Cara menyimpan telur agar awet

Telur merupakan kebutuhan pokok dengan gizi lengkap dan harganya terjangkau untuk masyarakat. Jadi tidak heran, banyak orang yang suka menyimpan banyak persediaan telur di rumah untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini membuat cara menyimpan telur agar awet menjadi penting untuk diketahui.

Jika Sedulur masih sering menjumpai masalah telur yang busuk karena terlalu lama tidak digunakan, maka wajib menyimak beberapa tips dan ulasan cara menyimpan telur agar awet berikut ini.

BACA JUGA: Mengetahui Lama Waktu Merebus Telur dan Jenis Kematangannya!

Gunakan karton telur

Cara menyimpan telur agar awet
Unsplash

Jika Sedulur membeli telur di toko modern, biasanya telur akan dijual dengan wadah karton khusus. Namun, jangan sekali-kali membuang wadah karton tersebut ya Sedulur, karena karton kemasan asli untuk telur itu bisa membantu untuk menjaga agar telur awet walaupun disimpan di luar ruangan.

Bersihkan telur dari kotoran

Telur ayam
Cookist

Cara menyimpan telur agar awet yang pertama adalah dengan membersihkan cangkang telur dari kotoran yang menempel. Hal ini wajib dilakukan jika Sedulur membeli telur dari pasar tradisional, karena biasanya telur yang dijual di toko modern sudah lebih bersih dan dikemas secara baik.

Sedulur wajib membersihkan telur karena kotoran yang menempel pada cangkang memiliki banyak bakteri yang bisa masuk ke dalam telur. Jika hal ini dibiarkan, telur akan mudah busuk saat disimpan. Sedulur cukup mencuci bersih dan mengeringkannya.

BACA JUGA: 13 Cara Membuat Jus Buah Naga Enak, Segar & Sehat

Simpan di suhu 4 derajat Celcius

Cara menyimpan telur agar awet
Healthline

Cara menyimpan telur agar awet selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Hal ini karena telur harus disimpan di tempat yang memiliki suhu 4 derajat Celcius.

Dilansir dari The Spruce Eats, suhu rendah tersebut bisa menajaga telur agar lebih awet. Telur juga tahan lama saat disimpan pada suhu yang lebih rendah. Dengan begitu, suhu kulkas cocok sebagai tempat menyimpan telur. Telur dapat diletakkan pada rak di dalam kulkas, bukan pada bagian rak pintunya.

Food and Drug Administration atau FDA dalam wawancaranya di IndiaToday, menjelaskan bahwa menyimpan telur di dalam kulkas bisa meningkatkan keawetan telur hingga lima minggu lamanya.

Letakkan dalam posisi terbalik

tips menyimpan telur
Pinterest

Dilansir dari CNN Indonesia, agar kondisi telur tetap dalam kualitas terbaik maka posisi peletakannya juga perlu diperhatikan. Telur disarankan untuk ditaruh secara terbalik, dimana bagian runcinya berada di posisi bawah.

Hal ini berguna untuk menjaga agar kuning telur tetap berada di bagian tengah. Sehingga ruang udara yang ada pada bagian ujung cangkang telur tidak pecah dan mengurangi resiko pembusukan terjadi.

BACA JUGA: Mengenal Katsuobushi, Sajian Jepang dari Serpihan Ikan

Membekukan telur

Cara membekukan telur yang benar
Lil Luna

Mungkin ini menjadi cara menyimpan telur agar awet yang tidak terlalu umum. Namun, dengan cara membekukan telur, maka ketahanan sembako satu ini bisa mencapai berbulan-bulan lho.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika ingin membekukan telur. Dimana Sedulur harus memisahkan cangkang dan isi telur terlebih dahulu. Sehingga telur nantinya dimasukkan ke dalam freezer dalam kondisi sudah terlepas dari cangkangnya dan berada di wadah yang berbeda.

Hindarkan telur dengan bahan masakan lain

Telur dan susu
Hub Pages

Telur merupakan bahan makanan yang sangat mudah menyerap sari bahan lain di sekitarnya. Sehingga jangan taruh telur berdekatan dengan bahan-bahan masakan yang tidak ditutup rapat.

Beberapa bahan makanan yang cukup beresiko meningkatkan kecepatan pembusukan pada telur adalah susu, keju, cabe, dan buah-buahan.

Telur adalah kebutuhan yang memiliki kandungan gizi lengkap dengan harga yang murah meriah. Tidak heran jika telur selali jadi kebutuhan pokok yang distok dalam jumlah besar.

Agar Sedulur bisa menjaga keawetan telur dan tidak mudah membusuk, langkah-langkah di atas wajib banget untuk Sedulur coba. Jadi jangan sampai rugi karena persediaan telurmu membusuk ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.