cara menyalakan ac tanpa remot

AC merupakan salah satu peralatan rumah yang memegang peran penting, terutama bagi Sedulur yang tinggal di daerah panas. Bagian penting yang tidak bisa dilepaskan dari AC adalah remot. Remote AC menjadi penting untuk menyalakan dan mematikan AC agar bisa mengatur suhu ruangan. Hal yang menariknya yaitu remote AC merupakan peralatan penting yang seringkali rusak, hilang atau lupa menyimpan. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir lagi karena sekarang ada banyak cara menyalakan AC tanpa remote.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa dan bagaimana saja cara menghidupkan AC tanpa remot yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari langsung kita simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kasur Busa Terbaik, Paling Nyaman di 2023!

1. Gunakan tombol manual AC

cara menyalakan ac tanpa remot
Unsplash

Ketika remote rusak atau hilang, Sedulur menyalakan AC tanpa remote dengan menekan tombil manual AC yang tersembunyi. Saat ini, sebagian besar AC dari beragam merek didesain dengan tampilan yang eye-catching dan glossy. Untuk itu, produsen AC tidak meletakkan tombol di luar AC karena hal itu dapat membuat tampilan AC kehilangan keindahan.  Produsen dengan cerdik menyembunyikan tombol On-Off yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan AC di dalam casing AC. 

Buka casing indoor bagian atas AC, lalu cari tombol kecil atau tombol manual, dan tekan tombol tersebut. Dengan demikian, AC akan menyala atau mati. Setiap produsen atau merek AC meletakkan tombol manual tersebut di tempat berbeda-beda. Untuk memudahkan pencarian, lihat buku petunjuk manual AC yang Sedulur miliki.

2. Menggunakan smartphone

cara menyalakan ac tanpa remot
Unsplash

Cara menyalakan AC tanpa remote selanjutnya yaitu dengan menggunakan smartphone. Saat ini ada banyak smartphone yang canggih dengan aplikasi online remote untuk menyalakan berbagai perangkat elektronik. Tentu hal ini bisa jadi solusi bagi remote AC yang rusak atau hilang. Smartphone Android bisa menjadi remote AC pengganti, asal memiliki sensor inframerah IR, perangkat pemancar inframerah yang digunakan untuk tujuan remote control. Sedulur bisa mengunduh aplikasi khusus remote AC di smartphone.

Aplikasi ini biasanya tergabung dengan remote TV. Setelah mengunduh, kontrol aplikasi remote AC dan atur seperti layaknya remote AC sungguhan. Selain itu, aplikasi remote AC di smartphone juga bermanfaat apabila ingin mengatur suhu pada malam yang gelap tanpa harus menggunakan senter atau menyalakan lampu. Adapun rekomendasi cara menghidupkan AC tanpa remote dengan smartphone yang bisa Sedulur gunakan terdapat beberapa aplikasi seperti:

  • ASMart Remote IR
  • Control It – Remotes Unified!
  • AnyMote Universal Remote + WIFI
  • Smart Air Conditioner
  • ZaZa Remote

BACA JUGA: 15 Rekomendasi AC Low Watt Terbaik di Indonesia 2023!

3. Manfaatkan fitur smarthome

HCTV

Rekomendasi cara menyalakan AC tanpa remote selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur smarthome. Apabila rumah memiliki pusat kendali rumah pintar atau smarthome, hal ini seharusnya bisa mematikan unit AC tanpa perlu memencet remote.

Dalam unit smarthome dilengkapi sensor infra merah IR dan pemancar gelombang RF. Pemilik smarthome dapat menggunakan pengontrol pusat ini untuk mengontrol AC tanpa remote. Namun tentu cara ini hanya bisa dilakukan bagi rumah yang telah menggunkan smarthome.

4. Memutuskan sirkuit listrik AC

rekomendasi ac low watt terbaik
This is Money

Rekomendasi trik selanjutnya adalah dengan memutus sirkuit listrik AC. Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan, tapi apabila terdesak bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan AC tanpa remote. Jika AC terdapat colokan dan soket di dekat indoor unit AC, Sedulur bisa mencabutnya untuk mematikan AC dan mencolok kembali untuk menghidupkan AC. Sayangnya, cara ini cukup beresiko karena bisa membuat AC mudah rusak dan mengalami konsleting.

Demikian tadi beberapa tips dan cara menyalakan AC tanpa remote yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur. Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika remote AC Sedulur hilang atau rusak ya!