pecel punten kediri

Bila berbicara tentang kota-kota di Jawa Timur, kuliner pecel memang tidak pernah bisa dilewatkan. Begitu juga ketika Sedulur berkunjung ke Kediri karena ada pecel punten Kediri yang begitu terkenal.

Punten di sini bukanlah Bahasa Sunda untuk meminta maaf, tetapi merujuk pada sebuah makanan tradisional asli Kediri yang terbuat dari campuran beras dan santan. Punten sendiri memiliki bentuk seperti ketupat, tetapi tidak dibungkus dengan daun kelapa.

Kalau Sedulur penasaran dengan kelezatan pecel punten Kediri dan bagaimana cara membuatnya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Gronjong Wariti Kediri: Sejarah, Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Mengenal Pecel Punten Asli Kediri

Pecel godong telo
Pexels/Agita Prasetyo

Pecel Punten ini pun mirip dengan pecel Tumpang dan pecel dari Madiun. Bedanya kalau pecel umumnya disajikan dengan nasi, pecel yang satu ini disajikan bersama punten.

Punten merupakan salah satu makanan pokok yang terbuat dari kombinasi beras dan santan kental. Cara pembuatannya mirip seperti membuat nasi kuning. Tapi, meski bahan utamanya beras putih dan santan. Beberapa orang juga sering menambahkan daun salam atau bisa juga daun pandan agar tercipta aroma yang khas dan menggugah selera.

Membuat punten pun juga memerlukan takaran yang pas untuk menghasilkan punten yang kenyal dan gurih, takaran yang tidak sesuai bisa mengakibatkan rasa yang kurang gurih, terlalu asin, terlalu lembek, bahkan terlalu keras.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pecel punten berasal dari daerah Kediri, namun menu sayuran ini juga cukup banyak dijumpai di Tulungagung dan Malang. Meski begitu, adanya kesamaan budaya dan tradisi serta karakter masyarakat, membuat pecel punten Kediri ini bisa menyebar dengan mudah di Tulungagung dan Malang.

BACA JUGA: Resep Soto Kediri, Soto Kuah Santan yang Gurih dan Lezat

Keunikan Pecel Punten

Unsplash/Ive Erhard

Pecel punten Kediri memiliki karakteristik yang cukup berbeda dengan pecel dari daerah lain. Jadi tidak heran apabila makanan ini disebut sebagai hidangan yang unik. Berikut ini beberapa perbedaan pecel punten Kediri dengan pecel biasa.

1. Gaya penyajiannya

Satu ciri khas Punten Pecel adalah gaya penyajiannya yang unik dan tradisional. Makanan ini disajikan dalam tempat dari anyaman bambu. Tentunya hal ini memberikan sentuhan tradisional yang kental. Penyajian pecel punten yang unik ini tidak hanya memikat selera, tetapi juga mata orang-orang.

2. Saus kacang yang lebih gurih

Rahasia lain dari kelezatan pecel punten Kediri juga terletak pada saus kacangnya yang gurih dan lezat. Saus kacang ini dibuat dengan bahan-bahan berkualitas, seperti kacang tanah, petis, gula merah, dan bumbu rempah pilihan. Rasa khas saus kacang inilah yang membuat pecel punten begitu terkenal.

3. Memadukan daun singkong dan bayam

Tak hanya dari bumbu kacangnya saja yang istimewa. Perbedaan pecel punten Kediri dengan pecel biasa juga ada pada isiannya. Dimana Sedulur bisa menemukan beberapa sayuran segar dan rebus, seperti kacang panjang, kecambah, daun singkong, bayam, kangkung, bunga turi hingga potongan wortel. Tentu dengan pilihan sayur yang sangat lengkap, akan membuat hidangan ini semakin menyehatkan tubuh.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kuliner Malam Kediri yang Wajib Kalian Coba!

Tempat Pecel Punten Terbaik di Kediri

Pexels/Anna Tukhfatullina

Di Kediri sendiri, ada beberapa warung pecel punten yang sangat terkenal dan sudah terjamin kelezatannya. Apabila Sedulur ingin mencoba, mari simak beberapa rekomendasinya berikut!

