Punya banyak video di PC atau komputer dan ingin kamu coba kreasikan supaya tampilannya lebih baik? Sedulur perlu aplikasi video editor for PC. Penggunaan aplikasi edit video PC untuk pemula ada banyak sekali bisa Sedulur pakai. Misalnya aplikasi adobe premier, sony vegas, hingga filmora.

Pada aplikasi video ini mempunyai banyak fasilitas mulai pewarnaan, animasi, dan masih banyak lagi. Penasaran dengan aplikasi mudah edit video di Laptop dan PC, yuk simak beberapa jenis aplikasi di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Upload Video ke Youtube Lewat HP dan Laptop / PC

1. Hit Paw

video editor for pc
Tribun Kaltim

Aplikasi edit video terbaik PC pertama adalah Hit Paw. Banyak fitur menarik dalam aplikasi video editing ini mulai dari fitur menambahkan musik, mengganti speed video, membuat video stop motion, crop video, dan masih banyak fitur lain. Software editing ini bisa kamu pakai untuk mengedit berbagai macam video aktivitas kamu. Punya fitur lengkap mengedit segala macam video, ternyata software editing ini masih mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan aplikasi edit ini yang pertama soal tampilan antarmuka lebih sederhana di banding pada aplikasi edit video PC ringan. Kemudian dapat melakukan convert file video dengan sangat mudah. Sehingga sangat layak kamu pakai untuk dijadikan aplikasi mudah edit video di laptop. Kekurangannya adalah aplikasi Hit Paw ini mempunyai watermark, sehingga kurang nyaman saat kamu membuat video keren menggunakan aplikasi ini.

2. Lumafusion

video editor for pc
Grid

Ada lagi aplikasi edit video terbaik PC bernama Lumafusion. Lumafusion banyak dipakai oleh mereka kaum profesional karena sangat mudah untuk digunakan. Tak hanya itu, Lumafusion termasuk aplikasi edit video PC ringan sehingga buat Sedulur yang masih pemula sangat tepat untuk menggunakannya.

Soal kelebihan Lumafusion, gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas gambar tinggi. Selain itu memiliki banyak efek yang beragam. Jadi, untuk Sedulur yang berminat membuat video dengan kualitas keren dan kece, bisa menggunakan aplikasi ini. Meski termasuk aplikasi keren dan mudah dipakai, bukan berarti software editing ini tak punya kekurangan. Kekurangan Lumafusion adalah Seduur harus membayar setidaknya Rp 300 ribu.

3. VSDC

video editor for pc
Downloadsoftwaregratisan

Berniat membuat konten keren namun bingung menentukan aplikasi edit video terbaik PC, kamu bisa menggunakan software VSDC. VSDC memiiki beragam fitur salah satunya sebagai software untuk edit free tanpa watermark PC. Fitur lainnya adalah efek dan transisi beragam sekaligus mudah menambahkan sound effect lain-lainnya.

Keunggulan lain VSDC mempunyai interface desain sederhana sehingga tidak sulit bagi kamu memakainya. VSDC termasuk software untuk edit video free tanpa watermark PC sehingga sangat pas buat Sedulur menggunakannya. Kekurangan VSDC adalah aplikasi ini membutuhkan memori kosong setidaknya 300mb.

BACA JUGA: Aplikasi Kompres Video Terbaik dan Tidak Mengurangi Kualitas

4. Shotcut

video editor for pc
Jakarta Studio

Aplikasi edit video terbaik PC selanjutnya adalah ShotCut. Software ini merupakan aplikasi edit multipraform sehingga dapat memproses aneka ragam format audio, video sampai gambar untuk kemudian di edit atau bahkan bisa dikonversi. ShotCut punya banyak kelebihan yang bisa meyakinkan Sedulur bahwa aplikasi ini bisa dipakai mengedit beragam video-video keren kamu. Fitur lain adalah dapat mencampur serta mencocokan resolusi dan framerate file video. Kemudian semua video bisa diseret ke antarmuka dan kamu edit sedemikian yang kamu inginkan. Mulai kamu mencoba menyesuaikan audio, mengoreksi warna atau bahkan dipakai ,menambahkan sebuah saturasi warna maupun filter.

