tempat makan keluarga di Surabaya

Menjelang akhir pekan, tentu ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Salah satunya adalah makan bersama. Untuk Sedulur yang tinggal di Surabaya, ada beberapa tempat makan keluarga di Surabaya yang recommended banget untuk dikunjungi.

Memilih tempat makan keluarga sendiri memang tidak boleh sembarangan. Selain menu makan yang disukai karena kelezatannya, suasana tempat makan juga bisa membantu untuk menjaga keakraban antar anggota keluarga agar kualitas berkumpul menjadi lebih baik.

Nah, berikut ini kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi lokasi tempat makan keluarga di Surabaya spesial untukmu!

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Penyetan Surabaya Terenak, Sambelnya Jos!

1. Botanika

Instagram/Botanikaresto

Tempat makan keluarga di Surabaya pertama yang bisa Sedulur kunjungi adalah Botanika. Lokasi ini memiliki konsep yang unik dengan warna serba hijau dan kombinasi ornamen kayu hasil buatan tangan. Alhasil, suasana yang disajikan begitu nyaman khususnya untuk acara keluarga.

Botanika juga memiliki banyak menu makanan khas Indonesia yang dijamin bikin Sedulur betah. Beberapa diantaranya adalah kroket, rendang, dendeng, ikan kakap, nasi kuning hingga roti jalai gulai Aceh.

Tak hanya makanannya saja yang enak, Botanika juga memiliki varian minuman yang menyegarkan. Sedulur bisa mencicipi berbagai macam jus, wedang jahe, wedang kunyit, dan minuman khas lainnya.

Lokasi tempat makan keluarga di Surabaya ini juga mudah dijangkau, yaitu di Jalan Raya Kertajaya Indah Blok F Nomor 303. Botanika sendiri buka dari jam 7 pagi sampai 11 malam. Untuk harganya, mulai dari Rp19.000 sampai Rp120.000-an aja!

2. Domicile Kitchen Lounge

Untuk Sedulur yang mencari tempat makan keluarga di Surabaya dengan suasana modern, mungkin bisa mencoba Domicile Kitchen Lounge. Tempat makan ini memiliki suasana yang sangat cozy dengan kursi sofa.

Area Domicile Kitchen Lounge juga besar, sehingga cocok untuk mengajak anak kecil yang masih aktif berlari.

Untuk makanan yang disajikan, tempat makan ini memiliki variasi menu makan Nusantara dan Western. Jadi Sedulur bisa menemukan beberapa hidangan seperti pizza, pasta, bulgogi, nasi goreng, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk minumannya, Domincile Kitchen Lounge memiliki daftar menu yang modern. Mereka menjual beberapa minuman sepeti mocktail, squash, jus, teh dan kopi.

Bila tertarik menjadikan tempat ini sebagai tempat makan keluarga di Surabaya, Sedulur cukup datang saja ke Jalan Sumatera Nomor 35, Gubeng mulai pukul 11 siang sampai 1 malam. Sementara untuk range harga menunya, yakni mulai dari Rp75.000 hingga Rp285.000.

3. Ayam Bakar Primarasa

Ayam Bakar Primarasa merupakan restoran ayam bakar yang terkenal di Surabaya. Sajian ayam bakar dengan cita rasa yang khas telah menjadi favorit bagi banyak pengunjung. Warung ayam bakar di ini juga memiliki ruang yang cukup luas dengan suasana pedesaan khas Jawa Timur.

Adapun menu andalan yang tersedia seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam penyet, gurami bakar, gurami asam manis, udang, dan lain sebagainya.

Sementara itu, minuman yang tersedia juga segar dan sangat menggoda. Di antaranya seperti es cao, es dawet, es kelapa muda, es campur, dan masih banyak lagi. Menu yang ada di warung ini, dibanderol dengan harga Rp7.500 sampai Rp100.000.

