Capcut adalah salah satu aplikasi video editor untuk ponsel pintar yang  populer berbasis Android atau iPhone. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur, mulai dari filter, musik, tools, dan lain sebagainya. Namanya semakin populer dan banyak dikenal masyarakat luas karena kerap kali digunakan sebagai alat mengedit video di aplikasi Tiktok dan Instagram.

Hal itu didukung oleh cara pengoperasian aplikasi ini yang sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, para pengguna yang awam dapat menggunakannya untuk mengedit dan menghasilkan video layaknya pro. 

Walaupun cukup memuaskan, banyak pengguna yang mengeluhkan watermark yang sering muncul ketika menyimpan video. Lalu, bagaimana cara untuk mengunduh video Capcut tanpa watermark dengan mudah? Simak caranya di sini. 

BACA JUGA: 20 Aplikasi Menggambar dan Melukis Terbaik di PC dan Tablet

-->

Apa itu Capcut?

capcut
Republika

Capcut adalah sebuah aplikasi video editing yang dikhususkan untuk para pengguna sosial media, khususnya TikTok. Walaupun merupakan aplikasi edit video, tapi materi yang dapat digunakan dalam aplikasi ini bukan sebatas video saja. Bisa juga digunakan untuk mengedit beberapa foto menjadi satu dalam bentuk video. Keunikan dari aplikasi ini adalah menyasar para pemula, tidak seperti Adobe Premiere yang didesain untuk para profesional. 

Jadi, walaupun seseorang minim kemampuan untuk menyunting video, maka bisa dengan mudah membuat konten video yang terlihat seperti profesional serta layak untuk diunggah di berbagai platform, seperti Tiktok dan Instagram. 

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat menemukan berbagai macam filter, animasi, sampai efek yang bisa digunakan untuk membuat video berkelas. Tak sampai di situ saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memilih hasil kualitas dari video yang telah diedit. Jadi, bisa memilih apakah kualitasnya sedang ataupun terbaik dengan kualitas bagus.

Watermark dalam aplikasi Capcut

capcut
Viva

Aplikasi Capcut watermark-nya bisa muncul jika menggunakan versi gratis. Tentu saja, hal ini bisa membuat video yang sebelumnya telah disunting menjadi kurang bagus karena tertutupi oleh watermark-nya. Lalu, apa sih fungsi dari watermark itu?

Watermark memiliki fungsi untuk menandai bahwa video yang bersangkutan dibuat oleh aplikasi tertentu. Hal ini seringkali membuat para kreator video risau karena terdapat watermark di dalamnya. Apabila aplikasi editing video tidak menyertakan watermark, maka bisa terlihat lebih profesional dan sesuai dengan harapan. Jadi, bagaimana cara untuk menghilangkan watermark dalam aplikasi ini tanpa harus upgrade ke premium? Berikut adalah beberapa caranya. 

1. Export tanpa tanda air

capcut
Gadgetren

Cara Capcut tanpa watermark yang pertama adalah dengan memakai fitur ekspor tanpa tanda air (watermark) jika sudah selesai mengedit video. Fitur ini akan muncul jika Sedulur membuka tool ekspor pada aplikasi ini. Untuk mengetahui cara lengkapnya, berikut adalah langkah-langkahnya: 

  • Pertama, buka atau jalankan aplikasi CapCut terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih Proyek Baru pada bagian halaman awal aplikasi.
  • Kemudian, cari video yang ingin diedit di aplikasi ini dengan ketuk tombol Tambah.
  • Setelah memasukkan video yang diinginkan, edit terlebih dahulu sesuai dengan keinginan. 
  • Jika sudah selesai mengedit, tekan icon Upload pada bagian atas.
  • Terakhir, tekan tombol Share Without Watermark.
  • Tunggu hingga proses ekspor berhasil dan selesai.

