Rekomendasi AC terbaik 2023

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki peran penting. Terutama bagi Sedulur yang tinggal di daerah pesisir dengan cuaca yang panas. AC akan membuat ruangan atau rumah Sedulur tetap sejuk. Untuk mendukung hal tersebut, Sedulur wajib memilih AC terbaik 2023 agar mendapatkan fitur pendingin yang maksimal dan rumah menjadi bebas gerah di tahun ini.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi AC terbaik yang bisa memberikan kesejukan dan kenyamanan di rumah. Apa saja rekomendasi AC terbaik yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik 2023

Rekomendasi Merek AC Terbaik

Rekomendasi AC terbaik 2023
Pinterest

Di pasaran tentu saja ada banyak pilihan AC terbaik 2023 yang bisa jadi referensi Sedulur. Mulai dari merk Daikin, Sharp, Panasonic, LG dan lain sebagai. Tiap masing-masing merk juga tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini sebagai referensi dan gambaran bagi Sedulur, akan dipaparkan beberapa rekomendasi merk AC terbaik yang bisa digunakan!

1. Sharp Comfort Eco AH-A5UDL

Rekomendasi AC terbaik pertama dari Sharp. Sedulur bisa mendapatkan kesejukan dari 99,7% udara bersih dengan teknologi Ion Plasmacluster yang terdapat dalam AC Sharp. AC buatan produsen asal Jepang ini dilengkapi dengan teknologi canggih. Misalnya, teknologi Low Wattage dan Low Voltage Operation yang memberikan kenyamanan untuk rumah dengan kapasitas terbatas. Selain itu, Low Voltage Operation memungkinkan AC Sharp tetap beroperasi pada tegangan rendah dan tidak stabil. Rentang Harga: Rp3.050.000 – Rp3.999.000.

2. LG Dual Cool Eco Inverter T10EV4

Selanjutnya AC dari LG Dual Cool Eco Inverter T10EV4. Di dalam AC ini terdapat berbagai fitur menarik. Berbagai fitur inovatif pada AC LG seperti Energy Efficiency Rating yang dapat mengukur jumlah energi yang dibutuhkan pada kondisi tertentu. AC buatan perusahaan asal Korea Selatan ini juga dapat mencegah debu dan kuman mengganggu serta hemat energi. Rentang Harga: Rp3.800.000 – Rp4.900.000.

3. Panasonic Premium Inverter CS-XU10VKP

rekomendasi ac low watt terbaik
Medium

AC Panasonic mempunyai teknologi Advance E-ion Purifying System yang mampu melumpuhkan 99% virus, bakteri serta jamur. Sehingga dapat membuat udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan sejuk, serta bebas kuman penyebab penyakit. AC Panasonic juga dilengkapi dengan teknologi Mild Dry Cooling yang dapat mempertahankan kelembaban hingga 10%. Rentang Harga: Rp6.600.000 – Rp7.200.000.

4. Samsung AR05TGHQASINSE

AC Samsung dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, yaitu AC yang dinginnya cepat dan merata namun juga lebih ekonomis serta tahan lama. AC Samsung dilengkapi dengan teknologi Triple Protector yang dapat mencegah kompresor dan controller dari kelebihan beban aliran listrik. Brand ini telah mendapat kepercayaan luas sebagai sebagai salah satu produsen peralatan elektronik berkualitas terbaik dan terfavorit. Rentang Harga: Rp2.500.000 – Rp4.200.000.

5. Sharp AH-AP7UHL

Dalam kategori AC hemat listrik, Sharp AH-AP7UHL tampil sebagai salah satu produk unggulan dengan fitur-fitur canggih yang menghadirkan kenyamanan tinggi. Didukung oleh sistem refrigerant R32 yang ramah lingkungan tanpa ODP (Ozone Depletion Potential), AC ini tidak hanya memberikan pendinginan optimal, tetapi juga menjaga lingkungan sekitar. Muncul dengan teknologi Powerful Jetstream, AC ini mampu menghadirkan hembusan udara kuat dan langsung, sehingga ruangan terasa dingin dengan cepat dan merata.

6. Midea MSAF-05CRN2

HCTV

AC Midea MSAF-05CRN2 adalah AC Standard (Non Inverter) yang bisa beroperasi dengan daya listrik sebesar 350 watt. AC ini memiliki keunggulan Sleep mode sehingga anti bising dan tidak mengganggu ketika tidur. AC ini juga dilengkapi filter yang dapat menyaring debu-debu halus sehingga kebersihan udara lebih terjamin. Harga mulai dari Rp2.369.000.

