makan khas lamongan

Lamongan merupakan kota pesisir di Jawa Timur. Dimana kota ini begitu dikenal sebagai kota soto karena kelezatan kuliner kuahnya. Namun, siapa sangka ternyata masih ada banyak menu makan khas Lamongan yang bisa dicoba ketika berkunjung ke sana.

Sedikit berbeda dengan kota-kota lainnya, makanan khas Lamongan memiliki cita rasa yang unik dan spesial. Bahkan, Sedulur tidak akan kesulitan menemukan warung makan Lamongan di pinggir jalan manapun di pulau Jawa. 

Tentu saja, makanan di tempat asalnya biasanya terasa lebih enak dibandingkan di tempat lain. Berikut ini beberapa makan khas Lamongan yang wajib Sedulur coba selain soto!

BACA JUGA: Mengenal Nasi Boranan, Makanan Lezat Khas Lamongan

1. Pecel Lele Lamongan

makan khas lamongan
Unsplash/Bayu Syaits

Salah satu masakan Lamongan yang legendaris di Jawa Timur tentu saja Pecel Lele Lamongan. Makanan ini mungkin sudah umum di beberapa kota. Tak heran jika warung makan Lamongan mudah ditemukan di sepanjang jalan karena banyak orang yang sangat menyukai makanannya.

Umumnya makanan ini berbahan dasar ikan lele goreng kering atau bisa juga menggunakan ayam kering. Bahkan, Sedulur akan dengan mudah menemukan hidangan ini di berbagai kota Pulau Jawa, nggak hanya di Lamongan saja.

Hidangan ini hadir dengan sambal lezat yang terbuat dari tomat segar, cabai rawit dan cabai merah, bawang putih dan bawang merah, dan tentu saja terasi yang dipanggang terlebih dahulu. Rasanya yang nikmati membuat makanan ini populer.

2. Nasi Boranan

Nasi Boranan merupakan makanan khas Lamongan di Jawa Timur yang sangat mudah ditemukan ketika Sedulur berkunjung ke Lamongan. Penjual Nasi Boranan hampir ada di setiap sudut kota Lamongan. Nama Boranan sendiri berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang digunakan. 

Di kalangan penduduk setempat, wadah ini dikenal dengan nama Boran. Nasi Boranan terdiri dari nasi, bumbu, topping, dan rempeyek. Lauk pelengkap nasi Boranan lainnya adalah empuk (tepung goreng) dan pletuk (kacang dan nasi aking).

Bumbu masakan khas Lamongan ini terdiri dari bumbu-bumbu dengan tambahan cabai dan kelapa parut. Lauk pauknya juga ayam, bagian jeroan, bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, dan tempe.

3. Wingko Babat

Nama Wingko Babat sepertinya sudah tidak asing lagi. Bahkan, Wingko Babat sering dijadikan oleh-oleh saat Sedulur berkunjung ke beberapa kota di Pulau Jawa, seperti Yogyakarta atau Semarang. Jadi kepopulerannya gak hanya di Lamongan.

Namun tahukah Sedulur kalau Wingko berasal dari Kabupaten Lamongan, wilayah Babat. Wingko Babat adalah makanan khas Lamongan yang menjadi snack dan dibuat dari beberapa bahan seperti tepung ketan, gula pasir, dan kelapa parut. 

Salah satu produser Wingko Babat yang terkenal adalah Loe Lan Ing. Bisnis Wingko Babat dimulai pada abad ke-20. Wingko Babat Loe Lan Ing terletak sekitar 1 km sebelah barat pertigaan Babat. Merupakan persimpangan antara kota Surabaya, Tuban dan Bojonegoro. Jadi, kalau Sedulur berkunjung ke Lamongan jangan lupa untuk mampir.

4. Asem Bandeng

Karena lokasinya yang dekat dengan laut, Lamongan menjadi tempat yang tepat untuk budidaya bandeng. Tak heran jika olahan bandeng menjadi makanan khas Lamongan di Jawa Timur. Selain Bandeng colo-colo, ada juga Bandeng Asem.

Meski namanya Asem, kuliner khas Lamongan ini tidak memiliki rasa yang asem sebenarnya. Oleh karena itu, olahan dari asam Jawa ini tetap aman untuk perut sensitif. Disebut Asem Bandeng karena bandengnya dimasak dengan kuah bening lalu disajikan dengan nasi panas. 

Kalau di Jawa, olahan dengan kuah pedas bening biasa disebut dengan “asem-asem”. Kedai Asem Bandeng Lamongan yang paling terkenal dan rasanya wajib Sedulur coba adalah Asem Bandeng Cak Takim. Alamatnya berada di daerah Dusun Mojomanis, Kecamatan Kembang.