Kelebihan Shot Cut dibanding aplikasi video editing lainnya adalah sangat mudah dipakai karena adanya antarmuka atau interface sederhana. Mempunyai sejumlah shortcut keyboard sehingga bisa memudahkan Sedulur dalam memakainya. Kelebihan terakhir adalah Shot Cut termasuk multiplatform.

Hanya saja Shot Cut mempunyai kekurangan dibanding aplikasi edit video lainnya. Salah satu kekurangannya adalah tampilan atau desain Shot Cut cukup sederhana dan tidak cocok bagi kalangan profesional Sedulur.

5. HitFilm Express

postPerspective

Aplikasi mudah edit video di laptop selanjutnya adalah HitFilm Express yaitu sebuah perangkat lunak editing video gratis. HitFilm Express mempunyai fitur lengkap pada VFX dan berguna dalam beragam keperluan konten. Software atau aplikasi edit video PC untuk pemula HitFilm Express sangat baik dipakai oleh Sedulur pemula. Apalagi jika Sedulur termasuk baru terjun ke dunia YouTuber.

HitFilm Express termasuk aplikasi gratis dan punya beragam fitur lengkap. Mulai dari perekam suara bawaan, soundtrack gratis sampai lebih dari 410 efek dan preset bagi video. Kelebihan HitFilm Express sangat mudah dipelajari oleh pemula, dan  jika masih bingung menggunakannya, bisa mencari tutorial gratis pada situs resmi aplikasi ini.

Kekurangan HitFilm Express adalah interface sangat sederhana dan tidak cocok jika kamu merupakan kalangan profesional. Jadi buat Sedulur yang sudah lama berkecimpung di dunia Content Creator perlu mempertimbangkan ulang penggunaan aplikasi ini.

6. Adobe premiere pro

video editor for pc
Suara

Merupakan aplikasi edit video terbaik PC dan Laptop. Sebab, hampir semua Content Creator, Youtuber pemula banyak menggunakan aplikasi video editing ini. Selain mudah Adobe Premier banyak digunakan pada industri perfilman, televisi hingga Digital Creative. Selain itu Adobe Premier punya beragam fitur lengkap untuk mengedit video. Mulai cutting, gradasi warna, transisi hingga animasi.

Jika Sedulur mampu menguasai aplikasi edit ini, maka selamat kamu sudah bisa membuat video keren. Seperti video even, wedding clip, video company profile hingga film dokumenter secara profesional.

Hanya saja untuk mendapatkan jenis Adobe Premire Pro versi terbaru, Sedulur mesti mengeluarkan biaya berlangganan per bulan. Jika Sedulur ingin mendapatkan versi gratis dari aplikasi video editing ini, ada jenis software bernama Adobe Premier Pro CS2. Kamu bisa gunakan dengan cuma-cuma untuk aplikasi premier jenis ini.

Kelebihan Adobe Premier adalah punya fitur pengeditan lengkap dan bisa dipakai oleh mereka kalangan profesional. Handal di banyak kalangan YouTuber, Filmmaker ataupun penggiat video lainnya. Sehingga jika pemula dan profesional maka sangat tepat untuk Sedulur gunakan aplikasi ini.

Kekurangan dari Adobe Premier adalah biaya untuk subscription per bulan, kurang terjangkau. Kemudian bagi Sedulur yang masih pemula butuh penyesuaian karena aplikasi ini tidak bisa dipelajari dengan instan.

7. Davinci resolve

video editor for pc
CS sinema

Berikutnya ada aplikasi edit video PC untuk pemula bernama DaVinci Resolve. DaVinci Resolve termasuk aplikasi paling populer setelah Adobe Premier. Sebab, DaVinci Resolve juga bisa masuk dalam aplikasi edit video untuk laptop free. Sehingga buat Sedulur pemula dalam membuat conten creator YouTube maka bisa menggunakan aplikasi ini.

DaVinci Resolve punya beragam fitur yang tak kalah keren dari Adobe Premier. Sebab semuanya bisa dipakai oleh mereka kalangan pemula hingga profesional. Fitur tersebut antara lain motion graphic, multicam edition, audition mixing dan fitur lainnya. Kelebihan DaVinci Resolve adalah aplikasi video editing ini tersedia gratis dan pastinya dapat dipakai pada perangkat operasi seperti Windows, macOS hingga Linux.

