makanan khas lampung

Selain terkenal akan oleh-oleh kopi dan keripik pisangnya, ternyata Lampung juga memiliki berbagai makanan khas yang menggugah selera. Provinsi dengan Taman Nasional Way Kambas ini punya berbagai makanan unik yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa makanan khas Lampung yaitu seruit, gulai balak, tempoyak, dan engkak.

Tentunya masih ada banyak makanan khas daerah Lampung lainnya. Apabila Sedulur tertarik mencicipi sajian khas Lampung, berikut daftar makanan yang wajib untuk dicoba!

BACA JUGA: Resep Rujak Soto Asli khas Banyuwangi yang Enak & Lezat

1. Seruit

IDN Times Lampung

Apa makanan khas Provinsi Lampung paling populer? Semua pasti sepakat kalau seruitlah jawabannya. Seruit makanan khas Lampung yang sering dihidangkan dalam perayaan besar seperti pernikahan, acara adat, serta acara keagamaan. Selain itu, seruit juga menjadi makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat Pepadun.

Hidangan ini dibuat dari ikan bakar dicampur dengan beberapa bumbu, antara lain bawang merah, cabai, terasi, garam, gula putih, mangga kuweni, serta tomat. Rasanya sangat gurih dan pedas. Untuk pemilihan ikannya, seruit menggunakan ikan air tawar, misalnya belida, baung, layis, mas, atau ikan patin. Ikan ini bisa disajikan terpisah dengan sambal seruit, dibaluri sambal, atau disuwir-suwir, lalu dicampur ke dalam sambal. Seruit paling enak dimakan bersama lalapan dan nasi putih hangat.

2. Gulai balak

Garam Sumatraco

Tidak hanya seruit, pecinta pedas juga wajib mencicipi kuliner khas Lampung ini. Gulai balak merupakan salah satu makanan khas Lampung yang mudah dibuat. Berbahan dasar daging sapi atau kambing dengan campuran santan kelapa, cabai, kapulaga, biji pala, cengkih, bawang merah, bawang putih, dan bahan lainnya. Gulai balak sangat cocok disantap dengan ketupat. Maka dari itu, gulai balak kerap disajikan saat lebaran. Tertarik mencobanya?

3. Tempoyak

Blacknemous Recipe

Tempoyak atau disebut juga tempoyang adalah fermentasi buah durian yang dibuat menjadi saus pelengkap makanan. Sebenarnya, olahan ini tidak hanya ada di Lampung, namun juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan di beberapa daerah seperti Palembang dan Jambi.

Proses pembuatan tempoyak diawali dari pemeraman daging buah durian. Daging buah durian diletakkan di dalam wadah, lalu ditambahkan garam atau ragi. Banyaknya jumlah garam atau ragi inilah yang memengaruhi jenis tempoyak, yaitu menjadi tempoyak asam atau asin. Agar proses fermentasinya lebih cepat, tempoyak akan dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di kulkas. Jika sudah terfermentasi, tempoyak bisa disantap dengan olahan ikan.

4. Engkak

makanan khas lampung
Lampungpost.id

Kue khas Lampung ini sekilas mirip lapis legit, namun teksturnya lebih lembut serta tahan lama. Ciri khas engkak yaitu rasanya manis dan gurih. Kue engkak biasanya dihidangkan sebagai camilan di pagi hari. Meski terbuat dari bahan sederhana seperti mentega dan telur, proses pemanggangan engkak cukup rumit. Sedulur harus menggunakan loyang secara berlapis-lapis. Tidak heran kalau engkak memiliki tekstur yang lembut dan tahan lama ketimbang lapis legit.

BACA JUGA: 13 Cara Membuat Kue Lapis yang Lembut dan Enak, Wajib Coba!

5. Umbu

IDN Times Lampung

Salah satu makanan unik daerah Lampung yang patut dicoba adalah umbu. Makanan ini terbuat dari rotan muda. Potongan rotan akan direbus selama beberapa saat hingga teksturnya menjadi lunak. Umbu cocok dimakan sebagai lalapan atau tambahan untuk tumisan sayur. Namun, karena rotan mudah sulit ditemukan, umbu biasanya disajikan saat acara adat atau perayaan penting saja.

6. Pindang patin

makanan khas lampung
Resep mantap, membuatnya mudah

Kuah pindang patin menjadi makanan favorit orang Lampung. Cara membuatnya lumayan simpel. Cukup masak ikan patin segar dengan racikan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam, dan belimbing sayur. Sedulur bisa menambah ikan pindang patin dengan tempoyak agar rasanya makin khas dan lezat.

7. Gabing

Yosuasr Lampung

Gabing terbuat dari batang kelapa muda yang dipotong-potong. Kemudian, dimasak dengan kuah santan dan bumbu pelengkap lainnya. Cita rasa makanan ini adalah manis dan gurih, serta memiliki tekstur renyah seperti rebung. Dahulu, sayur gabing sangat akrab menjadi menu makanan harian masyarakat Lampung. Hal ini karena masyarakat di sana sering menebang pohon kelapa untuk memanfaatkan bagian dari pohonnya.

Sayangnya, kini makanan khas ini sudah jarang ditemui dalam hidangan sehari-hari. Namun, jika Sedulur tertarik mencicipinya, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah menggunakan resep yang tersedia di internet.

BACA JUGA: Resep Saus Mentai Creamy Khas Jepang yang Simple

8. Pandap

Radio Unimma

Makanan ini sekilas memang mirip seperti pepes. Pandap dibuat dari daging ikan yang dihaluskan, lalu dicampur dengan bawang putih, bawang merah, cabai, dan bumbu lainnya. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tongkol. Proses memasak pandap terbilang sangat lama, yakni dikukus selama 8 jam. Meski membuatnya lama, terbayar dengan rasanya yang khas, gurih, dan sedap.

9. Gulai taboh

makanan khas lampung
Republika

Gulai taboh memiliki dua varian. Ada yang menggunakan ikan laut ditambah dengan sayuran daun tangkil, kacang panjang, dan rebung. Namun, ada pula gulai taboh berbahan dasar ikan asap yang disajikan dengan kuah santan kental. Gulai taboh ikan asap banyak ditemukan di daerah pesisir Lampung. Apa pun varian yang bakal Sedulur coba, keduanya sama-sama unik dan lezat.

10. Pisro

Orami

Pisro makanan khas Lampung adalah hidangan ikan bakar yang dimasak dengan aneka bumbu rempah nikmat. Campuran cabai merah dan gula aren membuat rasanya pedas dan manis sekaligus. Kuah kentalnya yang sedap membuat makanan ini makin menggugah selera. Biasanya, ikan yang digunakan untuk membuat pisro adalah ikan tembakang atau ikan betok. Sedulur bisa memberi tambahan sayuran sebagai pelengkap saat menyantapnya. Pisro sangat lezat disantap bersama nasi putih hangat.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Lampung yang unik dan enak dicicipi. Sedulur dapat membelinya ketika berkunjung ke Lampung atau mencoba membuatnya sendiri di rumah. Sedulur tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.