Ada beberapa cabang dari Ayam Bakar Primasa yang bisa ditemui di Surabaya. Yakni ada di Jalan Ahmad Yani Nomor 166, Gayungan. Kemudian di Jalan Raya Kupang Indah Nomor 1A. Dan yang terakhir ada di Jalan Kusuma Bangsa 7A; dan Jalan Dr. Soetomo 76.

Sementara untuk jam operasional, ketiga cabang Ayam Bakar Primarasa tersebut buka dari pukul 7 pagi sampai 10 malam.

4. Resto Primarasa

Lokasi selanjutnya seperti jadi salah satu tempat makan keluarga di Surabaya terbaik. Tak hanya terkenal dengan tempatnya yang nyaman, tapi menu ayam bakarnya memang memiliki rasa super lezat. Tempat ini adalah Resto Primarasa.

Sedulur tak hanya bisa mencicipi ayam bakar Primarasa yang legendaris, tapia da juga menu seperti ayam goreng, ayam penyet, gurami bakar, gurami asam manis, udang dan masih banyak lagi.

Untuk minuman, pilihannya juga sangat varitif dan ‘Surabaya’ banget yaitu es cao, dawet, es campur, sampai es kelapa muda. Untuk harga dari tiap menunya juga bervariasi, mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000. Bahkan ada paket makan untuk 10 orang dengan harga Rp450.000.

Primarasa sendiri sudah memiliki beberapa cabang, jadi Sedulur tidak perlu khawatir ketika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di sini. Cabang pertama ada di Jalan Ahmad Yani Nomor 166, cabang kedua ada di Jalan Raya Kupang Indah Nomor 1A, dan cabang ketika di Jalan Kusuma Bangsa 7A.

5. Pondok Tempo Doeloe

Salah satu restoran yang memiliki suasana Instragramable lainnya adalah Pondok Tempo Doeloe. Suasana restoran ini begitu bersih, karena setiap ornament yang digunakan memang berwarna putih.

Sedulur bisa menemukan aneka hidangan dengan harga mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000an di pondok makan yang satu ini. Beberapa menu andalan di restoran ini adalah ikan gurami, ayam bakar, ayam goreng, sop iga, tumisan, hingga nasi goreng spesial.

Sedulur juga bisa mencicipi minuman unik dari Pondok Tempo Doeloe, es cianjur, es sirsat, dan berbagai macam jus. Lokasi Pondok Tempo Doeloe juga berada di pusat kota yaitu Jalan Sulawesi Nomor 54, Gubeng. Sedulur bisa datang ke tempat makan ini dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Pondok Tempo Doeloe menawarkan lebih dari sekedar makanan. Rumah makan ini menawarkan hidangan autentik, suasana yang unik, dan layanan yang baik. Ya, ini adalah destinasi kuliner yang harus dikunjungi ketika Sedulur berada di Surabaya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe di Jember, Cozy dan View yang Indah

6. Zona Alam

Unsplash/Kelsey Chance

Tertarik mencari tempat makan keluarga di Surabaya dengan konsep alam? Sedulur bisa datang ke Zona Alam. Restoran ini memiliki sajian menu seafood yang tiada duanya dengan suasana asri khas pedesaan. Terdapat juga beberapa kolam ikan, yang membuat Sedulur tak hanya bisa makan tapi juga merasakan pengalaman memancing.

Zona Alam memiliki banyak menu seafood yang menarik, tapi andalan tempat makan ini adalah menu gurami pesmol, rica-rica patin, dan nasi goreng. Harga menu-menu ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp6.000 sampai Rp70.000 saja.

Bila ingin datang ke Zona Alam, Sedulur bisa mencarinya di Google Maps dan cari Jalan Raya Sambikerep Gang Langgar, Lontar, Surabaya.

Rumah Makan Zona Alam memang sering menjadi pilihan populer untuk acara keluarga, pertemuan bisnis yang santai, atau bahkan pernikahan kecil yang ingin suasana yang lebih alami dan terbuka. Fasilitas yang tersedia, membuatnya cocok untuk pengunjung dari segala usia.