Kelebihan lainnya adalah bisa dipakai, sangat ringan dan tidak merusak PC karena mempunyai fitur rendering lebih cepat. Sementara kekurangannya adalah tapilan user interface masih kaku jadi kurang mudah untuk banyak orang memahaminya. Terakhir DaVinci Resolve masih banyak ditemukan Bug sehingga akan sangat mengganggu saat melakukan proses editing video.

8. Cyberlink power editor

video editor for pc
Nasabmedia

Aplikasi mudah edit video di laptop selanjutnya adalah Cyberlink Power Director. Aplikai video editing ini dikeluarkan oleh perusahaan Cyberlink untuk keperluan mengedit video. Software editing ini bisa dipakai oleh mereka yang masih pemula dan sudah profesional. Untuk kamu kalangan profesional bisa menggunakan fitur 360 video editing, motion tracking, chroma key sampai dengan color adjustment.

Bila ingin menggunakan di laptop, kapasitas memori harus cukup. Sebab Cyberlink Power Director membutuhkan setidaknya RAM 2GB agar bisa Sedulur pakai. Kelebihan software ini adalah sangat ringan, free alias gratis dalam mengakses semua fitur dan plug in. Terakhir punya fitur lengkap di antaranya adalah motion tracking, chroma key sampai color adjustment.

Kekurangannya adalah sayangnya hasil video editing menggunakan aplikasi ini belum maksimal. Jadi jangan harap akan menyamai premier yang sudah biasa digunakan para pemua dan profesional untuk membuat video keren. Selanjutnya adalah Cyberlink Power Director kurang cocok bagi kalangan profesional dan kebutuhan industri.

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Edit Video Terbaik di HP dan PC yang Mudah dan Praktis

9. Wondershare filmora

video editor for pc
Quarterlab

Aplikasi edit video PC untuk pemula adalah Wondershare Filmora. Software editing ini bisa Sedulur pakai di perangkat gadget smartphone kamu. Namun kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing ini pada perangkat PC ataupun laptop. Keunggulan Wondershare Filmora adalah software ini bisa dipakai gratis dalam mengakses semua fitur dan plug-in di dalamnya. Selain itu, Filmora termasuk aplikasi sangat ringan dan tidak membuat PC ataupun laptop Sedulur mengalami crash.

Namun kurangnya dari software ini adalah untuk versi gratis, saat kamu merender video akan  mendapatkan watermark. Kamu bisa menghilangkan watermak tersebut jika sudah berlangganan Filmora ya Sedulur. Kelebihan Filmora adalah dapat digunakan semua fitur dan plug-in. Kelebihan lain interface interaktif sehingga cocok buat pemula dengan tutorial YouTube gratis.

Kekurangan Wondershare Filmora adalah saat di versi gratis adalah ketika kamu merender video, pasti mendapatkan watermark. Jadi Sedulur harus benar-benar bersabar saat menggunakan aplikasi ini.

10. AVS video editor

video editor for pc
AVS4YOU

Software aplikasi edit video PC ringan adalah AVS video editor. Aplikasi ini punya tampilan cukup interaktif dan pastinya mudah digunakan. Tidak hanya itu, AVS video editor punya beragam fitur lengkap sehingga buat Sedulur yang tertarik membuat konten youtube sangat pas menggunakan software ini. Fitur daam AVS video editor tidak kalah lengkap jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor aplikasi edit lainnya.

AVS Video Editor punya banyak hal yang memanjakan penggunanya. Salah satunya penggunaan teknologi video cache jadi proses penyuntingan video punya kualita FullHD. Sehingga dengan begitu semuanya dapat berjalan dengan lancar dan pastinya sangat cepat. Namun bisa diambil kesimpulan, bahwa kelebihan AVS Video Editor sangat cocok dipakai oleh mereka pengguna PC atau laptop tentunya dengan spesifikasi rendah.

Punya fitur beragam tentunya dengan video cache untuk pengeditan video akan menjadi lebih cepat. Namun kekurangannya adalah AVS Video Editor mempunya user interface cukup sederhana dan tidak sesuai bagi mereka dari kalangan profesional.

