Santan bubuk merupakan bahan makanan yang terbuat dari kelapa dan dapat dibuat melalui beberapa tahap dan proses pengolahan. Jika biasanya santan berbentu cair, terdapat varian lain dari santan yaitu santan bubuk. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas mengenai cara membuat santan bubuk.

Sama seperti santan cair, santan bubuk juga dapat digunakan sebagai bahan membuat campuran makanan dan minuman. Perbedannya, santan bubuk harus dicampur dengan air terlebih dahulu agar dapat digunakan dan menjadi kental. Sedulur bisa membuat santan bubuk dengan mengetahui cara membuat santan bubuk. Lantas seperti apa cara membuatnya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Sukses Membuka Bisnis Sablon Agar Banyak Pelanggan

Cara membuat santan bubuk

Pinterest

Jika Sedulur bosan dengan santan cair, tentu Sedulur wajib coba santan bubuk. Santan bubuk mengandung kadar lemak yang lebih rendang dibandingkan santan kelapa cair sekitar 11% kadar lemak. Sehingga tentu saja lebih aman menggunakan santan bubuk.

-->

Tidak perlu khawatir, cara membuat santan bubuk sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Umumnya, proses pembuatan santan bubuk hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Adapun bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan satu kelapa utuh.
  2. Potong kelapa menjadi beberapa bagian.
  3. Parutlah potongan kelapa hingga halus dan lembut.
  4. Jika sudah selesai diparut, sisihkan dalam wadah.
  5. Campurkan dengan air secukupnya, kemudian peras parutan kelapa tadi.
  6. Campurkan bahan pengisi pada perasan parutan kelapa. Hal ini bertujuan untuk mengikat partikel yang ada dan menambah massa.
  7. Masukkan campuran bahan pengisi ke dalam mesin pasteurisas. Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman yang ada.
  8. Keringkan menggunakan spray dryer hingga menjadi bubuk.

BACA JUGA: 6 Tips dan Cara Mulai Bisnis Ayam Ungkep Frozen

Potensi usaha santan bubuk

Metro

Setelah Sedulur mengetahui cara membuat santan bubuk dan mengetahui bahwa santan bubuk cenderung lebih aman ketimbang santan cair, tentu hal tersebut memberikan sebuah potensi usaha. Terutama jika di daerah Sedulur belum banyak yang menjual santan bubuk.

Sedulur bisa melakukan cara membuat santan bubuk instan dan menjualnya untuk menjawab kebutuhan pasar. Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya Sedulur melakukan penelitian terlebih dahulu selama kurang lebih dua tahun.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang bisnis santan bubuk instan. Sangat disarankan bagi para pengusaha muda untuk menggeluti ide bisnis satu ini. Karena hampir semua wilayah di Indonesia menggunakan bahan baku santan untuk campuran masakannya.

Mengingat peluang yang besar ini, usaha santan bubuk instan bisa menjadi alternatif usaha yang bisa bertahan lama.

Pada umumnya, santan cair hanya bisa bertahan selama kurang lebih 1 hari setelah dibuka dari kemasannya. Bagi kalian para wirausaha muda yang punya banyak ide, bisa menghadirkan santan bubuk instan yang bisa bertahan lebih lama.

Berikut adalah dua cara membuat bisnis santan bubuk menjadi maju dan terus berkembang:

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Online Saat Bulan Puasa 2023, Pasti Untung Besar!

1. Buat santan bubuk yang berkualitas

Fimela

Dalam memulai bisnis baru, Sedulur juga harus menghasilkan produk baru dari ide bisnis Sedulur sendiri. Untuk menghasilkan produk santan bubuk memakan waktu yang lama dan proses yang cukup panjang. Untuk industri santan bubuk instan, pengusaha membutuhkan mesin dan alat alat lainnya.

Jadi modal usaha adalah permasalahan pertama yang akan para pengusaha rasakan di awal merintis usaha baru. Tetapi perlu diingat, untuk memulai usaha baru Sedulur tidak harus memiliki semuanya di awal. Banyak yang bisa para pengusaha lakukan ketika terpentok masalah modal usaha.

Jika terpentok masalah modal, Sedulur harus fokus dalam hal pemasaran. Untuk pemasaran sendiri, Sedulur bisa memasarkan santan bubuk instan kepada agen agen yang siap membantu usaha Sedulur. Sedulur juga harus mempunyai prospek pasar yang kedepannya menjadi semakin bagus, maju, dan berkembang.’

2. Perluas pemasaran produk

Detik

Sedulur bisa mencoba sistem titip jual atau konsinyasi di beberapa agen atau toko kelontong, namun Sedulur juga bisa mencoba untuk memulai untuk memasarkannya secara online. Sedulur bisa mengeolala agen atau toko kelontong sendiri untuk membangun jaringan pemasaran yang baik.

Sehingga melalui agen tersebut bisa mendatangkan omzet yang lebih bagus dan menguntungkan. Tidak lupa untuk melengkapi izin terlebih dahulu dari Depkes dan izin resmi dari BPOM. Hal ini untuk memperkuat kualitas dari produk santan yang Sedulur keluarkan.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

3. Lakukan promosi digital

Unsplash

Akan semakin berkembang, Sedulur juga bisa menciptakan brand awareness pada produk Sedulur. Sedulur juga bisa mulai membangun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter sebagai sarana pemasaran bisnis sablon.

Sedulur juga bisa memberikan promosi khusus bagi konsumen yang turut mengembangkan media sosial Sedulur. Ini merupakan teknik promosi digital marketing yang menarik. Dilengkapi dengan memberikan voucher dan diskon agar sistem penjualan online Sedulur juga bisa meningkat.

4. Susun rencana bisnis

Myfoodbook

Cara membuat santan bubuk bisa semakin bermanfaat jika Sedulur jadikan bisnis dan hal tersebut berkembang. Agar semakin berkembang dan berjalan dengan lancar, Sedulur bisa menyusun rencana bisnis. Lengkapi juga dengan pemahaman yang konprehensif tentang bisnis yang Sedulur jalankan.

Sedulur perlu membuat perencanaan bisnis yang lengkap. Termasuk dalam perencanaan ini adalah perhitungan biaya awal, biaya operasional bulanan, margin keuntungan, dan tujuan keuangan jangka panjang.

Sedulur juga harus bisa menentukan bahan baku yang berkualitas, bahan-bahan penting yang dibutuhkan untuk tetap menjaga kualitas santan bubuk yang dibuat agar tetap berkualitas. Maka dari itu, bisnis Sedulur akan berkembang dan bisa menjawab kebutuhan pasar.

Rencana dalam sebuah bisnis memeran peran amat penting, terlebih lagi dalam bisnis dinamika yang terjadi sangat tidak bisa diprediksi, pada titik ini perencana akan sangat membantu agar bisnis berjalan lancar.

Nah itulah cara membuat santan bubuk yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Selain Sedulur bisa membuat makanan dengan santan bubuk yang cenderung lebih sehat, tentu saja kualitas rasa makanan pun akan berbeda jika menggunakan santan bubuk.

Bagi Sedulur yang tertarik mengembangkan santan bubuk sebagai bisnis, penjelasan di atas juga bisa sangat membantu Sedulur untuk memudahkan menjalankan bisnis satu ini. Bukan hanya mengetahui cara membuat santan bubuk, menjadikannya sebagai bisnis juga bisa membuat Sedulur lebih untung!