7. Rumah Makan Handayani

Selanjutnya ada Rumah Makan Handayani. Jika Sedulur memiliki bujet yang tidak terlalu besar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, bisa mencoba restoran satu ini. Meskipun memiliki tempat yang sederhana, tapi suasana yang diberikan sangat asri karena rimbun dengan pepohonan.

Sedulur juga bisa menemukan beberapa menu unik yang jarang bisa dirasakan di Surabaya, seperti cumi pusaka Minang, ayam sasak, gulai kepala ikan, ayam kremes, dan gurami bawang. Minumannya juga tak kalah menarik karena ada es nagasasra, es campur, es opera nyonya Shanghai, dan es cendol.

Dengan begitu banyaknya menu makanan dan minuman yang ada di Rumah Makan Handayani, Sedulur tidak perlu khawatir kantong jebol. Karena harga yang diberikan mulai dari Rp7.000 sampai Rp120.000 aja. Di rumah makan yang berlokasi di Jalan Raya Prapen No.35, Prapen, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya ini.

Ya, Rumah Makan Handayani di Surabaya menawarkan pengalaman makan yang menyenangkan dengan beragam hidangan tradisional yang kaya rasa. Suasananya yang sederhana namun nyaman, menjadikan restoran tersebut sebagai tempat yang ideal untuk menikmati masakan Indonesia autentik.

8. Wapo Resto

Ini mungkin jadi salah satu tempat makan keluarga di Surabaya paling populer. Hampir setiap hari, Wapo Resto selalu dipenuhi oleh orang-orang yang makan bersama dengan famili ataupun teman-temannya.

Salah satu yang mendukung tempat makan ini selalu rame juga dari lokasinya yang berdekatan dengan Universitas Airlangga dan RSUD Dr Soetomo, tepatnya di Jalan Airlangga No.43, Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Sehingga membuat tempat makan ini cukup sering dikunjungi orang-orang.

Variasi makanan di Wapo Resto juga sangat beragam dari makanan modern, oriental sampai tradisional ada semua. Jadi Sedulur dan keluarga tidak akan dibuat kebingungan ketika datang ke sini. Beberapa menu andalan dari Wapo Resto adalah chicken steak, fu yung hai, dan nasi goreng.

Setiap menu yang ada di restoran ini, memiliki range harga antara Rp50.000 sampai Rp100.000. Walau cukup mahal, dijamin citarasa yang dihadirkan benar-benar memuaskan!

9. Kahyangan

Mengusung gaya jadul dengan sentuhan modern, membuat Kahyangan Resto menjadi salah satu tempat makan bersama keluarga yang pas. Rumah makan yang satu ini berlokasi di Jalan Puri Widya Kencana LL, RW.05, Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya.

Warung ini buka mulai dari jam 11 siang sampai 11 malam. Sedulur juga bisa menemukan banyak ornament tradisional di tempat ini sehingga akan merasakan pengalaman makan yang unik.

Menu makan di sini juga sangat beragam, ada olahan daging, ayam, seafood, hingga bebek yang diracik menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Beberapa menunya seperti sate sapi cak ningrat, udang sari jiwo, kikil kamandhanu, cumi bakar madu, dan berbagai macam sambal.

Selain makanannya yang lezat, Rumah Makan Kahyangan juga menawarkan suasana yang elegan dan nyaman. Dekorasinya yang menarik dan duduk yang nyaman menciptakan lingkungan yang ideal untuk santapan santai.

Suasana yang tercipta di restoran ini dirancang untuk membuat para pengunjung merasa seolah-olah mereka sedang makan di sebuah tempat yang mewah namun tenang.

10. SAS Café & Resto

Salah satu tempat makan yang mengusung konsep café dan resto untuk keluarga adalah SAS. Namun, jangan terpikirkan dengan suasana café modern seperti di perkotaan Surabaya. Tempat makan ini memiliki konsep asri dengan suasana pedesaan. Bahkan, ada beberapa bangunan joglo kecil di sekitar tempat makan tersebut.

