rujak soto

Sedulur mungkin sudah tidak asing dengan rujak, makanan yang terdiri atas potongan aneka buah dan dilengkapi sambal berbahan gula jawa, asam, dan cabai. Namun, apakah Sedulur tahu dengan kuliner rujak soto Banyuwangi?

Bagi sebagian orang, rujak soto mungkin masih terdengar asing di telinga. Akan tetapi, makanan ini rupanya cukup populer di Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan, makanan ini dianggap menjadi salah satu kekayaan kuliner di sana.

Lantas, seperti apa rujak soto khas Banyuwangi? Berikut sudah dirangkum informasi lengkap tentang rujak soto beserta rekomendasinya.

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

Apa itu Rujak Soto?

rujak soto
Unsplash/Noahs Knight

Selama ini rujak dan soto dikenal sebagai dua hidangan berbeda yang digemari banyak orang. Namun, tahukah Sedulur bahwa ada makanan khas Banyuwangi bernama rujak soto? Sesuai namanya, rujak soto ternyata merupakan perpaduan menu rujak dengan soto. Hanya saja, rujak di sini merujuk pada rujak petis yang terdiri atas aneka sayuran.

Rujak petis kemudian disajikan bersama soto babat yang memiliki kuah kuning. Meski terkesan “unik” atau bahkan “nyentrik”, rujak soto nyatanya berhasil menggoyang lidah dan punya banyak penggemar.

Tak jarang pula yang menganggap rujak soto sebagai salah satu hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banyuwangi.

Fakta Rujak Soto

Agar Sedulur makin mengenal rujak soto, berikut ada beberapa fakta menarik tentang kuliner fusion asal Bumi Blambangan ini.

  • Rujak soto menggabungkan rujak petis dengan soto babat. Rujak petis sendiri umumnya terdiri atas sayuran, seperti kangkung, timun, kacang panjang, kubis, dan taoger serta tahu dan tempe goreng. Berbagai bahan itu kemudian diaduk bersama bumbu rujak yang terbuat dari bumbu kacang, petis, air asam jawa, cabai, dan pisang batu muda atau klutuk. Rujak petis lalu disiram kuah soto yang hangat beserta irisan dagingnya.
  • Rujak soto disebut berasal dari keisengan penikmat rujak di Banyuwangi. Dikatakan, hidangan ini muncul pada tahun 1970-an dan masih menjadi salah satu kuliner populer di Banyuwangi.

BACA JUGA: 8 Tempat Kuliner Malam di Banyuwangi yang Menggugah Selera

Rekomendasi Warung Rujak Soto Di Banyuwangi

Ada banyak warung rujak soto yang dapat dengan mudah Sedulur temukan di Banyuwangi. Hal ini sekaligus membuktikan popularitas hidangan “nyentrik” di tengah masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Nah, agar tidak bingung, berikut ada 13 rekomendasi warung rujak soto yang dapat Sedulur kunjungi.

1. Rujak Soto Bu No

nasi becek khas nganjuk
Unsplash/Henrique Felix

Warung rujak soto satu ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1980. Tak heran, Rujak Soto Bu No kerap jadi pilihan para wisatawan lantaran cita rasanya sudah terbukti hingga bisa bertahan selama puluhan tahun.

Warung Rujak Soto Bu No terletak di Jalan Letnan Sulaiman Gang VI, Kebalenan, Banyuwangi. Warung ini buka setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan khusus hari Minggu buka pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk menikmati seporsi rujak soto di sini, Sedulur perlu merogoh kocek Rp 25 ribu-an.

2. Rujak Soto Losari

Rumah makan satu ini tidak hanya menyediakan rujak soto, melainkan juga ada rujak cingur, gado-gado, rujak kecut, hingga rujak buah. Adapun untuk rujak sotonya dibanderol dengan harga RP 25 ribu per porsi.

Sedulur yang berminat mencoba rujak soto di sini bisa langsung datang ke Jalan Progo, Kepatihan, Banyuwangi. Rujak Soto Losari buka setiap Senin-Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB.

