Ketika tubuh sedang berkeringat setelah beraktivitas, maka akan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Hal ini akan membuat Sedulur merasa tidak nyaman ketika berdekatan dengan orang lain. Maka dari itu, Sedulur butuh body mist agar kepercayaan diri dapat kembali lagi.

Body mist adalah salah satu pewangi badan yang teksturnya ringan dan menyegarkan ketika digunakan. Bahan yang digunakan biasanya adalah konsentrat minyak esensial serta organic alcohol. Dengan bahan-bahan tersebut, maka penggunaannya cocok untuk sehari-hari. Namun, ketahanan dari pewangi ini cenderung kurang awet. Oleh karena itu, berikut adalah panduan penggunaannya agar tahan lama dan awet. 

BACA JUGA: 15+ Aroma Parfum Pria yang Disukai Wanita, Dijamin Nyantol!

1. Gunakan di area titik nadi

body mist
cnn

Langkah pertama adalah menggunakannya di area titik nadi. Semprotkan pewangi di area nadi tangan secara berulang. Adapun beberapa bagian yang ada titik nadi di tubuh antara lain belakang telinga, pergelangan tangan, leher, serta bagian belakang lutut, siku dalam, dan bagian dada. 

-->

Salah satu rekomendasi pewangi yang bisa digunakan adalah body mist body shop yang memiliki aroma beragam. Setelah pewangi disemprotkan ke area nadi, maka secara otomatis akan menyesuaikan dengan suhu tubuh Sedulur. Setelah area nadi, jangan lupa untuk juga menyemprotkannya pada seluruh tubuh agar tetap wangi.

Hindari menepuk atau menggosok pengharum badan yang sudah diaplikasikan pada nadi seperti pergelangan tangan. Justru, cara pemakaian yang seperti itu salah besar. Hal ini dikarenakan pewangi badan akan melemah dan merusak base note-nya. Jadi, biarkan kulit menyerapnya secara alami, ya. 

2. Gunakan usai mandi

body mist
c&f

Cara menggunakan pewangi badan selanjutnya adalah dengan menggunakannya setelah membersihkan badan. Hal ini dikarenakan pori-pori di dalam kulit akan terbuka saat seseorang selesai mandi. Selain itu, tubuh akan menjadi rileks setelah selesai menggunakan sabun mandi. 

Gunakan minyak wangi setelah mengeringkan badan dengan handuk. Cara ini dilakukan agar tubuh tetap wangi dan aromanya tidak mudah hilang atau awet. Gunakan parfum pada sekujur tubuh setelah mengeringkan badan.

Sehabis mandi, kelembaban tubuh dan kulit akan menurun serta kulit akan menjadi kering. Itulah saat yang tepat untuk menyemprotkan pewangi di sekujur tubuh. Salah satu rekomendasi body mist untuk sekolah yang aman dan awet digunakan setelah mandi adalah Izzi dan Emina. Keduanya memiliki harga yang terjangkau serta mudah didapatkan di berbagai supermarket terdekat. 

Jika ingin mengaplikasikan wewangian ini selain pada saat mandi, maka bersihkan terlebih dahulu kulitmu dengan cara mencuci tangan atau menggunakan tissue basah. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori kulit. Sehingga, kandungan aromanya akan lebih cepat menyerap di dalam tubuh. Aroma dari wewangian tidak akan bertahan dengan lama jika disemprotkan ke tubuh yang berkeringat secara berlebihan. Maka dari itu, bersihkan terlebih dahulu, ya. 

3. Menggunakan body lotion sebelum body mist

body mist
tribun

Keharuman yang tahan lama bisa terjadi apabila kulit sedang dalam keadaan lembab. Kulit yang kondisinya kering akan membuat aroma dari wewangian cepat menguap, apalagi ketika sedang berkeringat. Maka dari itu, menggunakan body lotion sebelum menyemprot wewangian sangat disarankan agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Ada berbagai merk body mist best seller yang bisa dicoba, seperti Wardah dan Cusson Imperial Leather. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokan. Akan lebih baik juga bila menggunakan pewangi yang aromanya sama dengan body lotion yang digunakan, seperti aroma yang lembut. 

