cara bahagia

Saat ini, masih ada banyak orang yang mencari cara bahagia. Padahal kebahagiaan sendiri adalah hal yang berhak dimiliki oleh setiap orang. Namun pada kenyataan, tidak semua orang bisa bahagia dengan apa yang dimilikinya.

Banyak orang yang lebih mementingkan penilaian dari orang lain dan lupa dengan cara hidup bahagia. Ya, sebenarnya kebahagiaan itu datang dari dalam diri kita sendiri. Tapi sayangnya tidak banyak yang tahu cara untuk merasakan kebahagiaan tersebut.

Jika Sedulur termasuk salah satunya, maka tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara bahagia setiap hari yang bisa dicoba.

BACA JUGA: 14 Kiat Sukses Jadi Keluarga Bahagia, Poin Terakhir Paling Penting!

-->

1. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain

cara bahagia
pexels

Kunci hidup tenang dan bahagia yang pertama adalah berhenti membandingkan diri Sedulur dengan orang lain. Ya, sebenarnya ini adalah hal yang lumrah dilakukan dalam kehidupan sosial. Biasanya hal ini dilakukan agar kita bisa lebih termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

Namun untuk saat ini, Sedulur harus mulai berhenti melakukan hal itu dan fokus dengan hidup yang dijalani. Adanya pergeseran energi tersebut, akan membuat Sedulur lebih bebas dan merasa beban dalam hidup berkurang.

2. Jangan hiraukan komentar orang lain

cara bahagia
pexels

Tidak bisa dipungkiri, bahwa komentar atau opini dari orang lain, baik itu sesama teman maupun orang yang tidak dikenal bisa membuat Sedulur kepikiran. Dan pada akhirnya, Sedulur akan mencoba berprilaku seperti yang mereka ekspektasikan.

Nah, itulah yang membuat hidup tidak tenang karena terus dihantui oleh ekspektasi orang lain. Untuk itu, Sedulur perlu menyaring komentar orang lain pada diri sendiri. Yang paling penting, segala sesuatu yang dilakukan itu karena keinginan Sedulur sendiri, bukan orang lain.

3. Menerima kekurangan yang dimiliki

cara bahagia
pexels

Seperti yang telah diketahui, tidak ada satupun manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, entah itu dalam hal fisik, materi, perilaku, atau yang lain sebagainya. Namun tidak semua orang sadar akan kekurangan yang dimilikinya.

Jadi mereka rela melakukan berbagai hal untuk menutupi kekurangan tersebut. Padahal tanpa disadari, secara perlahan hal itu akan menghilangkan jati diri mereka sendiri. Dan yang paling parah, kebahagiaan akan hilang karena terlalu sibuk memikirkan suatu hal yang tidak pernah bisa dicapai, yakni kesempurnaan.

4. Memaafkan diri sendiri

cara bahagia
pexels

Berkaitan dengan poin yang sebelumnya, setiap orang juga pasti pernah melakukan kesalahan. Namun jangan sampai kesalahan tersebut membuat Sedulur jatuh terlalu dalam, dan membuat ketenangan dan kebahagiaan hilang begitu saja.

Jadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Dengan cara bahagia di dunia ini, maka Sedulur bisa bertumbuh dan berkembang karena tidak ada yang tahu seperti apa hidup Sedulur kedepannya.

5. Bentuk tubuh bukan tolok ukur penilaian diri

cara bahagia
pexels

Cara bahagia menurut psikologi yang terbaik, adalah dengan tidak menilai atau melihat diri sendiri dari bentuk tubuh Sedulur. Hal ini sangat perlu untuk ditekankan, karena saat ini cukup banyak pandangan orang menjadikan bentuk tubuh atau fisik sebagai tolok ukur penilaian terhadap seseorang.

Mereka tidak pernah melihat apa yang sebenarnya ada di dalam diri kita. Oleh karena itu, mulai saat ini kenakan apa saja yang akan membuat Sedulur merasa percaya diri, nyaman, bangga, dan yang paling penting bahagia.

6. Keluar dari lingkaran orang-orang “toxic”

cara bahagia
pexels

Tidak semua orang akan memberikan energi yang baik untuk kita. Jika Sedulur berada di lingkaran orang-orang toxic alias memberi dampak buruk bagi diri dan pikiran, maka jangan ragu dan takut untuk keluar dari lingkaran tersebut.

Perlu untuk ingat, menjaga energi dan pikiran itu sangat dibutuhkan supaya Sedulur tidak terjebak di dalam situasi yang dapat membuat depresi. Jika Sedulur sudah melakukan langkah yang berani untuk keluar dari lingkaran toxic, dijamin hidup akan terasa bahagia setiap hari.

7. Coba proses rasa takut

cara bahagia
pexels

Ketika kita berbuat suatu kesalahan, maka akan muncul rasa takut, cemas dan khawatir yang selalu menghantui. Nah, Sedulur harus bisa memproses perasaan tersebut, dengan menerimanya dan jangan menolaknya.

Bisa dikatakan bahwa setiap manusia pasti merasakan hal semacam itu. Jadi cobalah untuk berkomunikasi dengan diri sendiri, dan mengevaluasinya agar bisa jadi lebih baik lagi. Jika Sedulur merasa kesusahan, bisa meminta bantuan orang yang ahli, kok.

