Salah satu makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh terlewat untuk Sedulur cicipi adalah gethuk pisang. Makanan ini sering dijuluki sebagai raja cemilan Jawa Timur karena rasanya yang lezat dan unik.

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini sendiri memiliki karakter yang legit dengan dominasi rasa manis. Namun, ada yang membuat gethuk pisang wajib masuk dalam daftar makanan untuk dicicipi selama hidup. Apa itu? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Bakso Enak di Surabaya yang Harus Dicoba!

Sejarah gethuk pisang

Gethuk pisang khas Kediri
Endeus TV

Makanan tradisional dari Kediri ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Bahkan, gethuk sempat menjadi penyelamat masyarakat Indonesia saat mengalami krisis pangan di masa lalu.

-->

Dalam beberapa arsip yang dilansir dari Kediripedia, jejak pembuatan gethuk pisang pertama kali ditemukan saat masa penjajahan Jepang yang berlangsung pada tahun 1940-an. Pada masa tersebut, masyarakat benar-benar sengsara dan mengalami kondisi kelaparan yang sangat mengenaskan.

Namun, ribuan pohon pisang raja yang tumbuh di sepanjang Sungai Brantas menjadi anugerah untuk masyarakat kala itu. Ukuran pisang yang besar lantas dicoba diolah dengan cara dikukus. Hasilnya, adonan kukusan pisang ini memiliki rasa yang enak dan mampu menjadi makanan pengganti untuk masyarakat yang kelaparan.

Sejak saat itu, gethuk pisang terus dibuat dan perlahan menjadi makanan tradisional masyarakat di Kediri dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Resep Mango Sticky Rice untuk Ide Camilan Manis di Rumah

Rasa gethuk makin lezat

Gethuk
Fimela

Transformasi gethuk pisang mencapai puncak ketika mulai dikembangkan oleh orang keturunan Tionghoa Kediri. Makanan ini, mulai dimasak dengan cara yang lebih baik sehingga rasa yang dihasilkan menjadi lebih lezat.

Salah satunya adalah proses pengukusan yang menggunakan daun pisang sehingga membuat aroma dan rasa makanan ini semakin kompleks. Tak hanya itu saja, dengan proses memasak yang alami, membuat kandungan nutrisi dari pisang tetap terjaga dan baik untuk orang-orang yang sedang menjalani diet.

BACA JUGA: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian Terenak dengan Modal Kecil

Resep gethuk pisang

Gethuk pisang khas Kediri
Uminda Cakies

Bila Sedulur tertarik untuk membuat makanan khas Jawa Timur yang memiliki warna merah hati ini, ternyata prosesnya cukup mudah dan simpel lho. Kamu cukup menyiapkan pisang raja dan gula sebagai bahan utamanya dan bahan lainnya berikut ini.

  • 1 sisir pisang raja setengah matang
  • 25 gram tepung beras
  • 40 gram tepung tapioka
  • 1 sdt vanili
  • 6 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Untuk langkah pembuatannya, Sedulur bisa mengikuti tahapannya berikut ini:

  • Kukus pisang yang sudah dicuci bersih kulitanya. Proses ini dilakukan sekitar 30 menit sampai pisang benar-benar matang.
  • Keluarkan pisang dan tunggu sampai dingin sebentar. Kupas kulit dan tumbuh dengan garpu pada bagian daging pisang.
  • Masukkan daging pisang yang sudah dilumat ke dalam wadah besar, campur dengan tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, vanili, dan garam. Uleni sampai semua bahan-bahan tadi tercampur rata dan kalis.
  • Persiapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, mulai masukkan adonan pisang dan bentuk menyerupai lontong. Ikat pada kedua ujungnya atau tusuk dengan lidi. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Persiapkan panci untuk mengukus lontong gethuk pisang. Panaskan terlebih dahulu, baru masukkan semua lontong. Masak kembali dengan api sedang selama 45 menit.
  • Bila sudah, keluarkan lontong gethuk pisang dan dinginkan. Potong kecil dan makanan khas Jawa Timur ini siap dihidangkan.

Umumnya, proses memasak gethuk pisang bisa memakan waktu yang lebih lama. Bahkan pada beberapa cara tradisional, proses pengukusan gethuk pisang agar memiliki rasa maksimal dan tekstur legit terbaik diperlukan waktu hingga 10 jam lho.

Demikian tadi sejarah singkat tentang gethuk pisang dan cara membuat resepnya di rumah. Semoga informasi ini bisa menjadi pelega rasa penasaran Sedulur tentang berbagai macam makanan unik yang ada di Jawa Timur.

Bila Sedulur ingin mencari bahan membuat gethuk pisang khas Kediri, jangan lupa untuk belanja di Aplikasi Super. Berbagai macam kebutuhan seperti tepung beras, tepung tapioka, garam dan gula tersedia dengan lengkap. Harganya pun murah dan terjangkau, jadi tidak akan membuat kantong Sedulur jebol.

Aplikasi Super juga memiliki fitur gratis ongkir yang akan menambah pengalaman belanja Sedulur semakin mudah. Jadi buruan download aplikasinya sekarang juga ya!