Bersyukur merupakan bentuk rasa terima kasih kita kepada Sang Pencipta sebagai makhluk ciptaanNya, simak tips dan cara ungkapan rasa syukur di bawah ini!

Kadang kala, untuk mendapatkan ketenangan hati, perasaan yang tentram dan hati yang bahagia tidak membutuhkan hal yang sulit. Kita hanya perlu bersyukur atas apa yang dimiliki. Namun, tidak semua orang bisa menikmati dan menerima apa yang telah dimiliki dengan berucap syukur.

Terdapat beberapa cara untuk berucap syukur, bukan hanya sekedar ucapan namun juga beberapa tindakan. Mengucapkan syukur menggunakan kata mutiara bersyukur dan bersabar memang merupakan salah satu cara bersyukur atas nikmat Allah, namun terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan selain ucapan syukur alhamdulillah kepada Allah.

Berikut ini merupakan cara untuk selalu bersyukur agar jangan lupa bersyukur yang akan dibahas oleh Superapp.id, selain itu juga terdapat beberapa rekomendasi kata-kata yang bisa Sedulur ucapkan atas bukti syukur yang Sedulur terima.

Baca Juga: 12 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri, Sudahkah Kamu Jalani?

Cara Untuk Bersyukur, Membuat Hati Tentram, Damai dan Bahagia

1. Menerima Apa yang Ada

1. Menerima Apa yang Ada
alodokter.com

Menerima apa yang ada dan yang telah dimiliki merupakan salah satu cara yang sangat ampuh, sebagai bentuk syukur Sedulur atas apa yang dimiliki. Tidak sulit melakukannya, Sedulur hanya perlu merenung dengan apa yang telah didapatkan dan mengucapakan syukur kepada Sang Pencipta atas apa yang telah didapat. Hati dan pikiran Sedulur dijamin akan tentram dan damai.

2. Menerima Bentuk Tubuh

2. Menerima Bentuk Tubuh
kumparan.com

Salah satu bukti bahwa bersyukur itu indah adalah dengan menerima bentuk tubuh. Tubuh merupakan pemberian dari Sang Pencipta, tidak ada gunanya menyesali dan tidak percaya diri atas bentuk tubuh yang dimiliki. Jangan minder dan berkecil hati, terima bentuk tubuh yang dimiliki akan lebih memudahkan Sedulur untuk percaya diri dan memiliki hati yang tenang.

Bentuk tubuh sering kali menjadi salah satu hal yang membuat setiap insan manusia lupa atas nikmat yang telah mereka terima, salah satunya adalah nikmat hidup dan nikmat sehat.

3. Merawat Diri

3. Merawat Diri
suara.com

Walaupun Sedulur telah bisa menerima bentuk tubuh, bukan berarti Sedulur harus mengabaikan kesehatan. Salah satu kata rasa syukur yang bisa Sedulur lakukan selain berucap adalah dengan merawat diri. Merawat diri juga merupakan bagian dari keimanan dalam menjalankan kepercayaan dan juga sebentuk usaha atas rasa syukur yang telah kita miliki.

4. Menjaga Kesehatan Mental

4. Menjaga Kesehatan Mental
klikdokter.com

Bukan hanya kesehatan fisik yang harus diperhatikan, kesehatan mental juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu tujuan untuk selalu mengungkapkan rasa syukur adalah untuk mendapatkan ketenangan hati, ketenangan hati merupakan salah satu indikasi kesehatan mental Sedulur terjaga. Maka dari itu, berucap syukur merupakan hal yang sangat penting.

Baca Juga: Apresiasi: Pengertian, Manfaat & Jenisnya. Kamu Sudah Tahu?

5. Mengungkapkan Perasaan

5. Mengungkapkan Perasaan
sehatq.com

Jangan pernah memendam perasaan sendiri, biasakan untuk berbagi cerita, terutama pengalaman yang berat dan menyedihkan. Jika Sedulur tidak percaya diri bercerita kepada orang tua, teman, saudara atau kekasih, Sedulur bisa bercerita kepada Sang Pencipta, salah satunya melalui ucapan syukur kepada Allah. Hal tersebut akan membantu Sedulur untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

6. Melakukan Hal untuk Mengubah Hidup

6. Melakukan Hal untuk Mengubah Hidup
hipwee.com

Salah satu cara untuk tetap hidup dan mendapatkan ketenangan hati adalah dengan melakukan hal-hal penting yang dapat mengubah hidup Sedulur. Hal ini sangat penting untuk kehidupan Sedulur dan kehidupan orang-orang sekitar Sedulur. Terutama, Sedulur bisa mengalihkan beban pikiran kepada beberapa hal yang sangat penting untuk hidup.

7. Memiliki Tujuan Hidup

7. Memiliki Tujuan Hidup
okezone.com

Memiliki tujuan hidup yang jelas dan berusaha untuk mencapainya adalah salah satu bagian bentuk syukur kita, baik kepada Sang Pencipta, kepada orang tua dan kepada orang-orang sekitar. Terlebih lagi kepada diri sendiri. Tujuan hidup diri sendiri yang harus dicapai dan bergerak untuk berusaha mencapainya merupakan bentuk syukur dari kita hidup.

Cara lain dalam menyampaikan rasa syukur adalah dengan mengucapkan kata syukur, banyak kata kata bersyukur singkat yang bisa Sedulur ungkapkan sebagai bentuk syukur. Superapp.id akan memberikan kumpulan kata bersyukur sebagai bagian cara untuk Sedulur selalu bersyukur. Simak daftarnya di bawah ini.

