kuliner mojokerto

Salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keragaman kuliner adalah provinsi Jawa Timur. Kelezatan cita rasa kuliner di provinsi ini tidak usah diragukan lagi. Setiap daerah pun memiliki suguhan yang kelezatannya sudah sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner, salah satunya adalah kuliner Mojokerto. 

Cita rasa kuliner Nusantara memang sangat beragam dan gak pernah ada habisnya. Setiap daerah memiliki kuliner andalannya masing-masing. Bahkan seringkali masakan khas daerah menjadi buruan para pecinta kuliner.

Walaupun bukan termasuk kota besar di Jawa Timur, namun Mojokerto menjadi satu kota yang cukup terkenal. Kota kecil ini juga menyuguhkan beberapa makanan khas Mojokerto yang akan memanjakan lidah. Racikan resepnya membuat para penikmat kuliner menjadi ketagihan.

BACA JUGA: 6 Tempat Ayam Kesrut Banyuwangi Terenak, Segar dan Pedas!

Rekomendasi Kuliner Mojokerto

Jika Sedulur berkunjung ke daerah Mojokerto, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa kuliner yang ada di sana. Berikut ini rekomendasi kuliner Mojokerto yang menggugah selera. Simak daftarnya di bawah ini!

1. Warung Pecel Mbak Toety

kuliner mojokerto
Unsplash/Tubagus Topan

Kuliner nasi pecel memang sangat mudah ditemui di setiap daerah di Jawa Timur, salah satunya di Mojokerto. Buat Sedulur yang sedang berada di Mojokerto, tidak ada salahnya untuk mampir ke warung nasi pecel legendaris warung Mbak Toety ini.

Ciri khas nasi pecel Mbak Toety adalah penyajiannya menggunakan alas dari daun pisang sehingga membuat rasanya menjadi lebih nikmat dan berbeda dari nasi pecel lainnya. Dalam seporsi nasi pecel, Sedulur bisa mendapatkan nasi, sayuran berupa kecambah, kacang panjang, hingga kangkung yang disiram dengan sambel pecelnya yang gurih namun tidak terlalu pedas.

Untuk penggemar pedas, Sedulur juga bisa menambahkan sambal sendiri sesuai selera. Seporsi nasi pecel di Warung Mbak Toety ini juga terbilang cukup ramah di kantong, yaitu Rp12 ribu saja. Lokasinya di Jl. Bhayangkara No.12, Mergelo, Miji, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Jam operasional setiap hari mulai pukul 17.00 WIB.

2. Depot Mie Pemuda

Depot Mie Pemuda bertempat di Jalan Empunala Nomor 281, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto ini buka dari jam 10.00 hingga 21.00 WIB. Menu andalannya tak lain adalah nasi goreng dan bakmi. Di samping itu, menu lainnya juga tak kalah lezat. Seperti capcay, koloke, mie goreng, dan fuyunghai.

Harga yang dipatok mulai Rp5 ribu hingga Rp45 ribu per porsi. Pelayanan sangat cepat dan ramah menjadi salah satu daya tarik para pecinta kuliner malam hari. Kalau Sedulur ingin makan olahan mie atau nasi dalam satu tempat, Depot Mie Pemuda bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Bakso Barongan

Bakso barongan berada di Jalan Raya Canggu Nomor 56, Dusun Balongsono, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Karena dikenal murah dan tekstur baksonya yang lembut, tak heran setiap hari bakso ini ramai pembeli. Sehingga jam bukanya dimulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. 

Ada keunikan tersendiri dari warung Bakso Barongan yang semula buka di pekarangan yang ditumbuhi bambu atau biasa disebut barongan itu. Menu bakso yang disediakan sangat variatif. Dari 20 menu yang disajikan, bakso kikil dan bakso besar biasanya habis lebih awal. Harga sangat terjangkau, mulai Rp6 ribuan saja per porsi. 

4. Sego Goreng Klotok Kolam Segaran

Tempat mangkal kuliner sego goreng klotok ini bisa ditemukan di depan Balai Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Menghadap persis Kolam Segaran Trowulan. Nasi goreng ini digemari pecinta kuliner dari berbagai kalangan. Lantaran cita rasanya yang khas beraroma ikan klotok. Per porsinya, dibanderol Rp11 ribuan saja. 

Kamu juga bisa request dadar telur sebagai pelengkap saat menyantapnya di lokasi. Taburan daun jeruk purut pada setiap osengan, hingga sejumput klotok dan teri yang menyatu dengan bumbu, membuat nasi goreng itu diminati banyak pembeli, khususnya malam hari. Nasi Goreng Klotok Kolam Segaran atau Cak Gondrong ini biasa buka dari jam 19.00 hingga 00.00 malam.