5. Keripik Sunduk

Sesuai dengan namanya, keripik ini terbuat dari ikan sunduk, yakni ikan yang kerap ditemui di Lamongan. Bentuknya seperti ikan kakap atau tenggiri. Ikan ini juga hidup di laut, sehingga keripik ini menjadi salah satu andalan untuk olahan seafood di Lamongan. 

Keripik sunduk ini biasa dijual di berbagai toko oleh-oleh sehingga mudah Sedulur temukan. Keripik sunduk juga bisa bertahan lama. Keripik sunduk harganya relatif murah dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh atau pasar. Makanan khas Lamongan Jawa Timur ini tidak cepat basi dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara.

BACA JUGA: Wisata Bahari Lamongan: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

6. Gula Merah Siwalan

makan khas lamongan

Lamongan juga terkenal sebagai penghasil gula merah. Gula merah ini dikenal dengan nama gula merah siwalan. Gula ini terbuat dari mayang atau nira. Air sadapan ini dicampur dengan gula pasir dan memiliki warna coklat mengkilat yang cantik.

Gula merah siwalan kerap menjadi pilihan oleh-oleh. Gula ini dapat dengan mudah kita temukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh di Kota Lamongan. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribuan saja per kilonya.

7. Perkedel Lamongan

Makanan khas Lamongan berikutnya yang patut dicoba adalah Perkedel Lamongan. Tak jauh berbeda dengan olahan perkedel pada umumnya, perkedel Lamongan dibuat dengan bahan utama kentang yang direbus dan ditumbuk halus, lalu dicampur dengan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Bedanya, perkedel Lamongan lebih berwarna kuning sehingga tampilannya lebih menarik. Hidangan perkedel ini sangat cocok dijadikan lauk di berbagai menu. Mulai dari nasi kuning, nasi keruh, soto hingga nasi campur. Selain itu, perkedel juga enak dijadikan camilan ringan dengan tambahan cabai pedas atau cabai rawit pedas.

8. Jumbrek

Ada kue tradisional Lamongan yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Camilan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan santan. Jumbrek berbentuk kerucut yang dibungkus dengan daun siwalan. Bentuknya yang unik serta rasanya yang manis asin membuat masakan ini menjadi favorit banyak orang. 

Jumbrek bisa dijadikan oleh-oleh asli Lamongan. Makanan ini mempunyai ciri khas yaitu bentuknya yang mengerucut. Makanan khas Lamongan ini mempunyai tekstur lembut dan sedikit kenyal serta rasa manis yang sangat nikmat.

Jumbrek merupakan salah satu dari sekian banyak jajanan tradisional yang mencerminkan kekayaan kuliner Lamongan dan mencicipinya akan membawa Sedulur pada pengalaman kuliner yang istimewa. Jadi kalau lagi berkunjung ke kota ini wajib dicoba.

9. Bandeng Colo

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu sentra produksi ikan air tawar di Jawa Timur yang banyak menawarkan kuliner berbahan dasar bandeng. Salah satunya adalah Bandeng Colo. Makanan khas Lamongan ini mirip dengan Asem Bandeng, namun kuahnya tidak terlalu asam. 

Sebaliknya, kuah bandeng colo biasanya pedas dan dibuat mirip kuah kuning. Pengolahannya mampu menghilangkan bau tanah bandeng dan bau amis yang biasanya selalu tertinggal. Hidangan ini banyak yang menjual di Lamongan, tapi salah satu yang terkenal ada di salah satu restoran di Jalan Sunan Girin Lamongan.

Saat menikmati seporsi Bandeng Colo, jangan lupa untuk menyantapnya dengan nasi panas. Perpaduan rasa asin, gurih, pedas dari kuah bandeng dan nasi hangat yang lembut menciptakan pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

10. Tahu Campur

kuliner surabaya timur
Unsplash/Inna Safa

Sajian khas Lamongan lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah tahu campur yang populer di Pulau Jawa. Tahu campur Lamongan terdiri dari berbagai bahan seperti potongan lontong, bihun, singkong, tahu, daging sapi, dan aneka sayuran.

Semua bahan tersebut disajikan dengan kuah petis yang bumbunya terasa gurih, sehingga menciptakan kombinasi rasa yang unik dan nikmat. Dengan cita rasa yang begitu istimewa dan memanjakan lidah, Tahu Campur Lamongan menjadi pilihan tepat bagi pecinta kuliner yang ingin menjelajahi cita rasa Jawa Timur.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makan khas Lamongan yang harus Sedulur coba. Selain terkenal dengan sotonya, daerah ini juga punya kuliner menarik lain yang terkenal hampir di semua penjuru Pulau Jawa. Mulai dari pecel lele Lamongan sampai wingko babat yang kerap jadi oleh-oleh.

Ketika berwisata kuliner di Lamongan, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!