Mengungkapkan Kata Syukur

1. Kata Kata Penuh Syukur

1. Kata Kata Penuh Syukur
bola.com

Berikut ini adalah kata kata selalu bersyukur yang bisa Sedulur ucapkan dan ungkapkan, untuk membuat hati Sedulur selalu tentram dan optimis:

  • “Hanya orang-orang yang tidak pernah bersyukur yang selalu merasa sedih.”
  • “Saat sukses bisa bersyukur, saat gagal pun tetap bersyukur. Karena sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan sejati ada di dalam rasa syukur.”
  • “Kita telah menerima nikmat jutaan kali. Lalu mengapa harus bersedih saat menerima musibah satu kali? Jadilah orang yang pandai bersyukur.”
  • “Saat kehilangan sesuatu, kita diajarkan untuk Ikhlas. Tantangan selanjutnya adalah bisakah kita bersyukur atas kehilangan tersebut.”
  • “Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.”

2. Kata Kata Bersyukur Islami

2. Kata Kata Bersyukur Islami
suaraislam.com

Berikut kata kata syukur Islami yang bisa Sedulur ungkapkan, agar tujuan untuk mendapatkan kedamaian hati bisa Sedulur capai. Beberapa kata islam bisa diambil dari hadist shahih dan ucapan para alim ulama dan para ahli agama. Simak daftarnya di bawah ini:

  • “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” – HR. Ahmad
  • “Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.” – Ali bin Husein
  • “Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud). – Imam al-Ghazali
  • “Seringkali kita hanya melihat satu waktu saat kita sakit dan melupakan 99 kali saat kita sehat. Kapan saja kita kehilangan rasa syukur, maka kita akan kehilangan sifat iman kita. – Sheikh Kamaluddin Ahmed
  • “Bersyukur bukan hanya sebatas ucapan Alhamdulillah. Bersyukur adalah sikap. Itu adalah gaya hidup. Itu adalah cara berpikir. Teruslah bersyukur. – Nouman Ali Khan

3. Kata Bijak Bersyukur

3. Kata Bijak Bersyukur
cahayaislam.id

Bagi Sedulur yang menginginkan kata singkat untuk bersyukur, simak daftar kata kata rasa syukur di bawah ini:

  • “Mereka yang tahu cara bersyukur adalah mereka yang bisa menikmati keindahan dunia dan arti kebahagiaan hidup.”
  • “Jika selama ini kamu selalu dipenuhi oleh kesengsaraan. Sepertinya kamu jarang bersyukur. Karena orang yang dengan ikhlas bersyukur selalu mendapat jalan keluar.”
  • “Hidup adalah belajar. Belajar bersyukur meski tak cukup, belajar ikhlas meski tak rela, taat meski berat, belajar memahami meski tak sehati.”
  • “Ingat, tetap rendah hati dan selalu bersyukur atas semua yang kita miliki dan semua yang kita capai hari ini.”
  • “Cobalah Bersyukurlah dalam segala hal. Jika tidak puas, maka teruslah berusaha, namun tetap bersyukur.”

4. Kata Mutiara Bersyukur

4. Kata Mutiara Bersyukur
tribunnews.com

Berikut ini kata kata mengucap syukur yang sangat bijak dan indah, simak daftar kata mutiara di bawah ini:

  • “Manusia paling baik adalah orang yang dermawan dan bersyukur dalam kelapangan, yang mendahulukan orang lain, bersabar dalam kesulitan.”
  • “Hidup hanya sebentar, maka lakukan yang terbaik, nikmati tiap waktunya dan bersyukur atas segala yang ada.”
  • “Punya harta dan ilmu jika hanya dinikmati sendiri, tidak banyak berarti, berbagi adalah cara bersyukur tertinggi.”
  • “Kehilangan adalah cara terbaik untuk bersyukur, namun jauh lebih baik bersyukur karena tidak kehilangannya.”
  • “Hidup tanpa cinta pasti hampa, hidup gila harta pasti celaka, hidup bersyukur dan apa adanya, pasti bahagia.”

5. Kata Mutiara Sabar dan Syukur

5. Kata Mutiara Sabar dan Syukur
okezone.com

Kata bersyukur untuk selalu sabar menjalankan hidup juga bisa Sedulur ungkapkan rasa syukur. Simak daftar kata-katanya di bawah ini, agar bisa selalu ikhlas menjalankan hidup:

  • “Sabar dan ikhlas bisa menjadikan kamu seorang yang mulia dan terhormat di dunia sekalipun kamu bukan apa-apa.”
  • “Kata kata sabar dan ikhlas adalah ungkapan yang sudah seharusnya keluar dari hati dan mulut ketika mendapatkan masalah atau cobaan hidup.”
  • “Keikhlasan adalah kesabaran sejati.”
  • “Dalam kesakitan teruji kesabaran. Dalam perjuangan teruji keikhlasan.”
  • “Saat kesabaran dan keikhlasan sedang diuji, selalu ingat pada Tuhan dan pasrahkan diri dalam berdoa, maka hati pun lebih tenang.”

Semoga daftar cara bersyukur dan juga ungkapan kata-kata mutiara di atas bisa membantu Sedulur untuk tetap melanjutkan hidup dan selalu tentram dan damai. Salah satu cara yang bisa Sedulur lakukan untuk bersyukur adalah dengan memanfaatkan kemudahan yang ada di sekitar Sedulur.

Salah satu kemudahan yang bisa Sedulur manfaatkan sebagai bentuk syukur adalah dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Banyak barang dengan harga murah dan kualitas tinggi yang bisa Sedulur dapatkan. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Dan langsung manfaatkan kemudahan sebagai rasa syukur. Selamat mencoba!