5. Sambelan Cak Muk

Kuliner penyetan di Mojokerto bisa Sedulur coba dengan mengunjungi Warung Cak Muk. Warung makan ini menyediakan berbagai aneka penyetan mulai dari ayam, bebek, tahu tempe, ikan nila, lele, gurame, telur dadar, cumi-cumi, tumis kangkung, dan lain-lain. Uniknya, di warung ini Sedulur bisa ambil nasi sepuasnya dengan mematok harga yang sama. 

Untuk seporsi naskot ekonomis hanya dibanderol dengan harga Rp21 ribu. Dengan harga segitu, Sedulur akan mendapatkan nasi, ayam broiler, tahu goreng, terong balado, kering tempe, sambel dan lalapan. Lokasinya di Jl. Taman Siswa No.49, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto. Untuk jam operasional setiap hari, 09.00-23.00 WIB.

BACA JUGA: Uniknya Kuliner Pecel Punten Kediri, Gurih dan Nikmat!

6. Bakwan Erna

Resep oseng terong
Pexels/Polina Tankilevitch

Bakwan Erna merupakan salah satu bakwan yang paling terkenal di Mojokerto. Pecinta kuliner kuah hangat yang sedang berada di Mojokerto wajib banget mampir ke sini. Penyajian Bakwan Erna sendiri serupa dengan penyajian bakso.

Alasan lain adalah Bakwan Erna merupakan kuliner sehat karena dibuat tanpa menggunakan pengawet. Sambal yang digunakan pun merupakan sambal homemade dengan racikan sendiri sehingga membuat rasanya menjadi khas dan enak pastinya. 

Seporsi menu di Bakwan Erna bisa Sedulur dapatkan hanya dengan R 20 ribu saja. Lokasi di Jl. Letkol Sumarjo No. 109, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Jam operasional setiap hari, 08.00-16.30 WIB. Siomay ayam kukus menjadi menu best seller, karena disajikan dengan saus kacang yang kental dan lezat. Jadi, wajib Sedulur coba!

7. Soto Daging H. Sukron Mahmud

Soto Daging Madura H. Sukron Mahmud adalah salah satu kuliner legendaris di Mojokerto yang cocok dijadikan sebagai jujukan kuliner malam hari. Warung yang berada di Jalan Mojopahit No 555, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, ini kerap jadi ampiran favorit pecinta kuliner.

Menawarkan soto daging ala Madura dengan kuah soto segar dan gurih karena mengandalkan rempah-rempah Nusantara. Per porsi soto lengkap dengan topping daging sapi. Satu porsi soto dagingnya hanya Rp25 ribu. Warung ini biasa dikunjungi pelanggan dari jam 07.00 hingga 21.00 malam.

8. Rawon Kates Trowulan

Selanjutnya adalah warung legendaris rawon kates (pepaya muda). Lokasinya berada di Jalan Telogo Gede, Desa/Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Warung ini hanya menyajikan makanan tradisional, berupa seporsi rawon atau pecel.

Meski hanya ada lauk tempe goreng, namun cita rasanya yang nikmat membuat siapa pun akan ketagihan dan mampir lagi. Harganya pun relatif terjangkau, hanya Rp5 per porsi, membuat semua kalangan selalu mengingat warung tersebut. Kuliner malam ini semula buka pukul 01.00 ini, sekarang memilih buka lebih awal, yakni jam 24.00. 

9. Titik Kumpul Pacet (TKP)

Titik Kumpul Pacet (TKP) berada di Dusun Keramat Jetak, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, biasa buka dari jam 10.00 hingga 22.00. Setiap hari Senin hingga Jumat. Salah satu food court di Kabupaten Mojokerto ini tidak hanya menyuguhkan menu dengan harga terjangkau. 

Namun, juga menghadirkan pemandangan indah dan konsep Instagramable. Menu yang ditawarkan dari harga Rp3 ribu hingga Rp36 ribu per porsi. Sedangkan untuk paket hemat untuk dinikmati ramai-ramai bareng keluarga dan teman, dibanderol Rp105 ribu hingga Rp270 ribu.

10. Pangsit Mie Benteng Pancasila

Diberi nama Pangsit Mie Benteng Pancasila karena lokasinya berada di kawasan Jalan Benteng Pancasila. Tepatnya di Jalan Benteng Pancasila Nomor 25, Balongsari, Magersari, Kota Mojokerto. Tempat makan ini menyuguhkan sajian mie ayam dengan pangsit yang rasanya lezat.

Selain itu juga disediakan bakwan sebagai menu tambahan yang dapat menambah kenikmatan sajian mie ayam yang Sedulur pesan. Mie yang disajikan di sini diolah sendiri oleh penjualnya, sehingga memiliki rasa yang khas.

Tempat makan tersebut memiliki cukup banyak penggemar, karena selain rasanya yang menggoyang lidah, harga makanannya pun juga terjangkau.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Cafe di Surabaya Utara yang Paling Hits

11. Warung Nasi Mbok Sum

Unsplash/Fikri Nyzar

Warung Nasi Mbok Sum sering menjadi jujukan masyarakat Kota Mojokerto untuk berburu kuliner malam dengan harga merakyat. Cita rasa yang tak kalah dari dengan masakan  depot membuat warung ini ramai pembeli. Warung nasi di Lingkungan Kemasan, Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon tersebut menyuguhkan menu kuliner tradisional lezat dan nikmat. 