11. Movie maker

Downloadsoftwaregratisan

Tak kalah keren dari AVS Video Editor di tahun 2022 ini muncul aplikasi edit video terbaik PC bernama Windows Movie Maker. Software ini juga banyak dipakai kalangan pemula dan profesional dalam membuat video keren dan pastinya tampil kece. Windows Movie Maker mempunyai fitur editing video dasar dan terbilang terbatas.

Keluaran versi terakhir Windows Movie Maker dapat kamu nikmati pada Windows 7. Namun untuk Sedulur pengguna Windows 10 Sedulur bisa menggunakan aplikasi Video Editor dan punya fungsi sama. Kelebihan Movie Maker adalah bahwa software ini termasuk aplikasi edit video untuk laptop free. Kemudian punya fitur dasar dan fungsinya bisa langsung Sedulur  pakai jika masih pemula.

Kekurangannya adalah teknologi terbatas ketika dibutuhkan pengeditan yang lebih advance. Interface Movie Maker sangat sederhana dan pastinya tidak cocok untuk Sedulur kalangan profesional.

12. Avidemux video editor

Merah Putih

Selanjutnya ada aplikasi edit video terbaik PC bernama Avidemux Video Editor. Software ini sangat mendukung banyak format file video semacam AVI, DVD file MPEG yang lebih kompatibel, MP4 dan ASF serta berbagai codec lainnya Sedulur. Kelebihan software ini adalah bersifat open source sampai bisa dimodifikasi siapapun. Lalu dapat mendukung segala macam format file video ataupun audio.

Kekurangan Avidemux Video Editor adalah software editing ini sangat tergolong sederhana namun bisa dikatakan Avidemux adalah aplikasi edit video PC untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk dijadikan ajang pembelajaran bagi para pemula Sedulur.

13. Video pad video editor

Nesabmedia

Selanjutnya ada aplikasi mudah edit video di laptop bernama Video Pada Video Editor. Aplikasi editing ini sangat pas kamu pakai sebagai pemula. Punya tampilan sederhana, membuat siapapun pasti akan ketagihan menggunakan software editing ini. Tidak hanya itu, software ini mempunyai ukuran ringan dan pastinya gratis. Video Pad juga sangat mendukung beragam format video misalnya AVI, MPEG, MP4 dan MOV serta masih banyak lagi.

Kemudian tersedia juga audio untuk memudahkan dalam kelancaran proses editing. Kelebihan Video Pad adalah software ini termasuk jenis edit video ringan dan gratis. Di tambah adanya dukungan format video dan audio lengkap, membuat kamu semakin dimanjakan dalam proses editing video.

Hanya ada satu kekurangan dari aplikasi video editing ini yaitu kurang cocok dipakai oleh mereka kalangan profesional. Sebab fitur pada aplikasi ini sangat terbatas sehingga ditakutkan hasil editingya tidak maksimal.

14. Pinnacle studio

Malavida

Aplikasi mudah edit video di laptop berikutnya adalah Pinnacle Studio. Diketahui Pinnace mempunyai kurang lebih 1.500 lebih efek dan template yang bisa dipakai untuk kebutuhan editing video. Kelebihan software edit ini adalah punya fitur screen recording untuk keperluan merekam layar dengan kualitas tinggi. Kemudian punya pilihan template editing video secara cepat.

Kekuarangannya adalah Pinnacle Studio dibanderol dengan harga tertentu jika ingin menikmati segala fasilitas dan fitur pada Pinnacle Studio. Jadi Sedulur harus bersabar ketika akan m enggunakan aplikasi editing satu ini.

15. Lightworks

Qerdus

Aplikasi edit video terbaik PC selanjutnya bernama Lightworks. Lightwork banyak dianggap orang hampir mirip dengan Adobe After Effect dan software ini tersedia untuk Sedulur pengguna Windows dan Mac iOS serta dilengkapi dengan fitur beragam. Misalnya soal penggunaan efek video, grading sampai pemakaian VFX untuk keperluan mendapatkan efek canggih ala film aksi terbaru saat ini.

