makanan khas jakarta

Seperti yang kita tahu, Jakarta merupakan kota paling padat di Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta menjadi kota yang seringkali menjadi tujuan bagi para wisatawan. Selain banyaknya tempat wisata, salah satu daya tariknya berasal dari makanan khas Jakarta.

Jika dibandingkan dengan makanan tradisional Indonesia dari daerah-daerah yang lain, makanan dari Jakarta tentu saja tidak kalah nikmat. Bahkan ada pula makanan khas yang benar-benar klasik dan sampai sekarang rasanya masih tetap sama, lho.

Nah, penasaran apa saja makanan khas Jakarta yang wajib untuk dicoba? Langsung saja, berikut ini daftarnya.

BACA JUGA: 25 Makanan Khas DKI Jakarta Paling Enak yang Harus Dicoba

1. Asinan Betawi

makanan khas jakarta
Endeus

Yang pertama ada asinan Betawi, hidangan khas yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti tauge, selada, sawi, dan juga kembang kol dengan tambahan tahu di dalamnya. Untuk kuah dari asinan Betawi tersebut, menggunakan bumbu kacang.

Namun tidak hanya bumbu kacang saja, kuah tersebut ditambah campuran cuka serta cabai sehingga menghadirkan rasa yang pedas dan segar. Sedulur dapat menemukan banyak pedagang asinan Betawi yang berkeliling atau berjualan di pinggir jalanan Jakarta, terutama di dekat tempat wisata.

Harganya dari makanan ini pun masih cukup terjangkau. Untuk satu porsinya, umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp10 ribu sampai Rp20 ribu rupiah tergantung dengan porsinya.

2. Kerak telor

makanan khas jakarta
Wikipedia

Mungkin makanan khas Jakarta kerak telor sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. Ya, makanan khas yang satu ini memang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Jadi jika Sedulur berkunjung ke ibu kota, pastikan untuk mencoba kerak telor.

Kerak telor sendiri terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi kering bawang goreng, dan juga bumbu halus khusus. Pembuatan kerak telor ini juga terbilang cukup unik, karena wajannya akan ikut dibalik supaya bagian atas kerak telor bisa matang dengan sempurna.

Sama seperti asinan, harga kerak telor juga terjangkau, yakni berkisar antara Rp10 ribu rupiah jika menggunakan telur ayam dan Rp15 ribu rupiah jika memakai telur bebek.

3. Gabus pucung

makanan khas jakarta
Butiqa Hotels

Gabus pucung merupakan salah satu makanan khas Jakarta Selatan yang harus Sedulur coba. Ya, banyak yang bilang jika makanan ini mirip seperti rawon. Kemiripan tersebut memang terlihat dari kuahnya yang berwarna hitam karena menggunakan pucung, bumbu yang sama seperti rawon.

Nah, proses pembuatan gabus pucung itu sebenarnya juga cukup mudah. Terlebih lagi saat ini ada banyak resep gabus pucung yang bisa didapatkan di internet. Rasa daging gabus yang kenyal, benar-benar terasa nikmat apalagi dengan perpaduan kuah asam pedas.

4. Nasi uduk

makanan khas jakarta
Grid

Berikutnya ada makanan khas Jakarta Barat yang pastinya semua orang sudah tahu. Nasi uduk adalah makanan khas yang kini dapat Sedulur temukan di berbagai wilayah di Indonesia dengan mudah. Sekilas, nasi ini sangat mirip dengan nasi ulam, hanya saja lauknya berbeda dan lebih gurih.

Cara untuk membuat nasi uduk khas Jakarta ini juga sangat mudah, lho. Sedulur hanya perlu mengukus beras dengan santan, kemudian diberi bumbu seperti garam, merica, penyedap, dan lain sebagainya.

Apabila sudah matang, maka nasi tersebut bisa langsung disajikan dengan berbagai lauk seperti emping goreng, abon, telur, timun, ayam, tempe, dan juga sambal kacang. Jangan lupa pula untuk menambahkan taburan bawang goreng.

5. Kue pancong

makanan khas jakarta
Fimela

Bisa dibilang jika kue pancong menjadi salah satu makanan khas Betawi yang hampir punah. Oleh sebab itu, kita harus selalu melestarikan makanan yang legendaris ini. Untuk saat ini, kue pancong asli juga sudah mulai sulit untuk ditemukan.

