bonsai beringin

Bonsai beringin termasuk salah satu jenis tanaman hias yang hingga saat ini masih banyak peminatnya. Ya, dengan adanya tanaman hidup di dalam rumah, akan membuat suasa rumah tersebut terasa lebih sejuk dan segar. Sedulur tidak perlu repot mencari tanaman yang ukurannya besar, karena tanaman kecil pun sudah mampu menyegarkan suasana rumah.

Nah, salah satu jenis tanaman hias dalam rumah berukuran kecil yang direkomendasikan adalah bonsai beringin. Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika sebenarnya tanaman ini sudah lama exist dan kini popularitasnya semakin meningkat. Karena ukurannya yang kecil, membuat Sedulur tidak bingung mencari space yang lebar untuk meletakkannya.

Bagi Sedulur yang penasaran dan ingin menjadikan bonsai beringin sebagai hiasan sekaligus penyegar dalam rumah, simak terlebih dahulu beberapa informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Hias Paling Hits, Bikin Nyaman Hunianmu!

-->

Mengenal bonsai beringin

bonsai beringin
pexels

Tanaman beringin merupakan jenis tanaman yang memiliki cara pertumbuhan melalui bibit yang tumbuh pada batang dari tanaman lainnya. Sebelum akhirnya dapat tumbuh sendiri dan akarnya bisa keluar masuk ke dalam tanah, tanaman bonsai ini memerlukan sebuah inang yang baik.

Pada umumnya, tanaman beringin banyak ditemui di daerah tropis karena membutuhkan pencahayaan yang baik. Dengan pencahayaan yang baik, maka akarnya dapat keluar dan tumbuh dengan kuat. Karakteristik tanaman beringin itu adalah bentuknya yang sangat besar.

Maka dari itu, mulai banyak yang menjadikan jenis tanaman ini sebagai bonsai dengan tujuan untuk mengecilkan ukurannya. Jadi ukurannya disesuaikan dengan tempat atau wadahnya, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias dalam rumah.

Dari informasi tersebut, bisa disimpulkan jika bonsai beringin ini merupakan sebuah tanaman beringin yang ukurannya dikecilkan. Meskipun begitu, jenis bonsai ini tetap hidup dan berfotosintesis layaknya tanaman pada umumnya. Jadi suhu udara di dalam ruangan bisa menjadi lebih sejuk.

Manfaat bonsai beringin

bonsai beringin
pexels

Tanaman bonsai ini dipercaya sebagai salah satu jenis tanaman yang cocok ditanam dan dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan rumah. Bahkan tidak sedikit yang percaya jika tanaman yang satu ini mampu membawa beberapa efek psikologis yang positif bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tanaman bonsai ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk melepas rasa stres dan memberikan elbih banyak ketenangan. Bonsai beringin sangat cocok untuk Sedulur letakkan di ruang kerja dalam rumah, karena mampu menciptakan suasana yang tenang dan terasa bahagia.

Dengan ini, tentu saja tingkat produktivitas Sedulur bisa lebih ditingkatkan walaupun hanya berada di dalam rumah. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menciptakan suasana rumah yang teduh. Sehingga Sedulur akan merasa lebih nyaman berada di dalam rumah dalam waktu yang lama.

Kelebihan bonsai beringin

bonsai beringin
pexels

Bonsai beringin ini sering disebut sebagai bonsai abadi, karena di alam bebas tanaman beringin itu bisa tumbuh dan hidup hingga ratusan tahun. Jenis bonsai ini juga sangat kokoh dan kuat. Selain itu, perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Namun dibalik itu semua, kelebihan utama dari tanaman ini adalah bentuknya yang rindang, klasik, indah, sekaligus unik. Pemandangan inilah yang diinginkan oleh para pecinta tanaman hias, karena tidak bisa ditemukan di berbagai tanaman hias yang lain.

Kekurangan bonsai beringin

bonsai beringin
pexels

Walaupun memiliki banyak kelebihan yang sangat menggiurkan, namun tanaman ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang harus dipertimbangkan. Jenis bonsai yang satu ini tidak mampu menghasilkan akses batang yang keropos.