BACA JUGA: 12 Cara Bersyukur pada Tuhan, Bikin Hati Tentram & Bahagia!

8. Percaya pada diri sendiri ketika mengambil keputusan

pexels

Munculnya rasa ragu pada diri sendiri ketika akan mengambil keputusan itu sebenarnya adalah hal wajar.  Terlebih lagi untuk keputusan yang besar, kita memang harus memikirkannya terlebih dahulu sampai benar-benar matang.

Bisa dikatakan jika otak dan perasaan kita mampu mengambil keputusan terbaik bagi diri sendiri, lho. Hal ini karena hanya kita yang lebih mengenal diri sendiri daripada orang lain. Oleh sebab itu, Sedulur harus percaya jika keputusan yang diambil itu memang yang terbaik untuk diri sendiri.

9. Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas

pexels

Sedang mencari cara bahagia tanpa pacar? Tidak usah bingung, Sedulur tetap bisa merasa bahagia walaupun sendiri, kok. Caranya yakni dengan menjadikan diri Sedulur sebagai prioritas utama dalam hidup ini.

Lakukan apapun yang disukai dan beli apapun yang Sedulur inginkan. Jangan terlalu memikirkan kebutuhan orang yang dulu sebelum kebutuhan diri sendiri terpenuhi. Manjakan dan buat diri Sedulur merasa bahagia.

10. Mengambil setiap kesempatan yang ada

pexels

Tidak akan pernah ada yang namanya sebuah kehidupan sempurna. Ada kalanya kita berada di atas angin, namun ada juga saat-saat kita merasa seperti jatuh dari ketinggian. Dan tidak ada orang yang tahu, apa yang akan terjadi esok hari.

Namun jangan menjadikan hal tersebut untuk terus pasrah dan menjadi halangan untuk hidup bahagia. Ambilah setiap kesempatan yang ada. Atau jika Sedulur bisa, ciptakan kesempatan dan peluang baru untuk kembali lagi di posisi tertinggi.

11. Mensyukuri hal-hal sederhana

pixabay

Terdapat cara bahagia dengan sederhana, yakni dengan coba memperhatikan paling tidak satu hal kecil indah yang ada di sekitar Sedulur setiap hari. Contoh yang paling dekat, seperti mensyukuri nasi yang bisa Sedulur makan di pagi hari.

Sedulur harus ingat, bahwa masih ada banyak orang yang merasa lapar sepanjang hari dan harus bersusah payah untuk mendapatkan sesuap nasi tiap harinya. Catat hal itu dan syukuri, karena dengan bersyukur hidup akan terasa sangat membahagiakan.

12. Memberi pujian

pexels

Mungkin ini adalah suatu hal yang sangat jarang Sedulur lakukan pada diri sendiri. Ya, cobalah untuk memberi pujian terhadap diri sendiri atas apa yang telah dilakukan. Sekecil apapun tindakan baik dilakukan, Sedulur harus memberi pujian atas tindakan tersebut.

Tidak hanya diri sendiri, memberi pujian juga termasuk salah satu cara membuat suami bahagia. Ketika suami sudah merasa bahagia, tentu saja kehidupan Sedulur juga akan terasa jauh lebih bahagia lagi.

BACA JUGA: Ikigai, Intip Cara Orang Jepang Mengejar Kebahagiaan

13. Menunjukkan rasa sayang

pexels

Seperti cara membuat pacar bahagia, Sedulur juga perlu menunjukkan rasa sayang kepada diri sendiri. Menunjukkan rasa sayang pada diri sendiri ini, tidak harus dilakukan dengan membeli barang-barang yang diinginkan.

Sedulur bisa mencoba hal-hal sederhana seperti rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan, menghindari aktivitas-aktivitas yang merugikan diri sendiri, dan lain sebagainya.

14. Berbuat kebaikan

pexels

Ada satu cara bahagia menurut Islam yang juga diajarkan dalam agama lainnya, yaitu dengan berbuat kebaikan. Selain mendapatkan pahala, berbuat kebaikan ini juga akan menimbulkan rasa bangga pada diri sendiri yang akhirnya memunculkan perasaan bahagia.

Itulah beberapa cara bahagia yang perlu untuk Sedulur ingat setiap saat. Kebahagiaan itu datangnya dari dalam diri kita sendiri, bukan orang lain. Jadi hanya Sedulur sendiri yang bisa menentukan dan mendatangkan kebahagiaan tersebut. Jangan samakan tingkat kebahagiaan Sedulur dengan orang lain, karena apa yang dijalani dan yang didapatkan itu berbeda. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri dan buat diri ini bahagia dengan apa yang dimiliki.

Selain itu, kemudahan berbelanja kebutuhan pokok juga bisa membuat bahagia lho. Sudah tahu belum, Sedulur bisa dengan mudah berbelanja kebutuhan pokok di Aplikasi Super lho. Hanya lewat satu aplikasi, Sedulur bisa mencari semua bahan-bahan yang dibutuhkan lalu tinggal menunggu pesanan diantar sampai ke rumah. Yuk unduh aplikasinya sekarang di sini.