Sudahkah tahu Sedulur manfaat dari silaturahmi? Jika belum, Sedulur wajib simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian silaturahmi seringkali dimaknai oleh masyarakat Indonesia sebagai bagian dari menjalin hubungan sesama manusia dan masyarakat. Biasanya, silaturahmi dilakukan pada saat perayaan hari raya keagamaan, seperti contohnya hari raya Idul Fitri. Namun apa sebenarnya arti silaturahmi dan manfaatnya?

Kesalahan dan dosa dari setiap manusia biasanya dapat menyebabkan terputusnya suatu hubungan antar manusia, sementara itu, putusnya hubungan antara manusia dapat menyebabkan dosa. Untuk menggugurkan dosa tersebut dan juga untuk kembali menjalin hubungan, setiap manusia disarankan untuk bersilaturahmi.

Dalam agama Islam, terdapat hadits tentang silaturahmi sebagai dalil silaturahmi. Hadits tentang silaturahmi dan persaudaraan tersebut adalah:

Bukanlah bersilaturrahim orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturrahim adalah yang menyambung apa yang putus.” (HR Bukhari)

Setelah mengetahui pengertian, dalil dan juga hukum kedudukannya. Berikut ini adalah daftar manfaat dari bersilaturahim yang akan disampaikan oleh Superapp.id yang wajid diketahui oleh Sedulur Super sekalian. Agar bisa dirasakan manfaatnya oleh setiap umat muslim dan juga umat manusia pada umumnya.

Baca Juga: Keutamaan & Manfaat Doa Nabi Yunus Ini Perlu Kamu Tahu

Daftar Manfaat Silaturhami yang Bisa Membuat Kaya Raya dan Panjang Umur!

1. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

1. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT
bincangsyariah.com

Silaturahmi dalam Islam juga bisa diartikan sebagai suatu langkah untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Mendekatkan diri kepada sang pencipta merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh setiap umatnya. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat mendekatkan diri pada Sang Pencipta, salah satunya dengan bersilaturahim. Sedulur bisa melakukan silaturahim dan menjaganya sebagai sebuah usaha yang Sedulur lakukan untuk selalu dekat dengan Allah SWT sebagai Sang Pencipta.

2. Mengenal Anggota Keluarga Baru

2. Mengenal Anggota Keluarga Baru
kompas.com

Salah satu contoh silaturahmi yang bisa dilakukan adalah dengan mengikatnya dengan sebuah pernikahan. Dengan pernikahan dua keluarga akan saling terhubung dan menjadi anggota keluarga baru satu sama lain. Selain itu, juga Sedulur bisa memperluas koneksi persahabatan dan pertemanan untuk menambah keluarga baru, seperti dengan rekan kerja atau juga rekan sepermainan.

3. Mempererat Tali Persaudaraan

3. Mempererat Tali Persaudaraan
kompas.com

Salah satu manfaat silaturahmi adalah dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama umat manusia. Salah satu momen yang sering dimanfaatkan untuk mempererat silaturahim yaitu saat lebaran Idul Fitri. Banyak hal yang bisa Sedulur dapatkan dengan menjailn silaturahim, dengan mempererat tali persaudaraan akan dapat banyak keberkahan yang bisa Sedulur dapat.

Oleh karena itu banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu bersilaturahim, terutama saat momen lebaran Idul Fitri. Selain dapat berkumpul dan mempererat Silaturahmi, bertemu dengan saudara dan orang tua juga dapat memberikan keberkahan bagi Sedulur, terutama keberkahan dalam menjalankan hidup agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 12 Hikmah Jalani Puasa Ramadhan, Kamu Sudah Tahu?

4. Melancarkan Rezeki

4. Melancarkan Rezeki
winnetnews.com

Dengan melakukan silaturahmi, salah satu hal yang bisa didapatkan adalah rezeki yang lancar. Silaturahmi sesama manusia bisa mengantarkan rezeki satu sama lain, terdapat rezeki dalam setiap silaturahmi yang dilakukan. Oleh karena itu, bagi Sedulur yang ingin mendapatkan rezeki yang lancar, Sedulur wajib menjalin silaturahim secara rutin.

Dengan silaturami, rezeki akan lancar dan hubungan sesama umat muslim akan terjalin dengan lancar dan dengan baik. Terkait hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tarmidzi, sebagai berikut:

Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi,” (HR. Tarmidzi).

