Puding lumut merupakan salah satu kreasi camilan manis. Warna hijau dari puding yang terlihat seperti lumut menjadi inspirasi dibalik pemberian namanya. Biasanya puding satu ini disajikan sebagai salah satu menu takjil untuk buka puasa di bulan Ramadan dan juga sebagai sajian dessert di setiap restoran.

Dalam beberapa tahun belakang, puding jenis ini kembali populer dengan berbagai macam kreasi. Warna hijau yang terdapat pada puding ini berasal dari bahan pandan, hal itu juga yang membuat puding ini memiliki aroma yang sangat wangi. Sedulur bisa membuat sendiri puding tanpa harus menunggu bulan Ramadan. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Resep Praktis Puding Alpukat, Super Enak & Lembut Banget!

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan
greatnesia

Dalam resep puding lumut, bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuatnya adalah:

-->
  • 600 ml air
  • 10 sdm gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 2 butir telur ayam, kocok
  • 120 ml santan cair
  • 10 lembar daun suji
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2-3 tetes pewarna makanan, jika perlu

Bagi Sedulur yang tidak berkenan menggunakan pewarna makanan, Sedulur bisa menggantinya dengan daun pandan yang dihaluskan terlebih dahulu. Lalu peras hingga mengeluarkan saripatinya. Jika ingin puding dengan warna yang berbeda, Sedulur bisa membuat puding gula merah, dengan warna merah kecoklatan.

BACA JUGA: Resep Puding Gula Merah Super Kenyal, Mudah & Murah!

Cara membuatnya

Cara membuat puding lumut
resepedia

Setelah Sedulur menyiapkan bahannya, langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam cara membuat puding lumut adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama dalam cara buat puding lumut santan adalah mencampurkan air, gula pasir, agar-agar, santan, telur yang telah dikocok lepas, garam dan vanili dalam satu wadah.
  2. Lalu haluskan daun suji dan daun pandang dengan cara diblender, kemudian saring dan masukkan dalam adonan dan duk hingga rata.
  3. Pindahkan ke dalam panci dan masak menggunakan api sedang. Sambil dimasak, Sedulur harus sambil terus mengaduknya.
  4. Selain agar merata, tujuan adonan puding lumut pandan harus selalu diaduk saat dimasak agar tekstur yang dihasilkan nantinya sangat lembut.
  5. Setelah memasaknya selama 10-15 menit, selanjutnya mengangkat dan memindahkannya pada cetakan puding. Diamkan terlebih dahulu hingga puding lumut mentega agak keras.
  6. Setelah agak keras dan dingin, Sedulur bisa memindahkan puding ke lemari es atau freezer. Sambil menunggu punding dingin, Sedulur bisa membuat saus vla atau saus lainnya.
  7. Resep puding lumut anti gagal pun telah selesai dan siap Sedulur santap.

Selain resep puding di atas, Sedulur juga bisa membuat puding lumut gula merah sebagai variasi warna yang dihasilkan atau sebagai variasi puding agar bisa menikmati puding tidak hanya satu jenis saja. Sedulur bisa mengikuti langkah di atas dan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Lalu memasaknya sendiri di rumah.

Sekian pembahasan resep dan puding lumut di atas, semoga bisa menjadi panduan bagi Sedulur yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahannya, agar lebih praktis dan menguntungkan Sedulur bisa membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa cek langsung, namun bagi yang belum memiliki aplikasinya, bisa klik di sini untuk download terlebih dahulu. Selamat mencoba!