BACA JUGA: 20 Aplikasi Video Editor for PC Terbaik yang Mudah Dipelajari

2. Lakukan Cropping

Ayo Semarang

Selain menggunakan cara download video capcut link, Sedulur juga bisa melakukan cropping. Hal ini bisa dilakukan jika video telah terlanjur ada watermark-nya. Jadi, langkah ini akan dilakukan dengan cara memotong bagian video yang terdapat watermark-nya. Umumnya, watermark pada aplikasi ini terletak pada bagian akhir video. Untuk mengetahui cara lengkapnya, simak selengkapnya berikut ini:

  • Pertama, buka aplikasi CapCut terlebih dahulu.
  • Ketika halaman utama sudah muncul, klik menu Proyek Baru.
  • Kemudian, pilih video yang ingin disunting dengan mengetuk tombol Tambah.
  • Silahkan geser video yang terdapat pada timeline hingga ke paling ujung.
  • Berikutnya, ketuk scene Akhiran yang terdapat di ujung timeline.
  • Pada bagian bawah aplikasi ini nantinya akan muncul berbagai opsi yang dapat dipilih. Di antara berbagai pilihan, ketuk opsi Hapus.
  • Selanjutnya, tunggu hingga beberapa saat hingga scene tersebut terhapus. 
  • Selesai. Simpan videonya kembali sebelum mengakhirinya.

3. Nonaktifkan Pengaturan Akhiran Default

Tribun News

Cara save Capcut tanpa watermark bisa dilakukan dengan cara menonaktifkan pengaturan akhiran default. Jika sudah selesai menonaktifkan pengaturan bawaan tersebut, maka watermark akan secara otomatis tidak akan muncul jika sudah selesai melakukan pengeditan video. Langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi CapCut terlebih dahulu.
  • Pada bagian halaman awal, ketuk icon Pengaturan yang terletak pada bagian atas.
  • Kemudian, halaman pengaturan akan muncul. Ketuk opsi Tambahkan akhiran default.
  • Selanjutnya, akan muncul kotak dialog, lalu pilih opsi Buang.
  • Untuk langkah terakhir, Sedulur bisa cek scene watermark dengan cara menambahkan proyek video di aplikasi ini.
  • Langkah untuk menonaktifkan pengaturan ini adalah yang paling direkomendasikan. Alasannya, dengan menonaktifkan pengaturannya, maka Sedulur tidak akan repot lagi untuk menghapus scene terakhir atau memilih ekspor tanpa watermark. 

4. Menyimpan video menggunakan template orang lain

Nerds Chalk

Cara untuk menyimpan video dari aplikasi Capcut tanpa watermark selanjutnya adalah dengan menyimpannya menggunakan template orang lain yang telah tersedia. Template sendiri adalah salah satu fitur yang sering ada dalam aplikasi editing. Tujuannya adalah supaya penggunanya dapat membuat sesuai dengan kerangka yang telah jadi.

Dalam aplikasi yang satu ini, Sedulur bisa dengan mudah menemukan berbagai macam template yang disesuaikan dengan konten viral Tiktok. Jadi, tak perlu repot mengeditnya dari awal lagi. Supaya tidak terdapat watermark di dalamnya, berikut adalah cara yang bisa digunakan:

  • Pilih menu Template pada aplikasi ini.
  • Kemudian, pilih template video sesuai dengan keinginan.
  • Tekan tombol Use Template jika sudah memilih template yang diinginkan.
  • Tekan tombol Preview setelah memilih video yang akan diberikan efek template.
  • Di halaman Preview, tekan tombol Export yang terletak pada bagian atas.
  • Akan muncul pilih Export Without Watermark pada popup-nya.
  • Ikuti proses ekspor sampai selesai.

Nah, itu dia beberapa cara mengunduh video dengan mudah melalui aplikasi Capcut tanpa menggunakan watermark yang cukup mengganggu. Pilihan di atas bisa Sedulur gunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, ya. 

Setelah video tersimpan, Sedulur bisa membagikannya melalui media sosial, email, atau menyimpannya di galeri. Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan download Capcut tanpa watermark online yang terdapat di berbagai platform. Semoga membantu!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!