ikan untuk pempek

Pempek merupakan makanan khas dari daerah Palembang. Makanan ini terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan tepung, kemudian dibentuk. Jenis ikan untuk pempek yang sering digunakan biasanya adalah ikan tenggiri.

Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih karena campuran daging ikan yang digunakan. Pempek dapat dijadikan hidangan utama atau camilan yang nikmat untuk dinikmati kapan saja.

Nah, tahukah Sedulur, jika ada banyak jenis ikan yang dapat digunakan untuk bahan pembuat pempek. Lantas, apa saja ikan untuk pempek? Berikut ini beberapa di antaranya!

BACA JUGA: Lezat! Ini 10 Resep Dimsum Ikan untuk Sajian Berbuka Puasa

-->

Rekomendasi Ikan untuk Pempek

ikan untuk pempek
Freepik/Jcomp

Bagi Sedulur yang ingin membuat pempek tapi bingung memilih daging ikan apa saja yang menarik maka informasi kali ini bisa jadi hal menarik. Sedulur bisa membuat pempek, tak hanya menggunakan ikan tenggiri saja tapi juga jenis ikan lain.

1. Ikan Tenggiri

ikan untuk pempek
Unsplash/Richard Bell

Seperti yang telah diketahui, ikan tenggiri merupakan jenis ikan yang paling umum dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat pempek. Dilansir dari beberapa sumber, jenis ikan tenggiri yang bagus diolah jadi pempek adalah ikan tenggiri betina.

Ikan tenggiri betina sendiri mempunyai bentuk badan yang lebih gepeng. Selain itu, ikan tenggiri betina yang bagus juga mempunyai bintik putih di badannya.

2. Ikan Belida

Mungkin banyak yang tidak tahu apa itu ikan belida. Secara umum, ikan belida sendiri mempunyai bentuk tubuh yang memanjang, mirip seperti bentuk lidah atau pisau. Sehingga tidak heran jika ikan ini juga sering disebut sebagai knife fish.

Ya, sebenarnya jenis ikan yang satu ini bisa menjadi bahan utama pempek yang sangat lezat. Namun sayangnya, ikan belida sudah jarang sekali ditemui untuk saat ini.

3. Ikan Gabus

Jenis ikan untuk pempek berikutnya adalah ikan gabus, jenis ikan yang banyak ditemui di sungai. Cita rasa dari ikan gabus memang cenderung tawar jika dibandingkan jenis ikan lain. 

Jadi untuk bisa menghasilkan pempek dengan cita rasa dan juga tekstur yang lebih sempurna, memang disarankan untuk mencampur daging ikan gabus dengan daging ikan tenggiri dengan menggunakan perbandingan satu banding satu.

BACA JUGA: Lezat! Resep Ikan Layang Bumbu Kuning untuk Berbuka Puasa

4. Ikan Kakap Merah

Unsplash/Mike Bergmann

Tahukah Sedulur jika ikan kakap merah ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan baku pempek. Akan tetapi, ikan kakap merah cenderung lebih amis jika dibandingkan dengan ikan lain.

Jadi jika ingin menggunakan ikan kakap merah sebagai bahan pembuat pempek, pilihlah yang masih segar. Ikan kakap merah segar tersebut, harus segera di fillet dan digiling sampai halus, kemudian baru dapat diolah menjadi pempek.

5. Ikan Mata Goyang

Banyak orang yang percaya jika ikan mata goyang dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat pempek yang nikmat. Nah, jika dibandingkan dengan ikan tenggiri, harga dari ikan mata goyang sendiri cenderung lebih ekonomis.

Dengan begitu, maka Sedulur dapat membuat dan menjual pempek dari ikan mata goyang dengan harga lebih terjangkau.

6. Ikan Kuniran

Ikan kuniran adalah jenis ikan berdaging putih yang juga cocok dibuat menjadi pempek. Sama halnya seperti ikan mata goyang, harga dari ikan kuniran juga lebih murah apabila dibandingkan dengan ikan tenggiri.

Jadi jika ingin menjual pempek dengan harga yang terjangkau, maka Sedulur menjadikan ikan kuniran sebagai salah satu opsi bahan baku pembuatan pempek.

7. Ikan Ekor Kuning

ikan untuk pempek
Unsplash/Ivanna Torres

Jenis ikan untuk pempek lainnya yang bisa dicoba adalah ikan ekor kuning. Untuk menggunakan ikan ekor kuning sebagai bahan baku utama dalam pembuatan pempek, tentu saja tulang ikan perlu dibuang terlebih dahulu.

Berikutnya, Sedulur dapat menggunakan daging serta kulit ikan ekor kuning yang telah dihaluskan dan dicampur ke dalam tepung dan bumbu.

8. Ikan Tongkol

Tongkol adalah jenis ikan yang cukup mudah ditemukan di pasar maupun swalayan terdekat. Ikan tongkol sendiri mempunyai tekstur daging yang cukup lembut, dan hampir tidak mempunyai duri seperti halnya ikan-ikan yang lainnya.

Nah, untuk membuat pempek, maka ikan tongkol dapat dicampur bersama adonan tepung terigu serta bumbu. Kemudian menambahkan tepung sagu ke dalam adonannya.

9. Ikan Lele

Selain tongkol, ikan lele juga termasuk jenis ikan yang mudah ditemukan. Menariknya, ikan lele juga banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi bila ingin membuat pempek murah, Sedulur dapat menggunakan ikan lele sebagai opsi bahan baku.

Tekstur dari ikan lele yang lembut, membuat jenis ikan yang satu ini dapat menghasilkan pempek dengan tekstur yang bagus setelah dicampur tepung serta bumbu.

BACA JUGA: Resep Ikan Salem Kuah Kuning, Menu Praktis untuk Buka Puasa

10. Ikan Nila

Unsplash/Tapan Kumar

Jenis ikan yang terakhir adalah nila. Bisa dibilang jika nila termasuk jenis ikan yang sangat jarang digunakan untuk bahan pembuat pempek. Kendati demikian, daging ikan nila bisa dan sangat cocok diolah menjadi pempek, lho.

Untuk membuat pempek dari olahan ikan nila, filet dulu ikan dan haluskan. Setelah itu, campur dengan tepung terigu serta tepung sagu. Uleni dan tinggal goreng saja deh.

Mungkin hanya itu jenis ikan untuk pempek yang bisa Sedulur pilih. Pempek tersebut nantinya disajikan dengan saus cuko yang terbuat dari campuran cuka, gula merah, bawang putih, cabai, dan garam. Untuk menambah kenikmatannya, penyajian hidangan ini juga dilengkapi dengan tambahan irisan mentimun.