Seperti rawon, pecel, dan lodeh. Dengan lauk pauk tempe goreng, tahu, telur, dan bistik daging. Semua menu tersebut dipatok harga Rp7 ribu per porsi. Warung ini biasa buka mulai jam 16.00 sore dan tutup pada pertengahan malam.

12. Bubur Seruntul Bu Saudah

Kuliner legendaris di Mojokerto selanjutnya adalah bubur sruntul dari warung Bu Saudah. Warung bubur ini telah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan saat ini tengah dijalankan oleh generasi kedua.

Tekstur dari sruntul ini kenyal dan lembut di mulut serta memiliki rasa yang legit. Tambahan jenang sumsum, dawet ijo serta mutiara yang disiram dengan kuah santan yang gurih membuat rasa dari sruntul ini semakin enak.

Harga yang ditawarkan untuk seporsi bubur Bu Saudah pun cukup murah yaitu Rp7 ribu saja. Lokasi di Jl. Mayjen Sungkono, Mergelo, Wates, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Jam operasional setiap hari, 07.00-13.30 WIB.

13. Onde-onde Bo Liem

Jika ke Mojokerto, bisa dibilang Sedulur wajib untuk membeli onde-ondel di kota berjuluk kota onde-onde ini. Salah satu tempat terkenal menjual onde-onde adalah Onde-onde Bo Liem Jr.

Toko ini telah dirintis sejak 1929 oleh sosok Bo Liem. Kemudian diteruskan oleh anak-anaknya yakni Lelly, Yanick, dan Yolly. Dari dulu hingga kini, cita rasa onde-onde Bo Liem tidak pernah berubah karena bahan yang digunakan berkualitas. Onde-onde Bo Liem Jr. berlokasi di Jalan Empu Nala 43, Mojokerto. Kedai ini buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

14. Es Durian Pak Trimo

Penggemar es atau durian yang sedang berada di Mojokerto wajib banget buat merapat ke Es Durian Pak Trimo nih. Pasalnya, es durian di sini sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan segar, apalagi jika dinikmati saat cuaca panas. Es durian Pak Trimo ini berisi kelapa muda dengan durian legit yang disiram dengan sirup racikan sendiri sehingga menghasilkan rasa manis yang khas dan pas di lidah.

Tak hanya menyediakan es durian, warung ini juga memiliki menu es degan duren, es oyen duren, es ketan duren, es teler hingga pentol pedas. Seporsi es degan duren di tempat ini dibanderol dengan harga Rp35 ribu. Lokasi di Jl. Gajah Mada No.49, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Untuk jam operasional setiap hari, 13.00-20.00 WIB.

15. Sate Bangil Bang Soleh

Setiap daerah punya ciri khas sate masing-masing. Sate bangil khas Mojokerto adalah salah satu kuliner khas yang bisa Sedulur coba. Salah satu yang terkenal adalah Sate Bangil Bang Soleh yang terletak di Jalan Majapahit Nomor 428, Mojokerto. Di sini, Sedulur bisa pilih sendiri isian sate sesuai selera. 

Ada lemak dengan daging, tanpa lemak, atau jeroan yang bisa Sedulur pilih dijadikan sate. Satu tusuknya berisi tiga sampai empat potong daging kambing. Satu porsi biasa berisi 10 tusuk sate, disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan sedikit sambal. Kedai Sate Bangil Bang Soleh buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

16. Spesial Cobek Bakar Yu’Um

Berikutnya ada tempat makan bernama Spesial Cobek Bakar Yu’Um yang cocok dikunjungi bagi para pecinta pedas. Pasalnya, makanan di sini disajikan dengan sambal lezat di atas cobek yang dibakar.

Berbagai pilihan lauk tersedia untuk disantap bersama nasi, mulai dari ayam, ikan, dan lain-lain. Rasanya lezat dan sangat menggugah selera. Alamat di Jl. Kedung Sari No.10, Mergelo, Gn. Gedangan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61315

17. Botok Tempe Mbah Parti

kuliner gresik
Unsplash/AF

Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah makanan berat yang tak kalah nikmat, yaitu botok tempe. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional Mojokerto yang terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya dan juga tempe.

Salah satu botok tempe yang paling terkenal di Mojokerto yakni Botok Mbah Parti yang biasa buka dari pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Satu porsi botok tempe dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp5 ribu per porsinya.

Itulah tadi daftar rekomendasi kuliner Mojokerto yang wajib Sedulur coba. Selain kaya akan destinasi wisata sejarah dan budaya, Mojokerto juga dikenal dengan ragam kulinernya. Perlu dicatat juga bahwa harga di atas bisa saja berubah-ubah setiap waktu ya. Kalau Sedulur penasaran dengan menu yang mana nih?