minuman penambah darah

Bagi para penderita anemia atau kekurangan darah, apakah sudah tahu makanan dan minuman penambah darah yang dianjurkan? Ya, kekurangan atau kejanggalan darah merah ini akan membuat penderita anemia tidak bisa mendapat cukup oksigen di dalam tubuh.

Alhasil, wajah akan tampak pucat serta badan juga terasa lemas dan lebih mudah lelah. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, hal terburuk yang bisa terjadi karena kekurangan darah merah adalah kematian. Namun tidak perlu khawatir, saat ini ada banyak minuman instan penambah darah yang dijual.

Akan tetapi, membuat sendiri ramuan penambah darah herbal dinilai jauh lebih aman dan juga efektif. Jadi daripada Sedulur membeli minuman penambah darah di minimarket maupun di toko online, alangkah baiknya membuat beberapa minuman berikut sendiri di rumah.

BACA JUGA: Pisang Varigata, Pisang Unik & Cantik dari Daun hingga Buahnya

-->

1. Jus buah bit

minuman penambah darah
suara

Bisa dibilang bahwa jus buah bit adalah ramuan penambah darah yang diresepkan oleh para leluhur. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buat bit, sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh kita.

Sedulur juga bisa mengonsumsi buat bit secara rutin untuk mengatasi darah rendah. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat untuk membuat kulit tampak lebih segar berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Jus kurma

minuman penambah darah
doktersehat

Seperti yang telah diketahui, buah kurma itu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menambah darah. Buah yang tumbuh dari pohon palem Timur Tengah ini, mengandung kalori yang cukup tinggi. Bagi mereka yang kekurangan darah, buah-buahan dengan kandungan kalori tinggi sangat cocok untuk dikonsumsi.

3. Jus delima putih

minuman penambah darah
orami

Salah satu gejala anemia yang sering dirasakan oleh para penderitanya adalah sakit kepala. Rasa pusing ini biasanya muncul setelah melakukan aktivitas yang terlalu berat, atau saat badan kekurangan zat besi. Zat besi dalam buah delima putih ini sangat efektif untuk mengobati sakit kepala karena anemia.

4. Kopi

minuman penambah darah
genpi

Bagi Sedulur yang kurang suka dengan buah-buahan, tidak usah khawatir. Sedulur masih bisa menangani masalah anemia dengan kopi. Ya, kopi memang dikenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk, namun salah satu khasiatnya adalah untuk mengobati anemia.

Jadi, kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa menstabilkan jumlah darah merah di dalam tubuh manusia. Akan tetapi, Sedulur juga perlu membatasi konsumsi kopi, ya. Pasalnya, terlalu banyak minum kopi dapat berakibat fatal, seperti gagal ginjal dan serangan jantung. Pastikan Sedulur tidak meminum kopi lebih dari 2 kali dalam sehari.

5. Jus selada air dan lobak

minuman penambah darah
cintiameidiani

Meskipun rendah kalori, campuran antara lobak dan selada air bisa menjadi ramuan untuk menambah darah. Hal ini karena kedua sayuran tersebut mengandung vitamin D dan juga zat besi. Jadi tidak hanya untuk para penderita anemia, namun pasien hipertensi juga dapat mengonsumsi jus sehat yang satu ini.

Nah, untuk membuat jus selada air dan lobak itu juga cukup mudah, kok. Sedulur hanya perlu mempersiapkan 5 ikat selada air serta 3 buah lobak. Kemudian cuci dan potong-potong, lalu masukkan ke dalam blender.

Berikutnya tambahkan satu gelas air, dan blender hingga benar-benar halus. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, Sedulur juga bisa menambahkan bayam.

6. Sari lemon

minuman penambah darah
investor

Perlu untuk Sedulur ketahui, bibir pecah-pecah termasuk salah satu gejala anemia. Ya, gejala yang timbul memang tampak sepele. Namun jika dibiarkan begitu saja, maka bibir pecah-pecah bisa berubah menjadi sariawan parah.

Nah, untuk mengobati gejala sekaligus penyakit anemia, Sedulur dapat memanfaatkan khasiat dari buah lemon. Ya, lemon itu mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan bibir, dan vitamin A serta zat besi yang mampu mengatasi darah rendah.

7. Teh jelatang

minuman penambah darah
popmama

Teh jelatang merupakan tanaman herbal yang berasal dari suku Urticaceae, China. Daunnya berwarna hijau dan bercabang sehingga terlihat seperti daun mint. Tanaman herbal yang satu ini mengandung berbagai macam vitamin, termasuk vitamin A dan C.

The jelatang juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan para penderita kekurangan darah. Tidak perlu khawatir, Sedulur bisa menemukan teh jelatang di toko-toko obat. Bahkan ada beberapa apotek yang sudah menjual ramuan khas China ini, lho.

