahal barang yang akan dibeli tersebut bukanlah barang yang benar-benar diperlukan kebutuhan.

Contohnya saja seperti mengajukan kredit sepeda motor terbaru, padahal motor yang lama masih tidak bermasalah dapat digunakan dengan baik. Akan berbeda jika motor tersebut digunakan untuk bekerja, misalnya seperti menjadi ojek online yang mengharuskan Sedulur memenuhi syarat berupa tahun pembuatan kendaraan.

4. Menjalani hidup sederhana

cara cepat kaya
pexels

Sedang mencari cara cepat kaya tanpa biaya? Jawabannya adalah menjalani hidup sederhana. Walaupun kita sudah mencari uang sekuat tenaga namun masih saja boros, maka sama saja itu akan sia-sia. Maka dari itu, Sedulur tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain yang lebih tinggi apabila penghasilan masih pas-pasan.

Daripada uang yang dimiliki habis untuk kepuasan dan kesenangan semata saja, alangkah lebih baik jika digunakan untuk keperluan lain yang jauh lebih bermanfaat. Misalnya seperti menabung atau melakukan investasi. Dijamin selama beberapa tahun kedepan, Sedulur akan merasakan hasil manis dari uang yang sudah ditabung dan diinvestasikan sebelumnya.

5. Rajin menabung

cara cepat kaya
pexels

Selain menjalani hidup sederhana, Sedulur juga harus rajin dan rutin mengumpulkan uang atau menabung. Tidak peduli seberapa banyak uang yang bisa ditabung, suatu saat nanti jumlah dari uang tersebut akan banyak. Setelah itu, Sedulur bisa menggunakan uang tersebut keperluan yang bisa meningkatkan penghasilan seperti membuka usaha atau yang lainnya.

6. Membuka usaha sendiri

cara cepat kaya
pexels

Jika Sedulur memiliki keterampilan tertentu, manfaatkan skill tersebut untuk mencari uang. Misalnya saja Sedulur itu pintar dalam menulis artikel, maka bisa membuka jasa penulisan artikel. Kemudian jika kamu ahli dan pintar dalam mengoperasikan kamera, maka bisa membuka jasa pemotretan. Ini bisa menjadi jalan untuk membuka sebuah bisnis tanpa modal sedikit pun. Sedulur bisa memanfaatkan apa yang telah dimiliki, hanya skill saja yang harus terus diasah.

BACA JUGA: Ini 10 Manfaat Luar Biasa Silaturahmi, Panjang Umur & Kaya Raya

7. Takutlah kepada Allah

pexels

Bagaimana cara cepat kaya menurut Islam? Yang pertama adalah takut kepada Allah SWT. Di dalam hidup ini, setiap umat muslim diharuskan untuk takut kepada sangat penciptanya, yakni Allah SWT. Hal ini dikarenakan Allah SWT mempunyai segala sesuatu di alam semesta juga Maha Berkehendak atas semua yang terjadi.

Seperti yang ada dalam surah Ath-Thalaq ayat 2-3, sesungguhnya Allah SWT telah banyak menyebutkan keutamaan serta kebaikan yang menjadi ganjaran bagi orang-orang yang bertawakal kepada-Nya:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya (dari setiap kesulitan). Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS Ath-Thalaq: 65).

8. Meminta ampunan kepada Allah

pexels

Cara cepat jadi kaya menurut Islam yang berikutnya adalah dengan menyucikan diri. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan juga dosa. Kita jarang atau bahkan tidak pernah mengakui dosa yang telah dilakukan. Ternyata kebiasaan inilah yang bisa menjadi salah satu alasan rezeki terasa jauh dari gapaian kita.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk meminta ampunan dari Allah SWT yang Maha Murah Hati agar dibukakan pintu rezeki. Sebagaimana firman Allah SWT yang tertuang dalam surah Nuh ayat 10-11, seperti berikut ini:

“Maka aku berkata (kepada mereka), mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS Nuh: 71).