Café yang ada di Jalan Bhaskara Sawah No.30, Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya ini memiliki variasi menu yang sangat beragam. Sedulur bisa mencicipi menu ikan laut, ikan air tawar, kepiting, ayam hingga bebek.

SAS Café & Resto juga buka dari jam 9 pagi sampai 12 malam. Jadi cocok untuk Sedulur yang ingin melakukan aktivitas sedari pagi bersama keluarga.

BACA JUGA: 13 Warung Rujak Soto di Banyuwangi, Jangan Dilewatkan!

11. Babeh Street

tempat makan keluarga di Surabaya
Unsplash/Priscilla De Preez

Resto selanjutnya adalah Babeh Street. Walaupun namanya tidak seperti tempat makan yang asik untuk keluarga, tapi Sedulur dijamin akan nyaman banget menghabiskan banyak waktu di sini. Suasana Babeh Street sangat cozy dengan tampilan yang unik.

Restoran ini mengusung tema street food dalam setting yang lebih modern dan nyaman. Interiornya dirancang dengan gaya yang kasual dan hip, seringkali menggabungkan elemen-elemen seni jalanan seperti mural dan grafiti yang menambah suasana santai dan informal.

Suasana di Babeh Street seringkali dinamis dan penuh energi, cocok untuk kumpul bersama teman atau keluarga. Tak hanya itu saja, menu makanan Babeh Street juga terkenal enak dan memiliki porsi besar. Jadi untuk Sedulur yang suka makan, maka tempat ini cocok banget. Salah satu menu andalannya adalah nasi goreng gila khas Babeh.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Babeh Street, bisa langsung menuju ke Jalan Slamet No.6, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Warung makan ini buka dari pukul 12 siang sampai 11 malam. Di samping itu, harga menu makanan yang ada di warung ini mulai Rp50.000 sampai Rp100.000.

12. Warung Apung Rahmawati

Tempat makan keluarga di Surabaya yang terakhir adalah Warung Apung Rahmawati. Konsep tempat makan ini cukup unik, karena Sedulur bisa duduk dengan lesehan atau duduk.

Suasana di Warung Apung Rahmawati sangat menyenangkan dan tenang, dengan desain yang mengusung tema alam dan tradisional. Gazebo-gazebo apung yang tersebar di atas kolam memberikan privasi serta pemandangan yang indah ke arah air dan vegetasi di sekitarnya.

Warung Apung Rahmawati memang menjadi adalah tempat yang ideal untuk santai bersama keluarga atau teman, terutama jika ingin menghindari keramaian kota.

Kalau dilihat dari namanya, Sedulur pasti sudah terbayang dengan lezatnya menu-menu ikan air tawar baik itu yang dimasak dengan cara bakar maupun goreng. Sedulur juga bisa merasakan kelezatan udang, bandeng, dan cumi yang dimasak dengan bumbu khas Nusantara.

Ada dua cabang Warung Apung Rahmawati yang bisa ditemukan di wilayah Surabaya. Untuk Warung Apung Rahmawati Lontar berada di Jalan Lontar Baru No.109. Sedangkan untuk Warung Apung Rahmawati Kenjeran berlokasi di Jalan  Wiratno No.53E. Keduanya buka pukul 10 pagi sampai 9 malam.

Ada banyak paket kuliner dengan harga menarik yang ditawarkan oleh restoran ini, dengan harga mulai dari Rp75.000.

Tips Memilih Tempat Makan Keluarga

Memilih restoran keluarga yang tepat bisa menjadi keputusan penting untuk memastikan semua anggota keluarga, dari anak-anak hingga orang dewasa, dapat menikmati pengalaman makan bersama yang menyenangkan.

