saus mentai

Mentai menjadi menu makanan yang populer belakangan ini. Salah satu olahannya yang paling terkenal yaitu saus mentai. Sedulur mungkin bertanya-tanya, saus mentai berasal dari mana? Mentai maupun sausnya merupakan makanan khas Jepang. Di Jepang, namanya dikenal dengan mentaiko.

Saus mentai pedas atau tidak? Sebenarnya, saus mentai asli identik dengan rasa yang gurih, asam, dan sedikit pedas. Saus ini biasa dioles atau dituangkan pada makanan seperti salmon, ayam, udang, hingga nasi untuk menambah kelezatan. Untuk mengetahui seperti apa rasa saus mentai, Sedulur tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepang. Sedulur bisa membuat dan mencicipinya sendiri di rumah.

Nah, bagaimana cara membuat saus mentai dan apa saja bahan-bahannya? Simak pembahasannya di artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA: Resep Zuppa Soup Ayam Jagung yang Lembut dan Gurih

Apa itu mentai?

Young Ocean

Sebelum masuk ke saus mentai resep, Sedulur perlu tahu pengertian mentai terlebih dahulu. Mentai merupakan olahan khas Jepang berupa telur ikan pollack, sejenis kod. Seperti yang dibahas sebelumnya, di Jepang makanan ini sering disebut mentaiko. Mentaiko berbahan dasar kantong telur ikan pollack utuh yang diawetkan dengan garam, lalu diasinkan dalam berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Rasa makanan ini sangatlah gurih dan sedap. Hal ini berkat air garam dan bumbu yang digunakan dalam pengolahannya. Orang Jepang biasanya memakan mentai secara langsung maupun disajikan sebagai pendamping saat minum sake. Tidak hanya itu, makanan ini juga paling sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti saus mentai dan onigiri.

Asal-usul

Fun! Japan

Mentaiko menjadi populer di Jepang setelah Perang Dunia Kedua. Di Jepang, sebagian besar mentaiko berasal dari Fukuoka, sebuah kota di Pulau Kyushu. Mentaiko terkadang disebut karashi yang berarti telur ikan pedas. Olahan mentai jenis karashi ini dibumbui dan dibaluri dengan togarashi, atau cabai merah khas Jepang untuk sensasi ekstra pedas.

Selain Jepang, di Korea juga ada olahan telur ikan pollack yang diasinkan mirip dengan mentai. Olahan ini bernama myeongnam-jeot. Bahkan, beberapa sumber memperkirakan bahwa mentai berasal dari Korea. Nama mentaiko diperkirakan diambil dari bahasa Korea serumpun myeongtae yang berarti ikan pollack Alaska.

BACA JUGA: Resep Membuat Saus Spaghetti yang Mudah Dibuat Sendiri

Bahan saus mentai

saus mentai
Jaja Bakes

Saus mentai adalah olahan mentai yang paling sering ditemukan di Indonesia. Bahkan, lebih populer dari hidangan mentainya sendiri. Saus ini sering ditambahkan dalam hidangan seperti salmon, ayam, daging sapi, dan nasi. Bahan utama saus ini yaitu kombinasi mentaiko dan mayones.

Jika tidak ada telur ikan pollack atau mentaiko, Sedulur bisa menggantinya menggunakan telur ikan tobiko. Biar lebih jelas saat membuat sausnya, Sedulur bisa mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini.

  • 180 ml mayones
  • 1 sendok makan karashi mentaiko (telur pollack asin pedas)
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok teh saus cabai (opsional)
  • 2 sendok teh perasan lemon
  • 2 sendok teh kecap asin (opsional)

Cara membuat saus mentai

saus mentai
KlikDokter

Cara buat saus mentai sangatlah mudah. Sedulur bisa mencampur karashi mentaiko dan mayones saja, namun rasanya lebih hambar karena minim rempah. Bahan-bahan di atas sudah dimodifikasi dengan berbagai bumbu agar rasanya lebih kaya dan sesuai selera masyarakat Indonesia. Adapun langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan kulit bagian luar mentaiko sudah terpotong. Keluarkan bagian dalamnya, ambil sekitar 1 sendok makan saja.
  2. Tuangkan mayones, saus tomat, madu, saus cabai, perasan lemon, dan kecap asin ke dalam karashi mentaiko.
  3. Aduk hingga merata dan koreksi rasa.
  4. Saus siap disajikan bersama lauk favorit.

Itulah penjelasan lengkap tentang mentai dan cara membuat sausnya. Sangat mudah, ‘kan? Sedulur dapat mencobanya untuk menambah variasi menu makanan di rumah. Jangan lupa menggunakan bahan-bahan yang berkualitas agar cita rasanya tetap terjaga, ya. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.