100 gr margarin berapa sendok makan

Pernahkah Sedulur penasaran berapa perhitungan 100 gr margarin berapa sendok makan? Biasanya jumlah desimal ini dipakai saat ingin menyiapkan bahan-bahan membuat roti atau kue. Sayangnya, ada momen dimana kita tidak bisa menghitung secara tepat ukuran margarin yang dibutuhkan.

Untuk itu, Sedulur bisa mencoba mencari tahu ukuran 100 gr margarin berapa sendok makan dengan cara yang mudah dan simpel. Bagaimana langkahnya? Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Margarin Terbaik 2023!

Apa itu Margarin?

100 gr margarin berapa sendok makan
USA Today

Dilansir dari Food Insider, margarin dijelaskan sebagai bahan dasar memasak yang terbuat dari lemak nabati. Proses pembuatannya memanfaatkan beberapa jenis tumbuhan seperti kelapa sawit atau jenis kelapa lainnya.

Minyak kelapa tersebut lalu diolah kembali dengan teknik hidrogenasi, yaitu proses yang mengubah bentuk cair menjadi padat dengan menggunakan gas hidrogen hingga akhirnya menjadi benda padat bernama margarin.

Bahan dapur satu ini juga cukup mirip dengan beberapa jenis olesan lain seperti mentega. Meski memiliki tekstur yang hampir mirip, mentega terbuat dari minyak hewani dan memiliki rasa yang lebih gurih.

Sementara itu, margarin memiliki tekstur yang lebih kasar dan keras dari mentega. Karena bahan margarin yang terbuat dari minyak nabati, membuat margarin mengandung kolesterol dan lemak jenuh lebih sedikit dibanding dengan mentega.

Konversi Margarin dari Gram ke Sendok Makan

100 gr margarin berapa sendok makan
Unsplash

Rasio konversi margarin dari gram ke sendok makan adalah sekitar 1 gram margarin sama dengan 0,07 sendok makan. Namun, konversi ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada konsistensi margarin. Hal ini tak lepas dari berat margarin padat akan memiliki ukuran yang berbeda dengan margarin cair.

Sebagai contoh, mengambil margarin dalam menggunakan satu sendok penuh, membutuhkan sekitar 7 sendok makan. Jumlah tersebut lalu ditimbang dan menemukan 100 gram margarin padat. Namun, ketika Sedulur mencoba menggunakan ukuran sendok yang sama lalu mencairkan margarin tersebut, ukurannya ternyata 170 gram.

Untuk menghitung jumlah margarin yang tepat dalam resep, pastikan untuk memperhatikan konsistensi margarin dan melakukan konversi dengan benar. Sedulur juga dapat menggunakan tabel konversi sebagai panduan atau melakukan perhitungan matematika sederhana.

BACA JUGA: 8 Tips Agar Loyang Tidak Lengket dan Kue Mudah Dikeluarkan

Manfaat Margarin

Margarin terbaik
Tasting Table

Pada setiap 100 gr margarin, Sedulur bisa mendapatkan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Untuk itu, perlu melakukan perhitungan dan penakaran yang tepat saat ingin memasak menggunakan bahan ini.

Nah, berikut beberapa manfaat margarin yang bisa Sedulur rasakan ketika menggunakannya dalam sebuah masakan.

1. Sumber lemak untuk tubuh

Margarin merupakan sumber lemak yang membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Margarin juga menyediakan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Berbagai vitamin ini penting untuk mendukung metabolisme tubuh yang normal.

Selain itu, ada varian margarin yang mengandung lemak esensial Omega 3 & 6, lemak yang setiap orang butuhkan karena tubuh tidak dapat membuatnya sendiri.

2. Kaya vitamin A

Margarin memiliki banyak kandungan mineral di dalamnya. Salah satu yang cukup dominan adalah vitamin A. Vitamin ini diketahui dapat melindungi kornea mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan berbagai risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula.

Sehingga ketika margarin dikonsumsi dengan takaran yang pas dan cukup, maka kesehatan organ vital seperti mata bisa dijaga. Tak hanya itu saja, vitamin ini juga bisa membantu tubuh untuk menjaga regenerasi pada kulit mati lho.

3. Menguatkan rasa masakan

Penggunaan margari yang tepat dan tidak berlebihan tak hanya bermanfaat untuk tubuh saja, tapi juga pada masakan yang Sedulur buat. Dengan menggunakan takaran yang pas, hidangan seperti roti dan masakan akan memiliki tekstur yang baik dengan rasa yang lezat.

Namun, pemilihan takaran ini juga harus benar-benar dihitung. Alih-alih memberikan rasa terbaik, penggunaan margarin terlalu banyak malah bisa berdampak pada rasa masakan menjadi asin. Belum lagi, teksturnya menjadi berminyak dan lembek.

Demikian tadi penjelasan tentang perhitungan 100 gr margarin berapa sendok makan. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur sudah tidak bingung dan bisa menetapkan takaran yang tepat ketika membutuhkan margarin. Jadi selamat mencoba dan membuat hidangan untuk keluarga ya!