Agar buku tetap dalam kondisi baik saat akan dibaca, Sedulur tentu saja perlu merawatnya. Hal ini karena buku yang dibiarkan asal-asalan bisa menjadi kekuningan dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu, Sedulur harus paham betul bagaimana cara agar buku tidak menguning agar tetap nyaman saat membacanya.

Sebenarnya, cara merawat buku tidak jauh berbeda dengan cara merawat barang-barang koleksi lainnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar buku-buku yang tersimpan tetap awet dalam waktu lama. Dengan memperhatikan tempat penyimpanan, inilah 8 cara rawat koleksi buku agar tidak mudah kuning. Simak dengan baik, ya! 

BACA JUGA: Bahan Moscrepe: Ini Kelebihan Kekurangan & Cara Merawatnya

1. Simpan pada lemari tertutup

cara agar buku tidak menguning
Inna Riana

Cara agar buku tidak menguning adalah menyimpannya dalam lemari tertutup. Meskipun dalam kenyataannya rak buku lebih memudahkan kita untuk mengambil dan menyimpan kembali buku yang dibaca, namun lemari kaca yang tertutup lebih disarankan untuk menyimpan buku-buku tersebut.

-->

Mengapa demikian? Hal ini karena lemari yang tertutup akan membuat buku terhindar dari debu dan udara yang tercampur dengan kotoran. Dengan begitu, buku akan tetap dalam keadaan bersih dan terhindar dari kerusakan akibat debu yang menempel pada kertas.

Namun, perlu diketahui juga bahwa lemari yang digunakan untuk menyimpan buku harus di cek secara berkala. Lemari yang memiliki kelembapan tinggi akan membuat buku menjadi berjamur.

2. Hindari tempat dengan paparan sinar matahari langsung

cara agar buku tidak menguning
iStock

Meskipun sinar matahari dapat digunakan untuk membuat buku terhindar dari suasana lembap yang mengundang pertumbuhan jamur, namun ada baiknya untuk menghindari tempat-tempat dengan paparan sinar matahari langsung dalam menyimpan buku.

Hal ini karena terlalu sering terpapar sinar matahari dapat menjadikan lembaran kertas pada buku milik Sedulur menjadi terlalu kering. Kondisi ini dapat membuat warna kertas berubah menjadi cokelat atau kekuningan, hingga akhirnya membuat kertas menjadi rapuh dan mudah rusak. Untuk itu, pilihlah tempat penyimpanan yang tidak terlalu dekat dengan jendela dan letakkan kembali buku pada tempatnya setelah selesai dibaca.

BACA JUGA: Kain Bahan Rayon, Kenali Karakteristik Jenis & Cara Merawatnya

3. Mengatur posisi buku dengan benar

cara agar buku tidak menguning
iStock

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat buku agar tidak menguning adalah mengatur posisi buku dengan benar. Mengatur buku dengan posisi berdiri dan berjajar ke samping akan membuat sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik di sela-sela buku.

Jika sirkulasi udara baik, maka lingkungan sekitar buku tidak akan menjadi lembap. Selain itu, Sedulur juga bisa menaburkan kamper di sela-sela buku untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur. Dengan begitu, buku akan tetap wangi dan terjaga kondisinya. 

4. Baca buku secara berkala

cara agar buku tidak menguning
iStock

Menyimpan buku tanpa membacanya juga bisa membuat kualitas buku berkurang. Meskipun sudah pernah dibaca sebelumnya, tidak ada salahnya untuk membaca kembali buku-buku tersebut. Oleh karena itu, membaca buku secara berkala dapat membuat buku tetap awet. 

Namun, ada beberapa hal penting yang harus Sedulur perhatikan saat membaca buku. Selain memastikan tangan dalam kondisi bersih, Sedulur juga bisa menggunakan pembatas buku agar tidak melipat bagian ujungnya. Kebiasaan membaca sambil ngemil juga bisa dihindari karena dapat membuat buku terkena sisa-sisa makanan yang tidak sengaja menempel.

BACA JUGA: Cotton Combed Beserta Jenis & Cara Merawatnya

5. Bersihkan buku secara teratur

cara  bersihkan buku
iStock

Cara berikutnya adalah membersihkan buku secara teratur. Buku yang disimpan pada lemari tertutup atau rak terbuka harus dibersihkan secara berkala agar debu yang menempel tidak menumpuk. Sedulur bisa menggunakan kemoceng atau kain lap bersih yang kering.

Kebiasaan menyimpan buku dalam waktu lama tanpa dibersihkan akan membuat buku berjamur dan berwarna kekuningan. Oleh karena itu, sediakan waktu setiap dua minggu sekali untuk mengeluarkan buku dari tempatnya, dan atur ulang posisinya agar sirkulasi udara tetap baik.

6. Bersihkan rak buku dengan H2O2

buku
iStock

Selain membersihkan bukunya, Sedulur juga perlu membersihkan tempat penyimpanannya, baik itu lemari atau rak buku. Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan jamur yang seringkali muncul karena udara yang lembap.

Sedulur bisa menggunakan campuran hidrogen peroksida (H2O2) dan air, lalu mengoleskannya pada rak buku atau lemari dengan lap bersih maupun kapas. Jika jamur terlihat di bagian dalam buku, gunakan sikat berbulu halus untuk membersihkannya perlahan-lahan.

7. Gunakan sampul buku

buku
iStock

Cara lain yang bisa menjaga buku tetap awet adalah menggunakan sampul buku. Penggunaan sampul ini akan membuat cover buku tidak langsung bersinggungan dengan udara dan debu dari luar. Hal ini tentu saja akan membuat buku tetap dalam kondisi baik dalam waktu yang lama. 

BACA JUGA: 8 Cara Merawat dan Mengembalikan Tanaman yang Layu

8. Gunakan baking soda 

buku
iStock

Cara terakhir yang bisa Sedulur coba adalah menaburkan bubuk baking soda pada bagian buku yang berbau tidak sedap dan berjamur. Setelah semua bagian yang bermasalah selesai ditaburi, biarkan buku dalm keadaan terbuka selama beberapa hari, atau sampai baunya hilang. Jika sudah, bersihkan bubuka baking soda dan simpan kembali di tempat penyimpanan. 

Nah, itulah 8 cara agar buku tidak menguning saat disimpan. Meskipun buku sudah pernah dibaca, merawat buku adalah hal yang tetap penting untuk dilakukan. Hal ini karena ilmu yang ada dalam buku akan tetap ada meskipun buku sudah tidak baru lagi. Selamat mencoba! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.