tips agar loyang tidak lengket

Tips agar loyang tidak lengket adalah salah satu topik yang dicari ketika seseorang akan membuat kue. Bukan tanpa alasan, kue yang lengket di loyang memang telah menjadi permasalahan yang dialami banyak orang.

Tidak sekadar membuat tampilan kue menjadi kurang cantik, kue yang lengket di loyang juga bisa rusak atau bahkan hancur. Untuk itu, Sedulur yang ingin mencoba membuat kue di rumah perlu mengetahui bagaimana cara agar loyang tidak lengket. Dengan begitu, kue yang dibuat pun bisa tetap utuh dan memiliki tampilan yang cantik ketika dihidangkan.

Ingin tahu bagaimana tips agar loyang tidak lengket dan kue mudah dikeluarkan? Berikut rangkuman informasi selengkapnya. Simak baik-baik, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Tips Agar Loyang Tidak Lengket

tips agar loyang tidak lengket
Cookist

Sedulur yang memiliki ketertarikan terhadap memasak khususnya membuat kue tentu cukup akrab dengan permasalahan loyang lengket. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa berpengaruh pada hasil akhir dari kue yang dibuat. Sebab, kue yang menempel di loyang akan sulit untuk dikeluarkan sehingga bisa rusak atau malah hancur.

Kabar baiknya, ada beberapa tips agar loyang tidak lengket yang bisa Sedulur coba saat membuat kue, di antaranya sebagai berikut.

1. Pastikan loyang bersih dan kering

tips agar loyang tidak lengket
Always Eat Dessert

Tips baking yang pertama agar loyang tidak lengket adalah memperhatikan kondisi loyang. Meski terlihat sepele, kondisi loyang ternyata bisa mempengaruhi hasil kue yang dibuat. Pastikan loyang yang Sedulur gunakan dalam keadaan bersih dan kering. Sebab, sedikit saja noda pada loyang bisa membuat kue menjadi lengket dan sulit dikeluarkan. Tak hanya itu, kondisi loyang yang kotor juga bisa menyebabkan kue tidak mengembang secara maksimal.

Kebersihan loyang juga berkaitan dengan tidak adanya karat. Seperti diketahui, beberapa bahan loyang memiliki sifat dapat berkarat apabila tidak terjaga kebersihannya. Karat juga bisa muncul pada loyang yang tidak disimpan dengan baik. Untuk itu, pastikan selalu simpan baik-baik loyang Sedulur agar awet dan terbebas dari karat.

2. Lapisi loyang dengan kertas roti

Tips berikutnya adalah melapisi loyang dengan kertas roti atau baking paper. Kertas roti dapat memudahkan Sedulur ketika mengeluarkan kue dari loyang tanpa perlu khawatir akan ada bekas kue yang menempel pada loyang. Adapun Sedulur bisa mendapatkan kertas kue di toko yang menjual bahan maupun peralatan untuk membuat kue.

BACA JUGA: 10 Tips Mulai Usaha Kue Kacang Modal Oven, Dijamin Laris!

3. Olesi loyang dengan margarin

cara bikin cookies
Epicurious

Selain menggunakan kertas kue, Sedulur juga bisa memanfaatkan margarin untuk mencegah loyang lengket. Sedulur bisa mengoleskan margarin pada loyang secara merata sebelum menuangkan adonan. Bahan tersebut akan membantu kue terpisah dari loyang saat matang sehingga mudah dikeluarkan.

Pilihan bahan lain yang juga memiliki manfaat serupa dengan margarin adalah minyak dan cooking atau baking spray. Cara penggunaannya pun sama, Sedulur cukup meratakannya di permukaan loyang dan kemudian tuang adonan di atasnya. Nantinya akan terbentuk lapisan yang mencegah kue menempel pada loyang sehingga mudah dikeluarkan.

4. Taburi permukaan loyang dengan tepung

Sedulur yang memiliki hobi memasak tentu tidak asing dengan manfaat tepung yang satu ini. Misalnya pada pembuatan kulit pangsit, tepung sering kali ditambahkan ketika akan menggiling adonan kulit agar tidak lengket. Selain itu, tepung juga biasa ditaburkan di atas adonan kulit yang sudah dicetak agar tidak menempel satu sama lain.

Nah, manfaat tepung tersebut juga bisa diterapkan untuk mencegah loyang lengket saat memanggang kue. Sedulur dapat menaburkan tepung di permukaan loyang secara merata. Namun sebelumnya, oleskan margarin ke seluruh permukaan loyang baru kemudian taburi tepung secara merata.

5. Pilih loyang anti lengket

tips agar loyang tidak lengket
The Daily Meal

Saat ini ada banyak pilihan loyang yang tersedia di pasaran. Satu di antaranya adalah loyang anti lengket atau non stick. Sesuai namanya, loyang ini dirancang dengan bahan khusus sehingga memiliki karakteristik anti lengket ketika digunakan. Hasilnya, kue yang dipanggang dapat dengan mudah dikeluarkan tanpa khawatir ada bagian yang menempel di loyang.

BACA JUGA: 15 Resep Kue Balok Lumer Anti Gagal yang Enak dan Mudah

6. Pilih loyang yang bisa dilepas

Selain loyang anti lengket, saat ini juga tersedia jenis loyang yang bisa dibongkar-pasang. Loyang jenis ini memiliki desain di mana bagian dinding atau tepinya bisa dikunci dan dibuka sehingga tersisa bagian alasnya saja. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan karena Sedulur tidak perlu repot-repot membalik kue saat akan mengeluarkannya.

7. Gunakan bahan kue yang berkualitas

baking memasak kue roti cookies
Southern Living

Masalah loyang lengket saat memanggang kue juga bisa disebabkan oleh bahan kue yang digunakan. Bahan kue yang kurang baik, misalnya sudah lawas atau tidak tersimpan dengan baik juga bisa membuat kue menjadi menempel pada loyang di samping tidak mengembang secara maksimal. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan bahan yang berkualitas dan masih baru.

8. Keluarkan kue setelah dingin

Tips yang terakhir adalah dinginkan kue sebelum diangkat atau dikeluarkan dari loyang. Kue yang masih panas biasanya cenderung akan menempel pada loyang karena teksturnya belum benar-benar padat.

Untuk itu, pertama-tama Sedulur bisa cek kematangan kue dengan lidi untuk memastikan kue telah mencapai tingkat kematangan yang pas. Jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi, artinya kue sudah matang sempurna. Selanjutnya biarkan kue selama beberapa saat hingga menjadi dingin. Setelah tekstur kue menjadi padat dan kokoh, Sedulur bisa mengeluarkannya dari loyang.

Itu dia 8 tips agar loyang tidak lengket yang bisa Sedulur ikuti. Semoga tips baking di atas bisa membantu Sedulur untuk menghasilkan kue yang lezat sekaligus memiliki tampilan yang cantik. Selamat mencoba, ya!