Mungkin Sedulur bisa menemukan beberapa penjual kue pancong di berbagai tempat, namun biasanya kue pancong tersebut bukanlah asli melainkan hasil modifikasi.

Jadi, kue pancong khas Jakarta yang asli ini biasanya berbentuk setengah lingkaran memanjang dan warnanya coklat kekuningan. Cara untuk membuat kue pancong sebenarnya cukup sederhana. Sedulur hanya perlu mencampurkan beras ketan, kelapa parut, serta daun pandan. Kemudian tinggal dikukus.

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Madura yang Menggiurkan, Bukan Cuma Sate!

6. Kembang goyang

Dapur Kintamani

Jika Sedulur sedang mencari makanan khas Jakarta untuk oleh-oleh, maka bisa memilih kembang goyang. Kembang goyang menjadi salah satu jenis makanan khas Jakarta yang sampai saat ini masih dapat Sedulur temukan di berbagai tempat.

Nama dari kembang sendiri diberikan karena bentuknya yang sangat mirip dengan kelopak bunga. Sedangkan untuk kata goyang, diambil dari proses pembuatannya yang digoyang-goyang hingga membentuk seperti makanan tersebut.

7. Selendang Mayang

Endeus

Mungkin Sedulur masih jarang mendengar nama makanan ini, namun selendang mayang adalah jajanan khas Jakarta yang sangat wajib untuk dicoba. Semangkuk es selendang mayang yang segar sangat cocok dinikmati di tengah terik Ibu kota Jakarta.

Isian dari es yang satu ini sekilas memang mirip seperti agar-agar, namun dengan tampilan warna-warni yang lebih menarik. Ya, itulah yang membuat sebagian masyarakat Betawi menyebutnya sebagai selendang. Untuk jenis kue yang digunakan di dalam campuran es tersebut adalah kue talam.

Kemudian untuk kuah esnya, terdiri dari santan kelapa yang disiram dengan sirup kental manis. Akan tetapi, sirup ini tidak dibuat dari pemanis buatan. Melainkan cairan gula jawa yang mampu menghadirkan cita rasa yang khas.

8. Soto betawi

Unilever Food Solutions

Kuliner khas Betawi yang berikutnya adalah soto Betawi. Jika kebanyakan soto dari daerah lain menggunakan kuah yang bening, soto dari Betawi ini berbeda. Perlu untuk Sedulur ketahui, soto Betawi ini mempunyai kuah yang kental.

Selain itu, ciri khas lain dari soto Betawi ini yakni dengan isian jeroan di dalamnya. Bahkan Sedulur juga akan menemui mata dan torpedo sapi.

9. Bir pletok

HerStory

Bir pletok merupakan salah satu minuman khas Jakarta yang paling fenomenal. Ya, walaupun dinamakan bir namun jangan salah, minuman yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol sedikit pun. Bir pletok dibuat dari aneka perpaduan rempah, seperti jahe, aduh pandan, hingga serai. Adapun nama “pletok” sendiri diambil dari suaranya yang muncul ketika tutup botolnya dibuka.

10. Es campur betawi

Asia Food Network

Yang terakhir ada es campur, salah satu jenis es yang banyak kita temui di berbagai wilayah di Indonesia. Nah, untuk es campur dari Betawi ini, sebenarnya tidak berbeda jauh dari es campur lain. Ada alpukat, kelapa muda, buah mangga, dan nangka.

Kemudian diberi campuran sirup, susu cair, dan juga gula agar es terasa terasa nikmat. Bahkan, terkadang es campur ini diberi bubur sumsum agar rasanya semakin lengkap.

BACA JUGA: 10 Makanan Khas Lampung Paling Enak & Unik, Jangan Terlewat

Itu dia beberapa makanan khas Jakarta yang wajib untuk Sedulur coba. Ketika berkunjung di Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi semua hidangan yang sudah disebutkan di atas. Jangan sampai ada yang kelewatan satupun, ya.

Semua hidangan di atas, merupakan makanan tradisional yang harus dilestarikan. Jadi jangan sampai makanan-makanan di atas terlupakan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.