8. Jus buah prune

minuman penambah darah
bola

Prune merupakan buah plum yang telah dikeringkan. Secara alami, buah ini mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga dinilai baik dijadikan sebagai obat penambah darah alami. Dengan meminum jus buah prune secara rutin, maka lama-kelamaan gejala anemia bisa mereda. Hal ini akan terjadi seiring dengan meningkatnya kadar zat besi yang ada di dalam tubuh.

Perlu untuk Sedulur tahu, satu gelas jus prune diperkirakan mengandung 3 mg zat besi. Jumlah tersebut sudah bisa mencukupi 38% kebutuhan zat besi harian untuk pria dewasa dan 17% untuk perempuan dewasa.

BACA JUGA: Buah Klimaterik dan Non Klimaterik, Ini Perbedaan & Contohnya!

9. Susu

minuman penambah darah
orami

Tentu saja Sedulur sudah tahu, ada banyak sekali merek susu penambah darah yang beredar di pasaran. Ya, hal ini bisa terjadi karena susu mengandung vitamin B-12 yang dipercaya mampu meredakan gejala anemia.

Selain itu, satu gelas susu rendah lemak juga mengandung 1 mikrogram vitamin B-12 yang sudah memenuhi setengah kebutuhan harian bagi orang dewasa. Dengan ini, maka susu rendah lemak bisa menjadi susu penambah darah yang sangat dianjurkan.

10. Jus alpukat

morulaivf

Salah satu jenis mineral yang harus dipenuhi dalam pencegahan kekurangan darah yakni copper alias tembaga. Mineral yang satu ini, akan membantu tubuh untuk menggunakan zat besi yang tersimpan.

Kekurangan mineral tembaga akan membuat tubuh kesulitan dalam menyerap zat besi ke dalam darah, sehingga anemia bisa terjadi. Nah, alpukat menjadi salah satu sumber mineral tembaga yang bisa Sedulur konsumsi dalam bentuk jus maupun buah utuh.

11. Jus wortel

cosmopolitan

Salah satu komponen penting untuk meredakan anemia adalah vitamin A. Hal ini karena vitamin A mampu memberdayakan zat besi untuk bergerak ke pusat pembuatan sel darah merah.

Nah, kita kekurangan vitamin A, maka gejala anemia defisiensi besi akan semakin parah. Oleh sebab itu, salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi jus wortel.

12. Jus semangka

cupsealer

Selain wortel, buah semangka juga dapat menjadi sumber vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Untuk memaksimalkan pengguna zat besi dalam tubuh, minum jus semangka bisa menjadi salah satu cara yang terbaik.

13. Jus sayur

marketcity

Sayuran hijau seperti kale dan bayam ternyata juga bisa menjadi sumber zat besi yang membantu mencegah terjadinya anemia. Bagi sebagian orang, mungkin jus sayur terdengar kurang menarik. Namun jika Sedulur menambahkan beberapa buah di dalamnya seperti jeruk, maka rasanya akan semakin segar dan nikmat.

14. Jus kiwi

yukepo

Buah kiwi menjadi salah satu sumber vitamin C, dan juga bisa dijadikan sebagai minuman penambah darah. Buah yang satu ini, akan membantu tubuh dalam menyerap lebih banyak zat besi. Dengan ini, maka produksi sel darah merah bisa ditingkatkan.

15. Jus strawberry

suppliersalon

Strawberry juga kaya akan vitamin C, sehingga mengonsumsinya bisa menjadi salah satu cara untuk menambah darah. Sedulur bisa menjadikannya sebagai alternatif jika sedang merasa bosan dengan sayuran maupun kiwi.

16. Jus jeruk

marketing

Rekomendasi minuman penambah darah herbal yang terakhir adalah jus jeruk. Jus jeruk menjadi sumber vitamin C yang paling disarankan. Dengan mengonsumsi jus jeruk secara rutin, maka akan membuat penyerapan zat besi di tubuh semakin maksimal.

Maka dari itu, saat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, kita juga disarankan untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi minuman dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, kandungan vitamin C dalam jeruk itu sangat berlimpah. Selain itu, kandungan folat yang ada di dalamnya juga dinilai sangat cocok bagi para penderita anemia.

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Itulah beberapa rekomendasi minuman penambah darah herbal yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Silakan pilih salah satu atau lebih, jenis minuman yang sudah disebutkan di atas. Pastikan Sedulur mengonsumsinya secara rutin ya, untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal.

Ya, mungkin proses pembuatannya tidak semudah dan sesimpel jika Sedulur membeli makanan minuman penambah darah di toko atau apotek. Namun, efek samping dari penggunaan bahan-bahan alami tentu saja lebih kecil.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.