ayam kesrut banyuwangi

Ketika berkunjung ke suatu tempat, tentu rasanya tidak akan lengkap jika belum mencoba kuliner khas dari tempat tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Sedulur berkunjung ke Banyuwangi, ayam kesrut Banyuwangi menjadi hidangan khas yang wajib untuk dicoba.

Ayam kesrut sendiri memang dikenal sebagai salah satu kuliner khas Banyuwangi yang nikmat di lidah. Kuliner yang satu ini, merupakan salah satu menu tradisional yang konon telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Nah, bagi yang sedang berada di Banyuwangi dan penasaran ingin mencicipi hidangan tersebut, berikut ini beberapa kedai ayam kesrut yang dapat dikunjungi!

BACA JUGA: 16 Makanan di Surabaya Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Ayam Kesrut Kanggo Riko Mbak Novi

ayam kesrut banyuwangi
Unsplash/Jarritos Mexican

Rekomendasi kedai ayam kesrut Banyuwangi yang pertama adalah Ayam Kesrut Kanggo Riko Mbak Novi. Menu ayam kesrut di tempat ini, yakni terdiri dari sebakul nasi putih, ayam goreng, ayam kesrut, sayuran rebus, lalapan, tempe goreng, serta sambal terasi.

Walaupun harus mengantri, namun dijamin akan langsung terbayar dengan porsinya yang mampu membuat kenyang dalam waktu lama. Ya, menu di sini memang lebih cocok untuk disantap beramai-ramai. Untuk rasanya juga sudah dijamin tidak akan mengecewakan.

Ayam kesrut yang disajikan sukses menggoyangkan lidah dengan kuahnya yang sangat nikmat. Begitu diseruput akan terasa sensasi segar yang berpadu dengan citarasa gurih asam, dan pedas. Untuk potongan daging ayamnya juga pas dan empuk.

  • Alamat: Desa Segobang, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp25.000

2. Ayam Kesrut Waroeng Kemarang

Ayam Kesrut Waroeng Kemarang menghadirkan suasana pedesaan khas Banyuwangi pada kedainya. Pepohonan serta tanaman hijau menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan di saat menyantap hidangan ayam kesrut yang disajikan.

Bahkan jika beruntung, Sedulur dapat menikmati hidangan sekaligus nonton pertunjukan tari tradisional dengan iringan musik gamelan yang khas. Ya, kedai ini memiliki beberapa gubug dengan posisi yang  menghadap ke area sawah.

Spot ini sering menjadi favorit bagi para pengunjung. Selain bisa makan sambil lesehan, semilir angin mampu memberi hawa sejuk. Selain ayam kesrut, Sedulur juga bisa menyantap nasi tempong dengan citarasa pedas sambal yang menggigit lidah.

  • Alamat: Jalan Perkebunan Kalibendo Km 5, Desa Tamansuruh, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp20.000

3. Ayam Kesrut Warung Umbul

Rekomendasi waring ayam kesrut Banyuwangi yang berikutnya ada Ayam Kesrut Warung Umbul. Beberapa potong ayam kampung yang dicampur bersama kuah dengan citarasa asam manis menjadi andalan dari warung yang satu ini.

Tidak lupa, taburan daun bawang akan membuat kuahnya terasa jauh lebih sedap. Belum lagi dengan penambahan tempe penyet dan nasi, menjadi pendamping yang sangat cocok buat menyantap ayam kesrut di kedai yang satu ini.

Pokoknya Sedulur akan rugi jika datang kesini, namun hanya memesan satu porsi ayam kesrut saja. Dengan beberapa menu tambahan yang tersedia, tentu saja akan membuat pengalaman menyantap ayam kesrut semakin nikmat dan tak terlupakan.

  • Alamat: Dusun Panggung, Desa Banjar, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp15.000

BACA JUGA: Sego Sambel Cak Uut: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Menu

4. Pondok Makan Uyah Asem Bu Erni

ayam kesrut banyuwangi
Unsplash/Ke Vin

Bu Erni, pemilik dari Pondok Makan Uyah Asem, dikenal karena keahliannya dalam memasak hidangan khas Banyuwangi, terutama hidangan berbahan dasar ayam dan ikan laut seperti ikan kakap, pari, atau jenis ikan lainnya yang disajikan dengan bumbu asam yang lezat.

Pondok Makan Uyah Asem Bu Erni biasanya menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi untuk mencicipi hidangan khas daerah tersebut. Kelezatan hidangan dan membuat tempat ini menjadi salah satu tempat makan yang populer di kota Banyuwangi.

Uyah asem atau ayam kesrut di tempat ini memang menjadi menu favorit yang seringkali dipesan oleh para pengunjung. Untuk satu porsinya, berupa ayam kesrut lengkap dengan nasi, sambal teri, tempe goreng, dan juga teh.

  • Alamat: Jalan Raya Glagah Dusun Jambean, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp20.000

5. Ayam Kesrut Pesantogan Kemangi

Kedai makan yang satu ini dapat menjadi referensi bagi yang ingin mengenal masakan khas suku osing Banyuwangi, ayam kesrut. Berisikan potongan ayam kampung muda, sayur buncis, dan dilengkapi dengan irisan belimbing wuluh dan tomat ranti, memberikan rasanya gurih, asem dan sedikit pedas.

Tidak hanya ayam kesrut, menu pecel pitik juga seringkali dipilih oleh para pengunjung. Bahkan, tempat makan bernuansa lokal ini juga menyajikan berbagai macam jajanan khas seperti cucur, serabi, pisang goreng dan klemben.

Tersaji dengan hangat membuat aneka jajanan tersebut terasa jauh lebih nikmat pada saat dinikmati. Ya, sangat cocok dijadikan sebagai teman minum kopi robusta yang juga menjadi salah satu sajian terkenal di kedai makan ini.

  • Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 12.00 sampai 22.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp15.000

6. Warung Isun Bu Muk

Unsplash/Fikri Nyzar

Rekomendasi kedai ayam kesrut Banyuwangi yang terakhir adalah Warung Isun Bu Muk. Warung Isun Bu Muk sendiri merupakan salah satu resto di Banyuwangi yang menjual berbagai macam olahan ayam dan daging, mulai dari olahan tradisional sampai yang modern sekalipun.

Beberapa menu yang bisa ditemukan di kedai makan ini, antara lain seperti ayam kesrut, ayam geprek, ayam geprek katsu, nasi rendang ayam, kesrut kikil sapi, pecel pitik, empal sayur asem, ayam pedas, pepes sayur bening, soto ayam, soto daging, dan masih banyak lagi.

Banyaknya ragam menu yang dihadirkan, tentu saja membuat Sedulur bisa dengan bebas menentukan hidangan apa yang ingin disantap. Keragaman ini juga membuat Warung Isun Bu Muk cocok dikunjungi bersama teman, saudara, dan keluarga dengan selera yang berbeda-beda.

  • Alamat: Jalan Kepiting, Komplek Pujasera, Dulur Isun, Blok B5, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam operasional: Mulai dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB
  • Harga : Paket mulai dari Rp27.000

Nah, dari beberapa kedai makan ayam kesrut Banyuwangi yang sudah disebutkan di atas, kira-kira mana kah yang akan menjadi tujuan Sedulur? Yang manapun itu, pastikan untuk memesan hidangan terbaik, ya!