7. Daikin FTNE15JEV

Merupakan bagian dari lini produk terbaik Daikin, FTNE15JEV adalah AC hemat listrik berkekuatan ½ PK yang menawarkan performa luar biasa dan konsumsi daya yang rendah. Dilengkapi dengan teknologi freon R-410A. AC ini tidak hanya hemat energi tetapi juga ramah lingkungan, tanpa melepaskan gas yang dapat merusak lapisan ozon. Kemampuan Variable Refrigerant Flow (VRF) pada AC ini memberikan efisiensi maksimal dalam pendinginan ruangan. Dengan konsumsi daya hanya sekitar 340 watt saat bekerja pada kapasitas penuh, AC ini memberikan efisiensi energi hingga 20 persen.

8. Gree GWC-05MOO3

Gree merupakan pembuat AC pertama di dunia yang menggunakan teknologi Triple Protection, yaitu tahan api, anti bocor serta anti temperatur tinggi. Teknologi itu dikombinasikan dengan refrigerant R32 yang berefisiensi tinggi serta ramah lingkungan. Tak hanya itu, AC Gree mempunyai garansi sparepart 3 tahun dan kompresor 5 tahun. Rentang Harga: Rp2.700.000 – Rp3.600.000.

9. Daikin FTC 15NV14

Daikin merupakan salah satu produsen pembuat AC terbaik di dunia dan sudah menjual di lebih dari 140 negara. Karena itulah, kualitas serta keamanan dari AC Daikin sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. AC Daikin mempunyai banyak sekali fitur. Fitur yang paling baik yaitu seperti seperti Energy Saving, Quiet Operation, serta Comfortable Airflow Control yang membuat AC nyaman dan hemat. Rentang Harga: Rp2.900.000 – Rp5.900.000.

10. Changhong AC CHOL-05L

Merek AC yang berikutnya adalah Changhong AC 1/2 PK CHOL-05L, sebuah pilihan yang menarik dari brand Changhong. AC ini tidak hanya menawarkan sensasi dingin yang menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah keunggulan luar biasa. Salah satu poin unggulan dari Changhong AC adalah desainnya yang elegan dan simpel. Dalam hal kecepatan, tak butuh waktu lama bagi AC ini untuk mendinginkan ruangan, hanya tiga menit saja, dan ruangan akan terasa sejuk dalam sekejap. Teknologi lapisan Gold Fin pada kondensor AC menghasilkan kapasitas pendinginan yang maksimal, hingga mencapai 5000 Btu/h.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Pembersih Kaca dan Harga Terbaru 2023

11. AUX ASW-09A4/FHR1

rekomendasi ac low watt terbaik
This is Money

Nikmati tidur yang berkualitas dengan teknologi Deep Sleep System dari AC AUX yang dapat membuat suhu ruangan yang terkontrol dan dapat membantu kamu tertidur lebih lelap. AC Aux juga dilengkapi dengan 3-in-1 filter, yaitu Vitamin C, Silver Ion dan Anti-formaldehyde yang sangat efisien dalam membunuh bakteri hingga 93,8 persen. Jadi, selain membuat ruangan sejuk dan memberi kenyamanan, AC ini juga mendukung kesehatan berkat fiturnya yang efektif membasmi kuman. Rentang Harga: Rp2.999.000 – Rp4.050.000.

12. Mitsubishi 2 PK (SRK-18 CS)

Meski lebih dikenal sebagai produsen otomotif, Mitsubishi juga memproduksi peralatan elektronik, salah satunya pendingin ruangan alias AC. Perusahaan asal Jepang yang berdiri sejak 1970 ini menghadirkan beberapa jenis AC berkualitas terbaik untuk kamar tidur. AC buatan Mitsubishi dirancang untuk membuat penggunaan daya listrik di rumah sehemat mungkin, tapi tetap dingin maksimal. Rentang Harga: Rp5.200.000 – Rp7.200.000.

13. AC Denpoo DDS 09

Salah satu merek AC terbaik buatan lokal adalah dari Denpoo. Perusahaan yang ternyata asli Indonesia ini telah berdiri sejak 1990 dan bermarkas di Pluit, Jakarta Utara. AC buatan Denpoo tentu punya kualitas yang dapat diandalkan dan telah dilengkapi dengan fitur-fitur masa kini. Seperti mode super cool dan powerful, active filter untuk penyaringan udara kotor yang maksimal, hingga ionizer. Rentang Harga: Rp2.600.000 – Rp5.200.000.

