cara agar pisang awet

Keluarga di rumah sangat suka buah pisang? Tentu menyiapkan stok pisang dalam jumlah yang banyak lebih baik. Namun bagaimana cara agar pisang awet dan seperti apa harus menyimpannya? Karena dengan cara menyimpan yang salah, pisang akan tetap busuk.

Bukan hanya gagal sebagai persediaan, juga tidak akan dapat dinikmati. Maka dari itu, penting mengetahui cara agar pisang awet. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa cara menyimpan pisang agar tetap awet.

BACA JUGA: 8 Cara Menyimpan Jahe, Kunyit, Lengkuas di Kulkas Biar Awet!

1. Simpan dengan cara digantung

iStock

Cara agar pisang awet yaitu menyimpannya dengan cara digantung. Pisang akan mengeluarkan gas yang membuatnya cepat matang, namun ketika pisang digantung, gas tersebut tidak akan membuat pisang cepat matang, bahkan dapat membuat pisang tahan dalam keadaan segar lebih lama.

-->

Cara ini juga sangat efektif untuk membuat pisang lebih cepat memunculkan bercak hitam yang membuat gas etinel tidak berkumpul di sekitar buah dan membuat pisang cepat matang.

2. Jauhkan dari buah lain

iStock

Cara agar pisang awet yaitu dengan menyimpannya berjauhan dengan buah lainnya. Setiap buah memiliki perbedaan waktu kematangan. Agar tidak mudah matang, pisahkan pisang dengan buah-buahan lainnya, seperti alpukat, apel, pir, dan tomat, yang juga memproduksi etilen.

Ketika disimpan bersama-sama, buah-buahan ini bisa cepat matang dan cepat rusak. Jadi agar pisang tidak cepat busuk, jauhkanlah penyimpanannya dari beragam buah tersebut.

3. Masukkan ke kulkas ketika sudah matang

cara agar pisang awet
iStock

Saat Ibu Super melihat bahwa pisang sudah mulai matang, Ibu Super bisa segera menyimpannya di dalam kulkas. Dengan dimasukkan ke dalam kulkas, pisang bisa lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk.

Kulitnya mungkin berubah menjadi cokelat, tetapi karena suhu dingin kulkas, pisang di dalamnya masih akan enak dimakan selama beberapa hari.

4. Iris-iris pisang

iStock

Untuk membuat pisang lebih tahan lama, Ibu Super juga bisa mengiris-iris pisang dan simpan di dalam satu wadah. Lebih baik menyimpannya di dalam kulkas karena bisa membuat pisang bertahan lebih lama lagi.

Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, Ibu Super bisa memberikan sedikit perasan jeruk lemon, air nanas atau cuka agar pisang bisa mempertahankan kesegarannya.

Ibu Super juga harus tahu, bahwa Asam dalam jeruk memperlambat oksidasi. Kemudian, simpan potongan pisang di lemari es dalam wadah kedap udara untuk disajikan nanti. Hal ini akan sangat berguna jika kamu ingin menggunakan pisang untuk dijadikan salad buah yang lezat.

BACA JUGA: Cara Menyimpan Telur Agar Awet Baik di Kulkas Maupun Luar Ruangan

Cara menyimpan pisang agar tidak cepat matang

cara agar pisang awet
iStock

Bagi Ibu Super yang rutin membeli pisang, ibu Super harus tahu bahwa pisang yang sudah terpisah dari batangnya memang mengalami proses pematangan lebih cepat, namun hal itu bisa dicegah dengan beberapa cara berikut:

1. Tetap gunakan bungkus plastik

iStock

Saat membeli seikat pisang biasanya pisang akan dibungkus menggunakan plastik. Jika Ibu Super tidak akan langsung mengkonsumsi pisang, sebaiknya plastik yang membungkus pisang tidak dibuka terlebih dahulu.

Plastik yang melilit pisang dapat mencegah gas etilen terlepas dari buah. Apabila tandan pisang tidak tertutup plastik saat membeli, sebaiknya tambahkan plastik supaya mencegah pisang cepat matang.

2. Tambahkan asam sitrat

cara agar pisang awet
iStock

Bagi Ibu Super yang terlanjur mengupas pisang, Ibu Super tetap bisa mencegah pisang tetap matang. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan asam sitrat agar pisang tidak cepat matang. Asam sitrat dapat memperlambat proses pisang masak.

Caranya sangat mudah, Ibu Super tinggal campurkan asam sitrat dan air dengan perbandingan dua banding satu, lalu semprotkan di atas buah pisang. Lalu setelah itu, Ibu Super bisa menyimpan pisang dengan wadah tertutup agar bisa lebih awet lagi.

3. Jauhkan pisang dari sinar matahari

iStock

Penting untuk menjauhkan dari sinar matahari secara langsung, agar pisang tidak cepat matang. Pisang yang terkena paparan matahari langsung dapat menaikkan suhu pisang, sehingga akan membuat pisang lebih cepat matang.

Sebaiknya simpan pisang di tempat sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Hal ini dapat membuat pisang lebih awet dan tahan lama.

Nah itulah tadi beberapa cara agar pisang awet dan tidak cepat busuk. Juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara mencegah pisang cepat matang, Semoga penjelasan di atas membantu Ibu Super agar membuat persedian pisang bertahan lama, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.