9. Tidak lupa untuk bersedekah

pexels

Cara cepat kaya menurut islam yang terbukti sukses adalah bersedekah. Agama Islam mengajarkan jika tidak akan ada seorang pun yang jatuh miskin apabila setiap orang murah hati kepada orang lain. Itulah manfaat paling besar yang bisa Sedulur rasakan dari bersedekah kepada orang lain yang memang membutuhkan.

Dalam surah Saba’ ayat 39, dijelaskan bahwa Allah SWT akan membalas orang yang bersedekah dengan berlipat ganda:

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku memperbesar rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya, dan (juga) membatasi (itu) untuknya, dan apa saja yang kamu infaqkan (di jalan Allah), Dia akan menggantinya. Dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” ( QS. Saba’:34).

10. Menjalankan sholat 5 waktu

pexels

Sudah menjadi kewajiban utama bagi seluruh umat Muslim di dunia ini untuk beribadah kepada Allah SWT dan juga menjalankan hal-hal lain setelah selesai salat. Untuk itu, Sedulur perlu meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk beribadah Allah SWT. Salat tepat waktu, menjalankan salat sunnah, juga bersedekah akan membukakan pintu rezeki dan membuatmu menjadi cepat kaya.

Rasullah SAW pernah bersabdah, jika Allah berfirman:

“Hai anak Adam! Luangkan waktu untuk terus menyembah-Ku, Aku akan mengisi dadamu dengan kekayaan, dan menghapus kemiskinanmu. Dan jika kamu tidak melakukannya. Aku akan membuat tanganmu penuh dengan pekerjaan, dan tidak akan menghapus kemiskinanmu’.” (Ibn Majah).

11. Selalu bertawakal kepada Allah SWT

pexels

Allah SWT telah mengambil keputusan untuk rejeki untuk setiap makhluk-Nya. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir tidak akan kebagian rejeki. Akan tetapi, ada persyaratan jika kamu harus menjemput rejeki tersebut untuk mendapatkannya. Tidak mungkin kan akan muncul uang secara tiba-tiba ketika kamu tiduran di rumah?

12. Menghindari riba

pexels

Arti dari riba sendiri merupakan sebuah penambahan nilai atau bunga melebihi jumlah peminjaman ketika dikembalikan. Besaran biaya tambahan tersebut diambil dari nilai tertentu dari jumlah pokok pinjaman yang harus dibayarkan oleh pihak peminjam.

Sebenarnya riba sendiri memang sangat menggiurkan dan mampu membuat kamu kaya secara cepat. Namun dalam Islam, Allah SWT mengharamkan serta sangat melarang umat-Nya untuk melakukan riba. Sesuai dengan firman Allah SWT pada surah Al Baqarah ayat 275 yang berbunyi:

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Q.S. al-Baqarah: 275).

13.Menjadi pribadi yang lebih baik

pexels

“Allah tidak bakal merubah nasib sebuah golongan hingga golongan tersebut yang merubah nasib atau kondisi yang ada pada dirinya.” (QS Ar-Ra’d : 11).

Dari potongan ayat di atas sudah jelas bahwa Allah tidak akan mengubah nasib seorang kecuali orang tersebut berusaha untuk mengubahnya sendiri. Oleh karena itu, jika Sedulur ingin cepat menjadi kaya dan sukses, maka harus menjadi pribadi yang lebih baik. Insha Allah, Allah SWT akan membimbing kamu ke jalan kesuksesan.

Sekarang Sedulur sudah menemukan jawaban dari pertanyaan “Bagaimana cara agar cepat kaya?”, ‘kan. Untuk menjadi seorang yang sukses dan kaya itu memang butuh perjuangan. Bahkan perjuangan yang dilalui itu tidaklah mudah.

Namun yang paling penting, jangan pernah tergoda untuk melakukan berbagai macam cara cepat kaya yang haram dan dilarang oleh Agama Islam. Walaupun kekayaan itu benar-benar datang secara instan, Sedulur akan menerima semua konseskuensinya entah itu dunia maupun di akhirat.