3. Warung Rujak Soto Mbak Mus

Dibandingkan dua warung sebelumnya, Rujak Soto Mbak Mus menyediakan rujak soto dengan harga lebih terjangkau, yakni Rp 17 ribu per porsi. Warung ini terletak di Jalan Raya Jember Nomor 28, Krajan, Dadapan, Kabat, Banyuwangi dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

4. Rujak Soto Mbak Koyim

Rekomendasi berikutnya juga bisa menjadi pilihan Sedulur yang menginginkan rujak soto namun dengan harga lebih terjangkau, yaitu hanya Rp 10 ribu per porsi. Meski begitu, cita rasa rujak soto di warung ini juga tidak kalah lezatnya, lo. Nah, Sedulur yang tertarik bisa langsung meluncur ke Rujak Soto Mbak Koyim yang terletak di Karangrejo, Banyuwangi.

5. Rujak Soto Mak Sum

Rekomendasi warung rujak soto berikutnya adalah Rujak Soto Mak Sum. Warung yang berada di Jalan Letjen D.I Panjaitan Nomor 49, Kampung Mandar, Banyuwangi ini menyediakan rujak soto dengan harga mulai dari Rp 13 ribu per porsi.

6. Pondok Rujak Soto

rekomendasi bakso di malang
Unsplash/Spenser Sembrat

Pondok Rujak Soto termasuk salah satu rumah makan yang menyediakan menu rujak soto yang cukup banyak direkomendasikan. Warung yang berada di Jalan Basuki Rahmat Nomor 113, Singotrunan, Banyuwangi ini menyediakan rujak soto dengan harga mulai dari Rp 20 ribu per porsi.

7. Warung Bu Har

Warung Bu Har yang berlokasi di Lingkungan Cuking, Mojopanggung, Giri, Banyuwangi ini juga bisa menjadi pilihan Sedulur yang ingin menyantap rujak soto. Tak hanya itu, ada pula aneka jenis rujak lain yang tersedia di warung ini, seperti rujak cingur, rujak lontong, hingga rujak iris ramonan. Seporsi rujak di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 25 ribu.

8. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto Mbok Mbret juga telah lama terkenal akan kelezatannya, terutama pada campuran bumbu kacang dan petis yang legit, kental, dan berlimpah. Tak heran, warung yang berada di Jalan Raya Jember, Benculuk, Banyuwangi ini selalu ramai didatangi pembeli.

9. Rujak Soto Baluk Bu Islamiyah

Sedulur yang ingin mencoba rujak soto dengan aneka isian bisa datang ke warung Bu Islamiyah yang berada di Jalan Airlangga, Kebalenan, Banyuwangi. Sedulur bisa memilih isian daging, iso, maupun babat sapi.

10. Rujak Soto Bu Yuyun

Warung Bu Yuyun menyediakan menu rujak soto lengkap dengan kerupuk bawang yang menambah tekstur sekaligus cita rasa tersendiri. Seporsi rujak soto dapat Sedulur nikmati dengan harga mulai dari Rp 15 ribu-an saja.

BACA JUGA: 6 Warung Nasi Madura di Surabaya Tersedap, Dijamin Nagih!

11. Rujak Soto Mbok Siyam

kuliner banyuwangi malam
Unsplash/Chris Vanhove

Berbeda dengan rumah makan lain yang menyajikan rujak soto dengan langsung dicampur dalam satu piring, Rujak Soto Mbok Siyam memberikan pengalaman berbeda di mana rujak petis dan soto disajikan terpisah. Cara ini tentu bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang masih merasa asing dengan perpaduan rujak dan soto dalam satu piring.

12. Warung Rujak Mbok Ijah

Kelezatan hidangan di warung rujak Mbok Ijah sepertinya tak perlu diragukan lagi. Apalagi rujak soto di sini pernah menyabet juara dalam lomba festival kuliner. Sedulur yang penasaran cukup menyiapkan uang Rp 15 ribu, dan rujak soto siap disantap.

13. Rujak Soto Bu Ning

Rekomendasi terakhir adalah Rujak Soto Bu Ning yang menyajikan menu rujak soto dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribu saja. Di sini, Sedulur juga bisa memilih untuk mengganti lontong dengan nasi sebagai pelengkap saat menyantap rujak soto.

Itu dia rangkuman informasi seputar rujak soto beserta rekomendasi tempatnya. Jangan lupa mencoba rujak soto saat berkunjung ke Banyuwangi.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!