Seperti yang telah diketahui, akses batang keropos tersebut merupakan salah satu tampilan alami yang sangat menarik dari tanaman hias. Selain itu, daun pohon beringin juga sangat sulit untuk diperkecil. Jadi meskipun pohonnya sudah menjadi kerdil, belum tentu daunnya akan ikut mengecil.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

Jenis-jenis bonsai beringin

Sama seperti tanaman-tanaman hias yang lain, bonsai dari tanaman beringin ini juga memiliki beberapa versi atau jenis. Ada yang harganya murah, dan ada juga yang sangat mahal. Nah, berikut ini beberapa jenis bonsai beringin yang perlu Sedulur tahu,

Beringin dolar

Yang pertama ada bonsai beringin dolar, yang bentuknya sangat mirip dengan pohon beringin namun ukurannya sangat kecil. Walaupun kecil, namun tanaman ini sangat kokoh dan juga kuat. Nah, bentuk daunnya yang unik membuat para pecinta tanaman hias menyukai jenis bonsai ini.

Beringin kimeng

bennisobekti

Bonsai beringin kimeng menjadi salah satu tanaman bonsai yang banyak diincar. Hal ini karena tanaman tersebut juga bisa dijadikan sebagai bibit. Bentuk dari jenis beringin kimeng ini sangat rimbun, karena banyaknya batang dan daun yang berbentuk oval.

Beringin lokal

cahunit

Kemudian ada bonsai beringin lokal, yang tidak kalah indah dari jenis-jenis bonsai yang lain. Harga dari jenis bonsai yang satu ini memang cukup terjangkau. Jadi sangat cocok bagi seorang pemula yang masih belajar merawat tanaman bonsai.

Beringin afrika

floradirgantara

Jenis yang selanjutnya ada beringin afrika. Bisa dibilang ini adalah jenis bonsai beringin termahal karena cukup jarang dijumpai di Indonesia. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang oval dan ujungnya lancip. Kelangkaan dan keunikan tersebut yang membuat harga tanaman ini sangat mahal.

Cara menanam bonsai beringin

pexels

Bagi Sedulur yang berkeinginan untuk menanam bonsai beringin di rumah, sebenarnya caranya cukup mudah. Namun agar tidak ada kesalahan yang menimbulkan kerugian, simak beberapa hal yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Memilih bibit yang tepat

Cara yang pertama, adalah dengan memilih bibit pohon beringin yang tepat. Dalam tahapan ini, Sedulur perlu mencari bibit pohon beringin yang memiliki akar kuat dan ukurannya besar. Akar yang kuat dan ukuran besar bisa menciptakan bonsai yang tidak mudah mati.

2. Menyirami dengan cara dikabutkan

Berbeda dengan kebanyakan tanaman yang butuh banyak air, tanaman bonsai ini hanya perlu penyiraman dengan metode pengkabutan saja. Tanaman justru akan menjadi busuk jika intensitas kelembaban terlalu tinggi.

3. Memotong akar dengan gunting steril

Sedulur tidak bisa memotong akar dengan sembarang gunting. Ketika akar dipotong dan terbuka, maka kesempatan bakteri untuk masuk dan merusak akar sangat besar. Oleh sebab itu, sterilkan terlebih dahulu gunting yang digunakan untuk memotong akar dengan cairan alkohol.

Cara merawat bonsai beringin

pexels

Semua tanaman akan tumbuh dengan subur jika perawatan yang dilakukan benar. Nah, jenis bonsai ini membutuhkan perawatan ekstra agar dapat tumbuh dengan normal. Lalu apa saja perawatan yang harus dilakukan? Simak penjelasan berikut ini.

  • Memberikan pupuk tanaman yang mengandung potassium, fosfor, dan nitrogen secara rutin.
  • Lepaskan kawat penyangga jika tanaman sudah mulai tumbuh.
  • Pangkas daun secara rutin agar terlihat selalu segar dan tidak terlalu besar.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

Itulah sedikit informasi mengenai tanaman bonsai beringin yang bisa dijelaskan pada kesempatan kali ini. Tanaman bonsai itu bukanlah tanaman asli atau alami, jadi perawatannya yang harus dilakukan itu memang cukup ekstra.

Namun itu semua sudah pasti sebanding dengan apa yang Sedulur dapatkan, mulai dari aspek keindahan hingga kenyamanan. Jadi tidak perlu ragu untuk memulai menanam bonsai yang satu ini.