cara memulai bisnis sablon

Memulai bisnis sablon bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Apalagi bisnis ini selalu diminati oleh banyak orang untuk berbagai keperluan seperti pembuatan baju study tour sekolah, baju kantor, baju pendukung partai, baju reuni, dan masih banyak lagi. Jika sedulur tertarik untuk memulai bisnis sablon, sebaiknya persiapkan dengan baik dan teliti sebelum mengawalinya. Namun, cara memulai bisnis sablon terbilang mudah jika sudah mengetahui triknya.

Lalu bagaimana trik, tips, dan cara agar bisa sukses dalam bisnis sablon? Coba simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Tips Bisnis Kaos Polos Untuk Pemula Beserta Modalnya

1. Susun rencana bisnis

cara memulai bisnis sablon
Print Graphic Magazine

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis sablon kaos, penting bagi sedulur untuk meraih pemahaman yang komprehensif tentang bisnis ini.  

-->

Sedulur perlu membuat perencanaan bisnis yang lengkap. Termasuk dalam perencanaan ini adalah perhitungan biaya awal, biaya operasional bulanan, margin keuntungan, dan tujuan keuangan jangka panjang.

Hal ini disebabkan ada banyak jenis sablon kaos dengan karakteristik yang berbeda, termasuk di dalamnya sablon digital, sablon manual, sablon glow in the dark, sablon polyflex, dan sablon plastisol. Oleh karena itu, selain memahami karakteristik dari setiap jenis sablon kaos, sedulur juga perlu mempertimbangkan target pelanggan dan modal yang diperlukan.

2. Tentukan lokasi bisnis

cara memulai bisnis sablon
Tribunnews

Jika ingin membuka toko, pastikan untuk memilih lokasi yang tepat hal ini berguna sebagai cara memulai bisnis sablon yang efektif. Dengan lokasi yang tepat, toko sedulur akan mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Tapi, jika modal terbatas, ada baiknya memulai bisnis secara online dan mencari tempat yang hanya digunakan untuk kegiatan operasional.  Tidak perlu khawatir mencari tempat dengan lokasi strategis, karena fungsinya hanya untuk aktivitas bisnis, bukan melayani kunjungan konsumen langsung.

3. Networking atau berjejaring

cara memulai bisnis sablon
Antara

Membangun hubungan atau memanfaatkan koneksi pribadi dapat membawa manfaat yang berlimpah bagi sedulur. Saat ini, terhubung dengan teman-teman Facebook dapat membawa manfaat ekstra, seperti menambah pengetahuan tentang bisnis sablon.

Misalnya, jika salah seorang teman menjalankan bisnis sablon, sedulur dapat memulai diskusi dengan mereka dan memperkaya pengetahuan tentang bisnis sablon. Kontak LinkedIn sedulur pun bisa menjadi kunci kunci penting dalam penjaringan klien baru. 

Sedulur akan memiliki kesempatan untuk menghubungi puluhan klien potensial dengan lebih efektif melalui koneksi LinkedIn sedulur. Teman-teman dan kolega yang ada di Instagram, Whatsapp, ataupun media sosial lainnya bisa jadi klien yang potensial di masa depan.

Namun, tidak hanya rekan-rekan online yang memiliki nilai yang berharga, tetapi kadang-kadang orang-orang yang berada di sekitar sedulur sering memiliki pengalaman atau pengetahuan yang dapat sangat berguna. 

Ketika sedulur memiliki sedikit atau bahkan tidak ada pengalaman dalam bisnis sablon, sedulur mungkin bisa mendapatkan manfaat dari tetangga atau saudara yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bisnis sablon.

4. Tentukan harga jual produk

Knitto

Lakukanlah penghitungan yang matang tentang setiap aliran dana dalam bisnis sedulur, agar bisa memastikan apakah bisnis sedulur berjalan dengan baik atau tak, serta memperoleh keyakinan dalam menentukan harga jual. 

Pastikan juga untuk selalu melihat harga jual dari para kompetitor bisnis sablon kaos agar bisa menentukan harga yang pantas dan kompetitif. 

Jangan lupa untuk menawarkan harga grosir yang murah bagi konsumen yang ingin memesan sablon kaos dalam jumlah yang banyak, karena hal ini dapat menambah daya tarik bisnis. Cara memulai bisnis sablon yang efektif dan tidak rugi ditentukan dari pemberian margin antara modal dan keuntungan agar bisnis bisa tetap berjalan.