14. AC Akari 05D3LW

cara menyalakan ac tanpa remot
Unsplash

Ternyata selain Denpoo, merek AC Akari juga merupakan buatan lokal Indonesia. Perusahaan ini telah meluncurkan berbagai macam produk seperti TV LED, mesin cuci, DVD Player, speaker, dan produk-produk lainnya sejak tahun 1992. AC dari merek Akari ini menggunakan teknologi filter Healthy Nano Silver untuk menghasilkan udara yang berkualitas. Selain itu, AC dari merek Akari ini juga cenderung lebih ramah lingkungan karena penggunaan refrigerant R410. AC ini dapat memberikan udara yang sejuk ke seluruh ruangan dengan rancangan yang tahan lama. Rentang Harga: Rp2.370.000 – Rp3.325.000.

15. Polytron Nueva ICE PAC 05VXM

Merek Polytron yang berkantor pusat di Kota Kudus, Jawa Tengah ini terkenal dengan AC-nya yang berkualitas namun tetap dengan harga yang terjangkau. AC merek Polytron ini dilengkapi fitur Fastest Cooling yang memberikan solusi pendinginan lebih cepat daripada AC lain. Fiturnya yang keren dan harganya yang ramah di kantong menjadi keunggulan dari merek AC ini.Rentang Harga: Rp2.550.000 – Rp4.000.000.

16. LG D10SMV

Apabila Sedulur mencari solusi untuk udara yang terlalu kering atau lembab di dalam ruangan, AC LG D10SMV adalah jawaban yang tepat dengan teknologi ionizer yang dimilikinya. Tidak hanya memberikan kesejukan. Tetapi AC ini juga menyajikan kualitas udara yang bersih dan bebas dari berbagai masalah seperti bau tidak sedap, bakteri, alergen, virus, dan debu mikro lainnya. Fitur Auto Cleaning yang disertakan juga memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan. Ini menghambat pertumbuhan bakteri, bau tak sedap, dan jamur di dalam AC.

17. Midea MSIG-09CRDN1

Saat memilih AC untuk ruangan Sedulur, tidak hanya kesejukan yang menjadi pertimbangan, tetapi juga efisiensi daya yang penting dalam menjaga keseimbangan penggunaan listrik. AC MIDEA MSIG-09CRDN1 hadir dengan ciri khas teknologi iECO yang memberikan Sedulur efisiensi daya yang luar biasa. Teknologi iECO ini bekerja dengan sangat cerdas, secara bertahap mengurangi konsumsi daya selama 8 jam penggunaan. Hal ini tidak hanya menghemat biaya listrik Sedulur, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan penggunaan energi yang lebih efisien.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Acne Patch Terbaik yang Ampuh

Tips dan Cara Pilih AC Rumah

rekomendasi ac low watt terbaik
Bob Vila

Ketika hendak membeli unit AC, langkah tergesa-gesa sebaiknya dihindari. Pembelian AC tidak seharusnya dilakukan secara sembarangan, karena hal ini dapat memberikan beban yang signifikan pada sistem listrik di rumah Sedulur. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar pembelian AC menjadi tepat sasaran. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Sedulur pertimbangkan sebelum membeli AC.

1. Pertimbangkan daya

Hindari memilih AC dengan daya pendingin yang terlalu besar untuk ukuran ruangan Sedulur. Meskipun daya pendingin yang lebih besar dapat membuat ruangan lebih cepat dingin, hal ini juga akan menyebabkan penggunaan daya yang berlebihan dan akibatnya. Tagihan listrik akan melonjak. Sebaiknya pilihlah daya pendingin yang sesuai dengan ukuran ruangan untuk menghindari pemborosan energi.

2. Cari fitur hemat energi

Pilihlah AC yang memiliki konfigurasi hemat daya. Beberapa unit AC akan secara otomatis mengurangi daya listrik yang dibutuhkan setelah beroperasi dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini dapat membantu mengontrol penggunaan energi secara efisien.

3. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Sebelum membeli AC, sebaiknya hitung ukuran ruangan di rumah Sedulur. Ini akan membantu Sedulur menentukan daya AC yang diperlukan agar pendinginan berjalan efektif. Ruangan yang lebih besar akan memerlukan AC dengan daya yang lebih besar untuk mencapai suhu yang diinginkan.

4. Perhatikan spesifikasi dengan cermat

Harga yang mahal belum tentu mengindikasikan fitur yang lebih baik. Teliti spesifikasi dari setiap unit AC yang ada untuk memastikan bahwa Sedulur tidak membeli unit yang berlebihan dan di luar kebutuhan Sedulur. Pemahaman yang baik terhadap fitur dan performa AC yang Sedulur pilih akan membantu Sedulur mengambil keputusan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

Demikian tadi deretan rekomendasi AC terbaik 2023 yang bisa jadi pilihan Sedulur, ditambah penjelasan terkait tips memilih AC agar Sedulur tidak salah memilih AC dan terutama memilih AC yang tepat dan hemat energi. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur ya!