Kelebihan aplikasi ini adalah mudah diunduh gratis dan pastinya tersedia pilihan berbagai macam efek. Selain itu aplikasi ini sudah tersedia untuk semua platform mulai Windows hingga pengguna Mac. Kekurangan Ligtwork adalah Sedulur perlu membayar jika ingin mendapatkan tambahan efek di luar dari versi umumnya.

16. Corel video studio ultimate

VideoStudio

Selanjutnya ada aplikasi mudah edit video di laptop dan PC bernama Corel Video Studio Ultimate. Software ini menawarkan Sedulur sebuah percobaan gratis selama 30 hari. Jadi jika Sedulur masih kesulitas menggunakan aplikasi ini, maka bisa mencobanya terlebih dahulu. Melalui aplikasi ini, Sedulur dapat menggunakan beragam fitur seperti Color Correction dan tone warna video supaya lebih hidup.

Kelebihan Corel Video Studio Ultimate di antaranya punya desain interface mudah untuk dipahami. Punya fitur lengkap untuk kebutuhan editing video profesional dan bisa memberikan masking pada video Sedulur. Kekurangannya jangan berharap mendapatkan fasilitas free selamannya. Sebab, mereka punya batas percobaan gratis selama 30 hari.

17. Imy fone filme

Tribun Kaltim

Sebagai pemula dan profesional mungkin Sedulur bisa menggunakan aplikasi video editing bernama Imy Fone Filme Video Editor. Software editing ini menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan software editing lainnya. Sebab, aplikasi ini punya tiga mode yang bisa dipilih dan bisa memudahkan Sedulur dalam melakukan editing video. Tersedia fitur Screen Recording yang berguna dalam merekam layar PC.

Hanya saja software editing ini hanya punya fitur terbatas jika pada versi gratis, sehingga tidak leluasa ketika Sedulur mengedik video.

18. EaseUS

EaseUS

Baru selanjutnya ada aplikasi edit video terbaik PC bernama EaseUS. Sotfware ini punya keunggulan dibandingkan dengan aplikasi edit lain, yang mana termasuk dalam aplikasi edit video PC ringan. EaseUS mendukung juga untuk beragam format file video mulai dari jenis MP4, AVI, WMK, MKV dan MOV serta masih banyak lagi.

Keunggulan EaseUS adalah mereka termasuk dalam aplikasi yang menawarkan editing video cukup lengkap. Sangat mendukung untuk semua format file video dan kekurangannya mereka memiliki fitur terbatas pada versi gratis.

19. Final cut pro x

JenisMac

Berikutnya ada apliksi edit video terbaik PC bernama Final Cut Pro di mana aplikasi video editing ini sangat mudah untuk digunakan. Jadi cukup sesuai buat Sedulur pengguna laptop apple dan masih pemula untuk belajar ngedit video.

Sayangnya jika Sedulur ingin menggunakan aplikasi editing video ini, perlu merogoh buget sekitar Rp 4,2  juta. Meski demikian Sedulur akan dimanjakan dengan masa percobaan gratis selama 90 hari. Sehingga Final Cut Pro X termasuk dalam aplikasi edit video untuk laptop free.

20. Sony vegas pro

101Red

Aplikasi edit video PC untuk pemula berikutnya adalah Sony Vegas Pro. Aplikasi video editing ini sangat mudah dipakai oleh kamu pemula ataupun yang sudah profesional. Sedulur bahkan bisa dimanjakan dengan beragam fitur pada aplikasi ini, sebab ada banyak sekali fitur pada Sony Vegas.

Biasanya Sony Vegas dapat dipakai untuk keperluan mengedit video dokumenter, film, hingga kebutuhan membuat video klip. Hanya saja untuk Sedulur yang ingin menggunakan aplikasi ini harus mengeluarkan uang. Namun tenang, Sony Vegas termasuk dalam aplikasi video editor tanpa watermark PC sehingga kamu bisa leluasa mendapatkan gambar berkualitas tinggi.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi aplikasi edit video yang bisa kamu pakai. Baik itu berbayar ataupun tidak. Semoga ulasan di atas membantu Sedulur saat membuat konten YouTube hingga membuat video klip.  

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.