5. Mengumpulkan modal bisnis 

cara memulai usaha sablon
Detik

Modal usaha sebagai dasar penting dalam menjalankan usaha. Hal ini juga terjadi pada urusan usaha sablon. Terdapat variasi seleksi yang dapat dipilih yakni ditabung sendiri atau mencari pinjaman keuangan untuk usaha, atau bekerja sama dengan investor.

6. Lakukan promosi digital

Big News

Sedulur bisa mengunggah hasil pengerjaan sablon di media sosial, agar makin tercipta brand awareness pada produk sedulur. Tidak hanya itu, sedulur bisa meminta pelanggan memberikan testimoni pesanan sablon mereka di media sosial dan tag akun bisnis sablon.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter sebagai sarana pemasaran bisnis sablon. Post produk-produk sablon yang sedulur tawarkan, berikan harga yang terjangkau dan tampilkan testimoni dari para pelanggan sedulur. Hal ini dapat membantu memperluas exposure bisnis dan membuka peluang potensial untuk meningkatkan penjualan

Jika perlu, berikan promosi khusus bagi mereka yang berbagi foto di media sosial, seperti potongan harga di pemesanan selanjutnya atau berupa voucher. Sedulur juga bisa membuka layanan pesanan online, dengan memanfaatkan marketplace.

7. Membuat marketing yang efektif

Warung Kaos

Salah satu hal cara memulai bisnis sablon adalah membuat marketing yang baik, karena tanpa marketing maka tidak ada yang namanya penjualan. Memberikan promosi merupakan suatu instrumen dalam marketing yang bisa dipakai sedulur. Promosi dapat menggaet orang untuk mengenal dan melakukan pembelian.

Promo menarik seperti diskon belanja, voucher belanja dan promo bundle set dapat menjadi strategi marketing yang baik untuk meningkatkan penjualan bisnis sablon sedulur.  Dengan promo tersebut, calon pelanggan bisnis sablon sedulur akan merasa lebih tertarik untuk mencoba produk yang sedulur tawarkan.

8. Mempelajari mengelola keuangan

Tribunnews

Mengelola keuangan bisnis yang baik membutuhkan laporan keuangan yang akurat. Sedulur perlu membuat laporan keuangan yang tepat dan teratur, seperti laporan keuangan bulanan, laporan rugi laba, dan neraca keuangan. Dengan memiliki laporan keuangan tersebut, sedulur dapat memantau kinerja bisnis dan mengambil keputusan finansial yang tepat.

9. Persiapkan peralatan bisnis

Highlights

Seorang pengusaha pemula di bisnis sablon mungkin akan kebingungan ketika harus memilih alat-alat yang diperlukan. Terkadang, di pasaran banyak terdapat produk-produk dengan kualitas yang rendah. 

Oleh karena itu, sebaiknya lebih selektif dan teliti dalam memilih alat yang tepat. Harga alat yang cukup mahal mengharuskan sedulur untuk lebih berhati-hati dalam memilih. Tidak selamanya foto yang menarik diiringi dengan promosi yang meyakinkan menjamin kualitasnya. 

Apabila sedulur memiliki budget terbatas, sedulur bisa mempertimbangkan untuk membeli alat bekas namun dengan kualitas yang sangat baik.  Beberapa alat yang bisa menjadi pilihan sedulur adalah mesin printer DTG, hot gun, mesin press kaos, kompresor, kertas teflon, cartridge, dan headcleaner.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Online Saat Bulan Puasa 2023, Pasti Untung Besar!

10. Pelajari bisnis yang sejenis

Print Graphic Magazine

Sebelum memulai bisnis sablon, sebaiknya pelajari bisnis yang serupa. Sedulur dapat mencari tahu tentang bagaimana pemilik bisnis sablon lainnya mengelola keuangan bisnis mereka. 

Dalam mempelajari bisnis tersebut, perhatikan juga aspek finansial seperti biaya operasional, keuntungan, dan strategi pengelolaan keuangan. Sedulur akan mendapatkan manfaat yang besar jika sedulur mengerti bagaimana mengelola keuangan dalam bisnis.

Demikian tips cara memulai bisnis sablon yang dapat sedulur terapkan. Awali bisnis sedulur dengan persiapan yang matang dan usaha tanpa lelah sehingga bisnis dapat berkembang pesat. Semoga penjelasan di atas membantu. Selamat mencoba dan semoga sukses!