Usapkan body lotion terlebih dahulu ke area permukaan kulit yang akan disemprotkan dengan wewangian sesuai selera. Contohnya adalah pada leher, bagian dalam siku, atau pergelangan tangan. Usai mengoleskan body lotion, semprot wewangian dengan jarak sekitar 30 cm supaya wanginya menempel dengan sempurna di bagian tubuh. Jangan sampai menyemprotnya terlalu dekat agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan kulit seperti alergi dan iritasi. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Parfum Thailand yang Paling Wangi & Awet

4. Menyemprotkan body mist ke sisir

pexels

Cara yang satu ini cukup unik, namun sangat berguna ketika dilakukan. Caranya adalah menyemprotkan wewangian terlebih dahulu di sisir rambut. Langkah yang satu ini bisa membuat aroma dari wewangian yang digunakan oleh Sedulur bisa menyebar dengan lembut pada rambut. Selain bisa membuat rambut menjadi lebih harum, aroma dari wewangian ini juga bisa mencegah adanya berbagai polusi seperti bau asap yang menempel pada rambut ketika sedang beraktivitas. 

Rekomendasi wewangian yang cocok untuk disemprotkan di sisir adalah Victoria Secret body mist yang wanginya elegan. Selain itu, wewangian dari Victoria Secret memiliki alkohol yang tidak terlalu banyak. Sehingga, rambut tidak akan berisiko menjadi semakin kering. Kandungan alkohol yang terlalu banyak pada wewangian akan membuat kondisi rambut semakin kering dan terkesan tidak terawat.

5. Semprot dengan jarak 30cm

pixabay

Cara berikutnya agar body mist tahan lama dan awet adalah dengan menyemprotkannya dengan jarak 30 cm. Hal ini bisa dilakukan terutama jika menggunakan wewangian pada daerah titik nadi seperti pergelangan tangan dan leher. Atur jarak yang pas, jangan terlalu jauh atau terlalu dekat. Jarak yang terlalu jauh akan membuat aroma yang keluar dari wewangian tidak bisa menempel secara sempurna pada tubuh.

Sebaliknya, jangan terlalu dekat menyemprotkan wewangian juga, ya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari berbagai permasalahan kulit yang bisa saja terjadi seperti ruam dan gatal. Apalagi, jika Sedulur memiliki kulit yang sensitif. Pastinya akan timbul gatal atau kemerahan jika menyemprotnya terlalu dekat.

6. Semprot pada bra bagian luar

pexels

Selanjutnya adalah dengan menyemprot wewangian pada bra bagian luar. Cara ini bisa dilakukan oleh wanita agar bisa mempertahankan aroma dari wewangian. Namun, jangan menyemprotkannya terlalu banyak, ya. Hal ini untuk menghindari area yang menjadi basah. Setelah menyemprotkannya, diamkan beberapa saat agar wangi dari parfum dapat terserap dengan baik. Setelah didiamkan beberapa saat, barulah bisa menggunakan pakaian. Trik ini digunakan untuk menjaga keharuman agar semakin awet dan tahan lama, tanpa membuat orang menjadi terganggu ketika mencium aroma yang terlalu menyengat. 

Salah satu rekomendasi wewangian yang cocok untuk digunakan adalah body mist Wardah. Produk lokal ini memiliki varian wangi yang beragam dan juga mudah untuk dicari. Selain menyemprotkannya pada bra bagian luar, Sedulur juga bisa menggunakan bantuan kapas. Caranya adalah menyemprotkan wewangian di kapas seperti toner, lalu menyelipkannya di pakaian dalam atau bra. Namun, jangan terlalu banyak menyemprotkannya agar pakaian tidak timbul bercak basah. 

BACA JUGA: 6 Jenis Parfum yang Dikenal di Pasaran, Ini Cara Membedakannya

7. Biarkan aromanya menyerap sebelum berpakaian

inibaru

Terakhir adalah dengan membiarkan aroma dari wewangiannya terserap terlebih dahulu sebelum menggunakan pakaian. Cara ini bisa dilakukan untuk body mist murah dan tahan lama maupun yang mahal. Baik mahal ataupun murah, semuanya bisa awet dan tahan lama tergantung pemakaiannya seperti apa. Bagi sebagian orang, cara yang biasa dilakukan adalah menggunakan pakaian langsung setelah menyemprotkan pewangi. Padahal, hal tersebut akan membuat aroma dari wewangian mudah dan cepat menguap. Maka dari itu, tunggu beberapa menit terlebih dahulu hingga aroma terserap secara sempurna di dalam tubuh. 

Nah, itu dia cara dan rekomendasi body mist tahan lama yang bisa Sedulur terapkan. Dengan menyemprotkan wewangian di tubuh sebelum beraktivitas, maka aroma akan wangi sepanjang hari. Tentunya, seseorang akan semakin percaya diri ketika sedang menjalani aktivitas harian. 

Jangan lupa untuk selalu meletakkan wewangian di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga aroma agar tetap wangi dan segar. Semoga bermanfaat!