1. Pecel Punten Bu Wit Kediri

Tempat makan pecel punten terbaik di Kediri adalah di Warung Bu Wit. Di sini, Sedulur cukup membayar Rp 6 ribu untuk satu porsi pecel punten. Sedulur juga bisa menikmati berbagai macam gorengan hangat seperti bakwan dan tahu isi.

Rasa pecel punten di sini sangat enak apalagi sambal kacangnya memang terkenal lezat dan nampol. Pasti cocok di lidah dan bikin nambah nasi terus. Kalau Sedulur tertarik, bisa langsung datang ke pecel punten Bu Wit di Jalan Singosari No 26, Dandangan, Kediri.

2. Pecel Punten Mbenjing Miriki Maleh

Selanjutnya adalah Warung Pecel Punten Mbenjing Mriki Maleh. Tempat makan ini termasuk yang tertua di Kediri karena sudah berdiri sejak tahun 1995. Menggunakan konsep prasmanan, Sedulur dibebaskan meracik komposisi pecel punten sesuai selera. Tinggal merogoh kocek lebih dalam kalau mau nambah lauknya.

Namun, untuk porsi normal dengan pilihan sayur pecel biasa hanya dibanderol Rp 8 ribu saja seporsi. Dimana isiannya akan berupa potongan punten yang dicampur bersama kacang panjang, kenikir, sawi, pakis, bunga turi dan kecambah kemudian diguyur bumbu pecel yang pedas manis.

Tekstur punten di warung ini juga begitu kenya dengan rasa yang sangat gurih. Cocoknya disantap dengan lauk yang digoreng seperti lele, ayam, empal dan lainnya. Belum lagi, warung ini juga menyediakan kerupuk upil yang membuat menu pecel punten makin terasa istimewa.

3. Pecel Punten Istana Jambu

Terakhir, tempat terbaik untuk mencicipi kelezatan pecel punten adalah di Istana Jambu Kediri. Tempat ini merupakan kebun buah jambu yang berada di Jalan Raya Kediri-Nganjuk 108, Grogol.

Meskipun merupakan lokasi kebun jambu, menu kuliner pecel puntennya sudah sangat terkenal. Sedulur cukup membayar uang Rp 8 ribu saja untuk bisa merasakan berbagai macam sayuran rebus yang disiram menggunakan bumbu kacang istimewa.

BACA JUGA: Mengulik Gethuk Pisang Khas Kediri: Raja Cemilan, Favorit Orang Jatim!

Resep Mudah Pecel Punten

pecel punten kediri
Freepik/Freepik

Kalau Sedulur tertarik untuk membuat pecel punten ini sendiri, mari simak beberapa bahan dan cara buatnya.

Bahan punten:

  • 1 cup beras putih
  • 40 ml santan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan

Bahan pecel:

  • Kangkung secukupnya
  • Bunga turi secukupnya
  • Daun singkong secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya
  • Kecambah secukupnya
  • Bayam secukupnya
  • Wortel potong kecil secukupnya
  • Bumbu pecel secukupnya
  • Petis secukupnya

Cara buat:

  • Buat puntennya dulu. Panaskan santan tambahkan air secukupnya. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Masukkan daun salam dan lengkuas. Masak hingga semua santan terserap.
  • Aduk-aduk sesekali agar tidak gosong. Jika sudah meresap dan setengah matang, pindahkan beras ke dalam kukusan. Alasi dulu dengan daun pisang. Kukus beras selama 30 menit atau hingga matang.
  • Selagi panas, angkat dan tumbuk hingga lembut dan halus teksturnya mirip lontong. Bentuk kotak lalu potong-potong.
  • Potong-potong dan cuci sayuran, rebus hingga matang, tiriskan.
  • Ambil bumbu pecel secukupnya, tuang air panas secukupnya, hancurkan hingga larut dan campur dengan petis.
  • Tata punten secukupnya di piring, tata sayuran di atasnya lalu tuang bumbu pecel secukupnya.
  • Pecel punten khas Kediri siap dihidangkan.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang pecel punten Kediri yang begitu terkenal dan unik. Hidangan yang memadukan bumbu kacang, petis dan sayuran segar ini memang jadi kuliner wajib kalau Sedulur berkunjung ke Kediri. Namun, kalau tak sempat, Sedulur juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep kali ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat membuatnya.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!