Bagi yang ingin mencari tempat makan keluarga terbaik, berikut beberapa tips yang bisa Sedulur pertimbangkan saat memilih restoran keluarga.

  • Pilih restoran yang menawarkan variasi menu yang luas agar cocok untuk semua selera dan usia. Pastikan ada pilihan yang sesuai untuk anak-anak dan pilihan untuk orang dewasa yang ingin mencoba berbagai jenis masakan.
  • Suasana restoran sangat penting. Restoran yang ramah keluarga biasanya memiliki suasana yang santai dan tidak terlalu formal. Ruang yang cukup antar meja juga penting agar anak-anak bisa bergerak sedikit tanpa mengganggu tamu lain.
  • Baca ulasan online dari restoran tersebut atau tanya rekomendasi dari teman dan keluarga. Ulasan bisa memberikan gambaran mengenai kualitas makanan, pelayanan, dan suasana restoran.
  • Sebelum memilih restoran, pertimbangkan juga harga menu yang ditawarkan. Pastikan harga makanan sesuai dengan anggaran Sedulur sehingga bisa dinikmati tanpa khawatir mengenai biaya.

BACA JUGA: 10 Menu Makan Khas Lamongan Paling Enak, Tidak Cuma Soto Saja Lho!

Resep Makanan Keluarga

nila saus tiram
Unsplash/Alice Pasqual

Menghabiskan waktu bersama keluarga di restoran atau tempat makan memang menyenangkan. Namun, ketika bujet sedang menipis, mungkin Sedulur bisa menyiapkan acara kecil di rumah dengan membuat resep spesial sendiri.

Ada cukup banyak resep makanan keluarga yang bisa dibuat di rumah. Berikut ini salah satu yang paling cocok.

Resep Gurame Bakar Madu

Gurame bakar madu menjadi salah satu menu andalan untuk orang-orang ketika sedang berkumpul bersama keluarga. Sedulur pun bisa mencoba membuat menu ini sendiri, dengan mempersiapkan beberapa bahan seperti berikut:

Bahan:

  • 1 kg ikan gurami
  • 5 sdm madu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 butir jeruk nipis
  • 2 sdm Minyak Goreng Perirasa
  • 2 sdm margarin
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 4 sm lengkuas
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica

Cara membuat:

  • Cuci bersih ikan gurami dan buang insang, sisik, kotoran, dan siripnya. Lumuri dengan air perasan jeruk dan garam.
  • Biarkan meresap selama 10 menit agar aroma tanah hilang. Lalu cuci kembali dan sisihkan.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis semua bumbu halus sampai aromanya wangi. Matikan api lalu biarkan dingin.
  • Siapkan wadah besar, campur tumisan bumbu halus dengan kecap manis dan madu.
  • Sedulur bisa mencari kecap dan bumbu lainnya di SuperApp. Setelah itu campur dan aduk sampai rata.
  • Ambil ikan lalu lumuri seluruh bagiannya dengan bumbu. Simpan dan biarkan bumbunya meresap dengan disimpan dalam kulkas selama 30 menit.
  • Ambil alat pemanggang atau bakaran. Panaskan. Siapkan ikan bakar dan lalu mulai masak di atas bara api.
  • Masak selama 30 menit dengan selalu dibolak-balik agar tidak gosong. Jangan lupa untuk oleskan margarin di permukaan ikan.
  • Jika ikan sudah berwarna keemasan dan semua bagiannya matang, maka ikan bakar madu siap dihidangkan.

Demikian tadi deretan tempat makan keluarga di Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi. Momen berkumpul bersama keluarga memang menjadi salah satu hal yang perlu rutin dilakukan untuk selalu menjaga kerukukan dan keharmonisan di dalam keluarga.

Namun, apabila Sedulur ingin membuat menu makan bersama keluarga sendiri di rumah juga tidak ada salahnya. Sedulur bisa menyiapkan semua bahan-bahan membuat resep makanan di atas sendiri di rumah.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep nya bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.