5. Salah Satu Kunci Menuju Surga

5. Salah Satu Kunci Menuju Surga
tanmia.or.id

Bagi Sedulur Super yang mengharapkan surga di kehidupan kekal di akhirat nantinya, tentu saja Sedulur membutuhkan kunci untuk bisa memasuki pintu surga. Salah satu kunci untuk dapat memasuki surga yang kekal adalah dengan silaturahmi. Karena salah satu kunci untuk dapat masuk surga adalah dengan melakukan segala perintah dan kewajiban dari Allah SWT.

Silaturahim merupakan salah satu bentuk kewajiban dari Allah SWT untuk dijalankan , dan barang siapa yang melakukannya dengan tulus dan semata-mata untuk semakin memperkuat keimanannya kepada Allah SWT akan mendapatkan kunci agar dapat memasuki surga.

6. Memperpanjang Umur

6. Memperpanjang Umur
detik.com

Siapa sangka, salah satu manfaat dari silaturahmi yang bisa kita rasakan adalah panjang umur. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bersilaturahim.” (HR. Bukhari).

Berdasarkan penjelasan di atas, salah satu manfaat dari bersilaturahim adalah memperpanjang umur. Karena Allah SWT menjanjikan penangguhan ajal atau jejak. Bagi setiap umat muslim yang menjalani silaturahmi akan mendapatkan umur yang panjang dan kehidupan yang berkah.

7. Menjaga Kesehatan Mental

7. Menjaga Kesehatan Mental
liputan6.com

Salah satu isu yang ramai dibahas, setidaknya dalam 5 tahun belakang ini, adalah tentang kesehatan mental. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali masyarakat yang menderita depresi dan mendapatkan tekanan yang mempengaruhi kondisi kesehatan mentalnya. Salah satu dari manfaat silaturahmi adalah dapat menjaga kesehatan mental.

Karena saat menjalankan silaturahim dan bertemu dengan banyak orang lalu bertukar cerita, beban pikiran yang dirasakan akan semakin berkurang dan juga secara perlahan, sedikit demi sedikit akan mempengaruhi kondisi mental kita. Karena kesehatan mental akan terganggu ketika kita memiliki masalah dan tidak menceritakannya.

8. Memperluas Ilmu dan Hikmah Hidup

8. Memperluas Ilmu dan Hikmah Hidup
kumparan.com

Salah satu kunci utama dalam silaturahim adalah menjalin kembali hubungan yang putus, atau menjalin hubungan yang baru dengan seseorang yang sebelumnya tidak kita kenal. Pertemuan dan hubungan yang terjalin tersebut dapat membuat kita mendapatkan ilmu yang baru dan juga memberikan pemahaman terkait hikmah dari kehidupan.

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang kita kenal dan semakin banyak hubungan yang kita jalin akan menambah ilmu dan memberikan hikmah pada kehidupan yang kita jalani. Hal tersebut dapat memberikan keberkahan atas kehidupan yang kita jalani.

9. Menunjukan Keimanan dan Kesalehan Pada Sang Pencipta

9. Menunjukan Keimanan dan Kesalehan Pada Sang Pencipta
islampos.com

Menjailn silaturahim merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Karena, dengan bersilaturahim setiap umat muslim dapat menunjukan keimanan dan kesalehannya pada sang pencipta. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang bersabda:

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (HR. Abu Hurairah RA)

10. Menggugurkan Dosa

10. Menggugurkan Dosa
sindonews.com

Manfaat terakhir adalah dapat menggugurkan dosa perselisihan dan juga meluruskan kesalahpahaman. Biasanya, di antara dua orang selalu terjadi perselisihan atau konflik yang disebabkan oleh kesalahpahaman. Kesalahpahaman tersebut bisa memicu konflik menjadi semakin parah. Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah dosa.

Salah satu manfaat dari silaturahmi adalah dapat menggugurkan dosa perselisihan dan juga dapat menghilangkan kesalahpahaman dari sebuah perselisihan. Sudah seharusnya sesama manusia untuk saling mendukung dan juga saling membantu, bukan malah sebaliknya saling berselisih dan berkonflik.

Semoga daftar manfaat silaturahmi di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur, dan tentu saja semoga dapat memperkuat keimanan Sedulur sebagai seorang muslim dan muslimah. Menjelang Idul Fitri 2021, Sedulur wajib mengetahui manfaat dari silaturahmi agar selalu berkah.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako sebagai persiapan dan persediaan selama bulan ramadhan. Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan langsung gunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan sehari-hari.